Wednesday, December 26, 2012

10 BASILIKA TERINDAH DI DUNIA

 

800px-Petersdom_von_Engelsburg_gesehen

Lagi-lagi tanpa kenal lelah aku membuat postingan tentang gereja-gereja terindah di dunia, dimana kali ini aku akan membahas 10 basilika paling mengagumkan di dunia. Apa itu basilika? Nah, pertama-tama dulu kukenalkan bahwa ada tingkatan-tingkatan dalam gereja Katolik, pertama adalah kapel (gereja kecil), lalu gereja paroki, katedral, dan terakhir yang paling besar adalah basilika. Suatu gereja dikatakan basilika apabila mendapat pengakuan dan di-sahkan (dalam istilah Katolik, “dikonsekrasi”) oleh sang Paus sendiri. Nah, inilah 10 basilika paling indah yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

1. Basilika St. Yohanes Lateran

798px-Facade_San_Giovanni_in_Laterano_2006-09-07

Gereja ini adalah salah satu major basilica, yaitu gereja-gereja tertua dan terpenting bagi umat Katolik. Hanya ada empat gereja yang menyandang gelar major basilica di dunia ini dan dinamai sesuai nama tokoh-tokoh terpenting (selain Yesus) dalam sejarah agama Kristen, yaitu Basilica St. Yohanes Lateran, Basilika St. Petrus, Basilika St. Paulus, dan Basilika St. Maria Maggiore. Basilika-basilika lain selain empat major basilika tersebut dinamakan minor basilica. Gereja ini awalnya adalah sebuah istana raja-raja Romawi yang kemudian dihadiahkan kepada Paus saat itu, Sylvester I pada 324 M untuk dijadikan sebuah gereja.

Lazio_Roma_SGiovanni1_tango7174

Uniknya di gereja ini terdapat Holy Steps (Scala Sancta) yaitu tangga yang konon merupakan tangga menuju istana Pontius Pilatus. Dipercaya Yesus pernah digiring menaiki tangga ini saat diadili dengan tidak adil. Bahkan darah Yesus pernah tercecer di sini, membuat tangga ini teramat suci dan tak boleh dinaiki kecuali dengan berlutut.

2. Basilika St. Paul Outside The Wall (Roma, Italia)

image

Gereja yang dibangun pada abad ke-4 ini berada tepat di atas makam St. Paulus, salah satu penyebar agama Kristen yang paling berpengaruh dalam sejarah gereja. Gereja ini juga dijuluki basilika “di luar tembok” sebab berada di luar Vatikan, tetapi dianggap sebagai bagian dari Vatikan. Karenanya gereja ini dapat berstatus seperti suatu “kedutaan” dan memiliki kekebalan diplomatik, bahkan dijaga oleh tentara Vatikan sendiri, walaupun berada di daerah yuridiksi Italia.

image

3. Basilica of The Holy Sepulchre (Yerusalem, Palestina)

image

Kesucian gereja ini bagi umat Nasrani dapat dianggap setara dengan kesucian Mekah bagi umat Muslim. Gereja ini dibangun di tempat dimana Yesus dahulu disalibkan, dimakamkan, dan yang terpenting, bangkit dari wafat tiga hari kemudian. Gereja ini juga merupakan salah satu gereja tertua di dunia.

image

4. Basilika St. Francis Asisi (Asisi, Italia)

image

Gereja supermegah ini merupakan makam salah satu santo yang paling dihormati bagi para penganut Katolik, yaitu St. Fransiskus Asisi. Gereja yang dibangun tahun 1228 ini telah mendapat status sebagai situs warisan dunia sejak tahun 2000. Pada tahun 1986 dan 2002, Paus Yohanes Paulus II mengumpulkan para pemimpin agama dari seluruh dunia ke lokasi ini untuk mendoakan perdamaian dunia. Keindahan interiornya juga membuatnya layak menyandang gelar sebagai salah satu gereja terindah di dunia.

SanFrancescoBasilicaUpperInt

interior-st-francis-basilica-assisi-italy-jon-berghoff

1-st-francis-basilica--assisi-italy-jon-berghoff

5. Basilika St. Antonius Padua (Padua, Italia)

image

Basilika minor yang terletak di Italia utara ini merupakan tempat peristirahatan terakhir St. Antonius Padua yang sangat dihormati dalam agama Katolik. Uniknya gereja yang dibangun 1232 ini memiliki gaya arsitektur campuran Romanesque, Byzantine, Gotik, hingga Islam. Pengaruh Islam dapat dilihat pada bentuk menaranya yang menyerupai minaret masjid ala Turki.

