Saturday, May 5, 2012

KUIL-KUIL HINDU-BUDDHA TERINDAH DI DUNIA

2342380918-the-lost-hindu-temple-in-the-jungle-mist
Aku pernah memposting mengenai gereja2 terindah di dunia dan 10 bangunan berarsitektur Islam terindah di dunia. Nah, kali ini aku akan memenuhi janjiku untuk menyajikan kuil-kuil Hindu Buddha terindah di dunia. Ini dia!
Candi Prambanan (Klaten, Indonesia)
prambanan2
Siapa yang tak kenal dengan candi ini kebangetan! Sekolah lagi sana hehehe. Candi ini adalah candi Hindu kebanggaan bangsa Indonesia. Kompleks candi Prambanan sendiri sebenarnya sangat luas, terdiri atas 8 candi utama dan 150 candi perwara. Candi terbesar didedikasikan untuk Dewa Siwa dengan ketinggian 47 m. Candi ini juga terkenal dengan legenda Roro Jonggrang-nya.
Candi Borobudur
borobudurtemple021280rq6
Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia. Salah satu keajaiban dunia ini dibangun selama 75 tahun pada abad 8-9 M oleh Dinasti Syailendra dan diperkirakan tersusun atas 2 juta blok batu dan 504 patung Buddha. Pada abad ke-14 M, candi ini ditinggalkan, kemungkinan karena erupsi Gunung Merapi. Candi ini baru ditemukan kembali pada tahun 1814 oleh gubernur jenderal Inggris saat itu, Raffles. Oya ada teori yang menyatakan bahwa Candi Borobudur ini sebenarnya dibangun di tengah sebuah danau sehingga tampak seperti bunga teratai raksasa. Kebenaran teori itu hingga sekarang masih misteri.
Angkor Wat (Siem Rap, Kamboja)
angkor wat
Kuil ini adalah kuil paling terkenal di dunia, bahkan menginspirasi kisah petualangan Indiana Jones hingga Lara Croft. Angkor Wat (artinya “Kota Kuil”) dibangun pada awal abad ke-12 oleh Raja Suryawarman II. Awalnya, kuil ini adalah kuil Hindu yang didedikasikan kepada Dewa Wisnu. Namun seiring perkembangan pesat agama Buddha pada abad ke 14-15 M, kuil ini diubah menjadi kuil Buddha Tak jauh dari kompleks kuil ini, terdapat reruntuhan Angkor Thom dan Bayon yang merupakan bekas ibu kota Kerajaan Khmer.
Wat Phra Kaew (Bangkok, Thailand)
emerald-buddha-temple
Emerald-Buddha-Temple-16
Kuil yang lebih dikenal dengan nama “Emerald Buddha Temple” ini merupakan objek wisata andalan di Bangkok. Kompleks kuil ini menyimpan salah satu patung Buddha tertua dan paling dipuja. Patung yang seluruhnya terbuat dari batu emerald ini konon dibuat di India tahun 43 SM dan dibawa ke sini untuk menghindari peperangan. Patung Buddha ini memiliki 3 set baju kebesaran dari emas yang hanya boleh diganti oleh Raja Thailand pada saat pergantian musim.
Wat Arun (Bangkok, Thailand)
wat arun
Kuil Wat Arun (artinya “Kuil Fajar” atau “Temple of Dawn”) adalah salah satu objek wisata paling terkenal di Thailand. Walaupun disebut Kuil Fajar, namun Kuil Wat Arun lebih tersohor karena panorama dramatisnya saat matahari terbenam.
Wat Rong Khun (Chiang Rai, Thailand)
wat-rong-khun-the-white-temple-of-northern-thailand
Wat Rong Khun adalah kuil Buddha modern yang hingga kini masih dalam tahap pembangunan. Kuil ini memang unik dengan ornamennya yang rumit namun serba-putih. Kuil ini dirancang oleh arsitek kontemporer Thailand bernama Chalermchai Kositpipat. Uniknya lagi, kuil ini baru diharapkan rampung sekitar 90 tahun lagi!
wat-rong-khun-hands-of-hell
Pha That Luang (Vientiane, Laos)
pagoda laos
Pha That Luang atau “Great Stupa of Lao” adalah salah satu bangunan terpenting di Laos. Sama seperti Borobudur, kuil Buddha ini dibangun berteras-teras. Teras paling bawah menggambarkan kehidupan duniawi, sementara bagian teratas menggambarkan kesempurnaan yang dicapai Buddha. Kuil ini dibangun pada abad ke-16.
