Wednesday, September 23, 2015

NOSTALGILA 90-AN: 10 LAGU OPENING YANG AKAN MEMBANGKITKAN KENANGAN MASA KANAK-KANAK

 

Balik lagi ke nostalgia 90-an (yang belum lahir pas zaman itu silakan merenung yaaaa). Kali ini gue bakal menghadirkan lagu-lagu terjemahan versi Indonesia dari serial-serial TV dan anime yang tayang pas zaman segitu *pas gue masih kecil* Lagu-lagu ini dijamin akan membawa kita ke masa lalu kita yang indah guys. Silakan aja disimak videonya and sing along *gue yakin liriknya masih tertanam di benak alam bawah sadar kita haha*

1. Tokyo Love Story 

  TOKYO LOVE STORY

Ingat dengan dorama Jepang yang satu ini? Dorama emang terkenal dengan kantung ajaibnya, duh filmnya "Stand By Me" sedih banget *itu Doraemon Bang!!!* Eh salah hahaha, maksudnya dorama tuh serial drama Jepang. Emang sebelum drama Asia semacam drama Taiwan dan Korea *sekarang Turki, masih masuk Asia kaga sih?* drama-drama Jepang-lah yang mungkin menginspirasi kesuksesan drama-drama tersebut.

Salah satu drama Jepang paling dikenal dan memorable adalah Tokyo Love Story ini. Walaupun terkenal, gue nggak pernah berkesempatan menonton serial ini karena pasti dilarang ama bokap gue. "Tontonan orang gede" pasti bokap gue bilabng gitu. Emang sih, tapi gue nyangka *setelah gue search di google* bahwa drama bertema dewasa ini ternyata diangkat dari manga alias komik Jepang.
Walaupun nggak pernah mantengin drama ini secara serius, namun lagu openingnya sangat membekas di ingatan gue *ampe apal liriknya, padahal bahasa Jepang* Nggak heran, lagunya amat easy-listening bahkan menjadi salah satu single tersukses di Jepang, terjual hingga 2,5 juta kopi pada masanya.

 
2. Pendekar Rajawali dan Golok Pembunuh Naga

TO LIONG TO  

Masih ingat kan lagunya Yo Ko yang dibawain Yuni Shara "Siapa yang merubah hatiku ...". Dulu kayaknya keren ya suara Yuni Shara menerjemahkan lagu dari daratan Tiongkok ini ke lidah Indonesia. Tapi sekarang kalo Yuni Shara harus membawakan versi Indonesia dari lagu-lagu luar kayak Meteor Garden, kok kayaknya malah ilfil hahaha.  



Kesuksesan lagu tersebut membuat lagu-lagu serial silat yang diimpor kemudian juga banyakan ditranslate ke bahasa Indonesia, salah satunya Golok Pembunuh Naga alias "To Liong To". Gue dah nggak mendengar lagu ini selama puluhan tahun, tapi nada dan liriknya terasa nggak asing pas denger lagi di youtube. Lirik lagunya “Di saat malam yang sunyi ... kutermenung seorang diri ... teringat paras wajahmu ... bergetar rasanya hatiku ...” Aseeeeeek

 
3. Doraemon
  FULL-FAMILY-OF-DORAEMON-doraemon-20389344-550-275
Wah kalo ini mah no comment deh. “Aku ingin begini ... aku ingin begitu ... ingin ingin ingin itu banyak sekali ....” Siapa sih yang bisa lupa lagunya? Yang pasti sampai sekarang "La ... la ... la ... aku sayang sekali ... Doraemon ..."


 
4. Ninja Hattori

  ninja-hattori-fun-puzzle-2271

“Mendaki gunung lewati lembah ... sungai mengalir indah ke samudra ... bersama teman bertualang ...” asyik banget lagunya. Jadi pengen kayak Ninja Hattori memberantas kejahatan. Serialnya juga lucu banget haha.


 
5. Sailor Moon

  SAILOR MOON

Oke oke gue tau ini anime khusus cewek. Tapi siapa sih yang nggak demen ama Sailor Moon? Gue yakin walaupun cowok tapi pasti kalian pernah nonton anime ini. Minimal kalian lihat lah adegan transformasinya hahaha.
 
Lirik lagunya “Maaf kutak pernah berterus terang ... bukan kutak memercayaimu ... namun sebelum kuberganti rupa ... ingin aku menemuimu ....” *malu ternyata setelah sekian tahun masih inget, ketauan banget suka nonton*


6. Jiraiya

  jiraiya

Gue sebenarnya nggak gitu ingat ama tokusatsu ini, tapi soundtracknya langsung membuat gue melanglang buana ke masa lalu gue. Lirik dan musiknya bener-bener nggak terasa asing. “Jiraiya menjadi api ... Jiraiya menjadi cahaya ... Ninja pahlawan ... Jiraiyaaa ...” ampe gue bisa tahu nada berikutnya bakal kayak apa, padahal udah nggak dengerin lagu ini selama puluhan tahun. Gileeee.


 
7. Honey Bee Hutch

  The_Adventures_of_Hutch_the_Honeybee

“Mama ... mama ... dimanakah kau berada ...” hiks lagu ini emang bikin sedih, makanya gue nggak pernah nonton animenya, takut nangis bombay haha.
 

