Thursday, September 1, 2016

TEMPLE OF TEARS: KEANGGUNAN CANDI BANYUNIBO DI KALASAN, YOGYAKARTA

 

100_7116

Bulan Agustus kemaren cousin gue nikahan di Solo dan gue manfaatin waktu mudik gue buat jalan-jalan. Destinasi yang gue pilih adalah candi-candi di kawasan Kalasan, Yogya. Kalasan tuh letaknya deket banget ama Prambanan, daerah-daerah perbatasan lah antara Jawa Tengah dan Yogya. Ada tiga candi yang gue incer, yakni Candi Banyunibo, Candi Barong, dan Candi Ijo. Nah, letak candi-candi nggak terjangkau ama angkot yang biasanya jadi andalan gue di kala backpackeran. Makanya pas gue inget udah ada gojek di Yogya, terlintas ide buat jalan-jalan ke sini naek gojek. Gue estimasikan biayanya sekitar 50 ribu buat mengunjungi candi-candi itu. Namun kebetulan banget, pas gue ke sana, malah gue bisa jalan-jalan hemat ama anak-anak grup MBP yang ada di Yogya. Gimana ceritanya? Simak saja.

Gue inget ada member MBP yang dulu pernah kopdar bareng bernama Ridho yang tinggal di Kalasan, deket banget ama Prambanan. Awalnya sih gue kontak dia buat nanya apa gojek udah nyampe ke daerah Prambanan, secara itu kan udah masuk Klaten, Jawa Tengah. Eh malah Ridho nawarin gue buat nganter jalan-jalan ke candi-candi itu. Cuman di belakang rumah katanya *pernyataan yang lebay banget*

Omong-omong soal Prambanan nih, emang ada banyak banget candi-candi kecil yang tersebar di luar kompleksnya. Ada Candi Plaosan, Candi Sojiwan, Candi Kalasan, Candi Sari, dan Candi Sambi Sari. Semuanya sih pernah gue kunjungin karena emang masih terjangkau kendaraan umum (kecuali Sambi Sari). Untuk ke Yogya kali ini gue lebih memilih naek bus dari Solo. Gue nggak yakin bakal dapat tiket kereta Pramex ke Yogya setelah ada aturan baru bahwa tiket bisa dipesan H-7 sebelum keberangkatan. Tiketnya dijual pas hari-H aja seringnya gue keabisan, apalagi sekarang H-7. Ditambah lagi ini weekend.

Sialnya rencana gue sampai di Kalasan pagi berantakan gara-gara bus yang gue tumpangin dari depan Solo Square jalannya lelet banget kayak siput. Perjalanan dari Solo ke Klaten yang umumnya memakan waktu 1 jam jadi molor sampai 2,5 jam kali ada. Mungkin gara-gara busnya sepi jadi sopirnya cari penumpang dulu. Gue juga makin khawatir sebab sejak pagi langitnya emang agak mendung.

Pas di sana sudah siang banget dan semua member MBP yang mau ikutan jelajah candi udah kumpul di rumahnya Ridho. Awalnya sih gue kepengen berangkat sendiri, tapi iseng-iseng gue ajak anak-anak Solo dan Yogya dan ternyata mereka mau ikut. Kali ini yang ikutan gue jalan-jalan selaen Ridho ada Febri, Yuuki, ama Bang Ikhsan.

114

Udah lama banget gue nggak touring motoran begini. Terakhir sih pas jalan-jalan ama temen-temen kuliah. Tapi sekarang mereka udah pada nikah *kenapa jadi baper*

Ternyata emang bener lokasi candi-candi ini cukup dekat ama rumahnya Ridho. Kamipun menyambangi candi pertama, yakni Candi Banyunibo soalnya lokasinya paling deket dan nggak pake acara naek gunung. FYI, candi yang letaknya paling atas adalah Candi Ijo yang sepakat kita jadikan destinasi terakhir soalnya pemandangannya juga paling bagus.

Lokasi untuk menuju Candi Banyunibo lumayan gampang dicari karena dilengkapi papan penunjuk di tiap persimpangan. Begitu sampai, ini dia candinya.

100_7112

100_7115

Tiket masuknya cuman 2 ribu per orang. Murah banget sih menurut gue. Tapi kata Ridho, terakhir kali dia ke sini tiketnya malah gratis. Wah.

