Wednesday, August 24, 2016

DARK STORIES RIDDLE: PERSEMBAHAN BARU MBP

 

100_7614

Hallo guys. Beberapa bulan lalu gue sempet ngasih teaser berupa pemilihan cover buku riddle MBP yang akan segera diterbitkan. Dan guess what? Bukunya sekarang udah rilis lho dan diberi judul “Dark Stories Riddle”. Berikut ini akan gue ceritain sedikit perjalanan gue sehingga buku ini akhirnya jadi (plus buat promosi dikit hihihi).

Semua berawal ketika sekitar bulan Maret, gue dapet email dari Mbak Lia, salah satu editor dari penerbit Mediakita yang menawari gue membuat buku khusus tentang riddle horor. Gue langsung excited dong tapi sempet megap-megap pas mereka pesen sekitar 250 riddle secara insan. Buset deh, gue nerbitin 20 riddle per 2 bulan rutin di blog saja udah perjuangan keras. Akhirnya gue bikin sesuai kemampuan gue (sekitar 100-an) dan diterima juga.

Sayangnya nih, proses pembuatan riddle ini bertepatan dengan akhir semester sebelum kenaikan kelas di sekolah tempat gue kerja. Dan itu berarti kerjaan gue numpuk senumpuknya. Biasanya bulan-bulan itu adalah peak season dalam setahun dimana kerjaan gue ama orang sekantor paling banyak. Masih ngurus ujian-nya anak-anak kelas 3, belum lagi kantor gue lagi ada audit tahunan. Udah gue diaudit, eeeeh ama atasan gue, gue ditunjuk jadi auditor pula buat ngaudit departemen lain. Belum lagi ada revisi-revisi dokumen segala macem (dari Bahasa Inggris diterjemahin ke Bahasa Indonesia) yang bikin gue pusing tujuh keliling. Kerjaan udah menggila, masih ditambah lagi kantor gue mau pindahan (yang SMA pindah ke gedung baru) dan gue disuruh mempersiapkan lab di gedung baru itu (dengan kata lain, gue harus menyusun lab baru dari nol!). Saat itu juga lagi ngurus kaos-kaos MBP kalo nggak salah. Buset dah.

Gara-gara ini gue jadi sering banget nunda-nunda pengiriman riddlenya ke Jakarta, mungkin ampe bikin sebel Mbak Lia ya hahahaha. Tapi apa boleh buat, soalnya kerjaan saat itu emang gila-gilaan. Gara-gara itu juga bos-nya Mbak Lia, Pak Agus dari Mediakita ampe turun tangan buat ngejar-ngejar gue nepatin deadline kikikikikik. Mungkin gara-gara ini, riddle yang diterbitin walaupun sebagian baru dan masih fresh, namun sebagian juga gue rombak dari riddle-riddle yang pernah diterbitin di blog. Sorry, pengennya sih semuanya riddle baru, tapi ini juga mengantisipasi sih siapa tau ada yang belum pernah baca blog gue hahaha.

Oya, penerbit Mediakita ini berada di Jakarta dan gue lagi di Surabaya (kenapa ya nggak dari dulu pas gue masih kerja di Jakarta hahaha) jadi semua urusan gue serahin ama mereka. Mulai dari setting, editing, ama covernya. Nah masalah covernya, gue terkesan banget ama designer-nya dari Mediakita soalnya covernya keren-keren. Gue dari dulu emang nggak ada bakat di desain, jadi gue respect banget ama orang-orang yang emang talentanya di bagian visual gitu. Gue disuruh milih antara ketiga cover berikut ini, yang semuanya keren-keren, otomatis gue nggak bisa milih dong.

DARK-STORIES-RIDDLE (1)

Akhirnya dibikinlah sayembara baik di instagramnya Mediakita, OA MBP di Line, ampe blog gue untuk memilih cover terbaik (pemenang yang beruntung dapat buku gretongan). Akhirnya terpilihlah cover nomer 2. Padahal gue aslinya malah bingung antara cover 1 dan 3 hahaha soalnya lebih keren.

