Monday, December 24, 2012

10 VERSI ASLI TERSADIS DARI DONGENG-DONGENG PENGANTAR TIDUR

 
image

Sejak kecil kita mendengar dongeng-dongeng indah seperti Cinderella dan Putri Salju dan menganggapnya sebagai cerita anak-anak yang memiliki ending “Happily ever after”. Salah besar! Versi asli dari kisah-kisah itu yang dikumpulkan oleh Grimm Bersaudara pada abad ke-19 ternyata memiliki jalan cerita yang sangat mengerikan. Kebanyakan dari cerita itu sebenarnya adalah cerita horor yang dibumbui dengan mutilasi, kanibalisme, hingga pelecehan seksual. Berikut ini adalah versi asli 10 dongeng yang selama ini kamu kira indah, namun ternyata brutal dan sangat sadis.

1. Cinderella
Cendrillon2

Versi asli Cinderella ternyata mengandung unsur mutilasi. Di cerita aslinya, Cinderella selalu disiksa ibu tiri dan kedua saudari tirinya. Saat sang pangeran mencari-cari gadis yang ukuran kakinya pas dengan sepatu emas (bukan sepatu kaca) yang ditinggalkan Cinderella, sang ibu tiri kemudian memotong ibu jari kaki anaknya agar muat di sepatu. Namun sang pangeran mengetahuinya karena darah merembes di kakinya. Kemudian ibu tiri juga memotong tumit anaknya yang satunya agar pas di sepatu itu, namun juga ketahuan. Pada saat pernikahan Cinderella, seekor merpati mematuk kedua mata saudari tiri Cinderella hingga buta. Cinderella di versi asli juga bukan sosok pemaaf, sebab ia membiarkan ibu tiri dan dua saudari tirinya menjadi pengemis yang buta. 

2. Hansel and Gretel

430px-Hansel-and-gretel-rackham

Siapapun yang mendengar cerita Hansel dan Gretel pastilah mengetahui sisi kanibalistik dari kisah dongeng ini. Dalam dongeng ini, diceritakan sang penyihir menggemukkan Hansel dan Gretel untuk dimakan. Kisah moral cerita ini sebenarnya agar anak-anak kecil tidak mudah percaya dengan orang asing.

3. Little Red Riding Hood

image

Versi asli cerita dongeng ini ternyata sangat mengerikan. Diceritakan setelah membunuh sang nenek,sang serigala menghidangkan daging sang nenek untuk dimakan oleh Red Riding Hood, menjadikannya kanibal. Selain itu serigala yang menyamar menjadi sang nenek menyuruh Red Riding Hood menanggalkan semua bajunya dan melemparkannya ke perapian, kemudian menidurinya sebelum memakannya.

4. Rapunzel

442px-Johnny_Gruelle_illustration_-_Rapunzel_-_Project_Gutenberg_etext_11027

Kisah Rapunzel diadaptasi oleh Disney menjadi “Tangled” yang disuarakan Mandy Moore. Namun tahukah kamu bahwa sebelum dinikahi sang pangeran, Rapunzel dalam dongeng aslinya sebenarnya dihamili dulu oleh sang pangeran yang selalu datang tiap malam ke menaranya?

5. Sleeping Beauty

800px-Спящая_царевна

Dalam Sleeping Beauty, dikisahkan seorang putri tertidur ketika tertusuk sebuah jarum jahit. Seorang pangeran kemudian datang dan menciumnya, kemudian sang putripun terbangun. Itu sih versi cupu-nya. Dalam versi aslinya, sang pangeran sebenarnya memperkosa sang putri saat ia tertidur, bahkan hingga sang putri hamil dan melahirkan (dalam kondisi tertidur pula). Sang bayi yang baru dilahirkannya kelaparan dan menghisap jari ibunya hingga jarum itu terlepas dan sang putri pun terbangun.

