Saturday, February 1, 2014

NEW YEAR, NEW SPIRIT (CURHATAN ADMIN)

 

Chinese-New-Year-2014-Wallpaper

Gong Xi Fa Cai everyone, Happy Chinese New Year!!! Sebenarnya admin nggak ngerayain Imlek sih hehehe tapi nggak apa-apa lah. Admin dari kemaren pengen bikin postingan curhat buat nge-recap segala kegiatan admin selama setahun ini, mumpung masih suasana New Year sekaligus mengawali tahun 2014 ini. Tapi sekalian aja deh bikinnya pas Tahun Baru Cina biar lebih meriah hohoho. Admin jadi inget, tahun kemaren admin pernah curhat bakal ngurangin postingan admin, tapi perasaan malah makin banyak ya hahaha *plaaaak*. Emang admin orangnya nggak konsisten gitu. Tapi mau gimana lagi. Beberapa bulan ini cuaca emang jelek banget, admin jadi nggak bisa keluar rumah, jadi kerjaan admin di dalam kosan mulu. Mau keluar malah ujan, banjir, ama macet (namanya juga Jakarta). Akhirnya nge-blog lagi deh kerjaannya. Padahal bulan ini banyak hari libur hiks. Lagian buat admin, nge-blog tuh udah jadi semacam kecanduan, jadi susah berhentinya. Tapi kecanduan yang positif dong, daripada kecanduan goyang oplosan hehehe *plaaak lagi*

Pertama admin mau nunjukin suasana Natal di gereja admin di Jakarta, yakni gereja St. Stefanus di Cilandak. Sialnya, gue cuman bisa ngiler doang ama gigit jari men, soalnya Natal tahun 2013 admin rayain di gereja gue di Solo. jadi gue nggak ngalamin misa di gereja ini. Keren banget khan dekornya ….

Misa Natal2 resize

Misa Natal1 resize-1

Dekor Natal halaman 1

Admin juga mau cerita dikit nih tentang suasana Chinese New Year di sini. Secara admin kerjanya di lingkungan yang banyak kaum Tionghoa-nya, maka perayaan Imlek di tempat kerja admin meriah banget. Anak-anak (gue kerjanya di sekolah) juga kreatif banget bikin perayaan Imleknya. Untuk perayaan Imlek di sekolah, host-nya bukan guru melainkan anak2 SMP. Mereka kreatif lho, jadi pertama2 mereka bagi2 amplop angpau ke para penonton. Yang pasti langsung heboh dong penontonnya rebutan angpau. Tapi begitu dibuka ternyata amplopnya kosong. Ternyata intinya, perayaan Imlek tuh bukan hanya soal duit aja, melainkan kebersamaan bersama keluarga ama teman2. Wah, setuju banget tuh.

Perayaan Imlek tahun ini emang heboh banget (mumpung shio-nya keren, kuda), soalnya party-nya aja ampe 2 kali. Pertama di sekolah bareng anak2, dan yang kedua acara khusus guru2 di mess-nya sekolahan. Kebetulan mess sekolah ini baru aja diresmiin 2 bulanan yang lalu gitu, jadi sekalian selamatan. Sayangnya yang datang dikit, gue aja ampe diculik pas mau pulang kerja hehehe. Tapi diculiknya pasrah dong soalnya bisa makan gratis hahaha.

Ekspresi readers: “Kasian ya sekolahannya punya pegawai beginian ...”

Buat informasi aja, yang tinggal di mess itu kebanyakan guru2 ekspatriat. Yang ngerayain Imlek di sini juga nggak cuman WNI berdarah Tionghoa aja tapi juga orang2 Chinese yang langsung diterbangkan dari daratan Cina (gue menyebut mereka para “Original” *gubraaaak, kebanyakan liat Vampire Diaries*). Banyakan sih mereka kerjanya sebagai guru bahasa Mandarin gitu. Nah senengnya nih kerja di lingkungan dengan banyak ekspatriat gini kita bisa belajar dikit soal kebudayaan mereka (dan bonusnya bisa makan makanan tradisional mereka hehehe).