6. Basilika St. Thomas (Chennai, India)

519px-Santhome_Basilica

Gereja yang terletak di Chennai, Madras, India ini merupakan makam dari St. Thomas, salah satu murid Yesus yang terkenal dalam Injil sebab sempat tidak mempercayai kebangkitan Yesus. Gereja ini dibangun oleh Portugis sekitar abad ke-16, namun gereja yang kita lihat sekarang adalah renovasi Inggris pada tahun 1893. Baru pada tahun 1956, gereja ini dinaikkan statusnya dari katedral menjadi basilika.

7. Basilica Our Lady of Rosary (Fatima, Portugal)

image

Salah satu gereja tercantik di dunia ini dibangun di lokasi suci dimana Bunda Maria dipercaya menampakkan diri pada 3 anak: Jacinta, Lucia, dan Fransisco pada 1917. Gereja yang juga dikenal dengan nama “Basilica Our Lady of Fatima” ini mulai dibangun 1928 dan dikunjungi oleh sekitar 4 juta peziarah tiap tahunnya.

image

image

8. Basilika Sagrada Familia (Barcelona, Spanyol)

398px-Passion_façade_(April_2012)

Salah satu gereja terunik di dunia ini dibangun oleh arsitek Antonio Gaudi pada tahun 1882 dan walaupun sulit dipercaya, namun hingga kini pembuatan gereja ini belumlah selesai. Gereja ini baru diharapkan selesai pada tahun 2026 karena ukurannya yang besar. Apabila selesai, maka gereja ini akan menjadi yang tertinggi di dunia. Walaupun masih dalam tahap pembuatan, gereja ini sudah menyandang status basilika sekaligus Situs Warisan Dunia UNESCO.

oracion-sagrada-familia

Sagrada-Familia-Barcelona2

9. Divine Mercy Sanctuary (Krakow, Polandia)

Sanktuarium_Bożego_Miłosierdzia

Gereja yang berada di negeri kelahiran Paus Yohanes Paulus II ini merupakan tempat peristirahatan terakhir St. Faustina Kowalska yang juga berasal dari Polandia. Gereja modern berbentuk elipsoid ini sengaja dibuat menyerupai perahu dan baru dibangun 1999-2002. Gereja yang mampu menampung 5.000 umat ini juga memiliki sebuah menara observasi setinggi 77 m.

10. Basilika St. Mark (Venesia, Italia)

  image

Tak pas rasanya jika salah satu tempat terindah di dunia seperti Venesia tidak memiliki salah satu gereja terindah di dunia. Basilika St. Mark merupakan contoh klasik gaya arsitektur Byzantium. Pertama kali dibangun pada 828 M sebagai tempat peristirahatan terakhir St. Markus (salah satu dari empat penulis Injil), gereja yang kita lihat sekarang adalah hasil renovasinya pada abad ke-13. Karena keindahannya, gereja ini disebut sebagai “Chiesa del Oro” atau Gereja Emas.

image

BONUS

Basilika St. Peter (Vatikan)

St-Peter-s-Basilica_View-of-St-Peter-s-Basilica_3241

Basilika St.Peter merupakan gereja terpenting bagi umat Katolik sedunia sebab di sinilah bertahta Paus, pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia berada. Gereja terbesar di dunia ini dibangun tepat di atas makam St. Petrus, pemimpin dari kedua belas murid Yesus.

image

4 comments:

  1. waaahhh sayang saya ga baca tulisan ini sebelum ke Roma. Jadinya saya ga menyempatkan diri ke Basilika Yohanes Lateran dan Basilika St. Paulus. suatus aat saya akan kembali ke Roma lalu menejlajah itali sampai ke Padua, venezia, Sienna, Turin, dll..... Tulisan ini bagus dan informatif, tapi tak bertele-tele. Nice!

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya masbro.
    nice to share ya...saya jd tambah kepingin k basilika2 tsb.Palagi setelah baca novel2 dr dan brown, misal : Angels and Demon.mksh mas infonya

    ReplyDelete