Saturday, December 8, 2012

10 HEWAN YANG PUNAH AKIBAT ULAH MANUSIA

 
800px-Panthera_tigris_sondaica_01
Jujur saja membuat postingan ini agak membuat “nyesek” alias sesak di dada. Soalnya di list ini aku membicarakan 10 hewan yang punah gara-gara manusia. Bahkan beberapa di antaranya masih sempat ditangkap oleh kamera, berarti sebenarnya kita masih punya waktu untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan. Well, moga-moga aja postingan ini dapat berguna untuk menyadarkan kita agar tidak menjadi spesies yang egois. Berikut ini 10 hewan yang punah gara-gara ulah kita sendiri.
1. Moa
Giant_moa
Kepunahan makhluk hidup mungkin adalah sebuah takdir yang pasti (bahkan untuk manusia di masa yang akan datang). Sekitar 99,9% makhluk hidup yang pernah ada di dunia ini sebenarnya sudah punah lho. Namun beda kasusnya jika kepunahan itu disebabkan ulah manusia. Misalnya burung moa ini. Moa adalah burung raksasa yang tak bisa terbang yang dulunya hidup di wilayah Selandia Baru. Sayangnya sejak kedatangan suku Maori tiba di Selandia Baru sekitar 1300an, burung ini terus diburu dan hanya membutuhkan 100 tahun hingga burung ini akhirnya punah sama sekali. Berikut ini gambar yang membandingkan ukuran moa dengan manusia.

2. Great Aux
ext%20Great%20Auk%20ne%20brehm
Great Aux atau disebut juga Penguin adalah burung yang endemik di wilayah Inggris, namun dinyatakan punah pada 1884 akibat diburu oleh manusia. Uniknya, setelah punahnya burung ini, ditemukan burung yang memiliki ciri-ciri serupa oleh para penjelajah di Kutub Selatan (namun berkerabat jauh). Dan burung baru itupun dinamai “Penguin”. Hmm...seakan-akan burung Great Aux ini bisa bereinkarnasi ya.
3. Tasmanian tiger
extanThylacine-thylacinus-cynocephalus-kn
Hewan bernama latin Thylacine ini dijuluki Tasmanian tiger dan Tasmanian wolf oleh para pendatang Eropa yang juga menyebabkan kepunahan mereka. Diburu karena dianggap sebagai penganggu hewan ternak (karena mereka bersifat karnivora), hewan yang hanya bisa ditemui di Pulau Tasmania, selatan Australia ini akhirnya benar-benar lenyap dari muka bumi pada 1936.
4. Quagga
a98_Quagga
Begitu liat gambarnya pasti kita langsung bilang “Wow”. Nggak nyangka kan hewan seunik ini pernah hidup di bumi kita. Hewan dengan nama latin Equus quagga ini sekilas mirip campuran kuda dan zebra, namun sebenarnya quagga adalah spesies yang berbeda. Quagga hanya hidup di selatan Afrika dan punah akibat diburu manusia. Quagga terakhir yang hidup di alam bebas mati ditembak pada 1870 dan quagga terakhir yang pernah dilihat manusia mati di kebun binatang Amsterdam pada 12 Agustus 1883.
5. Pyrenian ibex
animals_that_are_recently_extinct_640_09
Hewan bertanduk ini awalnya hidup dengan jumlah melimpah di Pegunungan Pyreness, Perancis. Namun akhirnya karena terus terdesak oleh manusia, dengan “perlahan namun pasti” hewan ini akhirnya menemui kepunahan. Pada 2000, pyrenian ibex terakhir di muka bumi yang dinamakan “Celia” mati dan uniknya, Celia berhasil dikloning oleh para ilmuwan, hanya untuk punah kedua kalinya. Tujuh menit setelah dilahirkan, kloning Celia akhirnya mati karena kegagalan pernapasan.
6. Harimau bali dan harimau jawa
COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Een_groep_mannen_en_kinderen_poseert_bij_een_pas_geschoten_tijger_te_Malingping_in_Bantam_West-Java_TMnr_10006636
Wah, kita selayaknya “bangga” sebab tak hanya satu, tapi dua sekaligus spesies harimau di Indonesia punah dalam kurun waktu 1 abad terakhir. Harimau jawa terakhir terbunuh pada 1984, sedangkan harimau bali sudah punah lebih awal, yaitu sejak 1930. Uniknya, kenangan tentang harimau bali kini masih dilestarikan oleh penduduk Bali lewat tari barong.
7. Beruang Grizzly Mexico
animals_that_are_recently_extinct_640_15
Beruang grizzly asli Mexico ini punah akibat diburu oleh para peternak gara-gara beruang ini kerap memangsa ternak mereka. Jadi heran, sebenarnya beruang ini yang menganggu manusia atau manusia yang menganggunya dengan memasuki habitat mereka? Satu-satunya spesies beruang yang hidup di Amerika Tengah ini akhirnya punah pada 1964.
8. Black Rhino
animals_that_are_recently_extinct_640_08
Badak hitam yang endemik di Kamerun, Afrika ini sudah dinyatakan punah sejak 2011 gara-gara perburuan liar, walaupun hewan ini sudah berstatus dilindungi sejak 1930. Wah, jangan sampai deh hal ini terjadi pada badak bercula satu milik kita!
9. Dodo
extPassdodo-ea-rs05
Hewan bernama latin Raphus cucullatus ini mungkin adalah hewan punah yang paling terkenal di dunia. Burung yang tak mampu terbang ini awalnya adalah spesies endemik di Pulau Mauritius. Namun para pelaut Eropa yang tak tahu diri itu membantai habis populasi burung dodo ini sebagai sumber makanan hingga akhirnya benar-benar punah pada pertengahan abad ke-17. Kini kita hanya bisa mengenal hewan ini lewat gambar saja.
10. Baiji
animals_that_are_recently_extinct_640_12
Kepunahan lumba-lumba ini mungkin adalah kisah paling tragis yang mesti kita ceritakan pada anak cucu kita. Dikenal sebagai lumba-lumba air tawar yang sangat langka di dunia ini, baiji akhirnya punah, justru karena kemajuan ekonomi yang dirasakan penduduk Cina. Hewan yang endemik di Sungai Yangtze ini terdesak oleh polusi dan industrialisasi hingga akhirnya dinyatakan punah pada 2006, walaupun sudah banyak dilakukan usaha untuk menyelamatkannya.































1 comment: