Monday, May 22, 2017

MOST UNUSUAL YOUTUBE CHANNEL: THE CURIOUS CASE OF BENJAMIN BENNET

 
  Webp.net-gifmaker

Pertama kali gue tahu tentang akun youtube ini setelah ada salah satu member grup MBP yang share di grup Line. Akun ini punya seorang cowok asal Amrik bernama Benjamin Bennet. Mungkin channel milik Ben ini merupakan salah satu akun youtube teraneh. Betapa tidak, di dalam channel ini, Ben merekam dirinya duduk dan tersenyum selama 4 jam non-stop! Yap, kalian nggak salah baca. Dia cuman duduk dan tersenyum selama 4 jam tanpa bergerak sedikitpun.

 

Ada yang mengira Ben ini cuman boneka, tapi kalau videonya sedikit dipercepat, terlihat kok kalo Ben ini bergerak dikit, walau mungkin nggak disadari pemirsanya jika nonton videonya non-stop. Kadang Ben agak membungkuk dari posisi awalnya yang tegak (mungkin karena capek) atau senyumnya sedikit luntur dan kelihatan dipaksakan. Atau justru sebaliknya, dari senyum yang agak dipaksakan, ia melebarkan senyumnya supaya terlihat lebih tulus. Salah satu bukti bahwa Ben seriusan melakukan hal ini tanpa teknik editing adalah pergerakan cahaya matahari yang pada beberapa videonya jelas terlihat menandakan pergantian waktu.

Video Ben selalu diawali dengan dia menyetting kamera. Kemudian dia akan duduk dengan bersila dan menghabiskan beberapa detik untuk mencari posisi yang paling nyaman buat dirinya. Kemudian dia tersenyum dan nggak mengganti posisinya ini selama empat jam. Yup ... four Goddamn hours! Video kemudian diakhiri (biasanya setelah empat jam lewat beberapa menit) dengan Ben (masih tersenyum) mematikan kameranya.

Di akhir video, gue selalu menyaksikan dia mematikan kamera dengan cara mengangkat kakinya yang masih terkunci dalam posisi bersila. Gue nggak bisa bayangin aja kakinya pasti sudah kesemutan atau bahkan kram karena berada pada posisi yang sama dalam waktu selama itu. Yang jelas, jika dilakukan oleh orang biasa, dijamin aksi ini akan sangat menyiksa.

Salah satu komentar di salah satu videonya menyarankan untuk mengerjai staff youtube dengan cara melaporkan video ini untuk pelanggaran konten nudity, sehingga ada staff yang kebagian sial untuk memeriksa video ini selama 4 jam hehehe.

Yang lebih mengejutkan, Ben melakukan ini hampir setiap hari dan sekarang sudah ada lebih dari 200 video di channelnya!

1

Semua lokasi pengambilan video ini berada di dalam rumahnya. Pada beberapa video pertama, tampak dia merekamnya di dekat pintu. Bahkan pada salah satu episodenya, percaya atau nggak, ada maling masuk dan membuka pintu rumahnya. Apa yang dilakukan Ben? Dia nggak melakukan apapun dan terus duduk sambil tersenyum. PADAHAL ADA MALING MASUK KE RUMAHNYA!!! Wow, Ben ini kayaknya bener-bener berdedikasi ya. Mungkin karena insiden ini, Ben mengganti posisinya ke pojok ruangan, jauh dari pintu, mungkin supaya konsentrasinya nggak pecah jika ada maling masuk lagi?

Kejadian aneh lainnya yang pernah terjadi pada Ben adalah di tengah senyumnya tiba-tiba dia hendak menangis. Entah apa yang terjadi pada cowok ini. Mungkin dia tertekan atau apa (atau mungkin akting/elspresi seni). Dan kejadian yang kocak, menurut pengakuannya di salah satu wawancara, adalah di salah satu videonya dia sempat kencing di celana gara-gara dia lupa pipis sebelum melakukan aksinya ini. Dia sendiri kaget bahwa pemirsanya tak ada yang menyadarinya.