Oya, nama Banyunibo sendiri berarti “air yang jatuh/menetes”. Mungkin ini karena bentuk atapnya yang cukup khas (agak melengkung) dan tidak seperti candi kebanyakan. Sehingga air hujan ketika mengenai bagian atas atap ini akan mengikuti lengkung atap itu dan menetes di tepiannya. Oya, pengucapan “o” di Banyunibo itu seperti “kosong” (huruf “o” yang paling banyak diucapkan orang Jawa), bukan “o” seperti “polo”. Jangan sampe salah ucap kalo pas nanya arah ke orang lokal hehehe.

Ini relief pada bagian belakang dan sisi candi. Gue mulainya dari belakang nggak apa-apa ya hehehe soalnya pas pertama datang ada gerombolan anak muda lagi foto-foto di depan candi.

100_7071

100_7090 100_7093

Nah ini nih hewan mitologis yang selalu muncul di depan candi (biasanya di pegangan tangga) dan bikin gue bingung, sebenarnya ini hewan apa. Katanya sih ini namanya “makara” yang artinya separuh gajah dan ikan (kok bisa ya dua hewan tersebut dikombinasikan). Terus gue juga bingung kenapa ada singa nongol dalam mulutnya.

100_7074 

Ini bagian dalam candinya. Kosong ternyata.

100_7078

Tapi ada banyak jendela. Eh ada yang nongol :D

100_7085

Itu tadi mah Febri yang gue ceritain tadi.

Ini relief bagian dalam candi. Kebanyakan reliefnya dah nggak utuh lagi. Nggak tahu juga ini menggambarkan adegan apa. Yang jelas ada sosok serupa garuda di atas. Jatayu mungkin (katanya bang Ikhsan sih)?

100_7083

Nah, kalo kalian berkunjung ke sini bakalan jelas sekali kentara perbedaan antara bagian candi yang asli dan bagian yang ditambahkan pas renovasi. Semisal banyak relief dan patung yang nggak utuh dan digantikan batu andesit biasa.

100_7086

100_7095

100_7094

Agak ganjil sih jadinya. Kalo menurut gue mendingan dikosongin aja.

Di luar tampak candi-candi perwara yang masih menyatu dengan tanah alias tinggal fondasi doang. Duh semoga segera di-rebuilt ya?

100_7098

Inilah sosok anak-anak MBP yang penasaran menjelajahi candi.

100_7102  100_7100

Nah, di luar (dekat pos tiket tadi) ada beberapa bagian candi yang dipamerkan di luar. Salah satunya yang menarik perhatian gue adalah lembu Nandi ini. Gue yakin kalo lokasi asli arca ini pastilah di dalam ruangan candi yang kosong tadi.

100_7107

Gue langsung nebak kalo candi ini pastilah candi Hindu soalnya kan Nandi itu tunggangannya Dewa Siwa. Namun ternyata perkiraan gue meleset. Dari literatur terpercaya yang gue baca (AKA Wikipedia), ternyata Candi Banyunibo ini adalah candi Buddha, dibuktikan dengan stupa yang ada di puncak candi. Waduh, berarti di dalam candi tadi harusnya ada patung Buddha dong? Terus kemana dong patungnya???

100_7110

Di atas adalah stupa asli dari candi tersebut (bandingin ya ukurannya ama Ridho di sampingnya). Kenapa nggak dipasang aja ke candi yang asli, pikir gue. Ternyata kata Ridho, puncak candi sudah dipasangi penangkal petir. Ya kali stupa aslinya dibor buat masang penangkal petir. Kan jelas ngerusak warisan sejarah banget.

Kunjungan kami diakhiri dengan foto selfie.

115

Nah itulah liputan jalan-jalan gue ke Candi Banyunibo. Nggak nyesel jalan-jalan ke candi ini. Apalagi suasananya damai dan sejuk banget, soalnya di kanan kiri ada sawah dan bukit yang hijau. Eits ... tapi perjalanan gue belum kelar lho, bahkan belum dimulai. Destinasi berikutnya gue dkk adalah Candi Barong.

3 comments:

  1. Makara bukany salah satu reinkarnasi Dr dewa Wisnu...trus Jatayu keponakan Garuda..yg notabene pengawal ny Rama,rama jg reinkarnasi dewa Wisnu..jadi tuh candi buat ngormatin dewa Wisnu dunk Kong? Kerennn

    ReplyDelete
  2. Klo smua lambang ny simbol agama Hindu..knp di bilang candi Budha Kong... jelaskan...# gagal paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga paham juga gue tan, katanya kalo ada stupanya berarti candi buddha

      Delete