Thursday, August 29, 2013

12 MAKHLUK LAUT PALING MENGERIKAN *MULES MODE ON*

 

adellehatchet1 

Laut memang penuh dengan makhluk unyu2 seperti ikan nemo, bintang laut, lumba2, dan lain-lain. Namun jika “Little Mermaid” mau dibuat versi “gore”-nya, mungkin ikan2 ini yang akan dimunculkan. Monster2 bawah laut ini benar2 ada dan bakal menghantui mimpi buruk kalian. Berikut ini 12 makhluk laut paling menjijikkan, mengerikan, menakutkan, najong, dan *enggak banget* yang berhasil kukompilasi.

NB: Buat yang lemah jantung, jangan dibaca!

1. Deep Sea Hatchetfish (Argyropelecus gigas)

hatchetfish

Kita mulai dengan hatchetfish atau ikan kapak, walaupun nama yang lebih tepat untuknya adalah “iklan iblis”. Mereka disebut ikan kapak karena tubuh sangatlah pipih pada bagian perut sehingga mirip mata kapak (walaupun menurut opiniku mereka disebut ikan kapak karena benda itulah yang sebaiknya ada di tangan kita saat berhadapan dengan makhluk ini). Hewan mengerikan ini hidup pada laut dalam hingga kedalaman 1.500 m jadi kita nggak akan bertemu ikan ini saat berenang di laut *fiuh*. Bisa bayangkan kalian memiliki ikan seperti ini di akuarium kamar kalian? Pasti akan membuat kalian bermimpi buruk tiap malam.

hatchetfish2

*can you please stop looking’at me!!!!*

2. Big Red Jellyfish (Tiburania granrojo)

jellyfish

Oke, bentuk dan warna ubur2 ini sangatlah mengganggu. Pertama kali ditemukan di Spanyol pada 2003, ubur2 ini dikenal dengan nama “granrojo jellyfish” yang berarti ubur2 merah besar. Besar? Yap, karena ukurannya bisa mencapai 75 cm! Mengkhawatirkan…

3. Cumi-cumi bergigi (Promachoteuthis sulcus)

squid

Walaupun tampak seperti alien dari luar angkasa yang ingin memarasiti manusia, sebenarnya ini adalah sejenis cumi-cumi yang hidup di laut Bumi hingga kedalaman 2.000 km. Benda yang tampak seperti giginya itu sebenarnya adalah lipatan bibirnya. Apapun itu, it’s still fuc**ng scary!!!

4. Matsuba koi

humanfacedcarp

Yap, kalian nggak salah lihat. Itu memang ikan dengan WAJAH MANUSIA!!! Ikan ini sebenarnya adalah sejenis ikan koi peliharaan yang sengaja dikembangbiakkan agar mirip wajah manusia. Who want to breed this such thing? Kalo penasaran, asalnya dari negara produsen film horor paling menakutkan di dunia, Jepang. Hmm...no wonder.

matsuba koi 2

matsuba koi

5. Ocean sunfish (Mola mola)

mola mola

Itu bukan trik kamera atau hasil photoshop guys. Itu memang ukuran asli ikan Mola mola atau ocean sunfish. Ikan ini disebut “sunfish” sebab suka muncul ke permukaan air untuk berjemur di bawah matahari. Tujuannya sebenarnya agar burung2 hinggap ke atasnya dan memakan parasit2 yang ada di kulitnya. Hewan ini bisa memiliki panjang 1,8 m dan lebar 2,5 m dan bisa tumbuh hingga seberat 1 ton! Officially, ikan ini adalah ikan terberat di dunia.

6. Geoduck (Panopea generosa)

geoduck

Hmm...pertama2 aku ingin mengucapkan salut pada bung di atas yang memegang hewan itu TANPA SARUNG TANGAN! Jenis kerang yang bentuknya mirip alat kelamin laki2 ini bisa tumbuh menjadi raksasa. Cangkangnya sendiri mungkin hanya berdiameter 15-20 cm, namun bagian “lehernya” bisa memanjang hingga 1-2 m! Di Asia, hewan mengerikan ini dianggap sebagai santapan nikmat, bahkan harga 1 kilonya bisa mencapai 300 dollar. Tapi aku bisa membayangkan rasa geli saat hewan itu ada di atas piring dan kita mengirisnya…hiiiy.