Well, I’ll admit it a little weird. Nope, beyond weird! Kenapa cowok ini menghabiskan waktu empat jam hanya untuk duduk dan tersenyum, bahkan tak bergerak sedikitpun?

Ben nggak pernah terbuka mengungkapkan apa alasannya melakukan semua ini. Namun ada yang menduga bahwa aksi yang dilakukan Ben ini adalah semacam pertunjukan ketahanan fisik yang disebut “Durational Art”. Contohnya adalah rapper Jay Z yang pernah nge-rap tanpa henti selama 6 jam. Beberapa pesulap juga melakukan aksi ketahanan tubuh ini, semisal David Blaine yang berdiri di atas pilar selama 35 jam dan bersedia dikurung di dalam balok es selama 62 jam. Bedanya, jika mereka melakukan aksinya hanya sekali, Ben melakukannya, well, hampir setiap hari.

Dalam wawancara singkatnya, Ben hanya mengatakan bahwa motivasinya melakukan ini karena “belum pernah ada yang melakukannya sebelumnya”. Ben juga sepertinya bukan seperti youtubers lainnya yang mengejar keuntungan melalui iklan, sebab ia sama sekali tak memasang iklan, baik di channel maupun websitenya, sittingandsmilling.com.

Satu hal lagi yang ingin gue bahas, apakah yang dilakukan Ben ini wasting time? Salah satu channel youtube yang cukup bijak menyoroti hal ini dan gue rasa dia benar, Ben sama sekali nggak wasting time di sini. Justru yang patut dipertanyakan apakah kita sendiri sering wasting time di kehidupan kita? Apa kita menghabiskan berjam-jam maen facebook atau instagram atau nonton televisi tanpa manfaat sedikitpun? Siapa yang lebih wasting time di sini, Ben ataukah kita sendiri? Dan apapun yang kita lakukan di waktu senggang kita, Ben melakukannya lebih baik, karena dia melakukannya dengan tersenyum.

Menurut gue, nggak cocok memasukkan aksi Ben ini ke dalam category “creepy” seperti yang banyak dilakukan channel youtube lain. Gue rasa kita harus menghormati aksinya guys. Pertama, aksi seperti ini memerlukan ketahanan fisik yang tinggi. Apakah kita sendiri tahan jika harus melakukan aksi yang sama seperti Ben ini? Kedua, there’s nothing wrong with smilling genuinely. I think the world deserves more smiles. Gue rasa apa yang dilakukannya cukup positif, sebab semakin sedikit orang yang mau berbagi senyuman, walau hanya sebentar saja, pada sesamanya. Dan ketiga, gue rasa apa yang dia lakukan adalah semacam teknik relaksasi. Banyak orang yang menyamakan aksi Ben ini sebagai sejenis meditasi, yang jelas bermanfaat nggak hanya buat fisik, melainkan psikis juga.

Intinya, apapun yang dilakukan Ben ini, walaupun nggak biasa, tetap mendapat dukungan penuh dari gue. Bahkan, gue kagum dengan dedikasi serta keseriusannya (bayangin bro, drampok aja dia nggak gerak). It’s not creepy at all, I think it’s amazing. Dan yang jelas, channelnya lebih bermanfaat ketimbang channelnya Awkarin, iya nggak?















3 comments:

  1. Iya seeh, tadi ane mikir jua, ini si Benjamin apakah ga ngabisin waktu, gitu aja tiap hari...? Selama empat jam...? Tapi ketika meligat diri kita sendiri, ternyata emang bener, bahwa sebenarnya, siapakah sekarang yang buang-buang waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi yang pasti baca2 blog gue bukan termasuk buang2 waktu khaaaan :P

      Delete
  2. Bacain blog elu bikin buang2 tusuk gigi, Bang 😂😂

    ReplyDelete