Saturday, October 27, 2012

TAMAN ISLAM: KEINDAHAN SURGA DI BUMI

 

SONY DSC

Di postinganku terdahulu aku sempat membahas tentang gaya arsitektur Islam. Nah, kali ini aku akan membahas elemen-elemen taman bergaya Islam. Konsep taman Islam ternyata dimaksudkan untuk menggambarkan keindahan surga. Surga (jannah) dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai taman yang sangat indah. Hampir sama dengan Taman Eden (Firdaus) yang digambarkan dalam Kitab Kejadian dalam agaman Yahudi dan Kristen. Karena inilah, taman bergaya Islam tetap memiliki keunikan dibandingkan gaya-gaya yang lain.

Taman adalah ungkapan ekspresi manusia dalam menggambarkan keahliannya bercocok tanam. Dalam sebuah taman terdapat berbagai jenis tanaman dan bunga serta elemen-elemen pelengkap lainnya, seperti air, bebatuan, bahkan bangunan.

Taman Islam adalah taman yang berakar dari iman dan kepercayaan dalam agama Islam. Taman-taman Islam berkembang selama masa Dinasti-Dinasti Muslim sejak abad ke-7 hingga abad ke-16. Hingga kini keindahan peninggalan-peninggalan taman Islam tersebut dapat kita nikmati mulai dari Iran, India, Maroko, hingga Spanyol (Granada, Cordoba, Seville dan Toledo).

Berikut ini beberapa elemen-elemen dalam taman bergaya Islam.

1. Courtyard

Berbeda dengan taman Eropa yang terletak di lapangan terbuka, taman bergaya Islam biasanya berada di dalam lingkungan tertutup (courtyard) dan dikelilingi dinding pembatas. Hal ini dimaksudkan untuk menggambarkan surga, yang konon juga dikelilingi tembok dan memiliki gerbang yang dijaga malaikat.

issue_64_gardens

2. Tanaman Buah dan Bunga

Taman yang penuh dengan bunga warna-warni pasti sudah biasa. Namun keunikan taman bergaya Islam adalah adanya pohon buah-buahan. Hal ini juga bertujuan menggambarkan surga yang konon penuh dengan buah-buahan lezat yang mudah dipetik.

iran1_018_l       Los-Feliz-Orange-Tree-6322

3. Keteduhan

Sebagian besar negara Muslim terletak di daerah gurun yang panas, seperti Semenanjung Arab dan Afrika Utara. Oleh sebab itu, banyak ditanam pohon (terutama pohon palem yang beradaptasi dengan lingkungan kering) sehingga suasana terasa teduh dan sejuk.

d_alcazar_jerez_t1100626_05

4. Air

Air adalah elemen utama dalam taman bergaya Islam. Dalam kitab suci agama Kristen maupun Islam, taman Firdaus selalu digambarkan dialiri dengan empat sungai. Nah, dalam taman bergaya islam sering dijumpai kolam yang menggambarkan aliran sungai tersebut. Bahkan, seringkali, kolam-kolam tersebut sengaja dibuat untuk membagi taman menjadi empat bagian sesuai penggambaran surga dalam kitab suci. Taman yang terbagi empat tersebut (quadri-lateral) disebut “chahrbarg”.

bagh

Selain itu, air mancur juga sangat sering dijumpai dalam taman bergaya Islam.

alhambra-garden

5. Denah berbentuk rectangular (segiempat) yang simetris.

6. Banyak hiasan geometris

Jika taman Eropa umumnya menggunakan hiasan berupa patung atau bahkan tanaman yang dipangkas membentuk binatang, hal itu pastilah dilarang dalam taman Islam. Oleh sebab itu, taman Islam umumnya menggantinya dengan hiasan dan penataan yang bersifat geometris.

garden  

7. Kursi Taman

Tujuan pembuatan taman Islam cukup berbeda dengan taman Eropa. Jika taman Eropa lebih dimaksudkan sebagai tempat berjalan-jalan (karena itu terdapat jalur untuk berpijak dari batuan), sedangkan taman Islam lebih dimaksudkan tempat untuk berkontemplasi dan mencari inspirasi. Oleh sebab itu, taman Islam umumnya memiliki kursi.

8. Paviliun

Paviliun atau bangunan terpisah kadang ditemukan dalam taman yang luas sebagai tempat berteduh dari sinar matahari.

2589361479_0221724cc9

Berikut ini contoh-contoh taman bergaya Islam yang masih lestari hingga saat ini.

1. Taman Shalimar (Lahore Pakistan)

796px-Shalamar_Garden_July_14_2005-Sideview_of_marble_enclosure_on_the_second_level

Taman Shalimar diprakarasai pembuatannya oleh Sultan Shah Jahan (yang juga membangun Taj Mahal) pada 1641.

Shalamar Bagh

3265111593_84c93a96b9

Shalimar-Gardens

2. Taman Taj Mahal (Agra, India)

800px-Taj01

India Taj Mahal (1)

3. Taman Generalife (Granada, Spanyol)

Comares-Tower-and-Myrtle-Court,-Alhambra,-Spain-2480

Generalife berasal dari bahasa Arab “Jannat al-Arif”  yang berarti taman sang arsitek. Taman ini masih berada dalam kompleks Alhambra, yaitu istana peninggalan Islam yang sangat terkenal di Spanyol. Taman ini dbuat sejak awal abad ke-14 dan direnovasi pada tahun 1931.

0172-0175_el_generalife_alhambra_granada

alhambra-articleLarge

800px-PalacioDelGeneralife

Generalife Gardens

generalife_summer_2009_600x

475619266_2d2bb02e06

4. Taman Eram (Shiraz, Iran)

450px-Eram_garden

675px-Baghe_Eram_Shiraz_edit

5. Taman Nishat Bagh (Srinagar, India)

800px-India_-_Srinagar_-_023_-_Nishat_Bagh_Mughal_Gardens

6. Taman Golestan (Teheran, Iran)

Golestan-takht2

7.Naghshe Jahan Square (Isfahan, Iran)

image

image

8. Taman Makam Humayun (India)

Humayun-tomb

9. Taman Sezincote House (Gloucestershire, Inggris)

eco-garden-Sezincote-House-Gloucestershire

10. Taman Sari (Yogyakarta, Indonesia)

tamansari

Nah, kata Wikipedia, Indonesia ternyata juga punya lho taman bergaya Islami, yaitu Taman Sari di Yogyakarta. Sayang sekali, yang tersisa dari taman ini hanyalah pemandiannya. Padahal dahulu konon taman ini menyerupai Kebun Raya Bogor lho, hanya sekarang sudah hilang dan menjadi pemukiman penduduk.

3 comments:

  1. nice info terima kasih atas kerjanya.

    ReplyDelete
  2. makasiy bgt...sangat membantu TA - q :D
    semoga Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  3. surga yang di bawah nya mengalir sungai sungai. tapi kalau aku malah bayangin surga nya itu kek taman2 bunga kebon buah nya barbie hehe :D Cm ga sm istana2 nya jg kk

    ReplyDelete