Friday, December 7, 2012

10 BANGUNAN PEMERINTAH TERINDAH DI DUNIA

 

4778164988_c03a204fa4

Mulai dari gedung parlemen hingga balai kota, gedung-gedung ini memegang peranan penting dalam menjalankan suatu pemerintahan sebuah kota hingga negara. Bangunan pemerintah ini tak hanya megah, namun juga indah dalam hal detail arsitekturnya. Ini dia kukompilasi 10 bangunan pemerintahan paling indah dari seluruh dunia.

1. Westminster Palace (London, Inggris)

800px-London_Parliament_2007-1

Istana Westminster atau House of Parliament dulunya adalah istana para raja-raja Inggris yang kini beralih fungsi sebagai gedung parlemen. Dinamakan Istana Westminster karena letaknya yang berdekatan dengan gereja Westminster Abbey. Istana yang asli dibangun pada abad ke-11 di tepi Sungai Thames yang membelah London. Sayangnya, bangunan asli musnah pada kebakaran hebat sebanyak dua kali pada 1512 dan 1834. Bangunan yang bisa kita lihat sekarang sebenarnya adalah rekonstruksinya yang dirancang oleh Charles Barry dengan gaya arsitektur Gothic Revival.

Batu pertama gedung parlemen ini diletakkan pada 1840. Terdapat dua menara pada bangunan ini, yaitu Menara Victoria dan Menara Elizabeth. Namun pada perkembangan selanjutnya, popularitas Menara Elizabeth atau yang lebih dikenal dunia sebagai menara jam Big Ben mengalahkan gedung parlemen itu sendiri.

400px-Victoria_Tower_from_Old_Palace_Yard      382px-Big_Ben_2007-1

2. Manhattan Municipal Building (New York, Amerika Serikat)

DSC07013

Manhattan Municipal Building adalah gedung berlantai 40 yang menjadi gedung pusat pemerintahan di kota New York. Pembangunan gedung ini dibangun pada tahun 1907 dan berakhir tahun 1914. Arsiteknya adalah William M. Kendall yang merancangnya dengan gaya Romawi klasik. Uniknya, di lantai dasar gedung ini terdapat stasiun subway atau kereta bawah tanah untuk memudahkan warga kota untuk mencapainya.

image 

image

3. Philadelphia City Hall (Philadelphia, Amerika Serikat)

001philadelphia

Balai kota Philadelphia mungkin adalah balai kota terindah di dunia. Bangunan yang dibangun pada tahun 1901 itu sebenarnya dirancang oleh arsiteknya, John McArthur Jr. untuk menjadi bangunan tertinggi di dunia saat itu. Namun sayangnya bangunan setinggi 157 m ini keburu dilangkahi oleh Menara Eiffel. Di puncak menara jam gedung ini terdapat patung dari pendiri kota Philadelphia, yaitu William Penn.

93261034

45680964

philadelphia

Oya, selain Philadelphia, beberapa kota di Amerika juga memiliki balai kota tercantik di dunia. Contohnya San Fransisco City Hall ini.

San Fransisco City Hall

vfiles4635

4. Argentina National Congress (Buenos Aires, Argentina)

800px-Congreso_Nacional_Buenos_Aires

Gedung parlemen Argentina ini dibangun antara tahun 1896 – 1906 dan didesain oleh arsitek Italia Vittorio Meano dan arsitek Argentina Julio Dormal. Di depan gedung berkubah unik ini juga terdapat lapangan luas yang dinamakan Congressional Plaza yang sering digunakan rakyat Argentina berdemo apabila kebijakan pemerintahan dirasakan kurang berpihak pada mereka.

5. British Columbia Parliament Building (Victoria, Kanada)

2529611671_2d676c731b

Bangunan parlemen bergaya Neo-Baroque atau Romanesque Revival ini dibangun pada tahun 1898 dan diarsiteki oleh Francis Rattenbury yang memenangkan kontes mendesain gedung parlemen tersebut.

