Friday, September 8, 2017

RIDDLE #7: RUMAH AYAH


Level: easy


Pagi itu aku mengunjungi rumah ayahku. Kami harus tinggal di tempat yang terpisah ayahku ditempatkan bekerja di kota lain. Ini kali pertamaku mengunjungi ayahku di perumahan dinasnya. Begitu menemukan alamatnya, aku membuka pintu. Tidak dikunci! Dasar ayahku ceroboh sekali.

Begitu aku masuk, aku melihat sinar matahari pagi menyinari ruangan itu. Aku melihat seseorang tidur di ranjang ayahku. Masalahnya, dia adalah seorang perempuan. Siapa dia? Kenapa dia tidur di ranjang ayahku? Apa ayahku berselingkuh?

Dengan marah, aku mengambil asbak yang ada di atas meja samping tempat tidur dan memukulkannya berkali-kali ke kepala perempuan itu. Aku ketakutan dan langsung kabur. Apakah aku baru saja membunuhnya? Apakah aku akan ditangkap polisi. Tidak, justru ayahku yang akan dituduh membunuhnya! Lagipula ini kan salah ayahku. Kenapa ia harus berselingkuh?

Aku kembali ke rumah ibuku. Aku tak mau menceritakannya, sebab tentu ia akan sedih. Beberapa hari kemudian ayahku menelepon, menanyakan kenapa aku tak jadi mengunjunginya pagi itu. Ia sama sekali tak menyinggung tentang perempuan itu.

Sore itu aku memutuskan untuk datang ke rumahnya. Ia mempersilakanku masuk seolah tak terjadi apa-apa. Akupun masuk ke kamar ayahku dan melihat tak ada bekas pembunuhan di sana. Seprai dan semuanya telah berubah (pasti dia ganti), namun aku yakin ini kamar yang sama. Arah cahaya yang menyinarinya sama persis!

35 comments:

  1. karena perempan itu sudah dibunuh duluan sama ayahnya si aku

    ReplyDelete
  2. Kemungkinan si 'aku' ini salah masuk rumah. Mungkin rumah yang ada di seberang rumah ayahnya. Soalnya saat pertama kali si aku ke rumah ayahnya di waktu pagi hari (matahari terbit dari timur). Dan waktu si aku datang ke rumah ayahnya utk yg kedua kali, dia datang di sore hari (matahari berada di sebelah barat). Jadi harusnya, arah cahaya yang menyinari ruangan itu beda dengan saat si aku pertama kali berkunjung ke rumah ayahnya.
    Selain itu, si aku juga bilang kalo nggak ada bekas pembunuhan di sana dan kondisi rumah sama sekali berbeda dengan yang pertama kali dia lihat.
    Ayahnya juga nggak pernah mengungkit soal pembunuhan itu karena wanita yang dibunuh si aku adalah penghuni/pemilik rumah lain bukan selingkuhan ayahnya.

    ReplyDelete
  3. bapaknya jadi waria / transgender..

    -Ai

    ReplyDelete
  4. Hmm.. si eneng pasti salah masuk rumah ya? Cahaya matahari kan arah sinarnya sama ke beberapa rumah.. Kasian mba2nya dituduh jd selingkuhan, dibunuh pulak :(

    ReplyDelete
  5. Kalau pagi sinar matahari itu mengarah ke barat, kalau sore sinar matahari mengarah ke timur. Intinya rumah yg ia datangi sebelumnya itu bukan rumah ayahnya 😭

    ReplyDelete
  6. Arah datang sinar matahari harusnya beda, kan pagi dan sore..salah memukul orang tuh:(

    ReplyDelete
  7. Mungkin dia mengunjungi rumah tetangga ... jadi cahaya masuknya sama. Perumahan dinas biasanya tata letak kamarnya sama.

    ReplyDelete
  8. wanita itu dibunuh sama ayahnya ?

    ReplyDelete
  9. Yang dia bunuh itu wanita dari rumah dinas yg berbeda

    ReplyDelete
  10. Bentuk perumahan dinas kan emang sama :( mungkinkah dia slah alamat dan slah masuk rumah :( -dita

    ReplyDelete
    Replies
    1. *jadi pengen nyanyi lagunya ayu ting ting*

      Delete
  11. yah ini orang nggak bisa membedakan arah matahari terbit dan tenggelam, salah alamat atuh>>>

    ReplyDelete
  12. itu anak salah masuk rumah orang atau di rumah ayah nya bukan cuma ayah nya aja yang huni tuh rumah mungkin ada orang lain

    ReplyDelete
  13. waduh salah rumah pagi dan sore harusnya arah cahaya berbeda

    ReplyDelete
  14. Sejak kapan matahari terbit dan terbenam di arah yang sama? Berarti sebelumnya dia salah mengunjungi rumah dong? Berarti tetangga ayahnya yang dibunuh dong?

    ReplyDelete
  15. Semua desain dan bentuk rumah Dinas itu sama persis. Kali kali dia salah masuk rumah orang :')

    ReplyDelete
  16. Pagi matahari di timur, sore matahari udah di barat gimana bisa sama persis. Salah rumah tuh anaknya

    ReplyDelete
  17. Anaknya salah masuk rumah, itu bukan rumah ayahnya krn sinar matahari yg menyinari berbeda saat pagi (dia bunuh perempuannya) dan saat sore (kali kedua dia dtg ke rmh ayahnya)

    ReplyDelete
  18. si anak salah masuk rumah dan ngebunuh orang tak bersalah :(
    waktu pertama dateng itu arah cahaya pagi, pas sama ayahnya arah cahaya sore ngga mungkin sama.

    ReplyDelete
  19. Bapaknya udah biasa "menghilangkan" jejak

    ReplyDelete
  20. Dia salah rumah, dia datang pertama kali saat pagi hari dan kedua saat sore hari tapi arah cahayanya kok sama...

    ReplyDelete
  21. Salah masuk rumah kah? Rumah dinas biasanya serupa...arah cahayanya sama,padahal waktu kedatangan si anak beda...jd kemungkinan dia salah masuk ke rumah yg berhadapan sm rumah ayahnya?

    ReplyDelete
  22. doi masuk rumah yg salah :-D

    ReplyDelete
  23. Dia datangnya pagi terus pas keduakalinya sore kenapa arah menyinarinya sama

    ReplyDelete
  24. Salah rumah mungkin..rumah dinas rata rata sama sih.. Kalau ayahnya bilang kenapa ga dateng, berarti kan si ayah udah nunggu dia (ayahnya ada dirumah terus)

    ReplyDelete
  25. Dihh ente berkunjung ke rumahnya pagi2 trus yg kedua berkunjung ke rumahnya sore, dan masih bilang sinar mataharinya sama? Coeg, rumah depan lo itu. EMOSI AKU MZ!!

    ReplyDelete
  26. Njay, arah sinarnya sama padahal beda waktu, yg waktu ada si cewek itu pagi, sedangkan waktu sama bapaknya sore

    ReplyDelete
  27. Apa gara2 perumahan dinas jd bentuk rumah dan letak perabotan sama semua??

    ReplyDelete