6. Pied Piper of Hamelin

741px-Pied_Piper2

Bagi yang mungkin agak asing dengan cerita ini, coba kuceritakan kembali. Kisahnya berawal dari sebuah kota kecil yang diserang wabah tikus. Suatu hari datang seorang peniup seruling yang mengaku bisa mengusir tikus-tikus itu asal dengan bayaran tinggi. Warga kota setuju dan pria itu meninggalkan kota  sambil meniup serulingnya dan kemudian diikuti oleh tikus-tikus itu. Setelah semua tikus pergi, si peniup seruling kembali menuntut bayarannya, namun para warga yang curang menolak membayar si peniup seruling. Akhirnya si peniup seruling kemudian meniup serulingnya kembali, kali ini membawa seluruh anak-anak kecil dari kota dan tak pernah kembali. Satu-satunya anak yang selamat hanyalah anak pincang yang tak bisa mengikuti teman-temannya. Banyak yang berpendapat cerita ini adalah kisah nyata dan sosok peniup seruling itu sebenarnya adalah paedofil atau pembunuh berantai.

7. Serigala dan Tiga Ekor Babi

471px-Three_little_pigs_1904_straw_house

Dongeng ini bercerita tentang serigala dan tiga ekor babi yang membangun rumah dari jerami dan batu bata. Rumah dari jerami ditiup sang serigala sedangkan rumah dari batu bata tetap kokoh. Dalam cerita yang biasa kita dengar, kedua babi yang lain bersembunyi di rumah babi yang paling cerdik. Namun dalam versi aslinya, kedua babi yang membangun rumah dari jerami dimakan hidup-hidup oleh serigala. Kemudian serigala yang tak bisa mengakali rumah babi yang cerdik memutuskan masuk dari atas cerobong asap, dimana dibawahnya si babi yang selamat memasang tungku dan kemudian memasak hidup-hidup si serigala. Ia kemudian memakan daging sang serigala dan secara tak langsung menjadi kanibal juga karena dalam perut si serigala masih terdapat daging saudara-saudaranya.

8. Snow White

image

Dalam cerita aslinya, dikisahkan sang ratu yang hendak membunuh Putri Salju adalah kanibal, sebab meminta hati Putri Salju untuk dimakannya. Sang pemburu yang ditugaskan membunuh Putri Salju tak tega dan memberikan hati binatang liar pada sang Ratu. Setelah Putri Salju tertidur karena diberikan apel beracun, dalam versi aslinya Putri Salju bukannya bangun karena dicium sang pangeran. Alkisah, sang pangeran (yang aku curigai mengidap nekrofilia) membawa tubuh Putri Salju ke istananya (entah untuk diapakan). Namun dalam perjalanan, kuda yang membawa tubuh Putri Salju tersandung sehingga apel beracun yang menyangkut di kerongkongan Putri Salju terlempar keluar dan iapun bangun kembali. Not so romantic ha? Oya, hampir lupa. Pada akhirnya Putri Salju yang “not such a good girl” membalas dendam dan memerintahkan Ratu yang berusaha membunuhnya menari dalam sepatu besi yang dipanaskan hingga mati.

9. How Some Children Plays at Slaughtering

ChildrenPlayedatSlaughtering

Cerita ini mungkin tak diketahui orang karena telah disensor dari kumpulan dongeng Grimm karena dinilai terlalu sadis. Ada dua versi dari cerita ini. Versi pertama, empat anak bermain. Mereka memutuskan untuk bermain “penyembelihan”, dimana satu anak berperan sebagai penyembelih, satu anak bermain sebagai koki, satu anak bermain sebagai asisten koki, dan satu anak bermain sebagai babi. Tanpa diduga, anak yang berrmain sebagai penyembelih benar-benar menggorok leher anak yang berperan sebagai babi dan yang lain bermain memasaknya. Seorang warga yang melintas dan melihat kejadian itu melapor kepada walikota. Karena bingung, sang walikota memberikan ujian. Jika sang anak yang menyembelih temannya diberikan dua pilihan, yaitu apel dan koin emas. Apabila anak itu memilih koin emas, maka ia dianggap sebagai orang dewasa dan akan dihukum. Namun apabila ia memilih apel, maka ia akan dianggap masih anak kecil dan tak menyadari perbuatannya. Anak itu ternyata memilih apel sehingga akhirnya dibebaskan.

Versi kedua tak kalah sadis. Ada dua bersaudara melihat ayah mereka menyembelih babi. Sang kakak akhirnya memutuskan bermain “penyembelihan” untuk menirunya dan sang adik disuruh berperan sebagai babi. Sang kakak ternyata benar-benar menyembelih sang adik dengan pisau. Ibu mereka yang sedang memandikan anaknya yang lain mendengar jeritan sang adik dan segera menghampiri mereka. Marah melihat sang kakak membunuh sang adik, sang ibupun menusuk anaknya itu dengan pisau hingga tewas. Namun saat ia kembali ke kamar mandi, ia melihat anaknya yang tadi dimandikan sudah tewas karena tengeglam. Karena shock, sang ibu memutuskan menggantung dirinya. Sang ayah yang pulang kemudian menemukan seluruh keluarganya tewas akhirnya ikut mati. Pesan moral dari cerita ini sebenarnya adalah agar orang tua mengawasi anaknya bermain.

