Wednesday, April 4, 2018

MERCURY THIOCYANATE: HOW TO SUMMON DEMON WITH CHEMISTRY!




Yap, best tutorial videos I’ve ever seen, especially on youtube. Aslinya sih bukan video manggil setan beneran guys hehehe (judulnya clickbait doang), tapi gue mau nunjukin yang mungkin bisa dibilang sebagai reaksi kimia paling aneh di dunia, yakni reaksi pembakaran senyawa merkuri thiosianat.


Mercury (II) thiocyanate (Hg(SCN)2) merupakan senyawa kimia yang pertama kali disintesis oleh kimiawan Jons Jacob Berzelius pada 1821. Namun seorang kimiawan lain bernama Wohler menyadari bahwa senyawa tersebut menghasilkan reaksi yang amat unik (sekaligus “eerie”) ketika dibakar. Ketika dipanaskan, senyawa tersebut akan berubah menjadi zat padat berbentuk ular yang sebenarnya adalah karbon nitride. Reaksi kimia yang amat mengerikan ini bisa kalian lihat pada video di bawah ini.




Ada tutorial cara membuatnya juga loh.



Walaupun menurut gue sih videonya salah judul. Title yang lebih tepat harusnya: “Tutorial How To Summon Demonic Tentacles From Other Dimension” karena prosesnya yang nggak banget ini.

Tapi jangan coba-coba mempraktekkannya guys, soalnya merkuri thiosianat amat beracun dan merupakan gabungan dari dua unsur dan senyawa paling berbahaya di muka bumi ini, yakni air raksa dan sianida. Air raksa berbahaya bagi saraf dan bisa mengakibatkan Penyakit Minamata, sedangkan sianida … tahu sendiri lah apa dampaknya, apalagi kalo dicampur kopi.

Tragisnya, pada saat pertama ditemukan, banyak yang tak menyadari bahaya di balik senyawa ini. Reaksinya yang dianggap mengagumkan membuat produsen mainan di Jerman memproduksinya sebagai mainan anak-anak dengan merek pasar “Pharaoh Serpent”. Namun produk ini akhirnya langsung dilarang peredarannya setelah berakibat pada kematian beberapa anak yang penasaran dan memakannya. So I guess it’s a real demon then?

Well, whatever the f**k that is, I think it’s a cool way to make chemistry less boring. What a fascinating (and creepy) chemical reaction! Don’t you agree?

No comments:

Post a Comment