7. Hiu Goblin (Mitsukurina owstoni)

shark

Warna pink-nya yang unyu tetap tak mengurangi kengerian hiu ini. Hiu mengerikan ini sering disebut “fosil hidup” sebab sudah ada sejak 125 juta tahun lalu. Bagian dahi yang menonjol sebenarnya adalah reseptor medan listrik yang sangat peka. Untungnya ikan ini hidup di laut dalam sehingga kita tidak usah sering2 bertemu dengan makhluk ini. Oya, jikapun bertemu, peringatan aja, hewan ini bisa tumbuh hingga 3-4 m!

8. Frilled Shark (Chlamydoselachus anguineus)

frilled_shark_1

Walaupun tampak seperti ikan lele dari neraka, hewan ini sebenarnya adalah sejenis hiu yang mampu tumbuh hingga 2 m. Hewan ini ditemukan oleh ahli zoologi asal Amerika bernama Samuel Garman pada 1884 di Jepang (manalagi) dan ia menyebutkan “an extraordinary shark”. Extraordinary my ass! It’s creepy as hell!

9. Isopod raksasa (Bathynomus giganteus)

isopod

I hope that thing is not alive. Isopoda adalah sejenis serangga yang biasanya tumbuh hingga 1 cm, namun yang ini bisa tumbuh hingga 36 cm! Hewan ini hidup di laut dalam dan diduga memakan bangkai ikan paus dan cumi2 mati, namun jika lapar bisa juga menyerang teripang hingga ikan hidup!

isopod2

10. Lamprey (Petromyzon marinus)

animals-8

Lagi2 seperti hewan yang keluar dari mimpi burukmu, lamprey adalah sejenis ikan tak berahang. Gigi2nya yang mengerikan digunakan untuk menggigit dan menghisap darah dari inangnya. Kalo itu belum cukup, hewan mengerikan ini bisa tumbuh hingga 1 m.

11. Sarcastic Frigehead (Neoclinus blanchardi)

sarcastic

Waktu diam sih dia *agak* imut2, namun begitu mangap...

sarcastic2

Hiaaa....mirip alien di film Predator. Hewan mengerikan ini terkenal sangat agresf dalam hal teritori. Bila ada pejantan lain yang masuk ke wilayahnya, maka ikan ini akan mengembangkan mulutnya untuk menakut2i lawannya. Well, that works on me.

12. Northern Stargazer (Astroscopus guttatus)

stargazer

Namanya terlalu keren untuk makhluk sejelek ini. Saat dewasa, ikan ganas ini akan mengubur dirinya di dasar laut untuk menyergap ikan tak berdosa yang kebetulan lewat di atasnya. Nama “stargazer” berasal dari kebiasaannya menatap ke atas saat bersembunyi.

Gimana ngeri2 bukan makhluk2 laut di atas. Jangan lupa ya beri comment hehehe.

20 comments:

  1. iye ngeri om,tambahin tulisan "i will eat your soul" di isopod yg lagi pose nya :v

    ReplyDelete
  2. Subhanallah... astagfirullah... luar biasa !

    ReplyDelete
  3. Suka sama yang nomer 12. Ekspresinya lucu

    ReplyDelete
  4. Serem darimana..... lucu-lucu semua gitu kok :( *kabur*

    ReplyDelete
  5. cuma suka sama no 5.. that its.. tp gmw ketemu juga...

    ReplyDelete
  6. aku suka nomor 1 kayak ikan halloween wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. Yg no 12 bikin gue gak bisa ke WC. Terpaksa deh ane pup di balik kasur.
    soalnya kalo pas mau buka jamban takut ade tuh ikan.

    ReplyDelete
  8. gara gara itu gue kagak bisa tidur(nomor 11 dan12)

    ReplyDelete
  9. Lumayan...kalo bisa di tambah lagi daftar.nya...!!!

    ReplyDelete
  10. Katanya sih, katanya, mrk aslinya bentuknya normal, tp Krn tekanan udara di laut dalam dan laut dangkal beda, mrk bentuknya berubah jd ceyem anet gitu


    Eh tp btw kayaknya itu gbr diambil pake kamera bawah air alias emang bencuknya gitchuuu

    ReplyDelete