Saturday, December 8, 2012

10 UNIVERSITAS TERINDAH DI DUNIA

 

oxford-skyline_1010001c 

Kuliah di luar negeri tentu menarik hati setiap orang (kecuali jika anda Marzuki Alie tentunya). Nah, kampus-kampus di luar negeri selain menawarkan kualitas pendidikannya, ternyata juga menyajikan keindahan arsitektur bagi para mahasiswa. Tentu hal ini akan menambah kenyamanan para mahasiswanya menuntut ilmu. Tapi tetep nggak boleh dong sekedar milih universitas yang bagus pemandangannya doang hehehe. Nah, kali ini akan kusajikan 10 kampus terindah di dunia dalam hal arsitektur bangunannya. Enjoy!

10. Harvard University

harvard

Kampus yang didirikan 1636 ini merupakan universitas tertua sekaligus terbaik di AS. Tercatat pencetus liberalisme, John Adams, para presiden AS seperti Theodore Roosevelt, John F. Kennedy, Al Gore hingga Barrack Obama, Bill Gates SANG pendiri Microsoft, serta para artis mulai dari Natalie Portman hingga Matt Damon adalah alumni universitas bergengsi ini. Universitas ketiga terbaik dunia ini juga terkenal karena jurusan hukumnya.

image

9. Duke University (Durham, North Carolina, AS)

  image

Duke University pertama kali dibangun pada tahun 1924 oleh James B. Duke, seorang pengusaha tembakau asal Amerika. Bagian barat kampus ini dibangun dengan gaya neo-gotik, sementara bagian timurnya dengan gaya Gregorian yang klasik. 

  image

8. Princeton University (New Jersey, AS)

image

Universitas swasta bergengsi ini adalah salah satu dari jajaran Ivy League, yaitu delapan universitas terbaik di Negeri Paman Sam. Pertama kali didirikan pada tahun 1746. Tak kurang dari 11 alumninya adalah penerima hadiah Nobel. Ibu negara AS, Michelle Obama juga tercatat sebagai alumnus universitas ini.

450px-ClevelandTowerWatercolor20060829

7. Yale University (New Haven, Connecticut, AS)

Yale_law

Pertama didirikan pada 1701, universitas ini adalah salah satu yang tertua di AS. Salah satu Ivy League sekaligus universitas terbaik ke-11 di dunia ini sudah mencetak politikus2 seperti Bill Clinton, Goerge Bush dan putranya Goerge W. Bush, hingga Hillary Clinton.

yale-university-new-haven-ct042

6. Stanford University (Stanford, California, AS)

image

Universitas yang selalu masuk jajaran 5 besar universitas terbaik dunia ini didirikan pada 1891. Namun gempa San Fransisco pada tahun 1906 meluluhlantakkan hampir sebagian besar bangunan di kampus ini. Akhirnya diadakan renovasi besar-besaran dengan gaya kolonial Spanyol yang juga dikenal dengan gaya arsitektur Mission-Revival. Uniknya, para pendiri perusahaan besar seperti Hewlett-Packard, Yahoo, hingga Google juga tercatat sebagai alumni universitas bergengsi ini.

5. University of Notre Dame (Indiana, AS)

image

Dari namanya, nggak salah dong kita mengharapkan suasana kampus yang sangat Prancis. Dan benar, sebagian besar bangunan di sini memang bergaya gotik-klasik khas Eropa. Saat berdiri pada tahun 1842, universitas ini hanya dikhususkan menerima mahasiswa laki-laki. Baru pada tahun 1972, universitas ini baru menerima mahasiswi untuk kuliah di sini.

4. Sewanee University (Sewanee, Tennessee, AS)

sewanee-university-of-the-south4

Nama universitas ini mungkin tak sementereng kampus-kampus lainnya di atas. Namun keindahan arsitekturnya tak diragukan lagi. Universitas yang didirikan pada abad ke-19 ini lebih terkenal dengan jurusan teologinya.

image

3. Cambridge University (Cambridge, UK)

Cambridge1

Universitas yang berdiri 1209 ini merupakan universitas terbaik kedua di dunia. Jajaran nama-nama keren tercatat sebagai alumni universitas bergengsi ini, mulai dari Isaac Newton, Charles Darwin, Francis Crick dan James Watson, hingga aktris Rachel Weisz. Prestasi terbaik universitas ini adalah telah meluluskan 65 penerima Nobel, jumlah terbanyak dari universitas manapun di dunia ini. Bahkan ada juga alumnusnya yang menerima Nobel hingga dua kali!

1_kings-college-cambridge-university-england_my-favourite-7-fabulous-buildings

2. Oxford University

0727_oxford_485x340

Universitas terbaik di dunia ini berdiri pada tahun 1096, menjadikannya universitas tertua kedua di dunia sekaligus universitas pertama di dunia barat. Tak terhitung berapa banyak orang penting yang dilahirkan oleh universitas ini, mulai dari Margaret Tatcher, Tony Blair, Indira Gandhi, Benazir Bhutto, Aung San Suu Kyi, Stephen Hawking, Albert Einstein, hingga aktris Kate Beckinsale. Sekitar 47 peraih hadiah Nobel pernah belajar atau mengajar di kampus ini.

1. Royal Holloway University

image

Eit, bangunan ini bukan kastil lho, tapi kampus! Universitas yang dibangun pada 1879 dengan dana yang dihibahkan oleh Thomas Halloway ini awalnya hanya dikhususkan bagi perempuan. Bagian paling terkenal dari kampus ini adalah Founder’s Building yang terinspirasi oleh Chateau de Chambord di Prancis. Melihat keindahannya, tak salah memang jika aku menempatkannya di posisi satu sebagai universitas terindah di dunia.

image

royal_holloway_university_occupation

royal-holloway

BONUS

University al-Karaouine

6528838275_63706c9cc4_z

Mungkin tidak ada yang menduga bahwa universitas tertua di dunia ternyata merupakan sebuah universitas Islam. Ya, Universitas al-Karaouine atau dalam bahasa Arab-nya “al-Qarawiyyin” adalah sebuah universitas pertama di dunia yang terletak di kota Fez, Maroko. Universitas ini didirikan pada 859 oleh seorang putri pedagang bernama Fatimah al Fihri dan sempat menjadi pusat intelektualitasan dunia Islam. Namun universitas ini baru menjadi universitas negeri pada tahun 1963 dan menambahkan beberapa jurusan sekuler.

College De Valleyfield (Quebec, Kanada)

image

Tak banyak informasi yang kudapat mengenai universitas ini, termasuk siapa saja peraih nobel yang berasal dari universitas ini (wuih). Namun yang membuat siapapun tercengang adalah letaknya yang terdapat di tepi air terjun. Hahaha…asal tahu saja, foto yang banyak beredar di internet ini ternyata hasil photoshop. Ya iyalah, dilogika saja, mana bisa para mahasiswanya pada konsen belajar, kan air terjun tuh berisik banget. Sayangnya, banyak banget website Indonesia yang terjebak dan menganggap foto ini beneran. Kalo tidak percaya, klik aja di sini.

2 comments:

  1. Kalo menurut saya kampus paling indah itu Universitas Peking lho, kalo diliat dari pemandangan hehe :D postingan yang bermanfaat, visit juga ya www.ipb.ac.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. list ini sih dibuat dr segi arsitekturnya bkn pemandangannya, tp emg unik sih byk bangunan khas cinanya gt. prnh summer school disana ya bang?

      Delete