Wednesday, September 23, 2015

PANDUAN BERKOMEN-RIA DI BLOG MENGAKU BACKPACKER

 

comment  

Hallo guys. Kemaren ada readers tercinta yang protes di facebook gue, katanya susah banget ninggalin jejak berupa comment di blog gue. Ya iyalah, soalnya comment di blog gue protect banget alias nggak bisa sembarangan ninggalin comment di postingan blog gue. Kenapa bang alasannya? Pasti ada yang nanya gitu. Hmmmm ... kasi tau nggak ya hahaha *tabok* Yang pasti semua ini demi kebahagiaan kalian koq guys *tabok lagi* Berikut ini alasan-alasan kenapa kenapa susah banget ninggalin commment di blog.

1. Settingan dari Blogger (Google) emang gitu

Di blogger ada pilihan atau opsi untuk meng-approve comment yang masuk dulu sebelum benar-benar tampil di postingan blog atau tidak. Nah, gue milih opsi untuk meng-approve semua comment yang masuk dulu. Kadang opsi ini bikin kalian kerepotan, soalnya pakek captcha juga. bahkan gue dapet laporan kalo ninggalin comment lewat hape hampir nggak bisa. Emang ribet sih, bahkan buat gue, soalnya gue juga harus approve semua comment yang masuk di email dulu. Tapi ini semua emang udah settingan dari google dan gue nggak bisa apa-apa. Selain itu, ini semua ada tujuannya kok guys, yang akan gue jelasin di bawah ini.

2. Menghindari Spam

Inilah tujuan utama gue meng-approve dulu semua comment yang masuk. Traffic blog gue emang tinggi *mungkin gara-gara adminnya ganteng kali ya* makanya banyak banget spam yang masuk setiap harinya, nggak keitung deh. Kalo semua spam itu masuk secara otomatis ke comment, pasti kalian juga yang bakalan terganggu. Untunglah sistem captcha cukup membantu untuk memfilter semua spam tak berguna tersebut. Jadi kalian juga yang diuntungkan :D

3. Memblok comment yang kurang sedap

Salah satu alasan gue nerapin sistem approve begini karena pengalaman buruk dan traumatis gue dimana di salah satu postingan gue berjudul “Perbedaan antara Kristen dan katolik” banyak banget komentar berbau SARA yang masuk. Kalo isinya membangun solidaritas dan toleransi sih nggak apa-apa, tapi yang ada malah menghina kepecayaan gue. Makanya kalo kalian perhatikan, khusus di postingan itu, fitur comment benar-benar gue tutup sehingga kalian sama sekali nggak bisa ninggalin jejak di sana.

Banyak juga sih comment di postingan lainnya yang isinya jujur kadang-kadang bikin gue hancur karena isinya nggak enak banget, udah bernada hinaan, cacian, cacingan *halah* Kalian mungkin nggak sadar karena kebanyakan comment yang kalian baca di postingan semuanya enak-enak, soalnya udah gue sensor. Semua ini biar gue simpen aja di dalam hati dan gue anggap adanya “haters” ini justru merupakan bukti tak terbantahkan bahwa blog gue makin berkembang dan dikenal orang Mungkin mereka sirik kali ya karena gue jomblo *ngapaen juga sirik*. Selain itu, kalian lebih enak kan baca komentar-komentar yang sebagian besar bernada positif ketimbang negatif?

4. Supaya jawab riddlenya lebih seru

Riddle emang makin jarang di blog ini, tapi gue saranin sih kalian follow aja blog akuwh ini *promosi mode on* biar kalian segera tahu kalo ada kumpulan riddle paling gress. FYI aja, riddle gue rata-rata terjawab 2 hari setelah riddle tersebut dipost, jadi kalian kudu buru-buru menjawab. Nah, nggak seru kan kalo baru 1 menit riddle gue dipublish udah ada yang jawab *bener lagi* Pastinya kesel soalnya kalian nggak bisa ambil bagian. Nah, disinilah enaknya gue kasi aturan approve dulu untuk semua comment yang masuk.

Gini, gue biasanya memberi waktu hingga sehari setelah riddle dipublish untuk menerima jawaban sebanyak-banyaknya. Jadi jangan heran pada hari pertama riddle gue dimuat, kolom comment masih kosong, tapi aslinya dah banyak comment yang masuk. Baru setelah gue baca di email gue *dalam jangka waktu yang gue tentuin tadi* baru gue publish semuanya bersamaan. Dengan begini, gue bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya comment yang masuk, jadi bisa ada lebih dari satu readers yang jawab bener, tanpa mereka copas jawaban yang ada di atasnya.

