Saturday, September 13, 2014

MY NEWEST HOBBY: PAPER CRAFT

 
Halooo guys. Kali ini admin akan bagi2 kisah (padahal pengennya readers bagi2 duit ya hehehe) tentang hobi terbaru admin. Apakaaaah itu? Readers ada yang tau nggak?
Ekspresi readers” “Ehm … stalking cewek terus sembunyi di toilet?”
“Pasti nipu orang kan Min?”
“Ngemis ya bang?”
Grrrrrrr …45365363470

“He he he ampun Min, ayo lanjutin …”

Kalian salah semua. Hobi admin yang baru yakni paper craft. Paper craft adalah seni mengolah kertas menjadi karya 3 dimensi. Paper craft ini beda dengan origami lho. Soalnya di origami kita cuma melipat kertas tanpa boleh menggunting dan mengelemnya. Namun dengan paper craft ini kita harus terampil dalam melipat, menggunting, serta menyatukan bagian2 yang berbeda. Project pertama gue adalah membangun Katedral Notre Dame (sayang hasilnya ilang pas gue pindah kost). Project terbaru gue yang gue kelarin pas libur lebaran adalah Istana Himeji.

Karya paper craft nggak hanya sebatas arsitektur aja. Namun karena gue kebetulan adalah pecinta arsitektur, makanya yang gue pilih adalah paper craft bertema bangunan. Ada juga paper craft bentuk lain, mulai dari bikin mobil, berbagai macam hewan, hingga yang level dewa seperti bikin Transformer. Beberapa hal yang kalian butuhin untuk paper craft ini adalah ketekunan dan ketelitian. Soalnya dalam menggunting, menekuk, dan menyatukan bagian2 terpisah menjadi satu bentuk yang utuh ternyata membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Salah dikit aja mungkin hasilnya bakalan ancur2an.

Sebelum membuat paper craft, berikut ini alat2 yang kalian butuhkan.

1. Cemilan, siapa tau kalian laper pas bikin paper craft. Terus kalo cemilannya masih banyak, jangan lupa dikirim ke tempat admin.

2. Ekstrak kulit manggis untuk menambah stamina dan tenaga serta meningkatkan pertahanan tubuh.

3. Oke, yang nomor 1 ama 2 emang ngaco, Tapi yang nomer 3 dan seterusnya tuh serius. Yang kalian butuhkan adalah kertas pastinya, soalnya kan namanya juga “paper craft”. Nggak usah nawar, pake daun pisang jelas nggak bisa. Emang mau bikin pepes buk?

4. Item lain (halah item) yang kita perlukan adalah gunting. Pastikan gunting yang kalian guna bisa untuk memotong kertas. Jangan ampe pakai gunting untuk memotong rumput, apalagi gunting gombal alias gunting untuk memotong hatimu #iki opo???#

5. Lem buat nempel2. Pakai lem biasa buat kertas aja ya, jangan lem pipa buat PVC apalagi lem tikus. Terus lemnya digunakan sesuai keperluan yang positif, jangan malah diiisep2 nggak jelas. Apalagi dioles ke roti kayak mayones. OK?

6. Penggaris ama bolpen gak kepake (yang udah gak ada tintanya). Lho buat apa dua item itu (halah item lagi). Penggaris ama bolpen itu perlu buat menekuk bagian yang agak panjang biar lurus dan rapi. Sedikit tips yang gue pelajarin pas bikin2 beginian hahaha.

  IMG_20140731_114402 

Berikut ini langkah2 membuat paper craft.

1. Pertama download dulu halaman pola dan halaman instruksinya (jangan sampe nyasar download film ya). Ini adalah dua dokumen yang berbeda (biasanya dalam bentuk PDF). Pola adalah bagian2 yang akan kita gunting dan tempel, sedangkan instruksi berisi langkah2 dimana kita harus menyatukan tiap bagiannya. Untuk mendownloadnya, admin berikan website gratis dimana kalian bisa memilih paper craft yang ingin kalian buat seusai minat dan bakat kalian tentunya. Lamannya adalah:


Begini contoh kertas manualnya.



2. Setelah didownload, print kedua dokumen tersebut. Untuk kertasnya, admin menggunakan kertas HVS biasa dan hasilnya nggak mengecewakan. Namun bagi kalian yang menginginkan hasil yang lebih sempurna, kalian bisa menggunakan kertas yang lebih tebal seperti jasmine (jangan pake glossy soalnya katanya tintanya mudah luntur). Nggak usah pelit2 ya, print semuanya dengan tinta warna biar hasilnya lebih memukau. Halah kayak gue aja memukau. 1013
Ekspresi readers: “HOEEEEK …” 10ppt13
Lanjuuuut ….

3. Gunting tiap bagian pola yang akan dipasang. Guntingnya pake gunting ya, jangan pake gigi taring, nggak rapi entar (yee emang pacarku manusia harimau). Ada dua tips yang bisa admin berikan soal urusan gunting-menggunting ini. Pertama jangan terlalu maruk, gunting satu halaman pola dulu, kemudian langsung rakit bagian2 itu. Admin sama sekali nggak menyarankan untuk menggunting seluruh halaman dahulu merakitnya biar kalian nggak bingung nantinya. Tips kedua, jangan lupa bubuhkan nomer sesuai nomer pola pada bagian belakang pola yang kalian gunting. Nomer ini akan berguna biar kalian nggak bingung pas merakitnya.