Selain masalah desain, terobosan keren lainnya yang ditawarkan Mediakita (sumpah kreatif-kreatif emang orangnya) adalah kunci jawabannya riddlenya ditawarkan dalam bentuk QR code. Jadi kalo kalian pengen tau atau nyocokin jawabannya, kalian tinggal scan QR code di bawah riddlenya. Di Indonesia, mungkin buku gue ini yang pertama kali nerapin metode beginian. Tapi tentu kalian harus punya aplikasi buat baca QR code lho ya.

100_7615

Buat kalian yang udah kenal riddle dan ngikutin blog ini, pastinya kalian nggak bakal kesusahan mecahin riddle-riddle yang ada. Apalagi kalian tinggal scan jawabannya, nggak kayak di blog dimana kalian harus nunggu ada yang posting jawaban yang bener di kolom comment hehehe. Tapi gue juga berharap buku ini bisa diterima oleh pembaca yang belum kenal apa itu riddle sebelumnya. Harapan gue sh gitu, supaya buku gue bisa menembus semua lapisan masyarakat *buseeeeet*

Akhir kata, silakan cari aja bukunya di toko-toko buku terdekat. Bocoran dikit sehabis ini gue juga bakalan bikin event-event seru (yang harusnya gue bikin sebelum peluncuran bukunya sih, tapi nevermind lah) buat ngeramein promosi buku gue. Ditunggu aja yah.

21 comments:

  1. di jakarta ada udah ada belum bang dave?? aplikasi buat baca QR code nya apaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada setauku. cari aja aplikasinya di playstore atau appstore ada banyak kok pilihannya

      Delete
  2. Selamat ya dave buat pelucutan buku perdana nya. Semoga Mediakata ga berhenti sampai di sini. Sebagai pembaca setia mu,tetap aku tunggu lanjutan buku nya. Terus berkarya. Fighting :D

    Oh ya, ga nyangka loh finally tulisan di cover ijo gitu. Dan memang bener kan tebakanku bakalan banyak yang suka cover nomer 2 :v semangat yeay \(°♢°)/

    ReplyDelete
  3. congrats for your book babang dep,
    akhirnya bang, mimpi lo terwujud (emang loe tau? kagak.)

    BODO POKOKNYA GW MAU FREE BOOK NYA. TITIK.
    Ntar gw resensi bang, gw share ke ig sama pesbuk trus wattpad juga.

    -V

    ReplyDelete
  4. Congrats Mas Dave, gak sabar pingin beli bukunya. Mahal gk nih :v

    ReplyDelete
  5. Selamat yaa bangdev.. Aku gak sabar pengen baca nih

    ReplyDelete
  6. Selamat Bang Dave akhirnya bukunya terbit juga yah... Ga sabar pingin baca. Nanti pasti temen-temen akan bantu promo & endorse lah hihihi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun bang janu jgn2 baca blog gw sambil comment pas masih mondok di rumah sakit ya :( met sembuh bang

      Delete
  7. Selamat bang Daaave~ Nabung ah xDD

    ReplyDelete
  8. congrats bang.. wah mau banget nih beli bukunya :D

    ReplyDelete
  9. wah kerwn bang! mau tau juga nih, posting dong nama2 pemenang yg dapat buku gratisnya.

    ReplyDelete
  10. Cieee....
    Bang Dave telat..
    Soalnya buku yan ada kode QR-nya udah diterbitin duluan ama kelompok SSY indonesia sejak tahon 2013..
    Cieee yang telat...
    (Di line ada kok mesin pembaca kode QR)
    jw.org

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaak tidaaaak!!! ternyata udah ada yaaa? btw ssy tuh kelompok apa ya? bukunya tentang apa?

      Delete
    2. agama sih sebenernya, termasuk kristen. Singkatan dari "saksi-saksi yehuwa".

      Delete
  11. Cara scan qr code nya gmna bang dav??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari aja aplikasinya banyak kok di appstore dan playstore

      Delete
  12. Selamat ya buat buku barunya.. Di jkt uda ada ya? Mo beli klo blm sold out, hehe... :-D

    ~akhirny mutusin ngasih komen jg setelah sekian lama jd SR. Sukses selalu ya dave~

    ~dee~

    ReplyDelete