Saturday, May 5, 2012

5 RUMAH TRADISIONAL TERINDAH DI DUNIA


Pagaruyung
Sebagai pengagum arsitektur, tak bisa kupungkiri bahwa bangunan-bangunan terindah di kebanyakan adalah bangunan yang dibangun dengan kearifan lokal turun-temurun. Bukannya rumah bergaya modern minimalis nggak keren sih. Cuma rumah-rumah tradisional ini kayaknya lebih perlu dilestarikan. Inilah 5 rumah tradisional terindah dari berbagai penjuru dunia menurut versiku.
1. Rumah Gadang
Rumah_Gadang
Rumah Gadang adalah rumah tradisional suku Minangkabau. Hingga sekarang, rumah tradisional ini masih lestari di daerah Sumatra Barat. Kata “gadang” sendiri berarti “besar”. Rumah ini disebut juga rumah Bagonjong karena bentuk atapnya yang meruncing (bergonjong).
atap gadang
Rumah gadang disebut juga rumah Baanjung karena pada sayap kanan dan kiri rumah terdapat ruang yang disebut anjuang (anjung). Ruang anjung berfungsi sebagai tempat pengantin bersanding atau tempat penobatan kepala adat. Berdasarkan ada tidaknya penopang pada bagian anjung ini, rumah gadang dibedakan menjadi dua gaya arsitektur, yaitu “Bodi-Chaniago yang tidak memakai tongkat penyangga di bawahnya danKoto-Piliang yang memakai tongkat penyangga. Rumah ini seluruhnya terbuat dari kayu/bambu. Di halaman rumah gadang biasanya ada dua bangunan yang disebut “rangkiang”, fungsinya sebagai lumbung padi. Dindingnya dihiasi ukiran warna-warni bermotif geometris ataupun motif floral sesuai ajaran Islam.
interior Pagaruyung
ukiran minang1ukiran minang2
 
2. Rumah Joglo Kudus
joglo kudus
Di antara rumah-rumah Joglo yang ada di Indonesia (khususnya di Jawa), rumah adat Kudus-lah yang dapat dianggap paling indah. Rumah adat joglo ini biasanya seluruhnya terbuat dari kayu jati yang dipasang dengan sistem knock-down (tanpa paku), membuat rumah jenis ini tahan gempa. Interior rumah ini diperindah dengan seni ukir campuran gaya Hindu, Persia (Islam), Cina, dan Eropa. Ruang utama umumnya ditopang dengan empat pilar kayu (soko guru) yang sarat makna filosofis. Pilar-pilar ini menopang balok-balok kayu penyangga atap yang disusun bertumpang, disebut tumpang sari.
soko guru
tumpang sari
Soko guru terindah di Indonesia menurutku dimiliki oleh keraton Kasultanan Yogyakarta dengan warna dominan hitam bercampur emas-nya.
soko guru keraton Yogyasoko guru kraton Yogya2
Bagian pertemuan atap (pencu) juga diberi hiasan yang disebut “wuwungan”.
Wuwungan_2
Rumah joglo terdiri atas 3 bagian, yaitu pendhapa, pringgitan, dan dalem (ruang dalam). Pendhapa adalah bagian teras depan yang tidak memiliki dinding (terbuka). Makna filosofisnya adalah orang Jawa selalu bersikap ramah dan terbuka pada setiap tamunya. Pringgitan adalah ruang tengah di antara pendhapa dan dalem yang lebar dan tertutup, berfungsi untuk pertunjukan wayang (ringgit) saat ruwatan. Sementara itu ruang paling dalam disebut “dalem” sebagai ruang pribadi keluarga. Selain itu terdapat pula “krobongan” sebagai ruang untuk menyimpan barang pusaka dan “pawon” untuk memasak dan kamar mandi.
Salah satu hal yang memperindah rumah joglo adalah hiasan gebyok-nya. Sayang sekarang untuk mendapatkan suasana khas Jawa dengan gebyok menghiasi rumah dibutuhkan kocek yang tidak sedikit.
gebyok1
gebyok2
interior joglo
pintu jawa
Mendiang nenekku dulu punya rumah joglo. Bahkan sampai kelas 5 SD aku masih tinggal di sana (sayang sekarang sudah dirubuhin terus warisannya dibagi-bagi). Pembagian ruangnya juga pas banget sama teori di atas, ada pendapa, pringgitan, ama dalem. Kamar mandinya juga misah dan ada di belakang (agak serem kalo mau pipis malem2, biasanya nggak berani hehehe). Di bagian halaman aku juga masih ingat ada belimbing, pandan, dan melati. Ternyata semuanya ada artinya lho. Pohon belimbing melambangkan 5 rukun Islam, pandan sebagai simbol rejeki yang harum (baik/halal), dan melati sebagai lambang kesucian. Duh, kangen sama rumah joglo nenek.
 