4. Tekuk tiap bagian sesuai perintah yang ada. Ada dua jenis lipatan, yakni lipatan lembah alias valley fold (tekukan ada di bagian bawah) dan lipatan gunung alias mountain fold (tekukan ada di bagian atas)

 

5. Tempel tiap bagiannya sesuai instruksi. Bisa pake lem atau double tape yang digunting kecil2. Pengalaman admin sih pake double tape lebih erat rekatannya (nggak gampang lepas). Tapi susahnya kalo kita ternyata salah tempel, bakal sulit juga buat melepasnya.

Membuat paper craft ini sangat asyik untuk menghabiskan waktu luang (daripada nggak ada kerjaan). Selain itu hasilnya bisa dipamerin ke temen2 hehehe.

Admin: “Liat nih hasil karya paper craft gue … keren khan???”

Teman2 gue langsung ngerubutin sambil terkagum2, “Iya keren banget … jauh lebih keren daripada yang bikin …
Gue: “Sial!” 453653634724

Berikut ini jepretan istana Himeji yang berhasil admin selesaikan. Kelihatan kan hasilnya kurang rapi (tau sendiri admin orangnya berangasan hehehe). Menaranya juga malah kayak menara Pisa, miring gitu hiks.

    

  

Ini bagian atasnya. Kalo hasilnya rapi seharusnya nggak ada sisa2 kertas yang mencuat (bagian2 yang putih itu). what-crazy-rabbit-emoticon

 
Kalo udah jago, kalian bisa ngelipet2 kayak gini deh ….








Ekspresi readers: “Woooow! Keren banget hasilnya min! Kayak orang beneran!”

BUKAN ORANGNYA TAPI MOBILNYA!!!!

Nah itulah sekelumit kesibukan baru admin. Cuman admin kayaknya nggak bisa sering2 bikin paper craft gini. Butuh waktu ekstra nih. Bikin riddle aja kagak sempet, apalagi ngelipet2 beginian. Namun tak ada salahnya kalian mencoba untuk melatih jiwa seni dan kesabaran kalian hehehe.

Ekspresi readers: “Ah .... kayaknya susah deh min ... enakan baca riddle ...”

Tapi kalo bagus, hasilnya juga bisa dijual lho. Bisa jadi duit lho ...
Ekspresi readers: “HAAAAAA??? DUIT!!!!” panda-emoticon-93*readers langsung rebutan download dan ngeprint ampe injek2an*

Admin: “Dasar!”

NB: namun sayang sekali buat kalian para cowok2, walaupun seni ini berasal dari Jepang, namun hingga kini belum ada template untuk membuat Miyabi *ketauan kalo adminnya juga nyari*


9 comments:

  1. Keren dave..boleh lah ntar ane print2 buat dikerjain sama anak ane..tapi printnya di kantor aja biar irit huahahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih parahan gw ...

      kertas, pake kertas HVS kantor
      print, pake printer kantor *print warna lagi*
      gunting, pake gunting kantor
      lem, pake lem kantor
      hasilnya, disimpen sendiri *moga2 bos gw gak baca*

      btw kl buat anak2, mending diprint yg gambarnya unyu2, jangan dikasih yg susah kayak bikin ferrari apa colosseum (bisa mabok entar)

      hmm .. readers gw dah punya anak ya ... hmm ...





      HOAAAAA GW PACAR AJA BELOM PUNYA!!!!!!!!

      Delete
    2. Aihh~ gpp blm punya bang, fans lu banyak kog. Krik krik krik. . . . :v

      Btw kita sehobi ya suka paper craft :3 . Kbiasaan sama pula :| ( pake peralatan kantor semua :v )
      ~ari esta~

      Delete
  2. wah keren bisa nih pinjem printer kantor
    yang paling muda bikin bentuk kardus tv kali ya? wkwwkkw
    makasih bang dave ntar kalau jadi (kemungkinan besar ga jadi)
    kalau ada sesuatu hidayah hingga aku mau buat ne papar craft pasti aku kasih liat hasilnya ma bang dave? emang mau liat?

    ReplyDelete
  3. Kak dave...
    Itu websitex gk ada yg laen yah?

    ReplyDelete
  4. Bang dave ngakunya single mulu ni..idih

    Oh ya..aku keranjingan baca blognya..dh dibaca dr ujung ke ujung dlm dua minggu..

    Andria.

    ReplyDelete
  5. Bang dave, buat beginian butuh waktu berapa lama bang? Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gw sih bikin katedral notre dame perlu waktu 2 hari, tp itu dg catatan gw full time bikinnya dari sabtu ampe minggu

      kalo istana jepangnya kelar semingguan deh kayaknya, tp nyantai gitu bikinnya. kadang pagi bikin terus dilanjutin sore

      Delete