Wednesday, April 4, 2018

10 BARANG PALSU BIKINAN TIONGKOK YANG NGGAK AKAN KALIAN PERCAYA!!!




Oke guys, gue nggak bikin artikel ini buat nyudutin Tiongkok ya. Tapi menurut gue mereka kelewatan kreatif. Pas gue bikin artikel ini, lagi heboh-hebohan video telur palsu yang diduga bikinan Tiongkok. Walaupun kenyataannya video itu hoax bernuansa rasis, tapi memang udah menjadi rahasia umum kalo Tiongkok dikenal sebagai pemroduksi barang-barang KW. Kalo tas Gucci atau sepatu Nike KW sih nggak masalah ya guys (kalian aja sering nyari, hayooo ngaku) karena nggak berdampak pada kesehatan. Namun produk-produk palsu di bawah ini cukup berbahaya dan korbannya seringkali adalah penduduk Tiongkok sendiri. Ini membuktikan bahwa ini hanya merupakan perbuatan segelintir oknum aja, jadi jangan menyalahkan seluruh negaranya ya.

Berikut ini 10 kasus produk palsu (termasuk makanan) yang pernah menggemparkan Tiongkok.


1. TELUR PALSU



Nah ini nih. Ternyata di Tiongkok sana beneran beredar telur palsu. Tapi bukannya lebih kenyal, telur-telur ini malah mudah hancur. Telur ini dibikin dari campuran resin, tepung, pewarna, serta sodium alginat supaya telur palsu ini menjadi kenyal. Yang niat banget nih guys, pengedarnya juga membuat kulit telur palsu dari campuran parafin (lilin), gypsum (yang buat tembok itu), dan kapur. Aduuuuh … kalo emang kreatif gini, kenapa nggak bikin prakarya aja sih yang jelas laris dijual dan lebih halal?
2. BERAS PALSU

Nah, kasus ini juga sempat heboh sampai di Indonesia. Kasus beras palsu ini pertama terbongkar di Provinsi Shaanxi, dimana ditemukan beras palsu yang ternyata terbuat dari campuran tepung kentang dan plastik. Bahkan, ahli nutrisi mengatakan bhawa dengan memakan 3 mangkuk beras palsu ini, berarti kalian sudah makan 1 mangkuk plastik! Beras plastik ini memang sangat susah dibedakan dengan aslinya, namun akan langsung ketahuan setelah dimasak. Sebab setelah tanak pun, beras plastik ini akan tetap keras.
3. SUSU FORMULA PALSU



Susu formula memang barang mahal, nggak heran banyak yang bikin versi KW-nya. Cuma celakanya, susu formula palsu ini ternyata amat berbahaya sebab dimasukkan zat berbahaya, yakni melamin untuk meningkatkan kandungan proteinnya. Yap, bener banget guys, melamin itu yang biasa dijadiin piring dan alat-alat makan itu.

Nggak hanya menyebabkan bayi sakit, bahkan sudah ada kasus dimana ada bayi yang meninggal karena mengkonsumsi susu ini. Susu palsu ini juga menyebabkan kepala bayi membengkak dan malnutrisi. Ih, mengerikan ya?

4. AIR MINERAL PALSU

Scam air mineral palsu ini cukup licik, yakni menggunakan air biasa yang belum disterilkan dan dijual seolah-olah itu adalah air mineral kemasan (bersegel lagi). Celakanya, air ini mengandung konsentrasi bakteri dan mikroba lain yang cukup berbahaya. Makanya jangan mudah tergiur ama barang murah ya guys?
5. ANGGUR PALSU

Wine emang barang yang cukup prestisius di Tiongkok sana. Harganya yang mahal membuat pengusaha nakal membuat wine palsu dengan mengisi botol-botol wine berkualitas yang sudah kosong dengan minuman beralkohol murahan. Gara-gara praktik ini nih, pengusaha hotel dan bar sampai harus memecahkan botol-botol bekas wine milik mereka agar tidak “didaur ulang”. Duh.
6. KACANG PALSU

