Saturday, February 1, 2014

10 RAMALAN KIAMAT YANG *GAGAL MANING*

 
doomsday-2012-teotwawki

Sempet dibikin heboh guys ma ramalan kiamat 2012? Atau kalian malah pernah jadi panik gara2 isu tersebut? Well, ramalan kiamat emang merupakan suatu hal yang menakutkan. Namun jika kita belajar sejarah, ternyata ramalan kiamat sudah ada sejak zaman dulu, bahkan jauh sebelum Masehi. Tapi waktu membuktikan bahwa 100% dari ramalan merupakan kabar bohong. Berikut ini adalah 10 ramalan kiamat paling heboh yang pernah mengguncang dunia, namun ending2nya ... gagal maning alias ... bo’ong ding :p


1. Ramalan Romawi

rome

Ini mungkin adalah amalan kiamat tertua di muka bumi. Para penduduk Romawi kuno percaya bahwa bumi akan hancur pada tahun 634 SM. Yap ... Sebelum Masehi! Mereka percaya bahwa Roma akan hancur setelah 120 sejak dibangunnya kota tersebut. Namun tentu hingga kini hal tersebut tidak terbukti bahkan Roma mendapat gelar “Eternal City” alias kota abadi. Namun guys, ini membuktikan bahwa ramalan kiamat udah ada sejak zaman dahulu kala, bahkan 2600 tahun yang lalu.

2. Tahun Genap

PostApocalypseLondon001_2039

Gue nggak ngerti kenapa banyak banget orang yang curiga dengan tahun berangka genap. Contohnya, di Eropa kuno, tiap kali ada tahun yang angkanya bagus, pasti dianggap sebagai akhir dunia. Berikut ini beberapa ramalan tersebut:

- Martinus dari Tours meramalkan bumi akan hancur pada tahun 400.

- Hyppolitus dari Roma, Sextus Julius Africanus, dan Ireneus meramalkan dunia akan kiamat pada tahun 500.

- Sextus Julius Africanus kembali meramalkan bahwa bumi akan kiamat pada tahun 800.

- Paus Sylvester II meramalkan dunia akan kiamat pada tahun 1000. Tapi angkanya emang bagus sih.

- Sabbatai Zevi meramalkan dunia bakal kiamat pada 1666. Angkanya emang serem sih. Apalagi pas itu terjadi bencana2 seperti wabah penyakit yang memakan korban hingga 100.000 jiwa, ditambah lagi dengan bencana kebakaran Great Fire of London yang membumihanguskan kota London sehingga membuat warga Inggris kalang kabut saat itu.

3. Ramalan dari Tokoh2 Terkenal

2012-doomsday-original

Nggak nyangka khan kalo tokoh se-ngetop Christopher Columbus pernah ngeramalin kiamat juga. Ia meramalkan dunia bakal hancur pada 1656 dalam bukunya “Book of Propechies” yang ditulisnya tahun 1601. Heran ... pas mabok ya dia? Bahkan ilmuwan kelas wahid semacam Isaac Newton juga ikut2an memprediksi bahwa bumi akan hancur pada tahun 2000. Hadeeeeeh …

4. Ramalan para Peramal Saiko

gb01

Para peramal palsu ini ikut2an meramaikan kancah top ten dengan ramalan2 gila mereka. Berikut ini beberapa contohnya:

- Richard Brothers meramalkan dunia akan kiamat antara tahun 1793-1795. Ia kemudian didiagnosis gila dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

- Joanna Southcott meramalkan dunia akan lenyap pada hari natal tahun 1814. Uniknya, dunia memang nggak kiamat, namun ia justru meninggal pada hari itu. Wah, jangan2 nih peramal beneran dan dia sebenarnya ngeramalin kematiannya sendiri?

- Elizabeth Clare mengaku sebagai nabi dan meramalkan bumi bakalan kiamat pada 1990. Pada akhirnya perempuan ini didiagnosis menderita ayan dan alzheimer.