10. The Armless Maiden

The_Girl_Without_Hands_by_Y_Incision

Dongeng “The Armless Maiden” adalah dongeng Rusia yang tak kalah sadis dengan dongeng-dongeng yang dikisahkan Grimm. Diceritakan ada dua bersaudara, kakaknya laki-laki dan adiknya perempuan. Sang kakak menikah dengan wanita yang sangat membenci adik suaminya. Sang istri merusak semua perabot rumah dan mengatakan itu perbuatan adik iparnya, namun sang suami mengatakan mereka bisa membeli perabot baru. Sang istri lalu membunuh kuda kesayangan suaminya, namun suaminya tetap tak marah. Hingga akhirnya, si istri melahirkan dan dengan tega memenggal kepala anaknya sendiri dan memfitnah adik iparnya sebagai pelakunya. Sang kakak yang terhasut kemudian membuang adiknya dan dengan kejam memotong kedua tangannya. Pada akhirnya sang adik menikah dengan seorang pedagang dan menjadi kaya raya. Ketika sang kakak bertemu kembali dengan adiknya dan mendengar cerita yang sesungguhnya, sang kakak mengamuk dan mengikat kepala istrinya di ekor kuda yang kemudian dipecut agar berlari. Ketika kuda itu berhenti berlari, hanya tertinggal rambut kepang istrinya masih terikat di ekor kuda sementara bagian-bagian tubuhnya berceceran di sepanjang jalan.

BONUS:

Struwwelpeter

image

Dilihat dari sampul bukunya, jelas buku dongeng ini menceritakan kisah-kisah yang disturbing. Der Struwwelpeter adalah buku anak-anak yang ditulis Heinrich Hoffman di Jerman pada tahun 1845. Saking populernya buku ini, bahkan Mark Twain pernah menulis terjemahannya ke dalam bahasa Inggris. Namun apabila dinilai dengan standar masa kini, mungkin cerita-cerita di buku dianggap terlalu sadis, walaupun maksudnya mendidik. Cerita-cerita ini menggambarkan konsekuensi yang diterima oleh anak nakal, misalnya ada cerita tentang seorang gadis yang mati terbakar hidup-hidup karena bermain dengan korek api, seorang anak yang masih gemar menghisap jempol dan kemudian jempolnya dipotong dengan gunting, hingga seorang anak yang menolak memakan sup sayuran dan akhirnya mati kelaparan.

59 comments:

  1. wah ada adegan perkosaan, pembunuhan , sadis... jaman dulu kayak gitu apa emang udah biasa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah maklum lah, eropa zaman dulu kan nggak kayak sekarang. wilayahnya sebagian besar masih hutan, jadi banyak binatang liar, penjahat, perampok, dll....

      Delete
    2. gan minta link websitenya untuk baca versi aslinya penasaran aku gan... ^_^

      Delete
  2. kalau versi asli ngeri ya. padahal kl yang versi biasa malah disukai anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya soalnya kan versi yg biasa kita dengar itu versi yang udah disensor. bagian2 yang terlalu sadis buat anak2 diilangin, bahkan jalan ceritanya jg kdg diubah, kayak putri salju

      Delete
  3. hahhahahahaha... asli ngakak pas tau kisah versi asli Snow White
    gan pacarku pernah cerita tentang dongeng Snow White katanya Snow White itu gak tidur karena apael beracun tapi karena rakus makan apel segigitan gede terus keselek.. hahahaha
    n cerita mermaid dimana si putri duyung gak jadi bunuh diri dan berubah jadi gelembung dan dia buka usaha laundry yang akhirnya jadi kaya raya dan pangeran yang jatuh bangkrut karena salah investasi akhirnya jadi asisten san putri.

    mana aku percaya tapi pas liat versi asli Snow White aku jadi mikir apa dongeng Mermaid versi aslinya gitu ya??
    hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah gila,,,mn mgkn putri duyung bisnis laundry,,,kan aslinya dia disuruh bunuh si pangeran tp g mau,,,terus akhirnya bunuh diri, the end,,,,

