Monday, December 24, 2012

10 KAPAL HANTU PALING MENAKUTKAN

 

Ghost_Ships_2b

Kalian semua pasti pernah mendengar cerita tentang kapal hantu. Secara umum, istilah kapal hantu digunakan untuk menggambarkan kapal yang secara misterius ditinggalkan para awaknya yang terombang-ambing tanpa penumpang di lautan. Berbagai teori mengemuka tentang mengapa seluruh penumpangnya tiba-tiba lenyap tanpa jejak, mulai dari yang berbau supranatural hingga penculikan oleh alien. Tak jarang terlihat banyak penampakan dimana kapal-kapal yang mengalami nasib buruk kembali muncul sebagai kapal hantu, lalu menghilang tiba-tiba.  Nah, cerita-cerita tentang kapal hantu ini merupakan misteri-misteri yang tak terjawab di dunia. Berikut ini adalah 10 kisah kapal hantu yang paling menakutkan.

1. Mary Celeste

image

Mary Celeste adalah salah satu kisah kapal hantu yang paling terkenal. Kapal ini merupakan sebuah kapal dagang yang dibuat pada tahun 1861. Pada 5 November 1872, kapal ini berlayar dari New York menuju Eropa. namun sebulan kemudian, para awak kapal Dei Gratia yang tengah berlayar menemukan kapal ini terombang-ambing di timur Samudra Atlantik mengarah ke Selat Gibraltar. Yang mengejutkan, mereka tak menemukan siapapun di atas kapal itu. Kapten dan semua awak kapalnya menghilang secara misterius. Ada cerita terkenal yang menyebutkan, ketika awak Dei Gratia naik ke atas kapal itu, mereka menemukan kopi masih terhidang dengan hangat di atas meja kapten, seolah-olah seluruh penumpang kapal lenyap secara tiba-tiba. Hingga kini, nasib para penumpang kapal Mary Celeste dan kemana mereka menghilang masih menjadi misteri. Dan yang lebih misterius lagi adalah bagaimana kapal itu tetap melaju dengan rute yang benar sesuai tujuannya….....tanpa seorangpun berada di atas kapal?

2. Flying Dutchman

image

Kapal ini sangat terkenal dan muncul di berbagai film dan serial TV, mulai dari Spongebob Squarepants hingga Pirates of The Carribean. Dikisahkan, ketika hendak berlayar dari Belanda ke Jawa, kapal Flying Dutchman dihadang badai di Tanjung Harapan (Cape of Good Hope), yaitu semenanjung Afrika paling selatan. Walaupun para awaknya meminta sang kapten untuk berlindung di pelabuhan terdekat, namun sang kapten dengan sombong berkata akan terus berlayar menembus badai hingga dunia berakhir. Menurut legenda, keinginan sang kapten itu benar-benar dikabulkan. Kapal itu menjadi kapal hantu yang dikutuk untuk terus berlayar hingga akhir zaman. Banyak terjadi penampakan kapal hantu ini, salah satu saksinya bahkan adalah Pangeran Goerge pada 1880 yang kelak menjadi raja Inggris. Konon, kapal ini disebut Flying Dutchman karena tampak terbang di atas permukaan air.

3. Octavius

image

Ocatvius mungkin kapal hantu tertua yang pernah tercatat dalam sejarah. Pada 11 Oktober 1775, sebuah kapal penangkap ikan paus bernama “Herald” menemukan sebuah kapal kuno terombang-ambing di lautan. Yang mengerikan, ketika ditemukan, semua awak kapalnya sudah dalam keadaan tak bernyawa dan membeku. Mayat sang kapten kapal ditemukan di kursinya sambil memegang pena dan di bukunya. Tulisan terakhirnya adalah “Hanya aku yang tersisa masih hidup...”. Tertulis pula tanggal terakhir ia menulis catatan di log-nya: 11 November 1762, tiga belas tahun sebelum kapal itu ditemukan.

4. Kapal Hantu Tak Bernama

image

Kapal hantu ini kerap terlihat di Selat Northumberland di timur Kanada. Penampakan kapal hantu legendaris ini pertama dimulai tahun 1786 dan terakhir pada 2008. Konon kapal ini terlihat seperti kapal indah yang memiliki layar putih. Namun tiba-tiba saja kapal ini terbakar habis ditelan api. Bahkan pada 1900, sekelompok pelaut yang melihatnya segera mendatanginya untuk memberikan pertolongan. Namun ketika mereka tiba, kapal itu tiba-tiba lenyap tanpa menyisakan jejak.

5. HMS Eurydice

HMS_Eurydice

Kapal ini adalah kapal perang milik angkatan bersenjata Inggris yang tenggelam karena badai 1878 di Samudra Atlantik. Setelah tenggelam, banyak saksi mata yang melapor melihat kapal ini sebagai kapal hantu. Bahkan pada 1998, Pangeran Edward dari Inggris juga menjadi saksinya.