3. Kuil Buddha (Wat) Thailand
thailand-temple
Kuil Buddha di Thailand atau disebut “wat” dalam bahasa setempat, juga memiliki ciri khas tersendiri. Bagian atapnya umumnya tersusun bertingkat dengan dekorasi menggambarkan naga atau garuda pada pucuknya. Kuil-kuil di Thailand juga umumnya memiliki detail warna-warni dengan warna dominan emas. Tak usah bicara panjang lebar, silahkan langsung lihat gambar-gambarnya!
atap1
atap3
dekorasi thai1
400-04804962
dekorasi thai4
 
4. Rumah Tradisional Jepang
rumah jepang
Rumah tradisional Jepang memang salah satu rumah tradisional paling digemari di dunia. Bahkan gaya ini populer di dunia Barat sebagai gaya arsitektur “Zen” yang dapat dengan mudah dikombinasikan dengan gaya minimalis. Rumah tradisional Jepang terdiri dari beberapa ruangan utama, yaitu washitsu, genkan, dapur dan washiki (toilet). Desain rumah Jepang ini pasti tak asing lagi buat kalian penggemar anime.
Washitsu adalah ruang serba guna yang beralaskan tatami (tikar dari anyaman jerami). Washitsu ini dapat bermanfaat sebagai ruang keluarga, ruang belajar, dan waktu malam berubah menjadi kamar tidur (bayangin saja kamarnya Nobita). Nah, di ruangan ini juga terdapat “oshiire”, yaitu lemari besar berpintu geser tempat menyimpan barang-barang (misalnya kasur). Ciri khas rumah Jepang selain tatami adalah digunakannya pintu dorong yang terbuat dari kayu dan kertas. Pintu dorong ini dibedakan menjadi dua, yaitu “fusuma” yang dapat ditembus cahaya dan “shoji” yang tidak dapat ditembus cahaya.
washitsu1
washitsu2
Genkan adalah koridor tempat penghuni rumah atau tamu masuk dan melepas sandal mereka. Memang orang Jepang punya kebiasaan unik melepas sandal mereka sebelum masuk rumah. Sampai-sampai aku ingat pernah ada film kartun yang meledek kebiasaan ini. Ceritanya Godzilla sewaktu keluar dari air dan akan mengamuk di kota, masih sempat-sempatnya copot sandal dulu. Ada-ada saja, padahal aslinya kebiasaan ini bertujuan agar tatami tidak mudah rusak.
Di pinggir rumah terdapat lorong dengan lantai kayu yang disebut “roka”. Selain itu, umumnya rumah tradisional Jepang jarang memiliki kamar mandi. Bukan karena orang jepang jarang mandi lho, tapi karena mereka lebih senang mandi di tempat pemandian umum (sento). Hmm…tapi tetep cowok sama cewek misah yaaaaa. Keenakan elo entar kalo gabung.
Taman bergaya Jepang juga unik. Taman Jepang umumnya asimetris dan memiliki tiga unsur utama, yaitu air (melambangkan kesucian dan kehidupan), tanaman (melambangkan keabadian), dan batu (melambangkan alam).
Beautiful-Japanese-Garden-3
japanese water garden design
Dan ini adalah taman Jepang bergaya zen yang lebih simple tapi “dapet” banget.
zen garden
 
5. Rumah Bergaya Victoria
victoria1
Rumah bergaya Victoria booming pada masa pemerintahan Ratu Victoria (1837-1901). Yap, rumah jenis ini memang banyak dijumpai di Amerika Serikat, walaupun aslinya berasal dari Inggris. Deretan rumah-rumah tua bergaya Victoria hingga kini masih dapat dilihat di San Fransisco. Ciri khasnya adalah dinding yang ditutupi wallpaper berpola burung atau alam. Furniture-nya memiliki ornamen floral berupa gulungan daun, bunga, ataupun anggur. Tapi jujur menurutku yang membuatku rumah bergaya Victoria tampak indah adalah “gable” atau hiasan pada bagian depan rumah.
head1
Rumah jenis ini juga memiliki loteng dan cupola, yaitu bagian mirip menara yang berfungsi untuk pencahayaan. Selain itu, ciri khas lain adalah jendela berdaun dua yang disebut jendela teluk (bay window). Material yang digunakan umumnya kayu, tapi tak jarang ada yang terbuat dari batu bata kemudian dilapisi kayu agar tetap terkesan romantis. Aku dengar ada perumahan di Jakarta yang menerapkan rumah-rumah bergaya Victoria. Hmm…jadi berasa di film-film Hollywood. Ini beberapa foto rumah tua bergaya Victoria.
victoria2
victoria4
victoria5
Itulah 5 rumah tradisional terindah di dunia. Kalau lagi punya rejeki, nggak ada salahnya menerapkan gaya-gaya arsitektur rumah-rumah tersebut di kediaman kalian agar terlihat lebih indah. Setuju sob?

5 comments:

  1. kapan punya rumah kayak gitu.........
    asyik gan..........

    ReplyDelete
  2. wah bagus bagus gan rumah kayu nya..kebetulan saya juga menerima jasa membuat rumah kayu jati dari mebel jepara

    ReplyDelete
  3. mau tanya yaaa. mengapa Rumah Joglo kok Atap bagian tengahnya dibuat menjulang keatas ? sampai sekarang saya sendiri masih bingung, pasti ada alasan tersendiri ! terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar lebih adem kali, udara panasnya bersirkulasi ke atas jadi ninggalin udara yang lebih dingin di bawah

      Delete
  4. Bagus, seperti rumah di film berbie ,,,,

    ReplyDelete