Monday, April 30, 2018

JUMPSCARE FREE: FILM-FILM HOROR PENDEK SERU YANG BEBAS JUMPSCARE



Kesel nggak sih kalo liat film horor terus tiba-tiba ada jumpscare yang ngangetin banget. Hehehe … gue sih demen-demen kesel ama yang namanya jumpscare. Awal-awal muncul film yang ada jumpscare-nya (semisal “Tale of Two Sisters” ama “Insidious”), gue menganggap konsep itu keren dan inovatif. Tapi lama-kelamaan bosen juga ya. Apalagi kalo membahas film pendek. Banyak film pendek horor (yang sekitar 2-10 menitan) memiliki tema yang sama, yakni cerita yang super simpel dimana sang tokoh utama menunggu munculnya setan dalam bentuk jumpscare. Mungkin ini terinspirasi ama suksesnya film pendek “Lights Out” yang dibikin film layar lebarnya.

Tapi kata seorang kritikus sih (lupa siapa), nonton film horor dengan jumpscare tuh sama aja nonton film komedi tapi sambil digelitikin biar ketawa. Well, kalian boleh setuju atau tidak, namun gue merasa film horor pendek terlalu monoton kalo hanya mengandalkan jumpscare. Film horor yang cerdas dan kreatif gue rasa harus mengandalkan jalan cerita dan twist ending, nggak cuman pake cara murahan dengan ngagetin penontonnya. Alhasil, gue beberapa hari terakhir menyusuri Youtube untuk mencari film-film horor yang nggak hanya ngandalin jumpscare aja, tapi juga memuaskan dalam segi cerita.

Gue akhirnya dapat list ini nih. Pokoknya tenang aja, kalian nggak akan dibikin kaget ama jumpscare berupa setan yang muncul tiba-tiba di film-film ini. Percaya deh ama gue. Gue udah sengaja milihin film-film horor yang kreatif dan cerdas, sekaligus bisa dinikmati dalam sekejap, soalnya durasinya juga nggak lama-lama (sekaligus hemat kuota hehehe).

Berikut ini list-nya.



Film ini nggak sepenuhnya bebas jumpscare kok hahaha. Tapi cuman dikiiiiit banget. Film ini lebih mengandalkan teror yang berlangsung perlahan-lahan. Konsepnya juga unik, yakni seorang wanita menemukan foto-foto misterius di handphone-nya yang …. Ah, nggak gue jelasin deh, takut spoiler hehehe. Tapi yang jelas ceritanya original banget dan endingnya (walau bagi gue sedikit mengecewakan) memiliki twist tak terduga.




Film ini unik, sebab di thumbnail-nya tertulis bergenre science fiction “time travel”. Ceritanya tentang seorang pria yang baru terbangun dari pingsannya dan menyadari bahwa ia tengah berada di sebuah penjara misterius bersama seorang laki-laki yang tak ia kenal. Adegan filmnya agak-agak mirip ama “Rise of Dark Knight”-nya Batman sih, tapi seru, menegangkan, dan endingnya … wow, didn’t see that coming.




Oke, film ini juga agak ngagetin, nggak sepenuhnya bebas jumpscare. Tapi tetep, menurut gue film ini punya jalan cerita yang bagus serta ending yang agak sedih. Ceritanya tentang seorang wanita yang pulang malam sendirian dan diganggu sama seorang pemuda mabuk. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Aksen pemeran cowoknya, Todd Von Joel juga jadi nilai plus buat film ini hehehe.




Okeeeee … jujur ini adalah film pendek paling tegang yang pernah gue tonton. Bercerita tentang seorang cewek yang naik kereta sendirian dan diteror sosok mirip Slenderman, film ini akan membuat jantung kalian berpacu dengan kencang. Jujur film ini serem banget dan harus gue peringatin (walau jumpscare-nya nggak terlalu kentara) this movie is not for the weak heart!




Ceritanya simpel, yakni tentang seorang petugas 911 yang menerima telepon emergency. Namun walaupun sederhana, film ini tetap akan memacu adrenalin kalian. Dan twist di akhir filmnya, bener-bener chilling.




Another psychological thriller, film ini mengisahkan seorang wanita yang terus diteror oleh sahabatnya yang over-obsesif. Walaupun endingnya udah ketebak (at least buat gue), twist-nya cukup membuat gue kagum.



One of the best short movie I’ve seen so far. Sesuai judulnya, film ini bercerita tentang seorang wanita yang mendapat telepon dari suaminya yang memperingatkannya agar tidak mempercayai doppleganger-nya. Endingnya sama sekali nggak terduga dan film ini adalah salah satu dari sedikit film yang menawarkan “double twist” dalam ceritanya.



Berdasarkan salah satu urban legend yang cukup terkenal, film pendek ini mengisahkan seorang babysitter yang menjaga seorang gadis cilik dan menemukan teror menyelinap dalam rumah tersebut. Walau seram dan punya twist dalam jalan ceritanya, film ini nggak bisa bikin gue puas entah kenapa.




Salah satu film horor paling original dan mungkin paling aneh yang pernah gue lihat, “Peekers” menceritakan seorang pria yang dimintai tolong tetangganya untuk melihat sesuatu dalam rumahnya. Istri pria tersebut bertingkah aneh dan endingnya … cukup creepy buat gue. Film ini aneh (gue peringatkan lagi) jadi jangan berusaha untuk memahami jalan ceritanya. Oya, film ini juga ada unsur-unsur komedinya dikit.




Again, salah satu film berdasarkan creepypasta pendek yang bahkan pernah gue muat di blog gue, film ini mengisahkan seorang gadis yang memutuskan berlibur untuk menghilangkan stress dalam pekerjaannya. Awalnya film ini nggak keliatan seperti film horor, bahkan sempat bikin gue bosen. Namun gue masih betah-betahin nontonnya karena yang main cakep hehehe. Tapi endingnya … hmmm gue yakin bakalan membuat kalian menganga.

BONUS:



OK, pertama kali gue lihat judulnya, gue pikir ini bakalan jadi mirip "Paranormal Activity" or something dimana si ibu mendengar suara aneh di "baby monitor"-nya (btw, orang Indonesia pake ini juga nggak sih, apa cuman bule di film horor doang). Namun kalian bakal dibikin terkejut ama twist film ini. Jika kalian suka film psychological thriller, this movie really worth a shot, guys!

Demikian kompilasi 10 film horor pendek yang nggak ngandalin jumpscare. Mana favorit kalian? Silakan comment pendapat kalian mengenai film-film di atas. Dan jika kalian punya saran film lain bertema sama, silakan tulis di comment juga. Have a nice day! :D

3 comments:

  1. Bang, yg terakhir bener2 di luar dugaan😱😱😱😱

    ReplyDelete
  2. Film nomor 2 astaga, endingnya

    ReplyDelete
  3. nomer 9 itu tempe goreng bukan sih?

    ReplyDelete