Saturday, May 5, 2012

MENGAPA SEBAIKNYA KITA NGGAK PERCAYA TEORI “ANCIENT ALIENS”

  cropcircles3

Para pengemar misteri sekarang punya hobi baru, yaitu mempelajari teori Ancient Aliens. Yap, misteri yang satu ini emang lebih seru dan menjanjikan daripada malam2 begadang di kuburan sambil bawa kamera digital buat nangkap penampakan kuntilanak (atau lebih parah lagi, pake kamera DSLR). Sekilas, teori ini emang sangat menarik dan langsung menarik banyak pengikut (termasuk aku pada awalnya). Namun ternyata ada bahaya yang mengintai dari terlalu mempercayai teori ini.

Apa Itu Teori Ancient Aliens?

Buat kalian yang belum tahu apa itu teori Ancient Aliens (hareee geneee???), biar kujelasin secara singkat ya. Teori “Ancient Aliens” atau sering disebut juga “Ancient Astronauts” adalah teori yang menyatakan bahwa alien pernah mengunjungi Bumi ribuan tahun yg lalu. Para pendukung teori ini memberikan bukti berupa bangunan2 kuno yg dianggap terlalu maju untuk dibangun pada zaman itu, contohnya piramida Giza di Mesir, patung2 Moai di Pulau Paskah, Monumen Baalbek di Libanon (yg konon batunya memiliki berat ratusan ton, sehingga untuk membuatnya diperlukan suatu alat anti-gravitasi), serta piramid2 di Amerika Selatan. Mereka berpikir bahwa pasti alien yang mengajari nenek moyang kita cara membuat bangunan2 tersebut dengan teknologi tinggi.

Asal Usul Teori Ancient Aliens

Banyak yg mengira teori Ancient Aliens (mulai sekarang kusingkat AA aja, susah nulisnya pake bahasa Inggris) pertama kali dipelopori oleh Erich von Daniken lewat bukunya “Chariot of The Gods” (1978). Namun sebenarnya teori ini pertama kali dipelopori oleh Charles Fort lewat bukunya “Book of the Damned” (1919). Buku ini emang nggak secara eksplisit menceritakan kalo Bumi pernah dikunjungi alien. Namun di buku ini, Fort menuliskan kejadian2 misterius di muka bumi yang nggak mudah dijelasin dengan akal sehat (ingat “nggak mudah” bkn berarti “nggak bisa”). Nah, von Daniken lewat bukunya kemudian menjelaskan jawaban dari “hal-hal misterius” itu = alien.

Bahaya Teori Ancient Aliens

Para pendukung2 teori AA kemudian menyodorkan kuitansi, eh, bukti2 untuk men-sahkan teori mereka, seperti baterai Baghdad, relief Dendera, ukiran di Kuil Abydos, dan masih banyak lagi. Namun ternyata teori AA ini diam2 menyimpan propaganda kepentingan Barat. Ini dia beberapa alasan kenapa sebaiknya kita nggak percaya2 amat ama teori AA.

1. Teori AA = Rasis

Kenapa aku blg teori AA = rasis? Well, ternyata asal mula teori AA adl tidak terimanya bangsa Barat melihat bangsa2 selain mereka memiliki peradaban maju dan membangun peninggalan2 yang monumental. Misalnya ketika bangsa Barat pertama kali melihat kuil Angkor Wat di Kamboja, mereka langsung berpikir, nggak mungkin bangsa primitif (menurut mereka) yg mendiami Kamboja membuat kuil seindah ini. Pertama mereka mengira yang membangunnya bangsa Romawi (alias Eropa) yang datang ke tempat ini ribuan tahun lalu. Namun bangsa Barat nggak menemukan bukti secuil pun kalo bangsa Romawi pernah datang ke situ. Mereka pun mencari kambing hitam lain. Kuil itu pasti dibangun ama ALIEN!!!

12

Kita semua emang tahu bangsa Barat selalu menganggap diri mereka superior. Coba deh, pernah nggak sih peradaban Yunani dan Romawi yang canggih (ada Plato, Aristoteles, Phytagoras, Archimides, dll) dikait2kan sama teori AA? Soalnya menurut mereka, bangsa Barat emang udah dari sononya pinter sih, jadi nggak butuh bantuan alien. Tapi begitu bangsa2 kuno di Mesir, Asia, dan Amerika Selatan ketauan punya teknologi tinggi, langsung dikatain “Pasti dibantu alien.”

