Monday, May 22, 2017

MONSTERS IN MAGNIFICATION: 10 BENDA BIASA YANG CREEPY JIKA DILIHAT DI BAWAH MIKROSKOP

 

Kita hidup di dunia makro dimana segalanya terlihat sesuai dengan kemampuan mata kita. Namun kadang tanpa kita sadari, sebenarnya di sekitar juga ada dunia lain. Bukan dunia gaib lho, tapi maksud gue adalah dunia mikro.

Yup, di sekeliling kita memang banyak benda-benda yang dapat kita lihat karena ukurannya yang amat kecil. Debu misalnya, atau bahkan makhluk-makhluk mikroskopis seperti jamur dan bakteri. Namun bahkan bagi benda-benda yang kasat mata saja, seperti serangga atau makhluk hidup lain yang berukuran besar, memiliki detail-detail mikroskopis yang tak mampu kita lihat. Barulah dengan lensa berkekuatan besar seperti dengan bantuan mikroskop, kita bisa menyaksikan dan mengabadikan. Tapi hasilnya ... hiiiy, geli juga.

Berikut ini 10 benda yang tampak biasa di mata kita, namun berubah mengejutkan (dan seringkali menakutkan) apabila sudah diperbesar ribuan kali.

WARNING: BEBERAPA GAMBAR DI BAWAH AKAN MENIMBULKAN TRAUMA!!!

1. MATA KITA

eyelashes

Mata manusia memang indah jika dilihat, apalagi kalo berwarna-warni kayak bule. Ada yang coklat, ada yang biru, ada yang hijau. Bahkan ada mutasi genetik bernama heterochromia yang bisa menyebabkan warna mata kanan berbeda dengan mata kiri. Hmmm ... namun bagaimana jika mata dilihat dengan perbesaran puluhan kali ya? Hasilnya akan seperti ini ....

eye-macro-photo-1

Ekspresi kita: 89089837-omg-reaction-

Yup ... begitulan penampakan iris (bagian berwarna dari mata kita) bila dilihat lebih teliti. Hmmm bisa bolong-bolong gitu ya? Jadi enek lihatnya. Tapi tanpanya, kita nggak akan bisa melihat lho.

2. LIDAH KITA

EKoW7VP

Indra pengecap kita memang tampak mulus jika lihat di kaca. Tapi bagaimana sesungguhnya penampakannya jika dilihat dengan perbesaran ratusan kali?

TONGUE

Ekspresi kita: RDJ_Woah

Ternyata nggak semulus dugaan kita ya? Duri-duri yang terlihat itu sebenarnya adalah papilla, sensor pengecap kita. Tanpanya kita nggak akan bisa merasakan nikmatnya makanan lho.

3. GIGI KITA

taylor_swift_new_hair_models-1024x640

Hayoo ... siapa yang males sikat gigi? Sikat gigi nggak hanya menjaga gigi kita tetap terlihat putih guys, namun juga membantu menyingkirkan sisa makanan yang menempel di gigi kita. Jika kita tidak rajin sikat gigi, maka bakteri akan menempel di gigi kita dan merusaknya. Bagaimana sih penampakan gigi yang jarang dibersihkan jika dilihat lewat mikroskop?

139520_v1

Ekspresi kita: tenor (3)

Itu bukan mop berbulu yang biasa kita pakai buat ngepel ya, itu adalah ratusan bakteri berbentuk batang yang menempel di gigi kita jika masih ada sisa makanan yang menempel. Masih males sikat gigi guys?

4. KUPU-KUPU

monarch-butterfly-grass.jpg.adapt.945.1

Kupu-kupu memang salah satu hewan yang paling cantik, apalagi dengan keindahan sayapnya. Tapi bagaimana rupanya jika diperbesar ingga ratusan kali? Beginilah wajahnya ....

c5ac54d60142c161775d26a33d1677e3

Ekspresi kita: omg_girl

5. ALIS KITA

vYeBjU

Alis memang salah satu satu komponen penting untuk melindungi mata kita. Alis juga bisa membuat kaum wanita jadi terlihat lebih cantik. Ingin melihat alis lebih dekat dengan perbesaran ribuan kali?