      Delete
    2. ohh.. begitu. hahhaa
      tapi ga habis pikir aja sama dongen Snow White. hhahahahaa

      Delete
  4. ninggalin jejak dulu... (y)
    Gilak... sebelumnya pernah baca sih tapi gak selengkap disini, cukup bikin deg-degan :D

    ReplyDelete
  5. wow gag nyangka :o setauku happy ending semuaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. happy ending kan di film buatan sekarang
      di salah satu film ada juga kok yang bawa" penyuling hamelin dan kisah 130 anak di tambah wabah penyakit

      Delete
  6. wah keren gan. ini cerita dari awal sampe akhir bner semua. tapi kalo cerita yang dari rusia sama yang bonus ane ga pernah denger :P emang sekarang ceritanya udah banyak yang di sensor ya?

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. http://flavorwire.com/344667/the-disturbing-origins-of-10-famous-fairy-tales/view-all

      http://listverse.com/2009/01/06/9-gruesome-fairy-tale-origins/

      http://en.wikipedia.org/wiki/Wie_Kinder_Schlachtens_miteinander_gespielt_haben

      http://en.wikipedia.org/wiki/The_Armless_Maiden

      Kalo mau silakan googling aja tiap judul dongengnya atau cari di wikipedia satu2

      Delete
    2. Kalo msh meragukan, dongeng2 Grimm Brothers pernah dibahas oleh National Geographic (bener2 valid nih kalo yg ini). ada versi aslinya di situ, tapi silakan ditranslate dulu satu2

      linknya:

      http://www.nationalgeographic.com/grimm/index2.html

      Delete
  8. wah kalo yang cinderella pernah ada film versi potong tumit ny tuh~ prnah nnton tp udh lmyan lama juga . .

    ReplyDelete
  9. cerita yang mengasikan.. sukses selalu ya boss.

    pulau tidung http://pulautidungcenter.com

    ReplyDelete
  10. wahhh :o klw cinderella udh pernah nnton sekali, tp yglainnya waw bgt ya :O gk nyangka :o
    banyak adegan diluar nalar nya --" hadehhh

    ReplyDelete
  11. Beneran semua ga tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebenarannya nggak diragukan lagi, silakan aja googling sendiri

      Delete
  12. lbh baik bca kisah para nabi aja,,

    ReplyDelete
  13. Wah baru tahu nih.kalau aslinya kayak gitu...

    ReplyDelete
  14. Bikin deg-degan.. Kok sadis bener ya? Apa gk ada hukum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak lembaga sensor gitu? ya nggak bisa lah, kan dongengnya beredar dr mulut ke mulut

      Delete
  15. keren boi.. asli baru tau, aku sih udah curiga cerita yang beredar sekarang ga bener. eropa gitu lho, keberadaban mereka jauh lebih rendah daripada kita sebenarnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih skrg peradaban mereka lbh maju, tapi dulu zamannya emang keras disana. oya omong2 soal eropa silakan tengok postinganku yg ini

      http://mengakubackpacker.blogspot.com/2013/11/10-alat-penyiksaan-zaman-eropa-kuno.html

      Delete
  16. admin, struwwelpeter nya itu dijual di toko buku nggak ya? jadi penasaran. admin udah pernah baca cerita-ceritanya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak tau juga, kayaknya sih nggak bakal lulus sensor deh buku kayak gituan hahaha