2. Teori AA = Atheis

Pernah liat serial dokumenter “Ancient Aliens” yang ditayangin di NGC? Aku dulu hobi banget ngikutin serial ini (ampe dikuat2in begadang). Namun setelah beberapa episode aku langsung ngerasa nggak nyaman, soalnya teori AA ujung2nya menghubung2kan alien sama kejadian2 yang ada di kitab suci. Contohnya pertemuan antara nabi Yehezkiel (Zulkifli dalam Islam) dg Tuhan = pertemuan dengan alien dan UFO-nya. Sodom dan Gomora = dihancurin alien pake bom nuklir. Nabi Musa membelah lautan = dibantu alien. Roti manna yang diberikan pada umat yahudi waktu di padang gurun = mesin buatan alien. Malaikat = alien. Tuhan = alien. Duh, capek deh.

Bahkan yang lebih menggelisahkan lagi, menurut teori AA, alien-lah yang menciptakan manusia melalui rekayasa genetika. Menurut mereka, manusia diciptakan dari makhluk sejenis kera oleh “makhluk dr langit” bernama Annunaki berwujud manusia burung (sesuai legenda Sumeria) untuk dijadikan budak menambang emas (menurut teori AA, alasan alien dtg ke bumi untuk mencari emas).

mpl_eag1

Tapi sekarang ada trend yang lebih parah dari hanya “sekedar” atheis. Adanya teori AA ini memunculkan aliran2 kepercayaan yang menganggap alien sebagai tuhan, misalnya Scientology, Urantia Book, Heaven’s Gate, dan lain-lain. Agama2 UFO ini sangat populer di Amrik sono. Bahkan ada tragedi mengerikan pada 26 Maret 1997 ketika 39 orang penganut Heaven’s Gate melakukan bunuh diri massal karena mempercayai UFO akan menjemput mrk ke “surga”. Kalo blh pinjem kutipannya Sketsa Trans TV: “Nggak gitu2 juga kaleeeeeee….”

3. Bukti Teori AA banyakan bo’ongan alias hoax

Jujur, rasa kagumku terhadap para pencetus teori AA luntur begitu tahu kl bbrp dr mrk berbohong. Misalnya aja von Daniken mengatakan ia terheran2 bgmn org2 Mesir membuat bagian dlm piramida, secara piramida gelap beut, nggak ada jendela shg cahaya nggak bs masuk. Kata von Daniken lg, di bagian dlm piramida nggak ditemukan residu2 abu/asap shg nggak mgkn org2 Mesir memakai obor. Ia lalu berpendapat, bangsa Mesir pasti menggunakan bohlam lampu spt pd relief ini!

dendera1

Pdhl di relief ini sendiri tampak sekali ada bekas abu obor yg kehitam2an (bs dibandingin dg warna asli batu pd sambungannya).

fd_suedruss

Org2 yg prnh berkunjung ke bagian dlm pramida Mesir pun takkan kesulitan menemukan bekas-bekas abu dmn2. Berarti von Daniken berbohong untuk menguatkan argumennya! Pribadi, ini udah cukup bagiku untuk meragukan kejujuran para ahli AA lainnya. Well, spt yg kita tahu, satu kebohongan akan berujung kpd kebohongan lain. Ini dia bbrp artifak yg terbukti hoax alias bo’ongan.

  • Dropa stones: trnyta cm cerita fiktif yg dibuat oleh David Agamon dlm bukunya “Sungods in Exile”. Ini adl kebohongan plg memalukan yg prnh dibuat oleh ahli teori AA!

dropa2

  • Acambaro figures: yaitu patung2 dr keramik yg menggambarkan dinosaurus. Ditemukan oleh Waldemar Julsrud di Acambaro, Meksiko. Diperkirakan berasal dari 2.500 SM, namun ternyata dibuat tahun 1939.

acambaro

  • Ica stones: batu2 andesit yg menggambarkan dinosaurus. Konon dibawa dr Peru ke Spanyol pada abad ke-16. Namun penyelidikan seorg ahli bernama Vicente Paris pd 1998 membuktikan adanya bekas cat modern pd batu2 itu dan menyimpulkan kl itu hoax.

ica_stoneicastonedino

  • Crystal Skull: tengkorak kristal yg terkenal berkat film Indiana Jones, trnyta dibuat pd abad ke-19 di Eropa. Idih, hoax bangeeeeeet.

