Saturday, September 13, 2014

ADMIN DIARIES: BANDUNG EDITION

 

1408236497753 

Uaaa ... akhirnya gue bisa juga ke Bandung !!! Backpacking ke Bandung emang menjadi keinginan terpendam gue, alasannya apalagi kalo bukan ngeliat cewek2nya bangunan2 art deco bergaya kolonial. Yup, Bandung emang kota yang penuh dengan neng2 geulis bangunan2 tempo doeloe. Nggak heran makanya pecinta wanita sejarah seperti gue kebelet banget pengen mengunjungi kota bunga ini. Mau denger ceritanya? Mau nggak mau tetep bakal admin ceritain pengalaman gue di sini hehee *maksa mode on* Silakan disimak .... magic-right-crazy-rabbit-emoticon

Kapan ya pertama kali gue melanglang buana ampe ke Bandung *nostalgila mode on* ? Seingat gue sih pas SMA dulu sekolah gue di Solo ngadain study tour ke Bandung. Yang gue ingat sih kami ngunjungin Museum Geologi ama Gunung Tangkuban Perahu. Herannya, selama dua tahun gue bermukim ke Jakarta, belum sekalipun gue menjamah Bandung. Aneh ya, padahal Bandung cuman 3 jam-an dari sini. Soalnya yang terpikir di benak gue, ke Bandung itu kudu flashpackingan dan kotanya nggak backpacker-friendly. Buktinya ongkos bus ke Bandung mahal banget, bisa ampe 60ribuan hiks. Pokoknya gue cuman bisa drooling doang pas temen2 gue cerita pengalaman mereka jalan2 ke Bandung.

Kebetulan banget bulan Agustus ini gue dapet undangan nikahan temen gue yang emang asli mojang Priangan. Gue nggak ngelewatin kesempatan ini dong buat sekalian cuci mata ke Bandung. Kebetulan yang kedua, temen gue yang laen (yang juga temenan ama temen gue yang mau nikah ini) mau ikut juga sekaligus jadi guide selama di Bandung ini. Jadilah hari Jumat malam gue nginep di tempat dia biar Sabtu pagi bisa langsung berangkat *takut macetnya oi* Sialnya, pas hari-H, ada aja halangan dan rintangan yang datang menghadang. Pas mau berangkat, temen gue itu malah kambuh penyakit maag-nya. 0613

Ada-ada aja ya guys. Gue selalu aja kebagian nasib kayak gini. Pernah ke Malang, eh ternyata objek wisatanya jelek. Ke Tawangmangu Solo, eh nggak dapet2 bus. Ke Semarang, eh kesasar. Ke Bogor, eh objek2 wisata yang gue kunjungin pada direnov. Ke Prambanan, eh pas tiketnya mahal. Sekarang mau ke Bandung, rekan backpackeran gue malah sakit. Wadooow gimana ini?

Ekspresi readers: “WOI ... BERARTI EMANG ELO-NYA DARI DULU YANG TUKANG BAWA SIAL!!!”

Akhirnya gue mutusin, demi kesehatan temen gue, akhirnya gue berangkat sendirian aja. Dari rencana berangkat jam 6, gue baru berangkat 5 jam kemudian alias jam 11 siang. Alhasil gue baru nyampek Bandung sekitar jam 3-an (ingat, itu pas akhir pekan jadi dijamin macet banget). Alhasilnya lagi, gue telat dateng ke nikahannya temen gue itu. Duh, kasian banget ya temen gue itu. Padahal mungkin dia udah ngarepin banget gue dateng ke nikahan dia hiks.

Ekspresi readers: “Malah untung kali temen loe min ... kalo loe datang bisa2 tamu satu resepsi sakit perut gara2 mencret semua ...”

Hehehe ... iya sih ... tukang bawa sial tadi ya? Oya gue juga mau berbagi tips nih ke Bandung dengan harga ekonomis. Tarif bus Jakarta – Bandung via Lebak Bulus (tempat gue berangkat) emang cukup menguras kocek, yah sekitar 60-an ribu lah. Ternyata temen gue sesama backpacker berbagi tips, naek aja bus jurusan Garut/Tasik terus turun di tol Cileunyi. Tarifnya menurut pengalaman gue cuman 30 ribu. Abis itu guys, kalian cukup naek angkot ke kota. Bisa kalian naek angkot ke terminal Cicaheum (7 ribu) terus melanjutkan perjalanan ke pusat kota dengan bus Damri seharga 3 ribu. Tapi gue peringatin, perjalanannya bakal lumayan lama, sekitar 1,5 jam-an.