Pagoda Shwegadon (Yangoon, Myanmar)
shwedagon-pagoda
Pagoda Shwegadon merupakan bangunan tersuci umat Buddha di Myanmar. Kuil ini dibangun sekitar abad ke 6-10 M. Pusat dari bangunan ini adalah stupa dengan ketinggian 99 m yang seluruhnya dilapisi emas seberat 90 ton! Kalau itu belum cukup, bagian puncak stupa tertutup oleh 10.000 batu permata, masing-masing berkadar 76 karat! Tak heran mengapa umat Buddha sangat mengagungkan kuil ini, sebab di kuil ini terdapat salah satu peninggalan tersuci mereka, yaitu 8 helai rambut dari sang Buddha sendiri.
Bagan (Myanmar)
BAGAN
Kompleks Bagan merupakan kompleks kuil Buddha terluas di dunia. Bagan yang berlokasi di tepi sungai Irawadi ini dulunya merupakan ibu kota kerajaan kuno di Myanmar. Di sini diperkirakan pernah dibangun sekitar 4.400 kuil selama masa kejayaan kerajaan tersebut antara tahun 1.000-1.200 M. Pada tahun 1287, kerajaan tersebut dihancurkan oleh tentara Mongol karena menolak membayar pajak kepada Kubilai Khan. Melihat panoramanya yang menakjubkan, aku jadi ingin ke sana.
myanmar-bagan-temple-1024x768
nigel-pavitt-ancient-buddhist-temples-of-central-plain-at-bagan-myanmar-burma
Berikut ini adalah kuil-kuil lain di Asia Tenggara:
Kuil Buddha di Royal Palace (Luang Prabang, Laos)
Buddhist_temple_at_Royal_Palace_in_Luang_Prabang
Kuil Buddha di Kuala Lumpur, Malaysia
buddhist-temple kl
Sri Murugan Temple (Penang, Malaysia)
part-027
Wat Chedi Liem (Thailand)
wat-chedi-liem-4
Pura Tanah Lot (Bali)
tnh-lot
Pura Ulu Danu (Bali)
ulu danu 
Tiger’s Nest Monastery (Bhutan)
tigers-nest-monastery
Biara Buddha ini memang terlihat menakjubkan sebab dibangun di sebuah tebing dengan ketinggian 900 m. Legenda mengatakan bahwa Guru Reponche, salah seorang Buddha, mendaki tebing ini di atas punggung seekor singa lalu bermeditasi di sebuah gua dimana biara ini sekarang berada. Biara bernama asli Taksthang Goemba ini dibangun pada 1692 dan direkonstruksi kembali pada 1998 setelah terbakar. Sayang biara ini tertutup bagi turis.
Temple of Heaven (Beijing, RRC)
5359019772_8286fa4b5c_z
Kuil bagi pemeluk Tao ini dibangun pada abad ke-14 oleh Kaisar Yongle dari Dinasti Ming (kaisar yang sama yang membangun Kota Terlarang). Arsitektur kuil ini sangat menarik. Kuil ini dibangun dalam bentuk melingkar (melambangkan surga) di atas fondasi berbentuk segi empat (yang melambangkan bumi).
Potala Palace (Lhasa, Tibet)
potala-palace
Istana Potala adalah istana kediaman Dalai Lama sebelum diasingkan oleh pemerintah komunis RRC pada invasi ke Tibet tahun 1959. Istana ini terletak di atas gunung dan dibangun pada tahun 637 M. Istana ini terdiri atas dua bangunan utama, yaitu Potrang Karpo (Istana Merah) dan Portrang Marpo (Istana Putih). Kini, istana ini digunakan sebagai museum dan tempat peziarahan para pemeluk Buddha.
Yakushi-Ji Temple (Nara, Jepang)
220px-Yakushiji_Nara11s5bs4200
Kuil ini adalah salah satu kuil tertua di Jepang dan dibangun oleh Kaisar Temmu pada tahun 680 M. Bangunan ini pernah terbakar dua kali, yaitu pada tahun 973 dan 1528, namun kemudian direstorasi seluruhnya pada tahun 1970an. Bagian paling terkenal dari kompleks kuil ini adalah East Pagoda (Pagoda Timur) yang dianggap salah satu pagoda tercantik di Jepang dan mendapat julukan “Frozen Music”.
Golden Pavillion (Kyoto, Jepang)
Golden-Pavilion-Kyoto-Japan
Kinkaku-ji atau “Temple of the Golden Pavillion (Kuil Paviliun Emas)” awalnya adalah sebuah villa milik seorang shogun pada abad ke-14 yang diubah menjadi sebuah kuil Zen. Selain karena keindahan arsitekturnya, kuil ini juga terkenal karena lanskap-nya berupa taman dan danau yang indah.