 

Nah, itu beberapa alasan mengapa gue nerapin sistem yang ketat di fitur comment blog gue. Nggak kebayang deh kalo gue nerapin sistem itu, pasti blog gue ancur banget. Kalian yang pengen baca jawaban riddle harus mencari jauuuuuuh di antara spam-spam nggak bermutu dan comment-comment nggak jelas lainnya.

Tadi dah gue singgung bahwa gue amat selektif dalam memilih comment yang akan gue terbitin, seselektif gue memilih pendamping hidup gue *tabok pake wajan* Nah, maka dari itu, kalo pengen comment kalian terbit, maka kalian harus mengikuti SOP yang sudah ada *buset kek skripsi aja* Berikut ini adalah pantangan dalam menulis comment di blog MBP ini yang berlaku di semua postingan. Pokoknya yang melanggar poin-poin ini bakal nggak akan diterbitin sampai kapanpun juga komentarnya.

1. Komentar berbau spam

Yang gue anggap komentar berbau spam adalah komentar yang nggak ada hubungan ama postingan dan isinya malah menawarkan barang/jasa, apalagi pakek link. Banyak kok guys, gue dapet komentar kayak gini tiap harinya, mulai dari yang nawarin nomer togel ampe gedein t*t*t. Ampuuun deh. Mending kalo manjur *lho berarti admin pernah nyoba???*. You can kiss goodbye kalo ampe ngirimin comment kek gini.

2. Komentar yang cuman nyari backlink

Keliatan banget kok komentar kek gini, semisal “Bagus sekali postingannya. Terima kasih atas informasi yang diberikan, benar-benar bermanfaat” padahal isinya postingan gue curhat diputusin cewek gue. Yaelah .... gue tahu jurus kayak gini dilancarkan para blogger supaya banyak backlink.

Tapi jangan salah, gue justru meng-encourage banget kalo ada readers yang share dan nawarin alamat blognya di comment gue *asal isinya masih nyambung dengan postingan yang ada* Bahkan gue kepengen bikin kayak persatuan blogger gitu haha soalnya gue kepengen juga berkomunikasi ama sesama pembuat blog gitu *sapa tau ada yang jadi jodoh huahahaha* 0713

Ekspresi readers: "Tabok adek, bang! Tabok!!!" 453653634724

3. Komentar yang jawab riddle yang ada official answer-nya

Nah ini masih banyak readers yang sepertinya nggak baca comment-comment yang masuk dan jawab riddle-riddle gue yang udah jelas-jelas terjawab. Kecuali jawaban kalian memberikan insight baru atau pemecahan dari sudut pandang baru yang logis dan tak terpikirkan sebelumnya, gue nggak nyaranin kalian jawab riddle yang udah solved, soalnya kecil kemungkinannya bakal gue publish.

4. Komentar yang nggak ada isinya

Percaya atau nggak, gue sering dapet comment yang isinya cuman “Mm “, “Eeng”. “Aw”, bahkan cuman titik doang. Kalo “Haha” apa “lol” sih masih mending ya, tapi kalo cuman gituan aja, buat apa juga gue publish.

5. Komentar yang negatif

Komentar yang isinya berbau SARA, menjelek-jelekkan, apalagi menyinggung readers atau komentator lainnya jelas nggak akan gue publish. Ini demi menjaga kenyamanan kalian semua para pembaca setiaku. BTW masih pada setia khan? *ngasah golok*

6. Komentar yang memuat ID Line

Buat gue, ID Line adalah sesuatu yang personal *sepersonal status gue sebagai jomblo yang tragisnya seluruh Indonesia malah udah tau*, jadi gue nggak berani publish komentar yang memuat ID Line kalian. Tau sendiri blog gue serame apa, dibaca jutaan readers *kebanyakan di dunia arwah* takutnya ada yang add untuk tujuan yang nggak benar *minta duit, minta tanggung jawab, dsb*. Kalo pengen gabung di grup Line, silakan tuh udah ada petunjuk caranya :D

7. Komentar minta riddle

Ini adalah comment yang paling bikin gue kesel setengah mati, “Bang mana riddlenya?”, “Kok sepi nggak ada riddle?” sumpah gue jadi pengen nabok diri gue sendiri *ekspresi readers: mana gue bantuin bang*