Berhubung gue rencana nginep di tempat temen gue yang tinggal di daerah Cibiru, gue akhirnya turun dulu di daerah itu. Sialnya guys, jaket gue ketinggalan di kosan Jakarta dan pas gue nyampe Bandung ternyata ...

Gue: “Waduuuuuh *mengigil* ... kotanya ternyata adem ya???”

Ekspresi readers: “Menurut loe aja min??? Bandung dingin???”

Daerah Cibiru yang gue lawatin ini ternyata perbatasan Kabupaten Bandung ama Sumedang, jadi daerah2 pinggiran gitu deh. Pemandangannya juga eksotis banget lho guys, banyak gunung2nya gitu. Kosan temen gue kebetulan juga agak naek2 ke puncak gunung lokasinya, jadinya adem-nya jadi berlapis2. Berapa lapis? Ratusan ... ah lupakan *korban iklan*

Di dalam kosan, sambil ngeliat net-tv gue merenung. Duh sedih banget deh kalo inget tadi gue nggak jadi ke nikahan temen gue. Sakitnya tuh di sini *sambil nunjuk dada*

Ekspresi readers: “Ya ampun, yang tabah ya min. Pasti saking pengennya ya foto2 bareng mempelai berdua buat kenangan ... soalnya kan once in a lifetime ...”

Gue: “Bukan itu ... gue jadi gagal deh makan2 gratis ... padahal dari Jakarta udah sengaja gue laper2in dari pagi nggak sarapan hiks ...”

Ekspresi readers: “AAAAAAAARGH!!!”3215

Temen gue kayaknya juga ngerasa gue kelaperan, jadi dia nawarin jalan2 wisata kuliner di Bandung. Berikut inilah percakapan kami di kosan temen gue ....

Ekspresi gue: “Oya ... ini kan pas malem minggu ya? Enakan jalan2 keluar ....”

Temen gue: “Ah, malam minggu mah buat gue sama aja ... udah jomblo 10 bulan *sambil ngelirik gue* LOE KAYAKNYA JOMBLONYA LEBIH PARAH DEH!!!

Gue: “Eh, enak aja! Gue terakhir kali pacaran pas semester akhir kuliah dulu ...”

Ekspresi readers: “Hmmm ... tuh taon kemaren ya min?”

Gue: “Hehehe ... empat tahun yang lalu ...” bad-luck-crazy-rabbit-emoticon

Seisi Bandung: “GUBRAAAAAK!!!”

Tapi perkataan temen gue itu bikin gue mikir. Waduh, dia aja jomblo 10 bulan, apalagi gue *meratap mikirin masa depan gue* 1415[3]MAMPUS! Tapi walaupun temen gue itu ganteng (rajin nge-gym lagi), jangan mau ya ama temen gue ini ... soalnya dia suka PHP-in cewek. Beda banget ama gue. Gue mah seumur hidup nggak pernah ama yang namanya PHP-in perasaan perempuan *orang emang nggak pernah ada cewek yang deketin gue* 45365363478

Akhirnya gue ama temen gue jalan2 keluar sambil menikmati segarnya udara Bandung. Dia sempet jadi guide gitu, jelasin sejarah tempat ini. Ternyata dia kenal daerah ini (padahal kosannya jauh banget ama kantor dia) karena dia dulu kuliah deket sini. Ada kampus UIN di Cibiru sini. Denger2 cerita temen gue, dulu kampus UIN ini terletak di Lembang. Tapi kemudian dipindahin ke Cibiru ini gara2 dulu wilayah ini tempat bermukimnya para komunis. Jadi buat nginsyafin mereka getoh. Dia juga ngajak gue jalan2 ke kampus UIN ini, ternyata bangunannya baru2 dan bergaya Islami banget.

