Saturday, January 17, 2015

RIDDLE #4: DIARY

 

DIARY

DIARI

level: hard

 

15 Desember

Bagaimana ya cara memulai diari ini? Aku dan adik perempuanku kehilangan orang tua kami gara2 kecelakaan mobil tahun lalu. Adik perempuanku mulai belajar di luar negeri musim semi ini. Jadi ini pertama kalinya aku akan melewatkan musim dingin dan Natal tanpa adikku. Omong-omong, adikku memberikanku diari ini sebagai hadiah Natal tahun lalu. Namun baru kali ini aku menulisnya untuk mengusir rasa kesepian karena kepergian adikku. Kurasa hanya itu yang bisa kutulis hari ini. Aku akan pergi tidur. Selamat malam, adikku.

16 Desember

Aku memegang pena, namun kesulitan untuk menulis. Bahkan jika aku mencoba menulis kenanganku bersama adikku, tanganku terasa sulit untuk kugerakkan. Aku benar2 merindukan adikku.

17 Desember

Aku diundang ke pesta Natal bersama-sama teman-temanku. Ah, seandainya adikku ada di sini pasti kami akan pergi ke pesta itu bersama-sama.

18 Desember

Wajah adikku tiba2 muncul di benakku. “Kakak, aku baik-baik di sini”, ia berkata begitu. Namun aku tidak. Aku benar2 merindukan adikku.

20 Desember

Aku menyesal aku tak membelikan kado untuk adikku tahun lalu. Aku tak punya uang saat itu. Aku benar2 merindukan adikku. Aku benar2 ingin bertemu dengannya.

21 Desember

Aku ingin bertemu dengan adikku. Aku akan mulai mengumpulkan uang untuk pergi ke Amerika Serikat sehabis Natal nanti.

22 Desember

Aku ingin bertemu dengan adikku.

Aku ingin bertemu dengan adikku.

Aku ingin bertemu dengan adikku.

Aku ingin bertemu dengan adikku.

Aku ingin bertemu dengan adikku.

23 Desember

Adikku meneleponku! Bahkan aku menerima kiriman kado natal darinya. Benar2 kejutan! Aku benar2 menyayangimu, adikku!

24 Desember

Aku sudah memutuskan akan menemui adikku! Aku bukan seorang kakak jika tidak memiliki adik! Ini akan menjadi tulisan terakhir di diariku.

25 Desember

Selamat Natal! Adikku menelepon lagi. Katanya ia sedang merayakan Natal bersama teman2nya. ia juga mengatakan ia akan kembali ke Jepang. Padahal aku hampir saja berangkat ke Amerika Serikat. Tapi tak apa. Aku bisa menggunakan uangnya untuk membelikan kado Tahun Baru untuk adikku.

27 Desember

Aku benar2 tak percaya ini! Berita di televisi mengatakan pesawat tujuan Jepang yang dinaiki adikku telah jatuh dan tenggelam di laut.

64 comments:

  1. Tunggu deh ada yg janggal disini. It has something to do with the date he writes the diary, right? Kakaknya gak nulis diari tanggal 19 sama tanggal 26. Ada apa dengan tanggal2 itu?

    FA

    ReplyDelete
  2. Tgl 19 dan 26 Desembernya ga nulis ya?
    Tgl 24 dia bilang akan nenjadi tulisan terakhir di diarinya, tapi tgl 25 dan 27nya masih tetap menulis?.. Mmhh... (#efek blm sarapan, blank)
    --N--

    ReplyDelete
  3. jadi? bener2 ga nyambung buat aku -___-

    ReplyDelete
  4. tanggal 24 desember "ini akan menjadi tulisan terakhirku" tapi dia masih menulis sampai tanggal 27 desember

    ReplyDelete
  5. Kok adiknya jatuh ke laut kakaknya biasa aja gk ada sedih sedihnya -_- kayaknya emang kakaknya pengen adeknya biar mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas adenya mau pulang ke jepang pesawatnya jatoh, kakaknya bener" sedih setelah itu, bahkan dia sampe ga bisa nulis apa pun tentang adenya karena udah sedih banget, "aku" ini bener" frustasi banget, jadi akhirnya dia bunuh diri,, coba baca dari tanggal 15,17,21,23,25,27,16,18,20,22,24

      Delete
    2. Berarti kakanya ikutan mati ya :')

      Delete
  6. yup seperti bisa gue tebak cuman riddle ini yg belom kejawab. setelah gw test di grup line, kesimpulannya level riddle ini dah bukan hard tp extreme ...

    clue: perhatikan tanggalnya dan rasakan emosinya

    ReplyDelete
  7. Adiknya diculik?