1

  • Crop Circle? Nenek gue juga bisa buat tuh …

  817298

 

 

 

 

 

Jadi sebaiknya jgn serta merta percaya semua bukti2 yg disodorkan oleh para ahli teori AA. Sebaiknya cross-check ke sumber lain (plg gampang cari kebenarannya di wikpedia soalnya mrk netral).

4. Banyak bukti teori AA bs dijelaskan scr ilmiah

Semisal, kita menganggap piramida di Mesir adl suatu pencapaian yg mustahil dibuat oleh mns zaman dulu, pasti dibantu alien dg teknologi tinggi. Byk yg berpendapat jg kl cara pembuatan piramida adl suatu misteri yg hingga kini blm terpecahkan. Namun nyatanya di piramida sndri terdapat byk relief yg menggambarkan cara pembuatan piramida itu dg tenaga manusia!

rekmara-frieze

Jd nggak usah dibantu alien, manusia jg bs kok. Nggak bego2 amat kaleee org zaman dulu. Berikut ini bbrp bukti teori AA yg sebenarnya bkn misteri lg.

  • Ukiran di kuil Abydos: trnyta hasil palimpsest (menumpuk relief di atas relief yg lama). Yg kiri sebelum, yg kanan sesudah (dah kyk iklan kosmetik aja nih).

hierogliph1abydos1

  • Tengkorak alien: trnyta praktik pemanjangan kepala zaman dahulu

1image4221

  • Yonaguni Ruins: kota yg tenggelam berumur ribuan tahun di Jepang, trnyta menurut para ahli adl fenomena alam biasa.

japanpyrsteps2

Soalnya alam saja bs kok membangun pilar2 hexagonal yg indah ini:

columnar-basalt

  • Nazca lines: konon hanya bs dibuat dg petunjuk alien dr luar angkasa, namun terbukti, dg teknologi seadanya, garis2 ini bs dibuat.

nazca-condor

  • Pulau Paskah: katanya dibuat alien jg, namun sebenarnya dibangun oleh penduduk asli Moai dg mengorbankan ekosistem pulau (konon mrk menebang seluruh pohon yg ada di pulau untuk mengangkut patung2 tsb, akibatnya tjd bencana kelaparan dan mrk berubah mjd kanibal).

13634_175553274449_805714449_2648949_7911213_n

  • Ukiran alien di Piramid Mastaba Mesir: trnyta bunga teratai tuh.

bonechi-01untitled2

Dan masih byk lagi ….

Kesalahan terbesar teori AA adl menganggap legenda2 zaman dl scr harfiah. Misalnya vimana (mesin yg bs terbang dlm cerita Mahabharata) dianggap benar2 ada. Itu sm aja artinya kl kt benar2 percaya Gunung Tangkuban Perahu benar2 diciptakan oleh Sangkuriang!

Kesimpulan:

Bukannya aku menentang teori AA lho, tp menurutku terlalu percaya alias fanatik dg teori AA, bs berbahaya. Apalagi kl km menganggap teori AA sbg satu2nya kebenaran tanpa memperhatikan kemungkinan2 lain. Tak bs kupungkiri, msh byk misteri2 di dunia ini yg blm dpt dipecahkan. Namun sebaiknya kita ttp berpikiran terbuka, bahwa msh ada jawaban lain yg lbh logis atas misteri2 tsb selain perbuatan alien. Coba deh hanya anggap teori ini hiburan semata tanpa perlu ngotot2 mempercayainya sbg “harga mati”. Ya nggak?

20 comments:

  1. Saya sependapat dengan anda bahwa kita tidak perlu mempercayai teori AA sebagai jawaban yang absolut atas semua misteri di dunia, tapi hanya sebagai hiburan saja. Saya menyetujui dan mengapresiasi pendapat2 Anda dari point.2 sampai tamat.

