Saturday, May 26, 2012

KEAJAIBAN ARSITEKTUR GOTIK PART 1: CIRI KHAS GEREJA GOTIK

 
gothic 
Arsitektur gotik (atau “Gothic” buat yang lidahnya bule) adalah aliran arsitektur yang marak digunakan untuk membangun gereja pada abad pertengahan di Eropa. Arsitektur Gotik dikenal karena keindahan dan keunikannya. Indonesia juga punya bangunan bergaya gotik, yaitu Gereja Katedral Jakarta. Nah, apa saja keunikan bangunan gotik? Kali ini aku akan membuat postingan yang khusus membahas gaya arsitektur gotik. Itung2 sebagai pelampiasan karena dulu aku nggak bisa masuk jurusan arsitek pas kuliah (seneng sih sama arsitektur, tapi aku lebih mending mati daripada harus ketemu pelajaran integral lagi).
Arsitektur gotik emang lebih terkenal sebagai arsitektur untuk membangun katedral dan gereja, walaupun ada juga bangunan sekuler yang memakai gaya arsitektur ini, misalnya Gedung Parlemen Inggris dan Big Ben-nya. Gaya arsitektur ini muncul di Eropa (tepatnya di Perancis) pada abad ke-11 dan berakhir kejayaannya pada abad ke-16 gara2 kalah pamor ama gaya Baroque alias Barok.
Bangunan pertama yang dibuat dengan gaya gotik adalah Gereja St. Denis di Paris, Perancis yang dibangun oleh seorang biarawan Katolik bernama Suger pada tahun 1144.
denis
Kenapa dinamai gotik? Nah, alkisah gaya arsitektur ini diejek oleh seorang kritikus bernama Giorgio Vasari yang menyebutnya “Gothic” atau seperti Goth. Apaan tuh Goth? Goth adalah nama bangsa barbar dari Jerman yang pernah menyerang Roma pada abad ke-7 dan menghancurkan benda2 seni serta peninggalan2 indah di sana. Maka dari itu, kata “Gothic” bisa diartikan merusak tatanan, menyimpang dari kaidah yang ada, nggak punya cita rasa seni, hambar, dsb. Soalnya gaya gotik sangat berbeda jauh dengan gaya arsitektur Yunani-Romawi yang sedang gaul saat itu. Bahkan, kata “gotik” bersinonim dengan “Vandal” yaitu bangsa barbar yang menjadi asal kata “vandalisme” (merusak benda-benda seni).
Jadi bisa disimpulin kalo istilah gotik semula sebenarnya adalah bentuk cemoohan dan pelecehan. Kalo ada yang ngomong “Muke loe gotik” pada zaman itu, artinya mukamu nggak ada cita rasa seninya atau menyimpang dari kaidah yang ada hehehe. Namun bagaimanapun juga nama julukan yang kurang sedap ini tetap melekat hingga kini bagi gaya arsitektur ini.
Keistimewaan gereja gotik adalah vertikalisme-nya, artinya gereja ini dibuat meninggi ke atas, sebagai perlambang bahwa manusia ingin selalu dekat sama Yang Ada Di Atas. Vertikalisme ini ditunjukkan dengan tinggi bangunan gotik yang superior untuk zamannya (bangunan gotik yang biasa2 aja umumnya memiliki tinggi 7 lantai).
interior gotik
 
Berikut ini adalah ciri khas bangunan berarsitektur gotik:
Pointed arch (busur lancip)
Pointed arch adalah pertemuan dua pilar yang membentuk lengkung berujung lancip.
Reims 10
Ciri ini membedakannya dengan gaya-gaya arsitektur lain. Gaya arsitektur Romawi umumnya memiliki bentuk lengkung dengan ujung setengah lingkaran, sementara bentuk lengkungan bangunan bergaya Islam umumnya berbentuk tapal kuda.
gothic archimagesislamic arch
 
Clustered columns (kolom yang berkelompok)
Clustered column adalah pilar2 (atau kolom2) yang tampak seperti pilar-pilar kecil yang mengelompok menjadi satu.
gothic interior
gotik interior
 
Rib vaults (kubah berusuk)
Ciri khas bangunan gotik yang juga tak ada di jenis bangunan lain adalah bagian langit2nya. Dari dalam gereja, bagian langit2nya tampak seperti disokong oleh beberapa rusuk melengkung yang bertemu pada satu titik di tengah. Inilah yang disebut rib vaults.
rib vaults
 
Tracery
Tracery adalah hiasan berukir yang biasanya terdapat pada jendela dan bergaya khas gotik.
TRACERY
tracery1tracery3tracery4

Buttress
Buttress adalah dinding penopang (atau pilar) yang tampak menonjol ke luar. Adanya banyak buttress pada dinding bagian luar ini membuat bangunan gotik seperti tersusun atas garis-garis vertikal dari kejauhan. Kesan ini juga membuatnya tampak terlihat lebih tinggi.
buttress
 