- Nancy Lieder memprediksi bumi bakalan ditabrak oleh planet Nibiru pada Mei 2003. Ia mendapatkan ramalan tersebut dari seorang alien dari bintang Zeta Reticuli yang memberitahunya lewat implan yang mereka tanam dalam otaknya. Okeeeeee ... no more watching X-files for you, Nancy.

5. Komet Halley

hale-bopp-comet-end-world_11629_600x450

Komet memang sejak zaman dahulu dianggap sebagai pertanda buruk. Ketika komet Halley datang pada 1910, banyak yang menganggapnya akan membawa bencana bagi umat manusia. Kalo dipaksa2 pake alasan yang ilmiah dikit (dikiiiiit banget), mereka beranggapan debu yang dibawa oleh ekor komet itu mengandung gas beracun yang akan memusnahkan kehidupan di muka bumi. Hal itu emang nggak terbukti guys, tapi ada cerita unik lho mengenai komet Halley dan penulis novel terkenal, Mark Twain. Jadi Mark Twain lahir pas komet Halley melintas pada 1835. Menariknya, ia pernah mengatakan bahwa ia akan “pergi bersama komet” dan benar, ia meninggal pada 1910 saat komet itu kembali melintas.

6. Jupiter Effect

jupiter-effect

Teori Jupiter Effect emang pernah terkenal tapi gue nggak yakin apa kalian masih ingat ama ramalan yang satu ini. Teori ini muncul tahun 1974 oleh dua orang ahli astrofisika bernama John Gribben dan Stephen Plagemann yang mengatakan bahwa 10 Maret 1982, kesembilan planet akan berjajar dalam satu garis sehingga menciptakan gaya gravitasi yang amat kuat yang akan memusnahkan kehidupan di bumi. Secara teori ini muncul dari dua akademika dan berbasis ilmiah, sempet bikin orang2 panik juga. Nyatanya walaupun nggak seheboh teorinya, namun Jupiter Effect ini memang memberikan dampak bagi kehidupan di bumi, yakni kenaikan air pasang setinggi 0,04 mm saat kesembilan planet tersebut berjajar menjadi satu. Hmmmm ....

7. Heaven’s Gate

mkh

Kasus ini merupakan kasus ramalan kiamat paling tragis dalam sejarah. Marshall Applewhite, pemimpin sekte Heaven’s Gate meramalkan dunia bakal hancur pada 26 Maret 1997 pada saat komet Hale-Bopp melintas. Tak hanya itu, dia juga mengajak 38 pengikut setianya (termasuk dirinya sendiri) melakukan bunuh diri massal. Kasus yang hampir sama terjadi di Jepang pada 1995 dimana sekte sesat bernama Aum Shinrikyo meramalkan bahwa dunia akan kiamat dan melepaskan gas sarin di stasiun kereta bawah tanah Tokyo, menewaskan 13 orang. Yang mengerikan, sekte ini hingga sekarang masih ada dan tak bisa dibubarkan karena undang2 “kebebasan beribadah” di sana.

8. Nostradamus

3712-apocalypse-2012-december-21-gangnam-style-psy-nostradamus-theory-date
*Hah? Nostradamus pernah ngeramalin Gangnam Style???*

Siapa sih yang kenal ama nama ini? Semua orang pasti dibikin ngeri ama ramalan2nya yang sudah terkenal seantero jagad. Bahkan konon ia pernah ngeramalin kedatangan Hitler ampe peristiwa 11 September lho. Nah, masih inget khan heboh kiamat pas tahun 1999 satu dekade lalu. nah, ternyata ramalan Nostradamus nih biang keroknya, soalnya ia pernah menulis bahwa “Sang Raja Terror” akan “turun dari langit” pada 1999. Banyak yang mengartikannya sebagai kiamat. Hal ini diperkeruh dengan rumor yang mengatakan pesawat luar angkasa Cassini akan jatuh ke bumi. Celakanya, pesawat tersebut berbahan bakar nuklir dan dikhawatirkan akan menyebarkan bencana. Namun hal tersebut lagi2 nggak terbukti.