    -GN

    ReplyDelete
  8. Apa si kakaknya merindukan adiknya dan ingin ketemu karna ingin membunuh dia? Haduh pusing -,-

    ReplyDelete
  9. tahunnya masing2 tanggal beda2
    bener ga min??

    ReplyDelete
  10. jadi ,
    bacanya dari tanggal 25... trus adiknya kecelakaan .. makannya dia bilang hadiah dari adiknya tahun lalu.. abis baca 25, baru ke paling atas.. ceritanya dia nyesel ga beliin adiknya kado sebelom adiknya mati..

    ReplyDelete
  11. Maap ni masih amatir, jd maap klo jwabnnya salah
    Mnrutku, pas tgl 15 si kakak kyknya kepian bgt
    Puncak kesepiannya kerasa bgt waktu tgl 22
    Pas tgl 2 3si kakak kyk seneng bgt tuh
    Tp pas rgl 24 kerasa dia kyk terobsesi bgt ama adeknya
    Tp 27 aneh cuma itu rasa yg aq tangkep, tp aq g tau knp hehehe
    Kyk orang lain yg nulis diary ditgl itu
    --M--

    ReplyDelete
  12. Kayaknya pas tgl 18 itu kakaknya dpt firasat,trs tgl 19 itu dpt kabar kalo adeknya meninggal trs depresi jd g nulis diary, trs habis itu kan dy nyesel bgt g ngasih kado natal, kata2nya kayak orang yg g bakal bs ketemu lagi.trs dia mau ke AS ngurus kematian adeknya kali ya '-' terus ps tgl 24 itu dia udh mau nyusul trs mungkin habis nyusul ke AS itu dia mau bunuh diri (?) Trs malah pas tgl 25 nya mayat si adek mau dikembaliin ke jepang,trs pas tgl 27 nya kabar pesawat yg jatuh,jd mungkin yg di pesawat mayatnya doang jd kakaknya g terlalu sedih. Ah gaktau lah min, lebay bgt jawabanku
    -NL

    ReplyDelete
  13. Yg nulis setelah itu adeknya kali. LOL NGACO OTAK GUE KENAPA BANG

    ReplyDelete
  14. kakaknya bunuh diri,mungkin dia salah nulis tanggal

    "Aku sudah memutuskan akan menemui adikku! Aku bukan seorang kakak jika tidak MEMILIKI adik! Ini akan menjadi tulisan terakhir di diariku."

    ReplyDelete
  15. Bang bang itu kalo dibaca dari bawah ke atas kok rada nyambung ya bang

    -Passerby

    ReplyDelete
  16. Si kakak sbenarnya pengen adiknya mati? Karena tanggal2 d akhir tahun kan biasa nya cuacanya buruk. Dan dgn jatuhnya pesawat si adik d laut maka doa si kakak terkabul dong :v . Mirip kejadian Air Asia yg jg jatuh d laut ketika menjelang akhir tahun .. - G. Ruswani

    ReplyDelete
  17. 1.jika kita melihatnya , sepertinya diary ini ditulis oleh 2 org/lebih dan seorang berkpribadian ganda , karena adanya perubahan emosi
    2.sebelum tanggal 19 , orang ini emosinya biasa aja dan terkesan normal (orang pertama)
    3.selama rentang tanggal 20-24 , tampaknya orang ini terlalu ambisius dan terkesan berlebihan.Dia menyebut ` merindukan adikku ` berkali kali
    4.tanggal 25 , kepribadian kedua nya muncul karena dia berjanji tidak akan menulis lagi , tapi tetap menulis
    5.tanggal 27 orang pertama sepertinya kembali menulis karena emosinya yang ' datar '


    ~panggil saja aku fransiskus

    ReplyDelete
  18. dari tanggal 15-18 seorang kakak itu rindu terhadap adiknya tapi jika dia ingat mesti sakit (biasa). dari tanggal 20-24 seorang kakak rindu sekali sampai ngebet pengen ketemu adiknya tanggal 25 ini aneh... "menggunakan uangnya untuk kado adikku. tanghal 27 seorang kakak tidak gelisah atas berita kecelakaan yg ditumpangi adiknya #ngarang

    ReplyDelete
  19. diary of zchizofrenia???