6. The Lady Lovibond

Ghost_Ships_6b

Alkisah sang kapten kapal Lady Lovibond yang baru saja menikah mengadakan pelayaran pada 13 Februari 1748 untuk merayakan Valentine bersama istrinya (walaupun ada kepercayaan bahwa membawa wanita ke atas kapal akan membawa sial). Ternyata salah satu awak kapal juga jatuh cinta pada istri sang kapten. Dibutakan oleh kecemburuan, sang awak tersebut menabrakkan kapal ke tebing karang sehingga kapal tersebut karam dan seluruh penumpangnya tewas. Legenda mengatakan, kapal itu kembali sebagai kapal hantu dan muncul setiap 50 tahun di tempat ia tenggelam dulu. Pada 1798, kapal itu terlihat, diikuti penampakan pada 1848 dan 1898. Bahkan saking nyatanya, awak kapal lain yang melihatnya sempat mengirimkan kru penyelamat karena mengira kapal tersebut membutuhkan pertolongan. Penampakan terakhir dilaporkan pada 1948.

7. Carol A. Deering

Ghost_Ships_4b

Pada 28 Januari 1921, awak kapal patroli Cape Lookout Lightship melihat sebuah kapal kosong terombang-ambing di tepi pantai North Carolina. Kapten dan seluruh awak kapalnya lenyap entah kemana. Dan yang paling menakutkan dari cerita ini adalah darimana kapal ini muncul, yaitu Segitiga Bermuda.

8. SS Queen Mary

image

Kapal ini merupakan kapal mewah yang pertama berlayar pada 1936 dan kini telah pensiun dan bersandar di pelabuhan Long Beach California. Kapal ini tak lagi berlayar dan melayani fungsi sebagai hotel mengapung dan restoran. Namun ada yang menakutkan dari kapal ini. Kapal SS Queen Mary disebut-sebut sebagai salah satu tempat paling berhantu di dunia. Tak jarang para penumpang melihat sosok wanita berpakaian ala tahun 1900-an berjalan-jalan di lorong kapal. Selain itu, sering dilaporkan juga penampakan seorang awak kapal yang pernah terbunuh akibat kecelakaan di ruang mesin. Tak heran, selama berlayar selama 60 tahun, tak kurang ada 49 orang meninggal di kapal ini.

9. Kaz II

Ghost_Ships_9x

Kisah kapal hantu bukan hanya monopoli dongeng Eropa abad pertengahan saja. Kisah kapal hantu modern juga bisa ditemui. Contohnya kapal Kaz II yang ditemukan di pesisir Australia pada 18 April 2007. Seluruh tiga awaknya lenyap tanpa jejak. Lebih aneh lagi, di dalam kapal ditemukan sebuah laptop masih dalam keadaan menyala dan terbuka. Di meja juga ditemukan sarapan yang baru separuh dimakan, seolah-olah para penumpangnya menghilang begitu saja ditelan udara. Bahkan para penyelidik yang dibuat bingung hanya mengatakan, “Kapal ini sepenuhnya normal, hanya awaknya yang tidak ada.”

10. SS Ourang Medan

image

Tak banyak yang tahu bahwa Indonesia juga memiliki legenda kapal hantu yang tak kalah menakutkan. Dikisahkan pada 1948, dua kapal Amerika yang melewati Selat Malaka, yaitu City of Baltimore dan Silver Star menangkap sebuah pesan yang menakutkan dari radio kapal (yang saat itu masih menggunakan kode morse) dari kapal SS Ourang Medan. Pesan itu berbunyi:

“Kapten mati. Semua orang mati.”

Kemudian diikuti pesan terakhir yang sangat menakutkan.

“Aku mati.”

Dua kapal tersebut akhirnya berhasil menemukan lokasi SS Ourang Medan dan mengirimkan kru penyelamat. Namun apa yang mereka temukan di atas kapal benar-benar seperti sesuatu yang keluar di cerita-cerita horor. Seluruh penumpang kapal itu ditemukan tewas bergelimpangan dengan postur dan ekspresi yang sangat mengerikan, termasuk seekor anjing. Tak ada satupun yang selamat. Bahkan, kemudian api tiba-tiba muncul dan kapal itu akhirnya habis terbakar dan tenggelam.

Ada banyak spekulasi,tentang apa yang sebenarnya terjadi, misalnya dugaan bahwa kapal itu membawa sejenis gas saraf mematikan yang akhirnya membunuh semua awak kapal. Namun ada juga teori lain bahwa mereka diserang oleh sesuatu yang sifatnya supranatural atau bahkan UFO, karena ada laporan beberapa mayat terlihat menunjuk ke atas, seolah-olah hendak menunjuk pada musuh yang tak terlihat.

3 comments:

  1. huaa Titanic gag ada yac?? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Titanic bukan kapal hantu kayaknya deh..
      ehehe

      Delete
  2. Yg KAZ II pernah baca penyelidikannya (tp lupa dimana), tp penumpangnya adl 3 pria setengah abad, diduga awalnya seorang jatuh, yg lain mencoba menolong tp gagal dan ikut tenggelam/terbawa arus, kapal yg memang dlm kondisi menyala tetap berlayar hingga sampe entah mana

    ReplyDelete