9. Y2K

y2k_checklist

Kalian pasti masih inget ama kasus Y2K yang pernah menghebohkan pas pergantian millenium 2 pada tahun 2000. Y2K merupakan singatan “Year 2 Kilo” atau tahun 2000. Masalah timbul karena komputer menyimpan angka tahun dalam dua digit, sehingga akan 00 akan bisa dbaca sebagai tahun 1000 atau 2000. Banyak yang meramalkan peristiwa ini akan melumpuhkan semua sistem komputer di dunia dan masyarakat akan kembali ke kondisi primitif. Namun ketakutan itu tak terbukti, sebab masalah tersebut ternyata dapat dengan mudah ditangani. Kejadian terburuk cuman mesin gesek kartu kredit yang tidak bekerja.

10. Large Hadron Collider

lhc-cms
*keren juga*

Large hadron Collider adalah mesin terumit, tercanggih, sekaligus terbesar yang pernah dibuat oleh umat manusia. Mesin ini berupa terowongan sepanjang 27 km yang terletak dari Prancis hingga Jenewa, Swiss. Tujuan mesin ini hanya satu: untuk menemukan partikel Higgs-boson atau yang lebih dikenal sebagai “Partikel Tuhan” yang konon merupakan partikel yang memberikan massa pada semua entitas yang ada di alam semesta. Namun banyak yang menduga mesin ini bakalan jadi pedang bermata dua, sebab selain bisa menjelaskan misteri terbesar alam semesta, mesin ini juga dicurigai mampu menciptakan lubang hitam yang akan menghisap seluruh kehidupan yang ada di muka bumi ini. Apakah mesin ini bakalan membawa dunia pada kehancuran? Kayaknya bagus nih buat dibikin film fiksi ilmiah.

BONUS:
2014

ragnarok

Oke guys, kali ini gue bakalan memberikan prediksi kalo bumi bakalan kiamat tahun 2014 ... hahaha seru khan? Menurut legenda Norse, perang terakhir dalam mitologi yang disebut dengan Ragnarok akan terjadi 22 Februari 2014. Percaya atau tidak?

8 comments:

  1. ragnarok? wah jadi inget sama filmnya :D
    oh ya buat satu pisting begini butuh berapa lama bang ngum[ulin infonya? belum lagi harus diketik lagi. wuih keren deh bang Dave bisa nyempetin waktu buat bikin artikel keren yang tambah pengetahuan kaya gini. :D
    dan kutuk aja itu para silent readers yang baca gratisan tapi ga komen *digetok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepet kok, orang ini juga comot dari wikipedia *plaaaak* hahahaha...paling beginian mah nggak nyampe sehari kelar, yg lm tuh ngumpulin urban legend segala macem,,,

      iya nih wajib digetok, apalagi yg readers cewek2 tapi nggak ngajak kenalan *PLAAAAAK*

      Delete
    2. hahahhaaa.
      Annyeonghaseyo yeorobun, Je iremeun ella imnida
      Bangapseumnida :D
      *digetok admin

      Delete
    3. bang dave -_- gua inas bang ... jangan digetok bang ...

      Delete
  2. Ini tanggal 22. -__- makan tuh ramalan

    ReplyDelete
  3. AQ TAKUT DI GETOX, SO ,,, Q NITIP CORETAN YAA
    MAKASIH ATAS BACAAN YAGN DISUGUHKAN, AKU SUKA AKU SUKA

    ReplyDelete
  4. TOOOKKKK!!! IYA2 OM ADMIN...NI ANE KOMENNN....Keren Gan.Riddle Nya d Tambah Lg Donggg....

    ReplyDelete
  5. Tapi sekarang udah akhir tahun 2015 bang...jadi ramalan bang dave juga...gagal maning..hahahahaha.*tertawa jahat*

    ReplyDelete