Saturday, December 8, 2012

9 SUNGAI TERINDAH DI DUNIA

 
mekong-river
Setelah kemarin sempat membahas 10 danau terindah di dunia dan 10 kota waterfront terbaik di dunia, postingan kali ini juga tidak jauh-jauh dari air, yaitu sungai-sungai terindah di dunia. Sayangnya, walaupun aku sangat ingin membuatnya menjadi top ten, tapi hanya sedikit referensi yang kudapat tentang sungai-sungai terindah di dunia. Akibatnya aku hanya bisa membuat top nine. Hmm...mungkin karena banyak sungai yang sudah terpolusi ya sekarang? Inilah deretan 9 sungai terindah di dunia.
 
1. Sungai Danube
61199-004-578A19C6
Sungai Danube atau disebut Donau di beberapa negara adalah salah satu sungai terpenting di Eropa. Sungai ini melewati tempat-tempat indah seperti Hungaria, Austra, hingga Jerman, dan bermuara ke Laut Hitam. Tak heran, banyak kastil-kastil dan bangunan indah lainnya yang akan terlihat apabila kita mengarungi sungai ini.
2. Sungai Seine
paris-france-4-592nm071910
Sungai ini jelas merupakan salah satu sungai terindah di Eropa. letaknya saja membelah kota Paris. Kita bisa melihat berbagai bangunan cantik seperti Katedral Notre Dame, Musee de’Orsay, hingga Menara Eiffel apabila kita melayarinya.
3. Sungai Thames
River_Thames_-_London
Sungai yang membelah kota London ini juga layak menyandang salah satu sungai terindah di dunia. Tercatat ada jembatan London Bridge yang melintasinya, serta berbagai panorama indah seperti Gedung Parlemen Inggris dan Big Ben apabila kita berlayar di sungai ini.
4. Sungai Kenai
ALASKA-family-vacation2
Sungai di Alaska ini menawarkan pengalaman yang tak ada duanya, yaitu menikmati keindahan alam ala taiga kutub utara. Di sana kita bisa melihat beruang, karibou, rusa, hingga serigala di habitat aslinya. Selain itu kita bisa menikmati panorama pegunungan bersalju, memancing, atau sekedar mengarungi sungai dengan kayak.
5. Sungai Mekong
mekong river cruise asia
Bagi yang ingin menyaksikan keeksotisan Asia Tenggara, mungkin berlayar di Sungai Mekong bisa menjadi pilihan. Sungai ini melewati kota Pnohm Penh di Kamboja hingga Ho Chin Minh di Vietnam. Sungai ini juga melewati Angkor Wat yang terkenal itu.
6. Sungai Saguenay
image
Sungai yang terletak di Kanada ini terkenal karena pemandangan fjord-nya yang mengagumkan. Fjord adalah tebing menyempit yang mengapit sungai dan terbentuk akibat aktivitas glasial.
7. Sungai Li
GuilinRiver1
Sungai ini dikenal sebagai sungai terindah di Cina karena panorama batu kapurnya yang fantastis, terutama di daerah Guilin. Batu-batu kapur yang menjulang tinggi ini telah memukau imajinasi para penyair dan pelukis Cina sejak dahulu kala.
8. Sungai Gangga
varanasi-ganges-boating
Sungai ini merupakan sungai yang dianggap suci bagi umat Hindu di India. Salah satu panorama paling indah dari sungai ini adalah kota kuil Varanasi yang dilewatinya. Sayangnya, sungai ini kini rusak akibat polusi.
9. Sungai Cano Cristales
cano-cristales2
Sungai yang terletak di utara Kolumbia, Amerika Selatan ini layak mendapat julukan sungai terindah di dunia. Betapa tidak, sungai ini dipenuhi warna-warna mulai dari hijau, merah, kuning, hingga kebiruan karena ganggang yang hidup di sungai ini. Sayangnya, transportasi menuju wilayah ini sangatlah sulit karena letaknya di dalam rimba tropis.
cano-cristales12
columbia-river-cano-cristales-4
Selain di Kolumbia, fenomena air berwarna-warni ini juga dapat dilihat di Taman nasional Jiuzhaigou di Cina, walaupun dalam bentuk danau, bukan sungai. Warna-warni ini terbentuk karena deposit kalsium karbonat pada air.
most-beautiful-sceneries-The-colorful-waters-of-the-Jiuzhaigou-river-china




























No comments:

Post a Comment