Thursday, September 18, 2014

TANTANGAN 30 HARI: TAKE US TO THE BACKPACKER’S WORLD

 

Hooooi para readers. Berbarengan dengan event “Riddle from Readers” dimana para pembaca bisa ngirim riddle buatan mereka sendiri, admin juga ada event lain nih. Nah, kali ini kembali ke “jiwa” backpacker blog ini, admin akan memberikan kesempatan kalian untuk mengirimkan pengalaman backpacker kalian, tapi nggak usah jauh2, tuliskan aja yang ada di dekat tempat tinggal kalian. Admin tau, pembaca blog admin tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke *lebay* Pasti dong ada tempat menarik di sekitar kalian. Nah, kalian bisa menulis tentang tempat2 menarik di tempat kalian untuk menarik para backpackers ke sana.

Berikut ini syarat2nya.

1. Tulisan jangan terlalu panjang (silakan aja baca postingan jalan2 di blog admin untuk mengira2 seberapa panjang artikel kalian sebaiknya)

2. Satu artikel bercerita tentang satu objek wisata

3. Usahakan itu adalah objek yang kurang dikenal oleh masyarakat, namun worth to visit. Misalnya kalian di Bali dan tahu ada pantai yang bagus namun tersembunyi. Atau kalian yang ada di lokasi2 eksotis seperti Kalimantan, Sulawesi, atau Papua mungkin juga tahu objek2 wisata menarik yang belum tereksploitasi).

4. Tuliskan serinci mungkin cara untuk menuju ke sana (transportasi dan lain2). Usahakan itu adalah jenis transportasi murah yang bisa dicapai oleh backpackers. Jangan lupa sertakan lama perjalanan yang mungkin ditempuh.

5. Tuliskan juga biaya yang kira2 dihabiskan untuk pergi ke sana (secara kasar saja, nggak usah terlalu rinci)

6. Tuliskan keunggulan lokasi tersebut. Bila ada mungkin juga sejarahnya.

7. Yang wajib ada adalah foto2 dari lokasi tersebut. Fotonya harus komplit plit plit!!! Usahakan pula yang kalian foto adalah objek wisatanya, bukan foto kalian dengan latar belakang objek wisatanya. Kalo kalian nggak sengaja kefoto sih nggak apa2, cuman khilafnya jangan banyak2. Nggak usah foto dengan kamera DLSR, yang penting jelas dan artistik.

8. Ukuran foto jangan terlalu besar ya, tapi juga jangan terlalu kecil (nah bingung khan). Usahakan maksimal 200 kb.

9. Nah, yang membedakan ini dengan postingan di blog lain ... tuliskan juga kekurangan objek wisata tersebut, seperti misalnya pantainya kotor, jalannya berbau-batu, dll. Biar istilahnya anak zaman sekarang, nggak PHP-in para backpackers yang beneran jalan2 ke sana.

10. Kalo kalian masih bingung, ada beberapa tema yang bisa kalian angkat:

a. Keindahan alam (pantai, gunung, taman kota, dll)

b. Budaya (upacara adat, kampung adat, karnaval, dsb)

c. Sejarah (museum, bangunan kolonial, candi, masjid tua, situs megalitikum, dll)

d. Abandoned, nah yang ini spesial banget nih buat kalian yang mau nulis tentang lokasi keren di tempat kalian yang sebenarnya berpotensi namun terbengkalai atau kurang terawat.

File ditulis dalam bentuk file Microsoft Word (jangan dalam bentuk PDF soalnya nanti admin harus meng-copas isinya ke Windows Live Writer). Kalian bisa mengirimkannya ke alamat email.

mengaku.backpacker@hotmail.com

Jangan lupa tuliskan di subject : “BACKPACKERS

Tuliskan pula nama kalian (nggak usah nama asli, namun nama yang ingin kalian cantumin jika tulisan kalian dimuat). Oya, admin juga akan memuat sekilas profil kalian jadi tulis aja apa yang ingin dimuat di profil kalian tersebut (tapi singkat aja ya). Gaya tulisan terserah kalian, mau gaul juga nggak apa2, asal jangan 4L4Y aja yaaaa ....

Tulisan yang menarik akan admin muat, siapa tahu bisa menarik para backpackers untuk berkunjung ke tempat kalian. Namun untuk tulisan yang dimuat tersebut, admin berhak mengadakan sedikit perubahan (edit) untuk menyesuaikan tata bahasa (atau mungkin kalo ada salah2 ketik). Untuk kali ini, admin akan membatasi pengumpulan artikel hingga tanggal 20 Oktober 2014 (namanya juga tantangan 30 hari). Tapi ingat ... nggak ada hadiahnya lho hehehe. Because sharing is caring dan sharing is the new sexy :D

So, be sexy dengan men-share objek2 wisata menarik di tempat kalian. Admin tunggu ya!!!!

NB: Jika ada pertanyaan, kalian bisa add id line admin:

dave.cahyo

my_qrcode_1411099679846

Jangan lupa perkenalkan diri kalian, supaya kalian bisa admin masukin ke grup MENGAKU BACKPACKER.

7 comments:

  1. bang aku dah ngirim loh minta konfirmasi aja kalau udah masuk ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih kasian banget sih emailnya masuk ke kotak spam hahaha .... tapi tenang udah gue selametin kok. tunggu aja ya bulan depan dimuat :D

      Delete
    2. wah padahal aku udah begadang tuh buatnya dan minjem modem teman buat kirim email, haha
      banyak typo dan belum rapi kan ada admin juga yang beresin. #evillaugh
      sebenernya mau ikutan yang riddle tapi otak ga mendukung #plak
      dan mau ikut yang resort tapi butuh meditasi dan waktu superluang secara ga ada bakat nulis.
      doakan daya dapet ilham sehingga bisa ikut partisipasi di event lainnya.

      Delete
    3. padahal event berikutnya tantangan 30 hari: admin mencari jodoh O.O

      Delete
  2. http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://coretanpetualang.files.wordpress.com/2011/03/kl-11.jpg&imgrefurl=http://coretanpetualang.wordpress.com/petualangan-budaya/sejarah-di-jawa/kota-lama-semarang-jelajah-kampung-eropa-malam-hari/&h=428&w=640&tbnid=eB7927FoXL9pEM:&zoom=1&docid=j0eSJIH58MJtWM&ei=5b8mVNvbNsi0uASImYDQAw&tbm=isch&ved=0CBwQMygCMAI

    ReplyDelete
  3. Pengen ikutan juga, cuma sibuk di sekolah jadi ga ada waktu buat backpacker-an :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yg salah paham ttg tantangan ini ya? gue nggak minta kalian buat nulis pengalaman back[acker kalian, tapi tentang objek wisata yang bs dikunjungi di daerah kalian. semisal gue di solo nih, gue bakal menulis tentang keraton solo an objek2 wisata lainnya. bukan harus berpergian ke tpt jauh gitu.

      Delete