kyoto-jpn393
Mahabodhi Temple (Bodh Gaya, India)
3179186590_1b9e385457_z
Kuil ini dibangun di atas pohon Bodhi (sejenis beringin) tempat dimana Buddha memperoleh pencerahan dan merupakan salah satu tempat tersuci umat Buddha. Kuil ini dibangun oleh Raja Asoka pada abad ke 5-6 M.
Golden Temple (Amritsar, India)
golden-temple0
Kuil bernama asli Harmandir Sahib (arti harfiahnya “Kediaman Dewa”) merupakan kuil suci bagi penganut Sikh. Kuil ini dibangun di sebuah danau yang konon pernah digunakan Sang Buddha untuk bertapa.
Temple of Srirangam (Tiruchirappali, India)
temple-of-srirangam
Kuil Srirangam atau nama lengkapnya “Sri Ranganathaswamy Temple” adalah kuil Hindu terbesar di dunia. Kuil ini didedikasikan kepada Dewa Wisnu, salah satu dari Trimurti. Kompleks kuil ini sangat luas, mencapai 63 hektar dan dikelilingi tembok dengan panjang hingga 4 km! Kuil ini juga terkenal akan gopuram (gapura) yang berbentuk piramid warna-warni. Terdapat 15 gopuram dan yang terbesar memiliki tinggi 15 lantai!
srirangam-temple-gopuram
Lotus Temple (New Delhi, India)
Lotus-Temple_new_delhi-India
Lotus Temple atau Kuil Teratai adalah kuil modern yang dibangun menyerupai bunga teratai yang sedang mekar. Kuil ini dibangun pada tahun 1986 dan merupakan tempat suci bagi penganut Baha’i.
Berikut ini adalah kuil-kuil Hindu lainnya di India.
Kuil Madurai
424px-Gopuram-madurai
Kuil Jagganath (Orissa)
1311768138Jagannath-puri-temple1
Kuil Aksardham
Biggest_Hindu_Temple10
Biggest_Hindu_Temple1
Kuil Breehadeshwar
BREEHADESHWAR MANDIR
Kuil Kali (Kalkutta)
kali-temple-500
Kuil Konarth (Sun Temple)
konark
Kuil Venkateshwara (Tirupati)
Tirupati Balaji Temple-Gold
lord-venkateshwara-temple-tirupati
Kuil Meenakshi
meenakshi_00-768x1024meenakshi-temple-03
Tian Tan Buddha
tian tan
Ini memang bukan Kuil Buddha, namun sebuah patung Buddha raksasa. Aku sangat menyukainya karena gesture-nya yang penuh welas asih dan pemandangannya yang indah, jadi aku masukkan di sini. Tian Tan Buddha atau sering juga disebut Big Buddha terletak di Pulau Lantau, Hong Kong. Patung ini dilapisi perunggu dan selesai pada tahun 1993. Patung setinggi 34 meter ini menggambarkan Buddha yang bersila di atas singgasana berbentuk teratai. Oya, konon karena saking besarnya, patung ini sampai terlihat dari Taiwan lho.
Tian_Tan_Buddha_Hong_Kong
Leshan Giant Buddha
leshan_giant_buddha
Leshan adalah nama patung Buddha raksasa yang terdapat di wilayah Sichuan, RRC. Patung menakjubkan ini diukir pada sebuah tebing pada tahun 713-803 M. Patung ini berukuran raksasa dengan tinggi mencapai 71 m. Bahkan panjang masing-masing jari pada patung Buddha ini mencapai 3 m!
3031116247_df0c0700ae_z
Kuakhiri daftar kuil-kuil terindah di dunia dengan patung tertinggi di dunia saat ini, yaitu Ushigu Daibutsu di kota Ushiku, Jepang. Selesai pada tahun 1995, patung Buddha ini memiliki tinggi 120 m dan sangat jauh mengalahkan patung Liberty. Coba saja lihat perbandingannya!
comparison_of_statues

3 comments:

  1. menakjubkan
    "Evan"

    ReplyDelete
  2. Candi2 yang menakjubkan....blog yang bagus, semoga terus berkembang.... Saya ingin berbagi article tentang Kuil Kinkaju di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/04/kyoto-di-kuil-kinkaku-ji.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/DSRNjQ16EbQ

    ReplyDelete
  3. Kenapa pada di Asia ya 😂😂 g ada yg di timteng (atau ada patung kuno yg dirobohkan Taliban itu 😭😭), kalo Gobleki Tepe kayaknya juga sebelum agama Hindu Budha

    ReplyDelete