Thursday, August 4, 2016

BASTION OF SOVEREIGN: 10 KOTA BENTENG TERKEREN DI DUNIA

 

Fortbourtange

Pada masa dimana Eropa terbagI menjadi kerajaan-kerajaan dan perang berkecamuk di antara para rajanya, kota-kotanya dibangun di dalam benteng. Mungkin kita banyak melihat kota benteng di cerita dongeng ataupun film-film fantasy ala LOTR dan Games of Thrones. Namun pasti keren rasanya jika bisa melihat kota benteng yang masih berdiri dikelilingi tembok-tembok yang tinggi dan kastil-kastil yang menjulang. Di Eropa sendiri memang tak begitu banyak kota benteng yang tersisa dan terawat sepereti bentuk aslinya. Namun gue rasa cukuplah untuk mengecap seperti apa kehidupan di masa Abad Pertengahan Eropa yang romantis alas negeri dongeng. Berikut ini adalah 10 kota benteng terkeren yang masih ada di Eropa dan juga belahan dunia lainnya.

1. Carcassonne (Prancis)

  2

Carcassone di wilayah Languedoc-Roussillon, Prancis ini terkenal sebagai satu-satunya kota benteng Eropa yang masih mempertahankan bentuk aslinya serupa ratusan tahun lalu. Dan yang mungkin tak kalah mengejutkan, kota di dalam benteng ini masih berpenduduk! Kota benteng ini pastilah terbengkalai jika bukan karena jasa arsitek Eugène Viollet-le-Duc yang melestarikan warisan benteng Abad Pertengahan ini pada 1853.

Carcassonne-and-vicinity-6050702-smalltabletRetina

2. Avignon (Prancis)

  5-avignon

Terletak di wilayah Provence-Alpes-Côte d'Azur, tenggara Prancis, tepat di pesisir sungai Rhone, berdiri kota Avignon yang memiliki searah panjang. Kota yang pada masa Romawi kuno dikenal dengan nama “Avennio” ini pernah menjadi lokasi kedudukan Paus, pemimpin tertinggi Katolik (sekaligus pemimpin tertinggi Eropa kala itu) antara tahun 1309-1377. Sebagai bukti peninggalannya adalah Palais des Papes, sebuah istana benteng bergaya gotik dengan tebal dindingnya saja sekitar 5 meter! Kota Avignon juga termashyur karena lagu rakyat Prancis "Sur le Pont d'Avignon" yang berasal dari abad ke-19.

Avignon,_Palais_des_Papes_by_JM_Rosier

3. Mont Saint-Michel (Prancis)

  ST MICHEL

Kota benteng ini sesungguhnya adalah sebuah pulau yang difortifikasi di Normandia, Prancis dan terletak sekitar 1 kilometer dari pesisir pantai. Uniknya pada saat pantai surut, maka akan terbuka jalan berupa jembatan yang menghubungkan daratan utama dengan pulau ini. Berdiri sejak abad ke-8, kota ini dikunjungi hingga 3 juta wisatawan tiap tahunnya, namun hanya dihuni oleh 44 orang penduduk saja lho. Wow.

4. Talinn (Estonia)

  tallinn10

Kota eksotis di Eropa Timur ini juga menyimpan sisa-sisa benteng yang megah dan mengagumkan. Mungkin tak banyak yang menyangka di balik kota benteng bergaya kuno seperti ini, ternyata Talinn menjadi pusat perkembangan teknologi informasi di Eropa. Salah satu kota tercanggih di dunia ini jugalah yang telah melahirkan Skype.

1276px-Tallinn_city_wall

5. Dubrovnik (Kroasia)

  croatia-dubrovnik-city-walls

Dubrovnik tentu menjadi kota benteng terunik di list ini karena letaknya yang menghadap ke laut Adriatik. Sebagai salah satu destinasi wisata wajib di Mediterania, kota benteng ini dulunya adalah negara merdeka karena ketangguhan maritimnya. Kota benteng ini dipercaya dibangun pada abad ke-7 Masehi. Pengen deh mengunjungi kota seindah ini.

