Saturday, May 5, 2012

STASIUN SOLOJEBRES YANG MEMUKAU

 

Foto4673

Di Solo ada 4 stasiun besar dan lumayan tua, yaitu stasiun Purwosari (1875), stasiun Jebres (1885), stasiun Solobalapan (1910), dan stasiun Sangkrah (1922). Dari keempat stasiun itu (yang semuanya terletak di tengah kota), stasiun Jebres adalah yang paling unik, sebab memiliki gaya arsitektur kolonial yang indah.

Stasiun Jebres dulu merupakan stasiun milik Keraton Kasunanan. Pada zaman kolonial memang ada dua keraton yang berkuasa di Solo yaitu Kasunanan (didirikan oleh Pakubuwono II pada tahun 1745) dan Mangkunegaran (didirikan oleh RM Said atau Pangeran Sambernyowo pada 1757). Dulu Solo termasuk kota penting lho di Jawa. bahkan stasiun Purwosari di Solo adalah stasiun tertua kedua di Indonesia setelah stasiun Tawang Semarang. Nah, stasiun Jebres sendiri dibangun dengan kerjasama Keraton Kasunanan dengan perusahaan perkeretaapian Hindia Belanda Staats Spoorwegen (SS). Hmm…dari situ rupanya bahasa jawanya kereta yaitu “sepur” berasal. Hingga kini stasiun Jebres masih digunakan, terutama untuk pemberhentian kereta ekonomi. Sedangkan kereta bisnis dan eksekutif biasanya mampir di stasiun Solobalapan.

Di antara stasiun-stasiun tua lainnya di Solo, stasiun ini jelas lebih menonjol gaya arsitekturnya. Arsitektur bangunan stasiun Jebres bergaya Indische Empire dengan fasad yang kaya akan detail dan banyak dipengaruhi aliran Neo-Klasik. Bangunannya berbentuk simetris dengan dua jendela berbentuk melengkung pada bagian tengahnya (mirip dengan jendela gedung BI Solo). Interiornya juga tak kalah indah. Terdapat pilar-pilar bergaya Corynthian Yunani yang merupakan ciri khas gaya Neo-Klasik. Selain itu, terdapat jeruji besi pada jendelanya yang bergaya Art Noveau. Pemerintah Solo cukup peduli dengan warisan sejarah ini. Pada 2010 dilakukan pengecatan dengan warna abu-abu dan hijau, serta mengembalikan bentuk ubin lantai seperti semula.

Foto4677

Foto4678

Foto4679

Stasiun ini sangat mudah dijangkau. Stasiun ini terletak di dekat Panggung, yaitu daerah persimpangan bus-bus besar antarkota dan antarpropinsi yang menuju dan dari terminal Tirtonadi. Untuk menuju ke tempat tersebut bisa dengan bus Trans Batik Solo dan turun di pasar Ledoksari, kemudian masuk beberapa meter ke jalan yang tepat berada di samping pom bensin. Jangan lupa kunjungi stasiun ini saat Anda berkunjung ke Solo.

Foto4680

Foto4682

29 comments:

  1. ini masih digunakan atau udah berhenti beroperasi? dari stasiun jebres ke uns deket nggak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. msh lah. ironically ini stasiun terdekat ama uns, tp letaknya lmyn jauh. tinggal naek aja bus dr dpn kampus turun di daerah namanya panggung. entar jalan aja ke arah rel kereta api. udah terintegrasi jg kok ama bus trans

      Delete
  2. min mau nanya nih, kalo saya dari stasiun solobalapan trus mau ke pasar klewer, trus dari pasar klewer mau ke stasiun solojebres, pada jam 8 malam, naik apa yaa min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. dr balapan ke pasar klewer nggak ada yg langsung, harus ganti bus. naik bus dr dpn solo balapan dulu ke slamet riyadi, abis itu dr slamet riyadi ganti arah ke arah kraton/alun2. tp busnya dah abis dr jam 5 sore

      2. dari pasar klewer ke stasiun jebres bisa naek angkot kuning dpn gapura kraton, kalo itu ampe malam kayaknya