Kebangetan banget ya guys, masa kacang aja ampe dipalsu. Kacang walnut memang komoditi mewah di Tiongkok dan kebangetannya, beredar kacang walnut palsu yang begitu dibuka kulitnya … ternyata berisi semen! Tapi niat banget ya yang bikin. Bayangin yang jual bukain kulit kacang satu-satu, terus diisi semen, terus ditutup lagi. Kurang kerjaan banget!
7. DAGING PALSU
Beda dengan di sini, daging sapi cukup “luxury” di Tiongkok sebab tak mudah ditemukan. Daging yang mudah didapat dimana-mana di sana adalah daging babi. Nah, beberapa orang nggak bertanggung jawab di sana memalsukan daging sapi untuk memperoleh laba tinggi. Bahan yang digunakan untuk membuat daging sapi palsu ini? Daging tikus. EWWWW!!! Dan kalo itu kurang menjijikkan buat kalian (takutnya kalian tetep doyan hehehe) daging ini masih ditambahi berbagai macam zat kimia supaya beratnya bertambah. Idiiiiih !!!!
8. MADU PALSU

Emang kebiasaan banget ya buat manusia untuk memalsu yang manis-manis. Nggak cuman janji manis, madu aja sampai dipalsu. Di Provinsi Jinan, diduga 70% madu yang beredar di sana adalah palsu. Terbuat dari apa siiiih? (ketauan admin juga pengen bikin) Ternyata madu palsu ini tak lebih dari campuran sirup dan pewarna. Tetep manis sih, tapi kayaknya kurang berkhasiat deh.
9. FOSIL PALSU

Nggak cuman makanan aja guys yang bisa dipalsu. Fosil dino aja sampai dipalsu … buseeeet dah! Tiongkok emang unik sebab menjadi rumah bagi fosil-fosil dinosaurus yang menunjukkan peralihan antara repil dan burung. Namun hal tersebut juga memancing pengusaha nakal dari Tiongkok untuk membuat fosil palsu untuk dijual ke kolektor. Beberapa fosil tampak konyol bak hewan mitologi, sebab pernah ada fosil yang menggabungkan tikus dengan ikan (sekalian aja bikin fosil putri duyung!). Namun sedihnya, praktik ini seringkali menggunakan fosil asli yang dihancurkan dan dirusak agar bagian-bagiannya bisa ditambahi dan menaikkan nilai jualnya. Duh, memprihatinkan banget ya?
10. KAMPUS PALSU

Nah, kalo ini pernah ada di Indonesia guys (jadi bangga, bukti kita nggak kalah ama mereka hehehe). Di Indonesia dah ada kasus konyol yang membongkar institusi universitas palsu yang menjual ijazah palsu seperti di video ini.

Namun di Tiongkok ceritanya lebih tragis. Seorang mahasiswa baru menyadari ketika akan wisuda bahwa kampus tempatnya kuliah ternyata palsu. Kampus tersebut tidak dapat mengeluarkan ijazah resmi, padahal mahasiswa ini sudah menghabiskan dana untuk kuliah di sana selama 4 tahun. Hiks … nggak kuat deh.

BONUS:
Admin sendiri sempet keliling pasar dan menemukan banyak produk palsu dari Tiongkok juga guys. Ini membuktikan kalo kalian semua harus hati-hati dalam membeli buah, sayur, dan makanan lain dari pasar. Takutnya yang kalian beli buah-buahan plastik! Simak penemuan admin berikut ini.

Waduuuuh parah ya guys! Tapi Indonesia juga nggak mau kalah. Kita juga udah bisa lho malah membuat ayam dan sapi palsu. Ini buktinya!




Ckckckckck … mau jadi apa dunia ini?


No comments:

Post a Comment