Thursday, August 4, 2016

DARK AND DANGEROUS: 10 ORGANISASI VILLAIN TERKEREN

 

Waaaah dari dulu gue kepengen membahas materi ini di blog gue tapi baru kali ini kesampaian hehehe. Gue suka banget ama konsep organisasi kejahatan misterius di komik maupun film soalnya kadang-kadang supervillainnya jauh lebih keren ketimbang para superheronya. Dan jangan lupa pula mereka memiliki tujuan-tujuan yang tak hanya sejkedar menguasai dunia, namun beberapa bahkan sebenarnya memiliki misi mulia menciptakan dunia yang lebih baik, walau dengan cara ngancurin dunia yang sudah ada dulu. Hmmmm keknya gue berminat deh gabung ama organisasi villain semacam ini wkwkwkw. Simak saja kiprah-kiprah organisasi villain terkeren dari film-film ini.

1. Organisasi Berjubah Hitam (Detective Conan)

  CONAN

Kita mulai dengan organisasi kejahatan misterius yang pastinya sudah kalian kenal. Organisasi ini merupakan antagonis utama dalam serial Detective Conan (yang dari gue kecil ampe sekarang nggak tamat2). Tak banyak yang diketahui tentang organisasi ini (nama aslinya juga masih belum diketahui). Namun yang jelas, semua anggotanya menggunakan nickname nama-nama minuman keras, seperti Gin, Vodka, Vermouth, Sherry (nickname untuk Ai Haibara), dll. Organisasi ini pertama kali terlihat meminumkan APTX 4869 ke tubuh Shinichi Kudo sehingga ia menciut menjadi anak kecil. Organisasi Berjubah Hitam sendiri merupakan julukan yang diberikan Conan, karena saking misteriusnya, nama asli organiasasi ini sendiri tak diketahui. Nggak sabar deh menunggu film terbaru Detective Conan “The Darkest Nightmare” yang bakal mengupas aksi menumpas organisasi ini.

2. Pluto (Detective School Q) 

Detective-academy-Q-image-detective-academy-q-36313567-640-480

Mungkin organisasi kejahatan terunik di list ini, Pluto merupakan arch-nemesis dalam serial Detective School Q. Modus operandi organisasi ini hampir mirip sama pembunuh bayaran sih, namun tugas mereka hanyalah menciptakan trik pembunuhan yang teramat sulit untuk dipecahkan oleh para detektif, sehingga pelakunya dengan mudah lolos. Keren juga ya konsepnya? Oya jangan heran kenapa gambaran di Detective School Q ini mirip dengan Kindaichi, soalnya penciptanya sama.

3. Gorgom (Masked Rider Black)

  kamendarkprt1_8

Ada banyak organisasi kejahatan dalam Masked Rider Universe seperti Shocker, Badan Empire, Crisis, dll namun yang paling diingat tentu Gorgom. Dikepalai oleh tiga orang pendetanya: Darom, Baraom, dan Bishium, mereka berusaha menguasai dunia dengan mengutus monster-monsternya yang berwujud separuh manusia separuh binatang untuk mengacau. Dan jangan lupakan pula organisasi serupa dari tokusatsu Jiban, yakni Bioron.

4. Spectre (James Bond 007)

  SPECTRE

Mungkin tak banyak yang tahu jika SPECTRE sebenarnya memiliki kepanjangan, yakni Special Executive for Counter Intelligence, Terorism, Revenge, and Extortion. Musuh utama mata-mata Inggris, James Bond ini dikepalai oleh Ernst Stavro Blofield (yang terkenal suka mengelus-ngelus kucing dalam pangkuannya). Organisasi ini sangat misterius dan dikenal flamboyan (karena kebanyakan anggotanya adalah miliuner eksentrik) seperti memiliki markas di bawah gunung berapi, memelihara ikan hiu, dsb.

5. Brotherhood (X-Men)

  4541216-7130923716-X-MEN

Organisasi mutan yang dimpimpin oleh Magneto ini memiliki visi misi yang bertolak belakang dengan X-Men ciptaan Professor X. Jika Professor Xavier mendirikan sekolah agar para mutan belajar mengendalikan kekuatan mereka dan menggunakannya untuk melindungi manusia (yang ironisnya membenci mereka), maka tujuan Magneto adalah membalas dendam pada manusia serta mengambil alih dunia di bawah kekuasaan para mutan.

Namun sejatinya, baik X-Men maupun Brotherhood memiliki tujuan yang sama, yakni persamaan hak antara mutan dan manusia dan menghapuskan diskriminasi serta perlakuan tak adil terhadap para mutan, walaupun cara yang mereka lakukan jauh berbeda. Banyak yang berpendapat, kedua tokoh tersebut terinspirasi oleh dua tokoh perjuangan HAM kulit hitam yang berseberangan, yakni Martin Luther Jr. dan Malcolm X.