6. Neues Rathaus (Munich, Jerman)

044s6_t

Neues Rathaus atau dalam bahasa Jerman berarti “Balai Kota Baru” terletak di wilayah pusat kota Munich, Bavaria, yaitu Marienplatz. Dinamakan demikian karena gedung ini dibangun untuk menggantikan balai kota yang lama. Bangunan bergaya Gothic Revival ini dibangun oleh Georg von Hauberrisser selama kurun waktu 1867 -1907 dan merupakan atraksi turis nomor satu di kota Munich.

Neues_Rathaus_Munich_Germany

7. Austrian Parliament Building (Vienna, Austria)

image

Bangunan megah ini dibangun oleh arsitek Theopil Edvard Hansen dari tahun 1874-1883. Saking terkesannya raja Austria saat itu dengan keindahan bangunan ini, sang raja langsung menganugerahkan gelar kebangsawanan yaitu Baron kepada sang arsitek.

Gedung parlemen Austria ini menerapkan gaya arsitektur Classic Revival sehingga sekilas mirip kuil-kuil Yunani zaman dulu. Terlebih lagi adanya air mancur Pallas-Athena di depannya yang menggambarkan figur Athena, Dewi Kebijaksanaan. Mungkin agar parlemen di sini diharapkan bisa memerintah dengan bijaksana ya?

image

8. Vienna City Hall (Vienna, Austria)

image

Balai Kota (Rathaus) Vienna merupakan salah satu bangunan paling menakjubkan di Eropa. bangunan bergaya Gothic ini dibangun pada 1872-1883 dan diarsiteki oleh Friedrich von Schmidt.

image

image

image

9. Capitol Hill (Washington DC, Amerika Serikat)

image

Capitol Hill adalah gedung parlemen Amerika Serikat yang dibangun di sebuah bukit di tengah kota Washington DC. Gedung ini awalnya merupakan rancangan William Thorton pada 1793 sebagai pemenang kontes merancang gedung ini. Pada tahun 1800, gedung ini sudah digunakan untuk rapat parlemen walaupun bangunan ini sebenarnya belum selesai dibangun (menunjukkan betapa rajinnya para anggota parlemen AS, coba bandingkan dengan anggota parlemen kita). Rancangan Thorton ini awalnya belum meliputi kubah dan bangunan sayap untuk senat, yang kemudian ditambahkan oleh Thomas U. Walter dan August Schoenborn. Kubah yang menjadi main attraction gedung ini baru ditambahkan pada 1885.

10. Gedung Parlemen Hungaria (Budapest, Hungaria)

image

Gedung ini tak pelak lagi adalah gedung pemerintahan terindah di dunia. Arsiteknya adalah Imre Steindl yang memenangkan kompetisi rancangan gedung parlemen ini. Bangunan bergaya arsitektur Gothic Revival ini dibangun antara tahun 1885 – 1904 dan terlihat menakjubkan apabila dilihat dari sisi sungai Danube yang membelah kota Budapest.

image

BONUS

Opalocka City Hall (Florida, Amerika Serikat)

800px-Opalockacityhall

Eits, gedung ini bukan balai kota yang terdapat di Arab lho, melainkan berada di Miami, Amerika Serikat. Balai kota ini memang unik, sebab walaupun berada di negara Barat, namun menggunakan gaya arsitektur Moorish Revival ala Timur Tengah.

Opa-Locka, FL City Hall

National Diet (Chiyoda, Jepang)

image

National Diet Building adalah gedung parlemen Jepang yang terletak di Chiyoda. Bangunan ini selesai dibangun 1936 dengan arsitek yang didatangkan dari Jerman. Aku sendiri tertarik dengan bangunan ini setelah melihatnya di film “21st Century Boys”. Diet sendiri adalah sebutan bagi parlemen di Jepang. Mungkin parlemen kita juga perlu ganti nama jadi “diet” juga kali ya biar bisa *diet* makan uang rakyat.

Itulah guys, 10 + bonus bangunan pemerintahan yang paling mantap sedunia. Yang pasti, nggak penting apakah gedung parlemennya megah atau tidak, yang terpenting tentu adalah orang2 yang duduk di belakangnya, apakah bebas KKN dan memperjuangkan kepentingan rakyatnya atau tidak (which is not gonna happen di Indonesia dalam waktu dekat).

No comments:

Post a Comment