Pas persiapan party gue nggak bisa ngebantu banyak, soalnya gue nggak bisa masak. Tapi untungnya gue bisa bantuin para guru2 Chinese yang langsung datang dari daratan Cina tadi buat bikin kue tradisional Cina bernama “dumpling”. Cara buatnya gampang banget, pertama2 adonan tepung digiling ampe bentuknya bulat pipih, lalu tengahnya dikasi isi berupa potongan seledri, lalu dibentuk mirip lumpia. Kemudian tinggal di-bake dan makannya dengan cara dilumuri saus khusus. Rasanya “yummy” banget dan kata salah satu colleauge gue yang dari Cina itu, kue ini hanya muncul pas tahun baru aja. Wah gue beruntung banget ya hehehe. Pas ngobrol ama mereka gue juga jadi tahu kalo “fortune cookie” (kue yang kalo dimakan, di dalamnya ada kertas ramalan yang memberitahukan keberuntungan kita) ternyata tuh bukan makanan Cina, melainkan asli Amrik. Mereka aja ngaku kalo belum pernah makan kue tersebut.

Masakan2nya wow banget lho guys. Buat wakil dari Cina ada bebek Peking (gede banget bebeknya) dan gue sempet liat pas mereka motong2 bebeknya. Lucunya, pas mereka motong bagian brutu (pantat) bebeknya sambil bilang, “We don’t eat this.” Hahahaha....kalo di negara kita mah itu dah jadi delicacy kali (soalnya banyak banget dagingnya guys, gue aja sayang ngeliatnya dibuang). Selain itu ada pula makanan2 asli Filipina yah sumveeeeeh enak banget. Ada ayam bumbu yang dipotong2 terus disajikan di dalam sejenis keripik. Ada juga ikan panggang yang enak banget, di dalamnya dikasi potongan2 kentang gitu. Pokoknya bikin ngileeeer deh. Sebagai makanan penutup, ada cocktail buah yang kentel dan enaaaaak banget. Dan akhirnya wakil dari Indonesia ada sate yang juga ternyata disukai ama guru2 ekspatriat itu.

Pas party-nya langsung aja guru2 dari tiap negara menunjukkan kebolehan mereka secara spontan (soalnya emang nggak ada persiapan). Guru2 dari Filipina (orang2 Filipina tuh ramah2 dan baik2 banget lho guys orangnya) langsung unjuk gigi menarikan tarian tradisional mereka, walau dengan perkap seadanya. Terus seorang guru Mandarin yang cantik banget juga menari bagus banget gitu. Tariannya energik dan akrobatik banget. Sebelumnya di sekolahan, juga ada guru Mandarin cewek yang memainkan alat musik gesek tradisional Cina yang kereeeeeeeeeen banget. Wah jadi bersyukur banget kerja di sini (walau kalo ngobrol kita wajib pake bahasa Inggris).

Nah masalahnya nih, pas tiba giliran Indonesia .... waduuuuuh mau nari apa nih, pikir gue. Soalnya cuman ada tiga pilihan yang terbersit di kepala gue:

A. Goyang Itik

B. Goyang Oplosan

C. Goyang Kereta Malam

Ketiganya dijamin bakal mencoreng nama bangsa dan tanah air kita di mata dunia internasional. Untungnya nih ternyata guru Indonesia (gue kagak ikutan) justru nari Poco Poco. Waduuuuuh selamet deh hehehe .... Dan ending2nya kita semua nggak mandang ras ama nationality nari bareng dengan iringan lagu “Al Se Ue Te Pego” yang wooooow banget ...

 

http://www.youtube.com/watch?v=qJP53zgHb5g

Well, if I can be honest, I never had a party as crazy as this hahaha. Gue aja ampe pulang jam 10 malem, capeeeeeek banget. #capek goyang maksudnya hahaha# Gue sih pulang dengan tenang, tapi di mess guru yang barusan gue tinggalin ….