Dia juga nunjukin tempat kos dia dulu. Katanya sih tempatnya bebas banget. Walaupun kosan cowok, tapi cewek bebas keluar masuk kamar gitu ... hiiiyyy. Kalo ada kuntilanak masuk gimana dong? Temen gue juga cuman betah sebulan aja, abis itu pindah.

Gue: “Lho kok pindah?” *sambil mikir ternyata temen itu ternyata nggak kepengen terlibat pergaulan yang terlalu bebas. Hebat ... hebat ...*

Jawaban temen gue: “Kosannya mahal ...”

Gue: “YAH ... KIRAIN ELONYA YANG ALIM!!!” 0914[3]

Di jalan, gue ngeliat lampu2 kota Bandung yang bagus banget *gue udah cerita kan kostnya dia deket puncak gunung* Kayaknya asyik nih kalo jalan2nya ke tempat tinggi gitu biar bisa melihat kelap-kelip lampu kota. Tapi tempat kayak gitu kan mesti banyak orang pacarannya? Malem minggu lagi. Takutnya entar kalo ada dua cowok ganteng kayak kami gitu nongkrong di sana, disangkanya pasangan homo lagi. Akhirnya kita menghindari lokasi yang romantis dan memutuskan makan bakso aja buat ngangetin badan.

Pas gue turun dari motor dan masuk ngeliat interior restoran baksonya ...

Gue: “INI MAH ROMANTIS JUGA!!!!”bottle-raccoon-emoticon

Tapi ujung2nya kita makan di situ juga, soalnya warung ini unik banget, menawarkan mie organik. Mie kan biasanya dibuat dari tepung, tapi mie di sini dibuat dari bayam. Pantesan mie-nya ijo2 gini. Berikut ini jepretannya.

  1408194104400

Duh, gimana ya guys. Kayaknya gue sekarang lagi kecanduan banget moto makanan gue. Makan enak dikit difoto. Makan di Hokben difoto. Makan di McD difoto. Makan di KFC difoto. Makan bebek hainan di foodcourt Gandaria City difoto. Bahkan gue makan mie instan di kosan aja difoto ...

  1402281429225

Balik lagi ke bakso Bandung tadi. Mie ama baksonya lumayan enak lho guys. Sayangnya gue nggak bisa nge-rate makanan ini kayak review film horor gue. Soalnya takutnya gue dikira Chef Juna-wannabe dan kuahnya asin banget. Lagian para readers tau sendiri kan tata cara makan gue tuh mengadopsi budaya Barat banget (hoeeeeek). Jadi kalo nggak ada makanan pembuka ama penutup, jadinya kurang2 gimana gitu. Apalagi kalo makan nggak ama sereal, biasanya besoknya langsung mencret2. Tapi kuliner kali ini pas banget buat kalian yang pengen bergaya hidup sehat. Tapi yang bikin gue heran, kok warungnya sepi ya? Bukannya malam minggu harusnya rame ama orang pacaran? Kata temen gue, yang pacaran pada milih ke mall ama kape-kapean.

Kape-kapean? mikir

.

.

.

.

.

.

Setelah mikir lama dan menghubungkan dengan fakta bahwa temen gue ini asli orang Sunda, akhirnya gue ngerti ....

.

.

.

.

.

.

Gue: “Oalah, maksud loe ‘kafe’? AYO COBA NGOMONG ‘KAFE ! BURUAN!!!”

Temen gue: “Eh, pemilu kemaren milih siapa? Gue milih Jokowi ...” *ngeles*

Gue: “NGGAK USAH NGALIHIN PEMBICARAAN!!! CEPETAN COBA NGOMONG ‘KAFE’!!!”

Bener2 makan malam yang aneh ya hahaha (ama cowok lagi). Oya harga makanan di sini cukup mahal, berkisar 12 ribu ampe 19 ribuan. Makanya gue heran, Bandung itu tuh ternyata kok ya sama aja ya kayak Jakarta. Bahkan kadang2 lebih parah. Kayak cerita temen gue, pengendara motor di sini lebih sadis ketimbang Jakarta. Bahkan ampe para pengemudi mobilnya aja pada takut ama pengemudi motor Bandung. Waduduh ... padahal di Jakarta aja udah segitunya ya. Buat kalian yang belom tau kayak apa traffic di Jakarta, ini gue kasih ilustrasi:

IMG_20140708_131942

“Breeeem ... “

“Diiiiiiiiin ...”