      Delete
  17. sebenarnya suka dongeng tapi yang paling aku tau ya Cinderella dan Snow White.
    tapi Snow White yang paling aku bosan mendengarnya karena emak di rumah kaya ngefans banget sama tokoh satu itu.
    padahal Snow White itu agak ga masuk akal.
    siapa orang aneh yang kasih nama anaknya Snow White??? hello.. ga kreatif banget kan??
    pemburu kan kasih hati hewan buas buat ratu sebagai bukti sudah bunuh putri salju? lah tu Ratu ga tau kalau hati manusia dan hewan beda?
    anehnya lagi bisa ya tu putri selamat di tengah hutan belantara??
    dan akhirnya jadi pembantu di rumah 7 kurcaci,
    trus yang lebih aneh tu pangeran doyan keliling utan sendirian? kan biasanya kalau pageran itu selalu dikawal prajurit minimal 5 orang kaya di film dan ga keluyuran sendirian demi keselamatannya kecuali kerajaannya abal"?
    kenapa Ratu ga nyuruh orang aja bunuh tu putri dan ga perlu ngootorin tangannya?
    bukannya ke hutan bahaya dan ga mungkin dong ratu jalan sendirian naik bajaj ke hutan, belum lagi Ratu kagak tau dimana posisi pasti si Putri kecuali Ratu liat lokasi sang Putri lewat google map dan pinjem 'PINTU KEMANA SAJA' baru bisa mungkin.
    dan kenapa mesti pake apel beracun bunuhnya??
    seharusnya ga pake apel beracun tapi dibunuh langsung aja dan mayatnya dipotong" dan disebarkan di tengah hutan biar ga ada barang bukti yang tertinggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar Snow White + Pangeran + Ratu: "MASALAAAAAAH BUAT ELOOOOOOO?????"

      Delete
    2. klo snow white di pikir secara logika, nama.a mah bkan dongeng. mending km buka buku SD / SMP, liat definisi dongeng.

      Delete
    3. Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi.[1] [2] Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara terun-temurun dari nenek moyang.

      kalimat penutup yang sering digunakan dalam dongeng,misalnya mereka hidup bahagia selamanya.[3]

      http://id.wikipedia.org/wiki/Dongeng

      A fairy tale (pronounced /ˈfeəriˌteɪl/) is a type of short story that typically features European folkloric fantasy characters, such as dwarves, elves, fairies, giants, gnomes, goblins, mermaids, trolls, or witches, and usually magic or enchantments. Fairy tales may be distinguished from other folk narratives such as legends (which generally involve belief in the veracity of the events described)[1] and explicitly moral tales, including beast fables.

      http://en.wikipedia.org/wiki/Fairy_tale

      in what way snow white is not a fairy tale?

      Delete
  18. eh itu snow white yg bener yg mana? masa ada 2 versinya /mikir keras/?

    ReplyDelete
  19. baru komentar sekarang (padahal pertama kali baca ini udah lama dikit, sebelum bermunculan urban legend-an dan riddle2an :3 )

    saya suka sampul buku Struwwelpeter. mungkin akan susah ditemui sampul yang sama2 disturbing di zaman sekarang .__.

    oya, setelah liat keterangannya lagi (2014 ini), saya langsung ke http://books.google.co.id/books?id=3TUOxPXoxT0C&printsec=frontcover&dq=Struwwelpeter&hl=en&sa=X&ei=UqFoU-P6FJKdugSY84CgDA&redir_esc=y#v=onepage&q=Struwwelpeter&f=false . :3
    meskipun nggak bisa melihat seluruhnya, akhirnya saya menemukan mengapa sampul bukunya seperti itu.
    benar2 sampul yg bagus!

    #007

    ReplyDelete
  20. hadehh,, bener nih selama ini ketipu

    ReplyDelete
  21. Wow... ternyata... dongeng2 versi aslinya SADIS BEUD.
    G' nyangka... ckckck

    ReplyDelete
  22. gila ini sih kalo di ceritain ke anak anak pasti nanti tengah malem anak ny nangis gara gara di ceritaiin begituan

    ReplyDelete
  23. pas baca The Armless Maiden malah ketawa~

    ReplyDelete
  24. Yang nomer 7

    Ehm, sebenernya gw punya buku kecil dongengnya, di ceritanya dikisahkan si Ibu babi udah tua, dan dia ga bisa jaga anak anak nya lagi karena udah gede, jadi sama ibunya disuruh buat rumah yang kokoh biar ga bisa dimakan serigala, pesan ibunya, si 3 Babi pun nyari orang orang yg bisa bantu dia. Yang pertama dia dapet jerami, tapi cuma sekali tiup, rumah itu hancur karena serigala meniupnya, lalu si serigala memakannya.

    Yang kedua dapet kayu, tapi cuma dihantam ama srigala langsung ancur dan serigala memakan babi itu.

