Sunday, January 26, 2020

DIAM-DIAM DISNEY: 10 FILM “17 TAHUN KEATAS” YANG TERNYATA PRODUKSI DISNEY

*Yup, it's a Disney movie*

Kalo mendengar nama Disney, pasti langsung terngiang di benak kita film-film animasi yang ramah anak, semisal dongeng-dongeng “Snow White”, “Cinderella”, “Sleeping Beauty”, “Beauty and The Beast”, hingga “Winnie The Pooh”. Film-film live action-nya pun masih cukup jauh dari tema dewasa dan layak dinikmati semua umur semisal film-film superhero “The Avengers” hingga remake “Lion King” dan “Aladdin”. Tapi tahukah kalian kalo ternyata Disney nggak se-innocent yang kita bayangkan selama ini. Tetap saja, profit menjadi goal utama perusahaan ini dan untuk itu, mereka telah lama mengembangkan sayap untuk menggarap film-film yang bertema lebih dewasa.

Tentu saja, Disney nggak akan mempertaruhkan trademark nama perusahaanya yang udah lekat dengan anak-anak. Disney merilis film-film “dewasa” itu melalui perusahaan film raksasa yang pernah dimilikinya, yakni Touchstone, Dimension, Miramax, dan Hollywood Films (banyak kan, maklum tajir). Jauh dari kepolosan anak-anak, film-film ini tak segan-segan mengangkat adegan-adegan seks dan kekerasan. Mau tahu film-film R-rated apa aja yang pernah dirilis Disney? Berikut list-nya!

1. DEUCE BIGALOW: MALE GIGOLO


Surprised yet? Yup, kalian emang nggak salah baca. Disney dengan berani merilis film yang sesuai dengan judulnya, mengangkat kehidupan seorang gigolo. Film bergenre “sex comedy” yang dibintangi Rob Schneider ini cukup sukses di box office, mengantongi 92 juta dolar dari modal 17 juta dolar, bahkan sempat dibuatkan sekuelnya. Wah Disney, nggak nyangka ya?

2. PRETTY WOMAN


Pengen menonton film ala Princess Disney tapi dengan tema yang lebih dewasa? Film “Pretty Woman” ini jawabannya. Mirip kisah Cinderella namun dengan twist yang agak kelam. Di film ini, sosok gadis yatim piatu yang menjelma menjadi seorang putri cantik jelita diganti menjadi sosok PSK dan sang "prince charming" diubah menjadi seorang pengusaha kaya. Bak kisah di negeri dongeng pula, mereka berduapun akhirnya jatuh cinta. Film drama romantis ini tergolong luar biasa sukses pada tahun 90-an. Tak hanya meraup untung hingga 460 juta dollar, film yang diperani Julia Roberts dan Richard Gere ini juga mendapat nominasi Oscar serta soundtracknya pun merajai tangga lagu dunia.

3. APOCALYPTO


Film besutan Mel Gibson yang bersetting di era Maya kuno di Amerika Tengah ini penuh dengan kekerasan. Bahkan salah satu adegannya menampilkan ritual pengorbanan manusia yang teramat sadis. Namun itu tak membuat Disney enggan mendistribusikannya lewat perusahaan anakannya, Touchstone Pictures.


4. PEARL HARBOR


Film berlatar perang yang dibintangi Ben Affleck ini emang sarat sejarah, tapi sebagai film R-rated, ada banyak adegan dewasa di dalamnya. Gue inget banget guru sejarah di SMA gue pernah kepengen mengadakan acara nobar film ini di kelas gue, tapi dibatalin karena beliau bilang “banyak adegan maksiatnya” hihihi.

Melalui Touchstone Pictures dan distributor Buena Vista International, Disney memang memproduksi banyak sekali film-film action dewasa pada era 90-an yang cukup sukses. Tak hanya “Pearl Harbor”, namun juga “Con Air” (Nicholas Cage), “Face/Off” (John Travolta). “Air Force One” (Harrison Ford), “Enemy of The State” (Will Smith), hingga “Armaggeddon” (Bruce Willis). Tentu saja sebagai film-film action, pastinya ada banyak adegan kekerasan penuh darah sehingga kita takkan menduga Disney sebagai “dalang” di belakang layar bagi film-film aksi tersebut.

5. COYOTE UGLY


Film drama musikal romantis ini menceritakan kiprah para bartender-bartender sexy yang bekerja di sebuah klub malam. Salah satu adegan paling “memorable” dari film ini adalah saat cewek-cewek itu menari di atas meja bar dengan gerakan ala penari striptis. Yap, jauh dari kesan polosnya Disney memang.


6. SIXTH SENSE


Wow, kaget khan begitu tahu Disney ternyata juga memproduksi film bertema gelap, bahkan horor seperti ini. Film yang dibintangi Bruce Willis ini tak hanya sukses secara finansial, namun juga sukses menjadi salah satu dari sedikit film horor yang meraih nominasi Film Terbaik di ajang Piala Oscar. Jadi nggak salah emang Disney mensponsori produksinya lewat Hollywood Pictures, salah satu perusahaan film anakannya.

7. HEAVENLY CREATURES


Disney memproduksi film bertema psychological thriller, wah kayaknya agak susah dibayangin ya? Namun ini benar-benar terjadi. Film besutan Miramax ini (lagi-lagi perusahaan anakan Disney) menceritakan persahabatan dua gadis yang akhirnya berujung pada pembunuhan. Dibintangi oleh Kate Winslet, film ini tak hanya berbau misteri, namun juga dibumbui dengan sedikit tema, ehm, lesbianisme. Well, that's what Disney do when no one is looking.


8. FULL FRONTAL


Dari judulnya aja udah keliatan film ini mengeksplorasi tentang seks. Sayang, film komedi yang dibintangi banyak artis gede semacam Julia Roberts, David Duchovny, hingga Brad Pitt ini justru mendapat review negatif dari para kritikus. Film ini juga diproduksi oleh Miramax Films.

9. SIN CITY


Wah, Disney makin berani aja ya dengan terang-terangan merilis film eksploitasi berjudul “Sin City” alias “Kota Penuh Dosa”. Disney (melalui Dimension Films yang dinaunginya) tak malu-malu mengangkat tema seks, prostitusi, kekerasan, hingga pembunuhan dalam film bergenre “crime anthology” ini. Sebagai contoh kecil saja, film dengan atmosfer kelam ini tak segan-segan menampilkan artis Jessica Alba dalam perannya sebagai penari erotis.

*Yup, it's a DISNEY movie!*

10. SCREAM


Ini mungkin yang paling membuat kalian kaget. Siapa sangka Disney merupakan otak di balik salah satu film slasher legendaris ini? “Scream” merupakan hasil produksi kerja sama dari Miramax dan Dimension Films yang keduanya merupakan anak buah Disney. Wah jadi nggak sabar nih seandainya Disney mau lebih konsen lagi menggarap genre horor hehehe.


Sumber gambar: IMDB

5 comments:

  1. Selama 22 tahun gw idup, baru tau scream diproduksi disney

    ReplyDelete
  2. Welcome back bang dave, udah lama nungguin bang dave update nih 😭😭😭

    ReplyDelete
  3. Disney penuh dengan konspirasi gelap dan jahat, tetapi kuakui filmnya bagus-bagus.

    ReplyDelete
  4. Heavenly Creatures itu biopic kan bang? Diangkat dari kasus pembunuhan asli yg dilakukan Juliet Hulme sama Pauline Parker. Kalo kasusnya menarik bang Dave tolong direview dong bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biopic kirain biografinya opick hmmm ... coba deh entar gw search kasusnya

      Delete