Saturday, May 26, 2012

KEAJAIBAN ARSITEKTUR GOTIK PART 3: KEINDAHAN KACA PATRI GEREJA GOTIK

rose-windows-cc-ruipereira
Salah satu komponen penting yang membuat gereja2 gotik selalu berbalut keindahan adalah hiasan jendela kaca patrinya. Well, sebagai penutup postingan maraton bertema gotik ini, kuhadiahkan kalian koleksi gambar kaca-kaca patri dari berbagai gereja gotik di seluruh dunia.
Jendela pada gereja gotik emang biasa dibuat berukuran raksasa. Kalian yang ngerti arsitektur pasti heran, apa nggak roboh ya bangunannya kalo jendelanya gede2 gitu? Kan massa dinding penopang bangunan jadi berkurang (ceile, gayanya kayak ngerti2 aja hehehe). Nah, ternyata rahasianya gereja gotik ini tetap gagah berdiri adalah adanya penopang tambahan di luar dinding gereja yang dinamakan flying buttressess. Penopang ini memberikan kekuatan ekstra untuk menopang berat bangunan.
Salah satu ciri khas gereja gotik adalah adanya jendela besar berbentuk bulat pada bagian atas pintu masuk. Nah, jendela ini disebut rose window karena bentuknya terlihat seperti bunga yang sedang mekar dilihat dari atas. Inilah beberapa koleksi rose window yang ciamik banget dari seluruh penjuru dunia.
rose window blue    rose_window1
220px-Rosace_cathedrale_strasbourg     220px-Rozeta_Pary┼╝_notre-dame_chalger
St_John_the_Divine     4.1255581576.rose-window
flat,550x550,075,f   NRoseB-Aug07-D8454sAR900
chartres-windows-1  rose-window
The Rose Window in the upper chapel of the Sainte-Chapelle - Paris France
Selain sebagai unsur estetik, jendela kaca patri berfungsi ganda, juga sebagai pelajaran agama kilat bagi para umat yang beribadah di gereja. Hmm…kenapa? Karena motif2 kaca patri ini melukiskan kejadian2 yang diceritakan di dalam kitab suci. Mirip2 lah fungsinya sama relief2 candi zaman dulu. Nah siap2 tahan napas soalnya kalian pasti bakalan takjub dengan koleksi gambar kaca patri dari gereja2 gotik yang ada di berbagai penjuru dunia berikut ini!
stained-glass-mosaic
21 Stained glass window in St Vitus cathedral
3836348230_b414ea3246_z
4084128094_c6fe83f39c_z   5152767194_8023bbcc7b_z
   St_vitus_cathedral_inside     kaca patri1
  4079216926_bb3e89deb7_z   5152664374_9b819cd9ed_z
kaca patri2    Troyes-Cathedral-Choir-L
22
6173738990_b27d266fcc_z
Kaca patri paling terakhir yang menceritakan perjamuan terakhir tuh jujur agak membuatku merinding, soalnya dah kayak lukisan orang beneran. Jadi bikin kita terheran-heran, bagaimana ya cara membuatnya. Nah, itulah penutup dari tiga seri postingan yang khusus membahas arsitektur gotik. Buat yang masih penasaran ama gaya arsitektur gereja lainnya, coba baca postinganku tentang gereja bergaya arsitektur barok.

No comments:

Post a Comment