    Hanya saya tidak sependapat dengan "propaganda kepentingan barat"(...sasarannya Islam), saya berasumsi seperti itu karena:
    - Anda menggunakan istilah 'kepentingan barat' yang umumnya digunakan oleh kaum Muslim
    - Anda mentranslate Yehezkiel menjadi Zulkifli yg menunjukkan eksistensi Anda sebagai seorang Muslim
    (sekali lagi ini hanya asumsi saya, kalau salah mohon dimaafkan...)

    Disini terlihat Anda sendiri yang rasis dan mengemukakan pendapat dengan 'mengira-ngira'. Para pengemuka teori AA bisa saja punya 'kepentingan' seperti ingin terkenal, ingin pendapatnya dibenarkan, merasa hebat, mencari keuntungan, dsb... tapi saya tidak melihat "propaganda" apapun dari teori AA

    Demikian sedikit koreksi dari saya... semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah anda salah paham rupanya, sy org Katolik kok. maksud sy dg propaganda barat itu berkaitan dg org barat yg merasa dirinya superior dg menganggap bahwa bangsa2 selain mereka tdk mungkin membuat piramid dll shg dikait2kan dg alien. lagian yg namanya teori AA pasti tdk membuat nyaman penganut agama apapun

      Delete
    2. iya, bnr2 tdk membuat nyaman penganut agama apapun.

      #007

      Delete
  2. kalau begitu masalahnya ada kesalahpahaman diantara kita pada istilah "propaganda". mungkin lebih tepat kalau memaknainya sebatas arogansi/kesombongan diri sedangkan istilah propaganda menurut saya lebih banyak ke arah mempengaruhi orang lain...
    terima kasih atas tanggapannya, sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha oke deh bung anonymous. saya akui kata "propaganda" emang tll berlebihan dan tll "conspiracy theory" banget

      Delete
  3. Bung dave,
    Setuju dengan fakta yg disodorkan kaum interventionist, in some case hoax or diarah arahkan,
    But tentang baalbek dan stonhenge, bagaimana scient menjelaskan batu puluhan atau ratusan ton diangkat/dipotong tepat dibawahnya? Atau puma punku, bagaimana batu bisa dibor sebegitu presisi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah dengar kalo semua teknologi manusia zaman dahulu terangkum dalam buku2 yg menjadi koleksi perpustakaan alexandria zaman Mesir kuno dahulu. sayang semua koleksi tersebut sekarang sudah hilang atau musnah. mungkin saja jika kita suatu saat bisa menemukannya, semua pertanyaan itu akan terjawab.

      tp menurut saya bkn tdk mgkn manusia bs mencapai teknologi semaju itu, soalnya secara logis volume otak manusia zaman sekarang dg manusia zaman dahulu yang hidup ribuan tahun lalu itu tetap sama (kecuali manusia purba lho ya), jadi seharusnya kecerdasan yang dimilikinya pun sama

      Delete
  4. Mungkin Alien turut serta membangun manusia, nah, kalo mereka penganut ancient astronout rasis pada pribumi seperti kita, kita rasis in balik! Kalaupun benar alien membangun manusia di masa lampau, kenapa mereka gak bangun Eropa sekarang? Kenapa bangsa2 Pribumi seperti amerika selatan? Asia? Mesir? Karena bangsa2 ini lebih TERPELAJAR dan PINTAR daripada ras2 eropa (kulit putih) yang BARBAR. Asal muasal bangsa2 eropa itu adalah suku barbar, contohnya jerman sekarang, asalnya dari suku vandal, russia, dari suku viking (terkenal barbar), inggris? Cuma sekumpulan orang hutan. Sementara pada waktu yang sama, bangsa Asia, Afrika, Amerika asli, itu bangsa yang sopan dan berpendidikan.
    Menurut aku sih teori mereka juga ada yang bener, pernah bertanya nggak gimana puma punku dibuat dan siapa pembuatnya?
    Gimana caranya orang mesir kuno buat piramid dengan presisi tinggi?
    Bukannya manusia gak bisa membuat ulang piramid, tapi mungkin ratusan tahun kedepan saat ilmu manusia sudah advance dan tau apa kegunaan piramid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya nggak berani membantah pak alfan deh soalnya pak alfan langsung dr germany ngetik comment-nya hehehe. tp mnrt saya yg namanya rasis ttp nggak boleh, mau ke bangsa manapun jg, soalnya kita sendiri kan nggak mau di-rasis-in bangsa lain, ya nggak? terus soal puma punku dan piramid mungkin suatu saat kita akan mengetahui cara pembuatannya

      Delete
  5. Mas bro, pertanyaan saya tau sarkofagus kan? Peti mati raja'' mesir kalau gasalah, itu kok bisa dibuat sedemikian rapi yah halus gitu??