“Lho … lho … garpu ama sendok kita semua kok ilang???”

“Ih … ih … kantung sampah yang isinya sisa2 makanan kita di keranjang sampah juga ikut ilang …”

Nah, curhat perayaan Imlek udah ... sekarang curhat masalah blog nih guys. Buat bulan2 ke depan di tahun 2014 ini, gue nggak akan cuman menghadirkan urban2 legend ama riddle, tapi juga cerpen2 dan cerbung2 horor. Buat cerpen, bedanya ama urban legend, mereka bakalan agak panjang. Tapi tetep lah bisa dibaca sekali duduk. Sedangkan untuk cerbung alias “cerita bersambung”, admin bakalan menghadirkan cerita horor Jepang berseri yang hopefully aja bisa gue posting tiap minggu. Tujuannya tentu biar para readers tetap setia mengunjungi blog admin ini hehehe. Tapi itupun jika para readers setuju lho.

Ada hal lain yang juga pengen admin curhatin ke kalian. Beberapa dari kalian mungkin udah tau ama yang namanya blog “Saya Underworld”. Blog itu isinya urban2 legend asli Jepang yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Namun sayang, admin-nya agak rese. Soalnya dia melarang keras buat siapapun meng-copy paste hasil terjemahannya ataupun menerjemahkannya ke bahasa lain. Padahal cerita2 yang ia terjemahkan pun sebenarnya cerita2 “anonymous” yang beredar dengan bebas di internet. Dan perlu readers camkan baik2 #galak mode on# bahwa ADMIN MENGAKU BACKPACKER SAMA SEKALI NGGAK PERNAH MENERJEMAHKAN CERITA2 DI BLOG INI DARI WEBSITE SAYA UNDERWORLD!!!

Kalaupun ada cerita2 yang sama, mungkin itu hanya kebetulan soalnya admin menerjemahkan dari blog lain (kemungkinan admin dari blog lain itulah yang meng-copy paste tanpa seijin Saya Underworld, tapi itu kan bukan salah gue). Beberapa bahkan gue terjemahin dari bahasa Jepang pake Google translate. Soalnya admin sempat terganggu sama salah satu blog yang menyebut gue nerjemahin salah satu postingan yang berjudul “10 Days Dream” dari blog Saya Underworld. Padahal gue dapet postingan aslinya dari sebuah blog di tumblr. Jadi sebelum gue kena fitnah atau dapet komentar nggak enak nantinya, gue pengen menginformasikan ini aja ke para pembaca semuanya.

Blog Saya Underworld emang gue akuin blog yang keren. Sayangnya adminnya tuh lho pelit banget. Padahal Share is Caring, right? Yang ia terjemahin juga bukan hasil tulisannya kok. Siapa sih admin Saya Underworld ini? Ih, bete banget. Fotonya aja kagak ada di laman blognya. Kenapa, malu ya? Kalo malu kayak gue dong, berani pajang foto tapi cuman ukuran 1x1 cm *gubraaaak* Gue yakin mukanya pasti kayak gini ....

 

Japanese actress

beautiful-japanese-girl-model-02

beautiful-japanese-girl-model-05

*lho .. lho ... kok malah cantik dan sexy????*

Don’t get me wrong guys. Gue emang salut ama kerja keras admin Saya Underworld. Tapi next time, please remember “Sharing is Caring” dan gue sendiri nggak keberatan kok para readers copas hasil kerja keras gue (asal dikasih aja link sumbernya). Semua ini nunjukin kalo admin tuh sangat peduli dan sayang ama semua pembaca blog admin.

#readers cowok langsung merinding####

Untunglah kebetean admin berkurang ketika admin nemuin sebuah blog yang temanya kira2 sama dengan Saya Underworld dan adminnya pun cukup baik hati. Dari situ gue punya banyak materi buat diberikan ke readers sekalian. Tapi untuk saat ini identitas blog tersebut masih gue rahasiakan, soalnya gue mau posting riddle2 terbaru dan jawabannya kebanyakan ada di blog tersebut. Nggak seru dong kalo readers langsung tau jawabannya hehehe. Tapi moga2 bulan depan gue bisa ngungkapin alamat blog tersebut biar readers sekalian bisa menikmatinya.

