Thursday, August 29, 2013

ASIA RULEZ: 10 PENEMUAN CINA YANG MASIH KITA GUNAKAN HINGGA SAAT INI

 

Cuba-pasión-por-el-buen-fútbol-650x432

Di antara bangsa Asia lainnya, mungkin Cina-lah yang memiliki sejarah penemuan yang panjang. Bahkan list top ten-pun tak mampu menampungnya. Berikut ini 10 penemuan Cina yang mengubah dunia (dan masih banyak yang lain sebenarnya).

1. Kertas

close-up_of_a_pencil_with_a_bundle_of_paper_currency_GWC63236559

Kertas mungkin merupakan penemuan Cina terpenting yang mengubah dunia. Kertas yang kita kenal sekarang ini pertama ditemukan pada masa Dinasti Han oleh Tsai Lung pada 105 M. Selain kertas, bangsa Cina juga yang pertama kali menemukan teknik percetakan sekitar pada abad ke-8, dibuktikan dengan ditemukannya sutra (kitab suci) Buddha yang diduga berasal dari tahun 650-670 M. Tak hanya itu, bangsa Cina juga yang pertama kali menemukan uang kertas, amplop, menu restoran, bahkan tisu toilet.

2. Bubuk mesiu

fireworks

Bubuk mesiu diduga ditemukan pada abad ke-10, walaupun ada pula dugaan bahwa mesiu sudah ditemukan jauh sebelum itu pada abad ke-7. Penggunaan bubuk mesiu menyebar hingga ke Eropa pada abad ke-14. Ironisnya, melalui senjata2 yang menggunakan mesiu inilah bangsa Eropa akhirnya menaklukkan Cina pada tahun 1800.

3. Jam

new-Antique-Bronze-Double-Open-Skeleton-font-b-Pocket-b-font-Watch-font-b-Clock-b

Menurut sejarawan, jam pertama di dunia diciptakan oleh Yi Xing, seorang biksu dan matematikawan pada masa Dinasti Tang (618-907). Jam dengan desain lebih rumit seperti yang kita gunakan saat ini merupakan model jam serupa yang disempurnakan oleh Su Song pada masa Dinasti Song (960-1279).

4. Teh dan Sutra

cups-of-green-tea

Menurut legenda, teh pertama kali diminum oleh Kaisar Shen Nong pada 2.737 SM. Namun produksi teh meningkat drastis pada masa dinasti Tang dan Song pada abad ke-7 hingga 13. Sutra juga merupakan hasil temuan bangsa Cina kuno, bahkan sutra tertua yang pernah ditemukan berasal dari tahun 3630 SM. Kepopuleran sutra sebagai bahan sandang para raja dan bangsawan sampai ke Eropa dan menciptakan jalur Sutra yang terkenal dalam sejarah. Hingga kini, Cina masih merupakan produsen sutra terbesar di dunia.

5. Seismograf

ChineseSeismograph

Seismograf atau alat pengukur gempa ditemukan oleh ilmuwan brilian bernama Chang heng pada 132 M. Ia juga yang mengemukakan teori bahwa bumi bulat dan membaginya ke dalam garis lintang dan garis bujur. Namun tentu bentuk seismograf kuno tersebut jauh berbeda dengan seismograf sekarang.

6. Sawah

banaue-rice-terraces

Sawah pertama kali ditemukan di lembah sungai Yangtze pada 7.000 SM, walaupun ada pula bukti penemuan fosil bulir padi hasil domestikasi yang berasal dari 11.900 SM. Yap, bisa dibilang orang2 Cina yang pertama kali membuat sawah dan tanpa penemuan itu, kita pasti mati kelaparan.

7. Garpu

fork

Mungkin takkan yang menyangka (bahkan orang Cina sendiri) bahwa garpu berasal dari Cina dan telah digunakan sejak tahun 2.400 SM. Bahkan usia garpu lebih tua daripada sumpit yang baru ditemukan pada 1.200 SM. Namun bangsa Cina rupanya lebih menyukai sumpit ketimbang garpu sehingga alat makan itu justru lebih populer di Eropa.

8. Helikopter

  chopper

Tahu kan sama baling-baling bambu-nya Doraemon? Ternyata permainan itu sudah ada sejak 400 M dan biasa dimainkan anak2. Namun seorang ilmuwan Cina kuno bernama Ge Hong pada 317 M berteori bahwa baling2 dapat digunakan di atas sebuah kendaraan agar mampu terbang. Dengan kata lain, ialah yang pertama kali menciptakan desain helikopter, jauh sebelum Leonardo da Vinci.

9. Pengeboran minyak dan gas

Ancient-chinese-drilling

Jangan kira pengeboran minyak dan gas merupakan produk Eropa modern. Sejak abad 1 SM bangsa Cina telah mengebor tanah untuk mendapatkan minyak bumi dan gas. Bahkan beberapa di antara sumur bor kuno ini mencapai kedalaman 1,5 km. Gas alam yang diperoleh disalurkan oleh pipa2 dari bambu untuk penerangan. Wow, benar2 canggih! Padahal bangsa Eropa saja mulai mengebor minyak bumi pada abad ke-18 pada masa Revolusi Industri.

10. Sepakbola

cuju2

Walau ada yang menyebut permainan sepakbola berasal dari peradaban Inca dan Maya di Amerika Selatan, namun sejak abad 1 SM sudah dikenal permainan bernama “cuju” yang mirip dengan sepakbola zaman sekarang. Permainan ini selain dilakukan oleh rakyat jelata untuk bersenang-senang, ternyata juga digemari oleh para tentara untuk menjaga tubuh mereka tetap fit.

Selain itu, bangsa Cina juga-lah yang menemukan kompas, minuman beralkohol, payung, sikat gigi, lonceng, peti mati kayu, busur panah, permainan domino, penambalan gigi, layang-layang, kuteks (cat kuku), layang-layang, hingga bilangan negatif dalam matematika. Keren khan?

4 comments:

  1. #Koreksi
    bang dave, yang sepakbola itu, ternyata sudah ada pada zaman Islam, yang China hanya Rumor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Islam baru muncul 600 M, di Cina sepakbola sudah muncul abad 1 SM. lebih tua mana?

      Delete
  2. setauku sepakbola malah dari India

    ReplyDelete