Sunday, April 15, 2018

ART OF NIGHTMARE: KARYA-KARYA MENGERIKAN ZDZISLAW BEKSINSKI



Zdzislaw Beksinski (nggak tahu cara pronounce namanya gimana) adalah seorang pelukis asal Polandia yang wafat tahun 2005 yang lalu. Dia mungkin satu-satunya penulis yang menganut gaya dystopian surrealism.  Intinya, lukisannya menggambarkan dunia post-apocalyptic yang mengerikan, dimana makhluk-makhluk penghuninya telah berubah menjadi bentuk tak terbayangkan. Menilik dari era dan tempat dimana dia hidup dan dibesarkan (Eropa Timur pada Pasca-Perang Dunia II yang dicekam oleh Komunisme), tak sulit memang membayangkan mengapa ia mengembangkan gaya tersebut. Kehidupan masyarakat yang saat itu sulit secara ekonomi, ditambah lagi kebebasan berpikir dan berpendapat mereka dicekal oleh rezim pemerintah, tentu menginspirasi karya-karya Beksinski yang kelam dan mengerikan.


Berikut ini karya-karya pelukis yang terinspirasi oleh mimpi buruk tersebut.

NB: artikel ini terinspirasi oleh artikel Bored Panda




Terinspirasi Horsemen of Apocalypse?


Mungkin menggambarkan penderitaan para tentara yang dikorbankan selama perang.


Katedral yang unsettling banget


Kanibalisme?


Keren juga ya kalo jadi adegan film dark fantasy?


Nggak hanya sesama manusia yang menjadi korban kebiadaban manusia, hewan juga.


Heartbreaking


Bisa jadi jumpscare nih


Mirip Silent Hill ya?


Tengkorak dan tulang manusia sepertinya jadi tema utama lukisan beliau


Benar-benar pas dengan nuansa distopian post-apocalyptic


Sering lihat di laman riddle Jepang


Sejenis ritual pemakaman?


Very Silent Hill-esque


Tentu saja, anak-anak menjadi korban utama peperangan dan pertikaian


Ngeri


Helpless

3 comments:

  1. Mantap bgt baca blog ini dari smp sampe sekarang udah lulus sma masih ada dan selalu konsisten dengan kontennya yang seru dan menarik. Sukses terus bang dave!

    ReplyDelete
  2. tahun tahunan baca dari blog kak dave, makin sukaaaaa. waktu itu pas ada notif kumpul buat pembaca blog ini sebenernya pengin ikutan tapi bingung mau bilangnya kemana hahahahah. btw kak, kangen sama postan tentang backpackeran juga(?)

    sukseees selalu!! bakal rajin manteng baca disini ahaha

    ReplyDelete
  3. Memang dah, gk ada bosennya mantengin ini blog. Semoga kedepannya bisa lebih maju lagi ya bang dave.

    ReplyDelete