Oya ada hal lain yang cukup menganggu benak admin. Karena makin banyak postingan ber-tag urban legend di blog ini (padahal judul blog-nya “Mengaku Backpacker”, nggak nyambung kan?), terbersit ide untuk membuat blog baru yang isinya khusus tentang urban legend gitu. Jadi isi blog-nya full yang serem2 (kalo di sini kan campur2 ama kegilaan admin). Kira2 readers setuju nggak sih?

Kalo gue sendiri sih sebenarnya agak berat kalo disuruh ngurusin dua blog, apalagi Jakarta banjir terus *apa hubungannya* Kalo bisa sih admin lebih senang dengan satu blog ini aja. Tapi ada gosip kalo Google (yang punya Blogger) nggak suka ama blog tipe gado2 gini. Dan takutnya itu mempengaruhi traffic blog admin alias blog ini bisa2 ‘diusir” dari laman pencarian Google. Terbukti dengan traffic blog admin menurun drastis dari 4.000an visit per hari jadi 2.000-an per hari. Huh, jadi bingung ....

images (2)

*ilustrasi admin yang lagi bingung mikirin blog kedua*

Terus kalopun admin punya blog baru, kira2 admin kasih nama apa ya? Mungkin buat nyaingin Creepypasta bakal gue namain “Creepysh*t” atau kalo nggak, buat nyaingin Saya Underworld gue bikin judul blognya “Admin Underwear” #GUBRAAAAAK###

Nah itu guys curhatan admin selama tahun baru Cina ini. Semoga di tahun ini blog admin semakin mendunia *plaaaak* dan makin berbobot isinya. Pembacanya juga moga2 tambah banyak. Maka dari itu, admin minta bantuan para readers dong buat mempromosiin blog ini ke teman2 (apalagi kalo ada temen cewek Bandung yang cakep #PLAAAAK#). So that’s all guys, new year .. new spirit ... better life, hopefully!!! Never walk, but run ... run like a horse!!! #walah malah jadi “Running Man”###

5 comments:

  1. gak gak!! jangan bikin blog kedua, kamu kan bilang blog adalah apa yg menggambarkan dirimu sendiri, dibikin dua jadi personality disorder dong #plak what. Ingat , baca cerita horor juga backpackeran kok, bedanya di dunia tulisan dan cerita hantu, bukan kota dan dunia ! aku gk mau kamu bikin blog kedua karena pastinya bakalan nambah blog langgananku #JADIITUALASANNYA . HIDUP MENGAKUBACKPACKER

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooo ... jadi backpackerannya ke dunia go'ib gitu? *bener juga sih*

      terus ... terus ... postingan yg gue banget ==> postingan ttg cerita hantu dan arwah2 penasaran gitu? iblis dong gue?

      ya sih, gue juga males bikin dua blog hiks, nanti gue kepribadian ganda, di sini jadi dave, di blog satunya jadi mimin :p

      Delete
  2. Baca makanan2, jadi laper.

    Udaaahh pake blog ini aja ^_^. Biarin campur2 ada urban legend, ada riddle, ada yg humor2 juga. Biarkan menjadi ciri khas blog ini.

    Btw, itu kenapa foto pacar saya ngeksis? #nunjuk kangin suju
    Admin ngambilnya gak bilang2 nih heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru karena isinya nyampur2 gitu jadi nggak punya ciri khas,,, tapi mungkin ciri khas blog ini adalah tidak memiliki ciri khas #puyeng#

      iya, soalnya fotonya mirip sih ama admin hehehe *tapi liatnya sambil merem*

      Delete
  3. begini juga uda pas sih min
    emank dari awal tuh campur2 kan (about traveling and other things)
    ntar kalo dibikin blog keduanya ribet...ganti nama blog juga ribet :'(

    ReplyDelete