Wednesday, December 26, 2012

12 BINATANG PALING ANEH DI DUNIA

 
Star-nosed_Mole
Merasa sudah melihat semua hal dan punya pengetahuan yang luas? Coba saja lihat hewan-hewan di bawah ini. Walaupun terlihat seperti hasil photoshop, hewan-hewan aneh ini benar-benar ada. Nah, inilah koleksi 12 hewan paling aneh dari berbagai penjuru dunia.
1. Platypus
image
Hewan aneh ini seperti gabungan antara bebek dan berang-berang. Hewan bernama latin Ornithorhynchus anatinus yang endemik di Australia ini adalah satu-satunya mamalia yang bertelur, selain Echidna (sejenis landak) yang juga hidup di Australia. Namun jangan tertipu dengan penampilannya, hewan ini dapat mengeluarkan bisa yang cukup berbahaya bagi manusia apabila diganggu.
2. Alpaca
Alpaca
Walaupun mirip seperti gabungan jerapah dan domba, hewan ini sebenarnya lebih berkerabat dengan unta. Hewan bernama latin Vicugna pacos ini ternyata dipelihara di Amerika Selatan karena dapat menghasilkan wol.
3. Axolotl
Axolotl
Jarang ada hewan yang nama latinnya lebih mudah daripada nama aslinya. Contohnya axolotl (aku saja bingung ngucapinnya gimana) yang punya nama latin Ambistoma mexicanum. Hewan ini adalah sejenis salamander (ampfibi yang bentuknya mirip kadal) yang tak mampu tumbuh dewasa dan hidup dalam bentuk berudu sepanjang hidupnya. Sekilas seperti Pokemon ya?
4. Aye-Aye
image
Aye-aye (Daubentonia madagasceriensis) adalah sejenis lemur (mamalia kecil) yang hanya ditemukan di hutan Madagaskar. Hewan ini memiliki penampilan seram dan uniknya, salah satu jarinya sangat panjang. Jari ini digunakan untuk meraih serangga yang bersembunyi di dalam batang kayu sebagai makanannya. Konon, menurut legenda warga setempat, aye-aye dapat membunuh seseorang hanya dengan menunjuknya dengan jari tersebut.
5. Tarsier
Tarsier
Saking anehnya, hewan ini masih diperdebatkan termasuk jenis binatang apa, walaupun banyak juga yang memasukkannya sebagai primata (monyet). Tarsier memiliki keunikan karena ukuran matanya yang lebih besar daripada ukuran otaknya. Hewan ini memiliki penglihatan sangat tajam. Bahkan ia bisa menangkap mangsa yang tengah bergerak di kegelapan malam.
6. Tikus mondok berhidung bintang
image
Tikus aneh ini hanya ditemukan di timur Kanada dan timur laut Amerika Serikat. Hewan ini dikenal suka mencari makan dengan cara menggali terowongan di dalam tanah. Karena di dalam tanah gelap, maka ia menggunakan indra perasa yang terdapat pada 22 tentakel di hidungnya untuk meraba makanan, berupa cacing, siput, dan serangga kecil yang hidup di dalam tanah.
7. Narwhal
78944208
Bayangkan seekor unicorn berenang, maka inilah yang kamu dapatkan. memang sukar dipecaya, namun narwhal (Monodon monoceros) sebenarnya adalah sejenis ikan paus. Yang lebih aneh lagi, yang mirip tanduk unicorn itu sebenarnya adalah giginya.
8. Saiga
saiga
Hewan aneh ini mungkin lebih mirip alien di film Star Wars. Hewan ini berkerabat dekat dengan antelope dan memiliki bentuk mulut yang aneh.
9. Jerboa
jerboa
Tikus dengan telinga lebar yang lucu ini hidup di Cina dan Mongolia. Tak banyak yang diketahui tentang hewan ini karena mereka selalu beraktivitas saat malam. Anehnya lagi, mereka bergerak dengan cara melompat mirip kanguru.
10. Gurita dumbo
newfoundland-deep-sea-species-octopus_23992_600x450
Tak perlu dipertanyakan lagi mengapa gurita ini dinamai seperti karakter gajah lucu dalam film Disney. Dumbo octopus atau gurita dumbo ini hidup di laut dalam sehingga sangat jarang berjumpa langsung dengan manusia.
dumbo
BONUS
Momonga

Aku tahu apa ekspresi kalian begitu melihat hewan ini, "Ya ampun, lutuna...". Momonga ini adalah spesies tupai terbang khas Jepang yang bikin nggak nahan imutnya.


Nah, itulah 12 hewan paling aneh di dunia. Memang mahabesar ya Tuhan hingga menciptakan berbagai makhluk yang mungkin terlihat ganjil, namun semua memiliki fungsi masing-masing.

No comments:

Post a Comment