Mungkin buat kalian comment itu biasa-biasa aja, tapi jujur gue nggak suka di-push kayak gitu. Gue tau kalian suka riddle *gue juga* but that’s not what this blog all about. Menganggap blog ini “sekedar” blog riddle sebenarnya melukai hati gue 1415 , sebab bukan itu tujuan blog ini dibuat. Maklum perasaan gue halus, sehalus kulit wajah gue setelah memakai Pond’s Men, walaupun aktivitasku setiap hariku banyak keringat, syuting, panas, polusi *admin disemprot baygon* Jadi jangan heran jika comment kayak gitu nggak akan gue publish atau akan gue delete begitu *accidentally* terpublish.

8. Komentar minta pecahin riddle

Nah yang ini jarang, tapi intinya tetap sama seperti yang ada di atas. Ada banyak banget grup creepypasta atau riddle di luar sana jika kalian pengen nanya riddle. Please don’t bother ask me about it. Gue aja mecahin riddle kenapa-sampai-sekarang-belum-ada-cewek-yang-mau-ama-gue aja sampai sekarang belum terpecahkan, apalagi mecahin riddle elo. Minggat sana *malah emosi*

9. Komentar fans-nya Lee Min Ho yang protes gara-gara gue katain dia oplas

Weleh ... nggak percaya Lee Min Ho oplas mah terserah loe, tapi kagak usah ngata-ngatain gue juga dong, “Bang kok ganteng, oplas juga ya?”, “Bang hidungnya kek Oppa Min Ho deh. Tapi ke dalam ...”, atau komentar bernada mengancam kek gini:

“Eh admin belut terbang ... dasar tokek WC loe ... tega-teganya ngata-ngatain Oppa Min Ho oplazz. Iiih ... oppa Min Ho ganteng dari dulu kali, sejak kelas 4 SD, OENJOE abiezzz. Kalo nggak laku nggak usah sirik deh ama Oppa cayank akuwh. Liat aja, gue bakal mimpin laskar pecinta Min Ho buat ngacak-ngacak rumah loe. Kenalan gue anak Persija banyak, mampus loe!”

Begitu baca ID google-nya ternyata itu dari Budi panda-emoticon-25  *langsung gue pindah rumah*

10. Komentar yang nanya gue setuju nggak pernikahan LGBT disahkan

Syaiton bener ... nih siapa sih yang pernah nanya ginian ke gue? Minta dikerokin pake kulit duren keknya nih anak. Jawabannya: GUE NGGAK SETUJU!!! PUAS? PUAAAS???

Nah, itulah guys pedoman mengirimkan comment ke blog gue. Bukannya gue jual mahal, tapi itu semua demi kenyamanan para pembaca juga. U are always be my first priority *caelaaah* Tapi jangan bikin itu semua menjadikan kalian segan kirim comment ke postingan-postingan gue yaaaaa. Pokoknya gue tunggu selalu postingan gue oke? *kecuali kalo kalian Budi tadi*

10 comments:

  1. Bang Dave, suka pake banget deh sama blognya wkwk.. *ini bakal di approve ga ya komennya*

    (Your-Always-Silent-Reader)

    ReplyDelete
  2. yang no 10....kenapa mesti malu kalo lo setuju dave?..gw mah asik2 aja selama dia gak nyinggung gw...eh LGBT tuh makanan apaan sih?

    ReplyDelete
  3. kkk semacam audisi Komentar Terpilih di Blog Mengakku Backpacker wkwk

    ReplyDelete
  4. Waks bang sumpah Budi itu siapa sih? Gua kpopers tp ga gitu amat. Di korea emang oplas itu wajar, apalagi buat artis yg hobinya mandi dollar

    ReplyDelete
  5. Btw...LGBT apaan ya, Dave? Gue malah kagak tau tentang itu ato emnag gue nya yang belum update..haha

    ReplyDelete
  6. LGBT bukannya lesbian gay bisex transgender?

    ReplyDelete
  7. baru kebaca ma gue ni part,, kkkk kudu belajar menulis komentar yang baik yang benar yeh,,

    btw, LGBT,, gue juga gak terlalu setuju ada semacam ikatan yang disahkan untuk hal itu,, tapi kenapa gue sampe sekarang masih suka nulis fanfict seperti itu ? wkwkwkw something wrong on ma head

    ReplyDelete