Flying buttressess
Flying buttressess (huh sumpah, susah banget nulisnya) adalah buttress yang terpisah di luar bangunan dan dihubungkan dengan bangunan utama oleh sebuah lengkungan. Nah, fungsi flying apalah ini tadi untuk membantu menopang berat dinding bangunan.
flying buttresess
flying buttresess2
 
Jendela kaca patri
Jendela kaca patri (stained glass) adalah bagian yang nggak boleh nggak ada di bangunan gotik. Haram pokoknya kalo sampai nggak ada. Jendela kaca patri dibuat berwarna-warni sehingga terlihat sangat indah.
300px-Lincoln_cathedral_17_Eastwindow
Selain itu, jendela kaca patri ini juga membentuk gambar tertentu yang menceritakan kisah2 sejarah atau kisah2 dalam kitab suci. Contohnya kaca patri di katedral Milan ini.
glass-window-milan-cathedral-thumb17478032
Ukuran jendelanya juga sangat besar agar cahaya dapat masuk sebanyak-banyaknya. Katedral Gloucesther (Inggris) dan Katedral Milan (Italia) bahkan memiliki jendela raksasa yang berukuran satu lapangan tenis! Jendela kaca patri terindah konon ada di Gereja Saint Chapelle di Perancis sono.
The upper chapel of the Sainte-Chapelle - Paris France
 
Menara Lonceng
Jika ditanya apa persamaan antara masjid dan gereja, mungkin jawabannya adalah keduanya memiliki menara. Jika menara masjid (minaret) berfungsi untuk mengumandangkan adzan, menara gereja berfungsi sebagai menara lonceng.
Lonceng adalah bagian penting peribadatan di gereja. Lonceng gereja selalu dibunyikan jika misa di dalam gereja selesai. Selain itu, lonceng juga digunakan sebagai penanda waktu dan selalu dibunyikan tiap jam 6 pagi, 12 siang, dan 6 sore. Menara lonceng dibuat tinggi, tentu agar bunyi lonceng terdengar hingga jauh.
Gereja gotik umumnya punya dua menara lonceng di kanan dan kiri, namun ada pula yang punya satu atau tiga. Puncak menara ini seringkali dihiasi dengan atap yang meruncing yang disebut spire.
spire gothicspire vienna
Lonceng gereja tertinggi di dunia adalah menara Katedral Ulm Minster di Jerman yang mencapai ketinggian 40 lantai! 
 
Gargoyle
Gargoyle adalah hiasan berbentuk setan yang umumnya ada di gereja gotik. Fungsinya sih sebenarnya simple, yaitu sebagai saluran air yang dihias. Bila turun hujan, air yang jatuh ke atap akan ditampung di talang dan kemudian disalurkan untuk dikeluarkan dari mulut gargoyle ini. Contohnya gargoyle yang berada di Katedral Notre Dame Paris ini.
gargoylegargoyle-notre_dame
 
Rose window
Rose window atau jendela mawar adalah jendela berbentuk bulat yang selalu ada di fasad depan gereja gotik. Pada jendela ini biasanya ada kerangka berbentuk garis-garis melengkung yang simetris mirip kelopak bunga. Ditambah lagi jendela ini terbuat dari kaca patri warna-warni sehingga makin mirip bunga yang indah. Rose window ini selain sebagai tempat masuknya cahaya, juga menjadi perlambang Bunda Maria yang sering diibaratkan bak bunga mawar.
2883820062_ca85b8e5ab_o
 
Pintu
Bentuk pintu gotik juga sangat khas. Seperti berlapis-lapis dan dari depan ke belakang semakin kecil. Bagian sisi dan atasnya juga dihiasi dengan patung dan ukiran.
notre dame door

Nah, itulah ciri-ciri khas yang membedakan gaya gotik dengan gaya arsitektur lainnya. Yang pasti, yang membuat gaya arsitektur gotik menjadi ciamik adalah semangatnya untuk tampil beda tanpa harus dibatasi aturan2 yang ada. Eit, postingan ini belum selesai lho, soalnya masih ada Part 2 tentang contoh2 bangunan bergaya gotik dari seluruh dunia dan Part 3 tentang keindahan jendela kaca patri khas gotik.

7 comments:

  1. nice post.. btw kuliah arsitektur gak bakal nemu integral kok.. jadi lo gak bakal mati kok.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga akan ko, ya paling kurusan aja karena kurang tidur.

      Delete
  2. post furniture gotik dong

    ReplyDelete
  3. Mau nanya nih. Kalo gereja antonius purbayan surakarta Itu termasuk gotik ga ya? Dan udah akulturasi blum ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah ga ada gotik-gotiknya haha. lebih ke romanesque deh kayaknya

      Delete
  4. thankyou so much, postingannya bagus lengkap, membantu banget nih buat referensi tugas yang lagi dikerjain :D kuliah arsitektur gk ada integral kok hehe paling yg bikin shock kalo masuk arsitektur itu tugas dan deadline2nya yang bikin gabisa tidur hehe

    ReplyDelete