Saturday, May 5, 2012

GEREJA MISTERIUS DI SAYIDAN

 

Sewaktu tengah berjalan-jalan di Yogyakarta, aku menemukan bangunan tua ini di wilayah Sayidan. Daerah Sayidan dapat dengan mudah ditemukan dengan berjalan ke arah barat dari depan alun-alun Keraton Yogyakarta atau titik nol Yogya.

Saat melewati jembatan, coba perhatikan arah kanan dan akan terlihat sebuah menara bergaya Eropa. Dengan menebak-nebak arah dan berjalan menyusuri gang ini, akhirnya aku menemukan bangunan tua itu. Dari salib dan patung Yesus pada menara bangunan ini, aku bisa langsung menebak kalau ini adalah bangunan gereja. Namun dari fisiknya yang tampak tak terawat, sepertinya gereja ini tak lagi digunakan. Aku mencoba masuk ke bangunan ini, namun bagian depan gereja ini justru tertutup oleh ruko. Aku hanya bisa memotret bangunan indah ini dan inilah hasilnya.

Foto4807

Foto4801

Foto4803

Sayangnya aku belum memperoleh informasi mengenai gereja misterius ini. Nah, apakah ada di antara pembaca yang tahu gereja apakah ini dan kenapa bangunan indah ini dibiarkan terbengkalai?

1 comment:

  1. bisa dicek disini, disini lengkap hohoh http://andikaawan.blogspot.com/2012/02/bangunan-itu-biasa-disebut-gereja.html -B.O

    ReplyDelete