Sunday, December 30, 2012

10 LAGU MANCA PALING KEREN 2012


image
Sejak lagu2 melayu ala ST-12 dan Kangen Band booming di Indonesia beberapa tahun lalu, aku sempet merasa najis dan bersumpah nggak akan dengerin lagu Indonesia lagi karena kualitasnya menurun drastis (padahal zaman dulu ada band keren kayak Padi dkk hiks). Sekarang malah lebih parah, demam boyband girlband sok Korea (another reason why I never listen to Indonesian songs ever again). Karena itu aku mulai berpaling ama musik manca, khususnya lagu Barat dan Korea. Nah, di penghujung tahun 2012 ini, aku akan menulis 10 lagu Manca paling moncer alias paling asyik di sepanjang tahun yang katanya kiamat ini. Itung-itung untuk ngerayain tahun baru (moga2 tahun depan musik Indonesia dah mulai bagus lagi). Tak lupa ada link download lagu gratisan di tiap judulnya (yang sebenarnya ilegal dan melanggar hukum, tapi whatever). Ok, here we go!

image
Grup girlband Korea bentukan 2009 ini memang terkenal berkat lagunya “Cry Cry”, namun itu bukan berarti mereka nggak bisa merilis single top chart lainnya lho. Buktinya lagu “Lovey Dovey” yang unik dan easy listening ini merajai tangga lagu Korea, bahkan terkenal hingga Eropa dan Amrik. Hmm…lucunya lagu bernuansa elektropop ini juga terdapat suara bel sapi sebagai background music-nya… ada-ada saja.
image
“The Winter’s gone and the spring has come”
Itulah penggalan lirik lagu terbaru boyband asal Korea itu. Hmm…mereka mencoba go international dan menembus pasar musik mancanegara dengan merilis lagu berlirik Inggris rupanya. Usaha mereka tak sia-sia sebab album terbaru mereka “Alive” menjadi album Korea pertama yang masuk jajaran tangga lagu Billboard 200 di Amrik. Walaupun sebelumnya aku nggak begitu suka sama lagu-lagu Big Bang, namun lagu mereka kali ini lumayan keren. Oya, baru tau juga kalo Big Bang ini memenangkan penghargaan sampai ke MTV Europe Music Award segala.
image
Wah, seneng deh kalo banyak cewek-cewek belia kece yang menjadi penyanyi, apalagi kalo lagunya asik. Contohnya penyanyi dan penulis lagu berbakat kelahiran 1985 ini. Carly Rey Jepsen ternyata merupakan jebolan Canadian Idol Season 5. Walaupun hanya meraih tempat ketiga, namun ia mendapat kontrak rekaman dan singlenya yang berjudul “Call Me Maybe” langsung menduduki peringkat pertama di tangga lagu seluruh dunia. Pantes lah, lagunya easy listening banget.
image
Siapa sih yang tak kenal cewek cantik berambut pirang ini? Taylor Swift adalah penyanyi country yang sangat terkenal di Amrik sana. Begitu keluar, cewek ini langsung dinominasikan sebagai Best New Artist di ajang Grammy Awards 2008. Sepanjang karirnya, cewek ini sudah mendapatkan 6 piala Grammy termasuk menjadi penyanyi termuda yang meraih Album of the Year.  Single terbarunya yang berjudul “We Are Never Ever Getting Back Together” langsung merajai tangga lagu dunia. Lagu “girlie” ini juga terkesan lucu lho, seperti ada liriknya:
“When you, said you, needed space,”
“What???”
image
Jangan heran kenapa ada dua lagu dari cewek blondie ini yang kumasukkan ke list 10 lagu terkeren 2012 (kalo dua fotonya kupajang sih karena dia emang kece hehehe). Soalnya albumnya “Red” yang dirilis Taylor Swift emang keren banget dan menjadi album terlaris 2012, bahkan terjual hingga 1 juta kopi di minggu pertamanya. Bayangin gitu, zaman sekarang ada album terjual sampai 1 juta keping (hareee geneeee….padahal udah zaman digital). Sama seperti lagunya yang lain, lagu ini juga unik dan lucu.
image
Nah, lagu ini pasti tak asing lagi di telinga kalian, apalagi buat pecinta film “Twillight Saga: Breaking Dawn”. Pasti penasaran, siapa sih cewek yang ngebawain soundtracknya, pertama keluar langsung keren. Lagu “A Thousand Years” ini dibawain Christina Perry, penulis lagu sekaligus musisi muda berbakat kelahiran 1986 asal Philadelphia. Lagunya juga pas banget ya sama filmnya?
image
Emang kayaknya nggak ada penyanyi lain yang pantas buat menyanyikan lagu soundtrack film James Bond terbaru selain Adele. Maklum lah, yang namanya penyanyi soundtrack 007 haruslah penyanyi berkualitas super yang sedang naik daun. Siapa lagi penyanyi yang lebih “super” ketimbang Adele yang udah menggondol total 93 penghargaan di bidang musik sepanjang karirnya, termasuk 8 Grammy Awards.
8. Train – Drive By
image
Aku punya pengalaman unik soal lagu ini, soalnya lagu keren ini kudengerin ketika pertama kali tiba di Jakarta. Jadi, di benakku lagu ini berkaitan erat dengan kehidupan di kota Jakarta. Liriknya juga lucu untuk didengerin. Asik deh buat dikoleksi.
9. Owl City – Good Time
image
Lagu ini pas banget buat kalian yang mencari lagu penambah semangat. Dalam lagu “Good Time”, grup beraliran musik elektronik yang digawangi Adam Young ini berkolaborasi dengan Carly Rae Jepsen. Hmmm…what a good choice. Lirik lagunya juga asik dipantengin.
10. Tamar Kaprelian – Raw
image
Nama cewek ini mungkin masih asing di kuping kita, namun yang jelas lagu-lagunya keren dan kualitas bermusiknya tak diragukan lagi. Penyanyi cewek berdarah Georgia (bekas jajahan Rusia) ini ternyata diorbitin oleh One Republic. Walaupun sexy, tapi cewek ini jago ngebawain lagu rock lho.
BONUS:
Arash feat Helena "Broken Angel"

Hahaha...baru kali pertama ini aku suka lagu India bahkan kumasukin ke blog-ku. Sebenarnya ini bukan lagu India sih soalnya dibawain sama penyanyi berdarah Iran yang berdomisili di Swedia bernama Arash Labaf. Kali pertama denger langsung keren. Walaupun sebenarnya udah dirilis sejak 2010 tapi nggak ada salahnya dong kumasukin sebagai bonus di list ini.  

2 comments:

  1. coba yang 2014 tolong di post juga min...

    ReplyDelete
  2. sama min.. malas denger music indo setelah jaman peterpan yg musicnya gmn gtu ancur, adanya music manja dan lemah doank. Apalagi rasanya dunia ni musuh smua pas muncul lagunya vagetoz - bam..

    ReplyDelete