    Yang ketiga dapet bata, ia hidup tenang, suatu hari serigala meniup rumahnya, tapi walau berapa tiupan pun rumah itu ga ancur ancur, lalu si srigala ngajak janjian ke taman bermain pukul 6 pagi, tapi si babi kesana pukul 5 pagi, dan terus menerus sampe akhirnya, saat si babi lagi main trs kelupaan udah sejam, si serigala mau makan dia, tapi dia bisa lolos, dia ketakutan dan menaruh air mendidih dibawah cerobong asap dan si serigala masuk dari cerobong asap lalu ia mati, dan si babi hidup tenang tanpa memakan serigalanya.

    ReplyDelete
  25. ih seram ada perkosaan pembunuhan bikin bulu kuduk merinding kaya antena semut

    ReplyDelete
  26. Yang How Some Children Plays at Slaughtering itu sampulnya disturbing amat

    ReplyDelete
  27. baca nya kok jadi mikir ini yang buat siapa sih? emang versi aslinya gitu? yang nulis tau darimana? kok banyak perkosaannya, masak ada kayak gitu dibuat dongeng. kalo mau nulis kayak gitu dikasih sumber resminya. itu tulisan mirip opini yang khusus buat jelek jelekin dongeng. yah, ini cuma pendapat aku sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebas aja kok berpendapat, tapi semua yang gue tulis di atas benar. bahkan sampai dibahas di national geographic. lihat komentar saya di atas, ada link resminya kok.

      versi dongeng asli seperti ini sudah menjadi rahasia umum di barat, jadi malu2in kalo bangsa kita nggak tahu

      Delete
    2. Penjelasannya di atas bener kok. kebetulan saya juga lagi ada penelitian adaptasi dongeng2 karya Grimm's brother dan Disney. Baca deh bukunya Grimm's Fairy Tales. Semua dongeng yang kamu tahu sekarang itu ya versi re-make dari Disney dengan akhir happy ending. Kalo baca Grimm's Fairy tales yaitu pembuat asli dongeng-dongen tersebut, kamu bakalan bergidik.

      Delete
  28. pengertian versi asli disini sebenarnya hanya karena yang versi asli lebih dahulu dikenal atau ditulis. tapi saya lihat disini ga semua versi asli lebih dahulu dikenal. Contohnya Cinderella, setahu saya memang begitu versi aslinya (dongeng biasa yang kita kenal). Dan versi asli yang admin maksud disini setahu saya berjudul "Perempuan buta tanpa ibu jari" yang ditulis oleh Intan Paramadita. Unsurnya memang kejam dan Cinderella disini bernama Sinderalat dan sifatnya berbanding terbalik dengan Cinderella yang kita kenal selama ini. Contoh yang lain dipelajari juga dalam Sastra Bandingan :)

    ReplyDelete
  29. Mungkin versi asli terlalu sadis jadi dirubah
    Soalnya kalau original gini diceritaiin
    Nanti bukannya nyenyak malah nggak bisa tidur
    Bukannya mimpi indah malah nightmare
    Ini sih bukan pengantar ke alam mimpi tapi ke alam barzah

    Jadi dirubah kan, kebanyakan sama Disney
    Tapi kan Disney sendiri itu juga kejam sebenarnya ?

    ReplyDelete
  30. menurutku cerita aslinya adalah memng versi cerita yang kita tahu selam ini, justru cerita versi artikel ini yang menurutku adalah versi palsu alias versi seramnya yang di buat-buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan ada link-nya bang. silakan diriset sendiri

      Delete
  31. aku gag nyangka ada cerita mengrikan d balik dongeng-dongeng pengantar tidur, padahal dalamdongengnya selalu di ceritakan keindahannya..

    ReplyDelete
  32. Ya ampun ternyata banyak kisah seramnya ya

    ReplyDelete
  33. Iya nih.. emng bnyk cerita asli pada di di sensor dan dirubah jalan ceritanya... klo aku sih jujur ga setuju.. mending biarin itu sbg crita asli dan yg utk anak" cari ide lain gt jgn niru dongeng itu.. kaya marsha & the bear jg sadis kan..
    Itu sbenernya lagi masih kurang gan, kaya di red riding hood itu yg serigala sbenernya orng hnya diumpamakan aj sifatnya kaya serigala sma kaya yg lain gitu, perumpamaan hewan sebenrnya orng itu.

    Yg pembunuhan niru in sembelih babi(gorok leher) itu keren banget smpe bikin gua pegang leher... agak gimana gitu klo berhubungan gorok leher..
    Tapi Thanks, gan. Semoga jadi blog yg bermanfaat ya gan.

    ReplyDelete