11361732df5578ec13b23774c5485510

Seems okay, but …

main-qimg-300c15844a0d79ac4b7d725f64929960-c

What the hell! Jangan kaget guys ... alis manusia normal memang memiliki “penghuni” berupa kutu yang amat kecil yang disebut Demodex. Hewan ini secara alami memang tinggal di permukaan tubuh manusia dan bersarang di folikel rambut. Pengen melihat lebih dekat teman kita ini?

image

BM8307

sn-mites_0

Ekspresi kita: tenor

Jangan khawatir guys. Walaupun creepy (nggak bisa bayangin makhluk kayak gitu jalan-jalan, berkembang biak, dan eek di alis kita), Demodex sebenarnya tidak membahayakan. Bahkan, keberadaannya justru berguna bagi kita karena memakan sisa-sisa kulit kita yang sudah mati. Tapi tetep saja ya bikin geli ...

6. RAMBUT KITA

hair2

Rambut memang mahkota kita. Tapi rambut kita juga merupakan rumah bagi organisme-organisme lain lho, apalagi jika jarang dibersihkan.

KUTU RAMBU

Ekspresi kita:  tumblr_noogenkh0F1qk08n1o1_500_thumb

Yup, yang sedang menatap kita adalah kutu rambut yang hidup di rambut kita. Nah nggak kayak buddy kita Demodex yang bantuin kita, hewan ini adalah parasit. Jadi rajin-rajin bersihin rambut yah.

7. BULU ANJING

Cute-puppy-photos-192

Anjing dari luar emang terlihat cute ya apalagi dengan bulunya yang mempesona. Tapi jika dilihat lebih dekat ...

d61d63c128c05938df76d7de6402b568

Ekspresi kita: Santana_eww_gross_no

WTF??? Ya, bulu anjing memang menjadi rumah bagi kutu yang hidup dengan menghisap darah. Seperti itulah wajah kutu-kutu itu jika diperbesar. Quite eww ha?

8. KASUR

7254161b2ac6a0690893379d29d13588

Yap ... kasur ini tampaknya nyaman untuk ditiduri, apalagi dengan selimut tebal. Tapi apakah kasu kita adalah tempat yang aman? Bagaimana jika permukaannya diperbesar? Ternyata seperti ini hasilnya ...

139499

snappa_1464103701

Ekpresi kita: wendy-torrance-gif

Makhluk-makhluk yang kelihatan berjejer kayak tentara itu adalah kutu kasur. Ukurannya kecil memang namun dengan kemampuannya menghisap darah, hewan ini termasuk hama yang amat mengganggu manusia. Belum lagi tidur kita bisa terganggu. Looks like army from hell ha?

9. SIPUT

  image

Siput sepertinya memang bukan hewan yang mengganggu. Namun hewan ini juga bisa menjadi vektor parasit yang merugikan manusia. Apalagi jika hidupnya di air kotor. Seperti inilah bentuknya bila diperbesar.

schistosome

Ekspresi kita: 5495bf1a6a153487e6ba4db66ce4ba9b

Monster di atas adalah Schistosoma, sejenis cacing parasit yang nggak hanya serem, namun juga berbahaya. Makanya kita sebaiknya menjaga kebersihan dengan mencuci tangan atau kaki sehabis pergi keluar, soalnya bisa saja kita bertemu makhluk ini tanpa sengaja.

10. TENTAKEL

hawaiian_bobtail_squid_by_zeeoutlandishone

Cumi-cumi dan gurita emang lezat jika dibikin sate bakar dengan bumbu kecap apalagi takoyaki. Tapi hewan bertentakel ini juga bikin geli kalo diperbesar ratusan kali. Berikut ini adalah bentuk tentakel apabila dimagnifikasi melalui lensa mikroskop.

images (3)

139526

Ekspresi kita:

tumblrm0bhe5w95a1r5ur0ho1500

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

 

Sumber:

http://www.cracked.com/article_19939_11-everyday-things-that-are-terrifying-under-microscope.html

2 comments:

  1. Ane pernah liat juga Dave, bahkan stroberi yang enak itu berubah jadi creepy jua dibawah mikroskop.
    Btw, winchester bersaudara ekspresinya gitu amat...


    Regards

    ReplyDelete
  2. Pantesan Spongebob takut ya :''

    ReplyDelete