6. Hydra (Marvel Universe)

  Hydra_(Earth-TRN259)_001

HAIL HYDRA!!! Organisasi supervillain ini dikenal memiliki kemampuan menyusup ke dalam SHIELD, organisasi superhero dalam Marvel Universe. Nama “Hydra” sendiri terinspirasi oleh monster dalam legenda Yunani yang dapat memunculkan dua kepala baru apabila salah satu kepalanya dipotong. Hal ini tentu melambangkan keuletan Hydra yang sepertinya memang tak bisa dibasmi secara tuntas.

7. Umbrella (Resident Evil)

  Wallpaper Umbrella Corporation

Yap, kalian pasti sudah tak asing lagi dengan organisasi yang satu ini. Berawal dari sebuah perusahaan phramaceuticals (farmasi dan kosmetik) yang terkesan tak berdosa, Umbrella Corp menciptakan T-virus yang kemudian mengubah seluruh penduduk dunia menjadi zombie mengerikan. Yang lebih mengerikan adalah bagaimana mereka memanfaatkan wabah tersebut untuk menguasai dunia, bahkan setelah zombie apocalypse merajalela.

Umbrella sebenarnya menggambarkan ketamakan perusahaan-perusahaan besar (terutama yang bergerak di bidang teknologi) yang memang ada. Mungkin contoh terdekat dengan kehidupan nyata kita adalah perusahaan Monsanto yang mengambil keuntungan global dari produk-produk rekayasa genetika yang mereka ciptakan.

8. League of Shadows (DC Universe)

  Screen-Shot-2014-09-11-at-9.13.08-PM

Jika Hydra adalah musuh terbesar para superhero Marvel, maka League of Shadows bisa dibilang merupakan musuh paling berbahaya yang dihadapi Batman dkk yang tergabung dalam League of Justice. Dikepalai oleh Rha’s al Ghul, para anggotanya percaya bahwa mereka memiliki misi mulia untuk menciptakan “tatanan yang sempurna” dan memusnahkan korupsi dalam diri pemerintahan dengan menghancurkan seluruh peradaban (tanpa mempedulikan nyawa tak berdosa yang menjadi korban). Dalam Batman Begins besutan Christopher Nolan, terbersit penjelasan bahwa mereka jugalah yang bertanggung jawab menghancurkan peradaban Eropa Kuno melalui wabah Black Death. Bisa disimpulkan, mereka pulalah organisasi kejahatan tertua dalam list ini.

9. IRIS dan Athena

  791_Athena_Nowplay_Small_4

Kali ini kita beralih ke drama espionage Korea, IRIS menceritakan pertarungan antara para agen NSS (National Security Service) melawan organisasi teroris bernama IRIS yang bertujuan mencegah unifikasi Korea Utara dan Korea Selatan. Serial ini diikuti oleh spin off berjudul “Athena: Goddess of War” yang menceritakan aksi para agen rahasia yang bertugas melindungi program nuklir Korsel dari ancaman organisasi rahasia yang menamakan diri mereka Athena. Keren ya? Dari dulu pengen nonton serialnya tapi belum kesampaian hiks.

10. Akatsuki (Naruto)

  maxresdefault

Yup, ini pastilah organisasi kejahatan paling terkenal di dunia manga. Namanya berarti “fajar” dan nggak tahu kenapa, lambang mereka adalah “mega mendung” yang juga kebetulan jadi motif batik di Jawa. Tujuan mereka adalah menciptakan “kedamaian” dengan cara mereka sendiri. Organisasi misterius berangggotakan ninja-ninja dengan kekuatan super ini tak ayal menjadi favorit para penggemar anime. Gue bukan penggemar Naruto sih jadi nggak bisa nulis banyak tentang mereka hihihihi.

BONUS

Illuminati dan Freemason

  maxresdefault (1)

Dua organisasi misterius ini memang kerap muncul di berbagai film (semisal Da Vinci Code, National Treasure, Lara Croft: Tomb Raider, hingga Assasins Creed) karena memang terinspirasi ama organisasi rahasia yang diduga benar-benar ada. Salah satu bukti keberadaan mereka (allegedly) adalah gambar piramida dengan satu mata di puncaknya (“all seeing eye”) pada uang satu dollar Amerika. Mereka erat kaitannya dengan teori konspirasi dan banyak yang beranggapan bahwa mereka adalah organisasi yang menguasai ekonomi dunia. Benar atau tidaknya silakan kalian selidiki sendiri.

4 comments:

  1. Tentara Bolsevicks 'Anastacia' Bang Dave

    ReplyDelete
  2. Yeah Org. Jubah Hitam... Favorite Quotes Vermouth :
    "Secret makes woman, woman"

    ReplyDelete
  3. Yg Bonus itu emank beneran ada dan terburuk di dunia ini

    ReplyDelete