Dubrovnik_Old_Town

6. Segovia (Spanyol)

  Alcázar de Segovia (Segovia Castle), Spain

Alcazar of Segovia adalah sebuah kastil yang menjulang di Pegunungan Guadarrama, Spanyol. Uniknya, walaupun berada di Eropa, sebenarnya benteng ini adalah peninggalan Muslim. Tak heran di kasil ini terdapat dekorasi berupa ayat-ayat Al-Quran. Kastil ini pulalah yang menginspirasi Cinderella Castle-nya Disney.

54eade0833d58_-_10-segovia-s-alcazar-spain-1

7. Kastil Bodlam (Inggris)

  Bodiam Castle

Kastil Bodlam adalah benteng dari abad ke-14 yang dibangun para kastria Raja Richard II untuk melindungi wilayah Inggris dari serangan Prancis pada Perang 100 Tahun. Mungkin hanya inilah satu-satunya benteng dari zaman Medieval Inggris yang masih berdiri sesuai bentuknya yang asli. Sayangnya, hanya dinding abgian luarnya saja yang masih berdiri, sedangkan bagian dalamnya sudah rata dengan tanah. Beberapa benteng keren lainnya (walaupun bukan kota) di Eropa adalah Trakai Castle di Lithuania.

TRAKAI

Dan Chateau de Chillon di Swiss yang menjadi inspirasi istana Disney di film Little Mermaid.

Chateau-de-Chillon-Switzerland

8. Xi’an (Tiongkok)

  xian

Kota ini pernah menjadi ibu kota Dinasti Ming pada abad ke-14, tak heran dibangun fortifikasi yang amat kuat di sekitarnya. Tinggi dinding benteng ini sekitar 12 meter dan mengitari kota sepanjang 14 kilometer. Ibu kota Provinsi Shaanxi ini dulunya menjadi titik mula Jalur Sutra. Di kota ini juga pernah dibangun Weiyang Palace yang dulu merupakan kompleks istana terluas di dunia, hingga 7 kali luas Istana Terlarang di Beijing. Bahkan kota ini pernah menjadi kota terbesar di dunia. Di kota ini pulalah Biksu Xuanzang (terkenal berkat legenda Kera Sakti) membawa pulang kitab Buddha dari India untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Cina.

Xi’an juga diwarna dengan eksotisme agama-agama yang berasal dari luar Cina. Great Wild Goose Pagoda dipercaya sebenarnya adalah sebuah gereja Kristen Nestorian yang dibangun pada 652 M. Di sini pula berdiri masjid terbesar di Cina, yakni Masjid Agung Xi’an, karena adanya populasi Muslim Tionghoa yang cukup signifikan di kota ini.

9. Itchan Kala (Uzbekistan)

  Itchan-Kala (1)

Mungkin Uzbekistan kini menjadi salah satu negara yang namanya hanya kita kenal lewat peta saja. Namun dulunya, kota ini merupakan kerajaan Islam yang amat makmur berkat jalur pedagangan sutra yang menghubungkan Asia dan Eropa. Itchan Kala sendiri adalah sebuah reruntuhan kota benteng di kota Khiva, Uzbekistan yang berdiri sejak abad ke-10. Di sini banyak berdiri peninggalan bersejarah berupa masjid, madrasah, dan istana bergaya Persia yang menunjukkan kejayaan Islam pada masa lalunya.

10. Bourtrange (Belanda)

  Fort-Bourtange-Netherlands

Bourtange adalah sebuah desa di Belanda yang terkenal dengan fortifikasinya yang amat unik, yakni berbentuk bintang. Struktur benteng (yang dikelilingi dam seperti ciri khas Belanda) dibangun pada 1593 dan berada di perbatasan Belanda – Jerman. Unik ya dan juga indah jika dilihat dari angkasa.

3 comments:

  1. Jadi pengen deh jalan-jalan ke sana... Nice share bang dave... :)

    ~Venzuu~

    ReplyDelete
  2. Bonus : Benteng di Attack On Titan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama ya, kepikiran Shingeki no kyojin juga. Kayak lapis-lapis benteng Attack on titan.
      tapi benteng takeshi ga ada ya

      Delete