    ReplyDelete
  6. Saya Tidak Sepakat dengan anda teori ancient aliens telah menyodorkan banyak bukti dan fakta ilmiah kita harusnya mampu membedakan mana nalar ,mana agama Be Smart Bro

    ReplyDelete
  7. betul... ingat kata pepatah "dibalik ciptaan manusia pasti ada rekayasa dari si pembuat itu sendiri"

    ReplyDelete
  8. bukti2 anda mematahkan teori AA sangat menarik, tapi hanya sebuah teori gambar.bisakah anda menjelaskan rincian membuat nazca lines??karna sains harus ada bukti2 yang otentik. :)

    ReplyDelete
  9. silakan dibaca di :

    http://www.unmuseum.org/nazca.htm

    intinya mereka membuat model gambar dulu yg kecil lalu diperbesar dengan skala (pake metode grid alias dikotak2)

    ReplyDelete
  10. Ini pada ngomong apaan sih??bubar..!bubar..!....kaboooor.

    ReplyDelete
  11. Terlepas mereka alien atau tidak, Tuhan itu alien ato enggak apalah karena kita tdk pernah hidup di zaman itu, setidaknya sampai skr semua ajaran agama dan kitab suci mengajarkan kebenaran dan tidak berbuat kejahatan sesuai dgn ajaran ke-Tuhanan. Gak usah diambil pusing

    ReplyDelete
  12. Intinya kalo kita belum siap membuka pikiran dan masih banyak dogma yang ada di kepala kita.. Jangan harap bisa menerima teori ini.. Ilmu kita jelas cuman serpihan pasir di gurun yang luas.. Banyak tabir yang memang sengaja ditutup agar manusia tidak gagal seperti kaum terdahulu (sebelum great flood). Intinya, mau percaya atau enggak, balik lagi ke pribadi masing-masing.

    ReplyDelete
  13. Pernyataan t'akhir itu lho Bang Dave
    Sebelum kesimpulan
    Sekalian aja bilang

    Sama aja kayak kita p'caya
    Alat ajaib Doraemon
    Benaran Nyata =P

    ReplyDelete
  14. Salam kenal, saya sampai sekarang masih kecanduan berat nonton acara Ancient Aliens dan channel disc.science. episode terbaru semakin seru dan semakin banyak bukti.Yang rusak berat itu siaran TV Indonesia yg cuma hiburan dan ekploitasi agama berlebihan.

    ReplyDelete
  15. Halo bro, salam kenal, saya penggemar berat acara Ancient Aliens yg diputar di History Channel ( sejak tayang pertama thn 2010), sebagai insan beragama ( saya muslim) saya yakin bahwa acara tsb tidak akan menggoyahkan iman dan ke taqwa-an kita pada Allah SWT, ingat.... kita selaku umat beragama ( apapun ) jangan sampai terjebak pada religiusitas duniawi semata ( tetapi spiritualitas kita spt katak dalam tempurung ), harusnya kita lebih religius dgn spiritualitas yg bisa menembus ruang dan waktu, spt halnya Nabi Muhammad SAW pd sekitar tahun 500-an sudah menyampaikan pada umatnya untuk mencari ilmu walaupun sampai kenegeri Cina, itu berarti Beliau tidak saja Seseorang yg religius tapi juga mempunyai spiritualitas yg tinggi menembus ruang dan waktu ( karena belum pernah sama sekali menjejakan kaki di negeri Cina), berarti utk kelas kita sebagai umatnya berarti kita wajib menambah wawasan dan kasanah ilmu pengetahuan walau dari " pseudoscience" sekalipun spt dari teori Ancient Aliens itu tanpa kehilangan jati diri kita sebagai umat beragama yang beiman hanya pada Tuhan YME, dan saya yakin hal tersebut berlaku juga utk rekan- rekan dari agama lain, salam kenal utk teman- teman penggemar acara Ancient Aliens

    ReplyDelete