8. Dragon Ball

dragon-ball-super-1222 

“Jawabnya ada di ujung langit ... kita kesana dengan seorang anak ... anak yang tangkas dan juga pemberani ...” Dragon ball benar-benar anime yang lama banget tayangnya di TV (Indosiar tiap Minggu pagi). Mulai dari gue SD pas Go Ku masih kecil ampe gue kuliah pas Go Ku dah beranak pinak baru ceritanya kelar. Buset deh ... tapi emang seru diikutin haha.
 
Tapi ada liriknya yang nggak masuk akal “Bertarunglah dragon ball ... dengan segala kemampuan yang ada” Lho kan yang bertarung Go Ku bukan dragon ball-nya? Tapi biarlah.


9. Digimon

  Digimon-adventure-2-digimon-adventure-02-35258561-500-334

Gue suka banget sama versi Jepang dari lagu ini, tapi versi Indonesia gue rasa liriknya agak maksa, “Menjadi kupu yang sehat ... terbawa angin berkilau ...” Haaaah ... jadi kupu yang sehat gimana caranya? Rajin olahraga dan banyak maka kali ya. Jadi hama dong haha. Tapi ini adalah anime favoritku sepanjang masa.

 
10. Kapten Tsubasa

  tsubasa

Gue nggak pernah ngikutin Kapten Tsubasa. Bukan masalah ceritanya sih, tapi gue nggak demen aja ama gambarnya. Menurut gue ukuran kepala ama badannya nggak proporsional haha. Adegannya juga banyak yang nggak masuk akal. Masa iya cuman nendang bola ke gawang aja pake jurus terbang di udara segala ampe yang liat tereak “HAH! MUSTAHIL!!!” sambil berbagi scene dengan tokoh-tokoh lain (yang juga sama terkejutnya). Apalagi kalo pas maen bola di lapangan terus masih sempet-sempetnya flashback ke masa lalu. Ain’t nobody got time for dat?

Tapi kalo dipikir-pikir semua anime emang nggak masuk akal sih. Ampe temen-temen gue yang dulu koleksi pernak-pernik anime kayak kartu Yu Gi Oh, mobil tamiya, ampe beyblade pada kecewa soalnya pas maen nggak kayak di kartunnya. Ya kale kayak di komik cuman maen gasing atau maen tamiya aja sirkuitnya ampe pada retak-retak gitu.

Balik lagi ke Tsubasa, kalo nonton anime ini gue cuman sempetin liat openingnya soalnya suka banget ama lagunya yang sangat memompa semangat, “Lari lari lari ... tendang dan berlari ... dengan tendangan halilintar dia cetak gol!!! Tisubasah ... dialah pahlawan kita!”
Ekspresi readers: "TSUBASA BANG BUKAN TISUBASAH!!!!" punch  8dcf9699 860e2a45

 
BONUS:

Remi

 remi-sans-famille-tia720110129111732

“S’lamat pagi gunungku ... s’lamat pagi teman-teman semua ... Remi kan pergi jauh demi cita-citaku ... Remi mohon doa restu darimu ... Jangan bersedih semuanya ... hidup ini adalah petualangan ... marilah kita melangkah menuju cita-cita bahagia ...” aduduh jadi kepengen nangis kalo inget anime yang menguras air mata ini onion09 . Jadi kangen, dimana ya kacamata 3D gue haha.

 
Jiban

  jiban

Lagu opening Jiban emang nggak pernah dibikin versi Indonesianya. Tapi terjemahan di youtube ini benar-benar bikin gue ngakak. Simak aja guys.
 

Apa sih kesimpulan yang bisa gue ambil dari semua soundtrack anime ini? Walaupun terjemahan, tapi semua lagu-lagu ini kayaknya mewarnai hidup kita sebagai anak-anak. Lirik-liriknya begitu polos dan memompa semangat, kebanyakan bertema kepahlawanan, jadi membuat kita pengen meneladani semua pahlawan masa kecil kita itu. Mungkin ada dari kita yang sekarang juga terinspirasi ama tayangan-tayangan mendidik di masa kecil kita itu?

7 comments:

  1. Ngakak yang vid terakhir xD jujur, soundtrack paling berbekas tuh ya doraemon (krn masih aja ada ampe skrng) sama ninja hatori.. duh rasanya mau kembali ke masa kanak2 xD eemang kesel kalo anime olahraga.. 5 detik terakhir , flashback nya 1/2 jam. Klo gak, ngobrol sama lawan 15 menitan -.-a

    ReplyDelete
  2. kalo yang dorama soundtrack yg paling membekas diingatan gw adalah love generation....shiawase na ketsumatsu...mantap....

    ReplyDelete
  3. aaaaa tokyo love story jaman SD kayanya..ikutan nimbrung kalo ibu nntn..
    dulu pertma liat adegan kissing ya di film ini,, anak sd liat org kissing what the....untung skrg lembaga sensor udh tajem bgt..
    _wdy_

    ReplyDelete
  4. Kalau sekarang mah dub lagu
    Dari sister group 48 Family

    ReplyDelete
  5. Coba deh cari opening Hunter x Hunter (yang 1999. Ada ver. 2011.. itu remake.) Openingnya "Ohayou" easy listening banget.

    ReplyDelete
  6. Candy2 kong..yg seangkatan ma remi jg..
    ->CIP<-

    ReplyDelete
  7. Paling suka lagu endingnya Doraemon yg versi jadul "langit biru... adalah kantong... kantong yang dapat..raih bahagia....".
    Habis itu disambung "film ini disponsori oleh...... Ajinomoto cap mangkok merah" hihihi....

    ReplyDelete