      NB: pasar klewer dah kebakar abis lho

      Delete
  3. min mau nanya dunk,kl dr stasiun jebres mau cari bis jurusan jogja jam 8 malem kira2 jaraknya jauh ga y?harus ke terminal dulu/ ada bis yg lgsg ke jogja?Thanks, Sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm bis jogja ya? gampang koq tinggal jalan ke aja ke daerah panggung (keluar ke jalan raya, belok kanan ampe perempatan besar trus nyebrang). nah disitu biasanya ada bus2 besar jurusan surabaya yang mau ke arah terminal tirtonadi. dr situ tinggal naik aja, bisnya jurusan akhirnya yogya koq. itu mah ampe subuh juga ada

      Delete
  4. Mimin maaf numpang tanya, kalo saya dari stasiun jebres ke wonogiri naik apa ya transportnya......??jalurnya maksudnya......(Terima kasih)

    ReplyDelete
  5. Min mau nanya,kalo dari stasiun jebres ke uns naik apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus jalan dulu ke jalan besar, abis itu naik bus trans (ga usah nyebrang) jurusan palur. ntar bisa langsung turun depan uns

      Delete
    2. eh ralat: harus nyebrang dulu haha

      Delete
  6. min, klo dr stasiun jebres mau ke stasiun solobalapan naek apa ya?

    kalau jam 4 pagi, dari solojebres udah ada bus arah Jogja belum ya? Gmn caranya?

    ReplyDelete
  7. nah ini pertanyaan saya agak beda..kalau dari stasiun solo balapan ke stasiun solo jebres kendaraan umumnya pakai apa saja?

    ReplyDelete
  8. Jika saya naik bus dari wonogiri ke stasiun jebres, bisa langsung turun deket stasiun atau harus turun di tirtonadi dulu gan...suwun, ditunggu responya

    ReplyDelete
  9. Gan.. Klo dari stasiun jebres mw ke tirtomulyo wonogi naik bis apa ya klo jam 2 malam ad ga ya gan...mksh.. Bru kali in mw kejawa tolng dibantu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  10. Assalamualaikum wr wb. min mau tanya dong. kalo turun dari stasiun solojebres sekitar jam 2 pagi (atau tengah malam). ada ga angkutan atau taxi yang standby di stasiun? (tujuan ke karanganyar). Apakah harus tunggu sampai pagi baru ada transportasi? terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue sih nggak akan ngandalin taksi di luar stasiun jebres, soalnya biasanya mereka hanya mengangkut penumpang dg tujuan luar kota, kalo tujuan dalam kota yg dekat2 sih mereka kemungkinan besar ga mau

      Delete
  11. mau nanya gan kalao dari UMS mau ke stasiun solo jebres naik apa dan turun dimana? makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. naek aja bus trans jalur 1 di depan ums. bilang aja turun stasiun jebres

      Delete
  12. min,mau tanya nih kereta ku smpe solo jebres jam 02.00 pagi dini hari, mau ke UMS jam segitu msh ad taksi ga ya? aman ga naik taksi jam segitu? klo nunggu d stasiun jebres smpe shubuh rame ga stasiunnya?
    mksh min.. bls secepatnya ya. need help. cito.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman sih aman cuman setau gue (kata bokap gue sih) sopir taksinya agak males kalo nerima penumpang dalam kota soalnya mrk ngincer penumpang ke arah luar kota seperti boyolali, sragen, karanganyar dsb

      Kalo mau nunggu mah biasanya sepi. Maklum stasiun kecil. Rame pas penumpang turun doang

      Emang mau ke solonya kapan sih?

      Delete
  13. assalamualaikum min, mau tanya, kalau dari stasiun solo balapan mau ke solojebres itu bisa menggunakan transportasi apa aja yaa min ? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  14. min, mau tanya. kalau sampai di sana dini hari gitu, tempat yang sekiranya aman buat nunggu di mananya ya?

    ReplyDelete
  15. klo naik motor masuknya lewat mana min apkah sama, trus parkirnya dimana ya ? hehe

    ReplyDelete
  16. Min, kalo dari stasiun solo jebres ke bandara adi sumarmo naik transportasi umumnya gimana ya? taksi mahal gak ya kira-kira dan berapa lama perjalanan. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. naek aja bus trans batik itu ada yg jurusan bandara kok

      Delete
  17. Min mau nanya, kalo dari stasiun solo jebres mau ke univ setia budi gimana ya caranya? Transportasi murah yg recommended apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm agak ribet sih. pertama lu naik bus trans yg lewat depan stasiun solo balapan (nunggunya di halte perempatan panggung) terus bilang aja turun proliman. abis itu cari angkot 07 jurusan mojosongo, bilang aja turun setia budi

      Delete