“Hei, apaan sih! Maen nyelonong aja! Gue duluan nih yang mau lewat!”

“Mata lo dimana? Gue duluan!”

“Kampret ... dibilangin gue duluan!!!”

“Ngajak berantem lo? Gue duluan!”

Gue yang ada di belakang mereka *sambil ngelirik jam* “Kayaknya bakalan lama nih ...”

Sementara itu kebalikannya di Solo, kampung halaman gue yang terkenal akan keramah-tamahannya ...

“Breeeem ...”

“Diiiiiin ...”

“Oh Mas mau lewat ya? Silakan duluan ...”

“Nggak apa2 Mas. Sampeyan duluan saja ...”

“Pun monggo, silakan duluan ...”

“Nggak Mas, duluan saja ....”

Gue yang ada di belakang mereka *ngelirik jam tangan*

Jadi nggak kebayang ya seganas apa pengemudi motor di Bandung raya ini. Gue juga kali pertama tiba di Bandung udah langsung ngeliat motor2 pada nekad naek trotoar segala. Jadi kalo pas backpackeran ke Bandung, pas nyebrang jalan kalian harus ingat waspadain pengemudi motornya ok? Tapi ya emang bener sih kalo cewek2nya cakep2 hehehe *gubraaak*

Nah, itulah guys sekelumit *halah* pengalaman gue tiba di Bandung. Eit, ini masih part one ya, masih ada postingan lain tentang Bandung abis ini. Kalo mau ditarik kesimpulan dari pengalaman yang nggak penting ini, gue bisa mengatakan kalo memperluas pergaulan itu bakal banyak banget gunanya. Bahkan kalo bisa di tiap kota gue punya temen, jadi kalo mau backpackeran ke sana kagak susah cari hotel hahaha. Dan puji Tuhan juga dari dulu gue kalo dapet temen pasti orangnya baek2, kayak yang satu ini nih hohoho. Yup sekian dulu pengalaman gue, entar disambung lagi ama diari2 gue yang lain yang pastinya nggak kalah seru.0713

 

…………

…………

…………

Temen gue yang sakit maag di Jakarta: “Aduuuuuh ... kenapa perut gue jadi begini? Ini siapa sih yang bawa sial gini???”cry-alone-raccoon-emoticon

6 comments:

  1. wah sayang ga ada foto pemandangan dari kost temen bang dave
    aku juga bercita" backpacker ke Bandung
    meski rencana awalnya backpacker ke Palembang

    ReplyDelete
  2. yahhh dave ga bilang bilang-bilang kalo ke bandung,,gw kan mau foto brg lu dave, kata orang tua dulu kalo lagi hail muda harus bwa penangkal k*nti**nak..hahahaha (ehhh lg hamil ga boleh jahatin om dave).. ke taman jomblo ga dave???

    ReplyDelete
    Replies
    1. OOOOO JADI INI IBU2 HAMIL YANG SUKA COMMENT DI BLOG GUE????

      iya kepengen ke taman2 yang ada di bandung ... tapi gue ke taman biasa aja udah jomblo, apalagi gue ke taman jomblo ... bisa2 gue malah ................

      Delete
  3. iya ini akoooh dave _wdy_ itu lho yg dari jaman wedding preparation sampe wedding day beres nunggu cerita resort beres (berusaha mengingatkan) (lupa diatas ga pake nama)

    ahahaha,,salah dave kalo ke taman jomblo kan bisa ktmu mblo-mblo yg lain trus tukeran no hp, sms-smsan,,jadian, david punya pacar dehhh (readers yg lain tepuk tangan) nyok-nyok ke bandung lagi,,

    and fyi yaaah GW BLM IBU2 MASIH MUDA BRU MAU JADI CALON IBU 7bulan lagi*yeeaayyy*

    ReplyDelete
  4. Kenalin dong gan sama temennya yang dari Bandung. Supaya dia jadi guide gue juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau tau orangnya ini nih link blognya ...

      http://rofaneutron.wordpress.com/about/tentang-saya/

      ayo hajaaaaaaaar!!!!

      Delete