Wednesday, December 26, 2012

10 GEREJA YANG TERBENGKALAI (NAMUN TETAP MENAKJUBKAN)

 

image

Kalo biasanya aku menulis postingan yang menghadirkan gereja-gereja yang masih terawat dengan baik, kali ini agak berbeda. Aku akan memberikan 10 gereja yang justru tak lagi digunakan dari seluruh dunia. Sebabnya ada bermacam-macam, mulai dari bencana alam, penindasan komunis, hingga lunturnya keimanan para jemaatnya. Namun walaupun ditinggalkan, keagungan gereja-gereja ini tidaklah pudar dan masih mengundang decak kagum. Walau sedikit miris juga melihat foto-foto gereja ini. Aku jadi heran, kenapa orang-orang barat menyia-nyiakan gereja-gereja  seindah ini (nggak tahu apa bikin gereja di sini susah). Inilah top ten gereja-gereja yang terbengkalai (namun tetap indah) dari seluruh dunia.

1. Church of Blessed Mary of Consolation (Vilnius, Lithuania)

image

Gereja ini sempat mencapai puncak kejayaan ketika Polandia dan Lithuania sempat menjadi negara terkaya dan termakmur di Eropa. Namun wabah penyakit yang menghinggapi kota ini pada tahun 1710-1711 membuat separuh penduduk kota ini meninggal. Hal ini makin diperparah dengan jatuhnya Lithuania ke tangan komunis pada abad ke-20. Sayang ya, padahal gerejanya indah begini.

2. Woodward Avenue Presbyteranian Church (Detroit, Amerika Serikat)

image

Gereja yang dijuluki St. Curvy karena bentuk balkonnya yang melengkung ini dibangun pada 1811. Sayangnya, menurunnya iman yang diperparah dengan kerusuhan antar-ras pada 1967 di kota dengan tingkat kriminalitas tinggi ini membuat gereja ini ditinggalkan begitu saja.

3. Church of San Juan Parangaricutiro (Mexico)

image

Gereja ini tak lagi bisa digunakan sejak letusan gunung berapi Paricutin pada 1944 yang menyebabkan gereja ini terendam lapisan lava yang membeku. Konon, aliran lava dari erupsi tersebut  terhenti karena terhalang gereja ini sehingga menyelamatkan nyawa para penduduk yang tinggal di sekitarnya. Wow, benar-benar suatu mukjizat.

4. Methodist Church (Bodie, Amerika Serikat)

image

Dibangun pada 1882, gereja beserta seluruh kota tua Bodie ditinggalkan para penduduknya setelah persediaan emas di tambang yang menghidupi kota itu mengering. Kini, kota Bodie menjadi kota kosong yang hingga kini banyak dikunjungi turis yang ingin melihat suasana kota zaman koboi. Namun sayangnya pengunjung dilarang masuk ke gereja ini demi menjaganya agar tidak rusak.

image

5. Bokor Church (Kamboja)

image

Melihat letaknya, jelas alasan mengapa gereja ini kini terbengkalai. Pemerintah sosialis Kamboja ditambah lagi letaknya yang terpencil membuat gereja ini tak lagi digunakan untuk beribadah. Namun kekokohan gereja yang dibangun sekitar 1920-an di kota yang dulunya pemukiman kaum Prancis ini masih jelas terlihat.

6. Gary City Methodist Church (Indiana, Amerika Serikat)

image

Gereja ini mulai ditinggalkan pengikutnya sejak kebakaran yang memusnahkan sebagian bangunan pada 1977. Namun beberapa bagian gereja ini tampaknya masih menentang waktu dan terus bertahan walau dimakan usia.

image

7. St. Mark’s Church (London, Inggris)

image

Gereja yang terletak di Silvertown, London ini sempat terbengkalai pada tahun 1980-an dan diperparah dengan kebakaran yang menimpanya. Untunglah, kini gereja ini tak semerana seperti kondisinya di foto sebab telah sepenuhnya direstorasi.

image

9. Kazan Our Lady’s Icon Church (Yaropolet, Rusia)

image

Pemerintah komunis Uni Sovyet yang pernah berkuasa di Rusia memang pernah menindas umat beragama dan melarang segala jenis peribadatan di semua gereja, tak terkecuali gereja ini. Gereja megah yang menjadi korban komunisme ini dibangun 1780 dan sudah mengalami kerusakan parah sejak ditutup, namun masih menyisakan keindahannya.

image

image

10. Maglarp Church (Maglarp, Swedia)

image

Nasib gereja ini tak seberuntung gereja-gereja lainnya dalam list. Gereja yang dibangun pada 1908 ini ditinggalkan sejak 1976. Walaupun dianggap sebagai bangunan bersejarah, bangunan ini akhirnya diratakan dengan tanah pada 2007. Sayang sekali ya, kita kini hanya bisa mengenang gereja indah ini lewat foto saja.

image

10. Sebuah gereja di Rusia

image

Memang banyak gereja yang ditutup saat rezim komunis berkuasa di Rusia. Namun meninggalkan begitu saja gereja seindah ini tetap saja kuanggap keterlaluan deh. Tak banyak informasi yang kudapat tentang gereja ini kecuali gereja megah ini berada di sebuah desa kecil bernama Shkin di wilayah Moskovskaya oblast.

BONUS

Mount St. Mary Church (Leeds, Inggris)

image

Gereja ini bisa kubilang adalah gereja terbengkalai yang paling menakjubkan di dunia. Gereja ini dibangun pada 1852 sebagai tempat beribadah umat Katolik Irlandia yang menjadi imigran di Inggris. Namun sayang aku belum mendapat informasi mengapa gereja ini ditinggalkan begitu saja. Walaupun terlihat kerusakan dimana-mana, namun keindahan sejati gereja ini tak mudah pudar.

sevensm

image

image

Desciplessm

InJudgementsm

Mourningsm

No comments:

Post a Comment