    ReplyDelete
  20. OFFICIAL ANSWER: daripada spekulasi berkepanjangan mending gue aja yg jawab:

    TANGGAL GANJIL DITULIS TAHUN KEMARIN
    TANGGAL GENAP DITULIS TAHUN INI

    ReplyDelete
    Replies
    1. aje gile bacanya.......saking sedihnya ampe si kakak akhirnya menyusul sang adek......garaa2 kak Dave nih...

      Delete
    2. saya sudah menduganya min (saat baca yang tanggal 24), bahkan sebelum baca komentarnya
      karena saat baca, rasanya seperti menulis tahun selang seling (di pikiran saya).
      T_T tapi saya jadi sedih bacanya, min.
      T_T

      #007

      Delete
    3. aaahhh udah di jawab.. padahal berharap bgt blm ada yg jawab.. ternyata di bocorin jawaban nya.. T_T
      btw salam kenal semua.. akhir" ini saya lg suka bgt nebak" riddle.. jadi baru bsa baca blog ini, itu juga karna nyari di google >.<
      ternyata bnyak juga ya peminat riddle :3

      Delete
    4. Baru liat blog ini.. suka..
      Coba aja blm dijawab.. urut-urutan tanggal gue:23,21,25,15,27,20,22,18,17,16,24. Salah di 17 sama ga urut -.-

      Delete
  21. Berarti si "aku" mau bunuh diri dong :v. Kan dia bilang "aku sudah memutuskan akan menemui adikku!"

    ReplyDelete
  22. nah berarti tanggal 24 bener2 tulisan terakhir di diary itu....
    wait... kakaknya bilang dia mau nyusul adiknya.... jadi dia mau bunuh diri? *gasp*

    ReplyDelete
  23. 15 Desember

    Bagaimana ya cara memulai diari ini? Namun baru kali ini aku menulisnya untuk mengusir rasa kesepian karena kepergian adikku.

    Tahun lalu kan belum pernah nulis diari dia bang? o.O

    ReplyDelete
  24. Jadi kakanya mau bunuh diri !!!

    ReplyDelete
  25. jadi. baca dlu yang thun kmaren (tanggal ganjil).. trus bca yg thun ini (tanggal genap) intinya kakax mau bnu diri "Aku sudah memutuskan akan menemui adikku"
    kan adenya sdah mati gra" kecelakaan pesawat
    #mery~

    ReplyDelete
  26. Ohhhh begonoh bang, jadi adekny kecelakaan taun kmren, trus si kakak mau menyusul si adek bunuh diri,, ����
    Sayaanng adeek sayaaang adeeek

    ReplyDelete
  27. Oh... klo dbca ky yg bang Dave bilang, baru pas sekali. Jadi kk ny itu mau bunuh diri, nyusul adeknya.
    -Revioura-

    ReplyDelete
  28. Jadi setelah dia kehilangan adiknya, dia ingin menyusul adiknya (mati).
    gitu ya?

    ReplyDelete
  29. itu to jawaban nya

    ReplyDelete
  30. ini sih gak ngeri tapi malah dapet feel nya :'(

    ReplyDelete
  31. tragis seh menurutku :'v pas tanggal 24 desember dia mau nemuin adeknya/? alias bunuh diri yes? jawab ya vid :v

    -nok-

    ReplyDelete
  32. anehnya pas tgl 25 (taun kemarin) si kakak blg, "aku bisa menggunakan uangnya untuk membelikan kado untuk adikku."

    tapi tgl 20 (taun ini) si kakak blg kalo dia menyesal karena taun lalu dia gapunya uang untuk mbeliin kado buat adeknya.

    gimana?

    ReplyDelete
  33. bang dave baca ceritanya beginikan 15,17,21,23,25,27,16,18,20,22,24

    ex: arimkm

    ReplyDelete
  34. adiknya udah mati tahun lalu (diari yang tanggal ganjil), kakaknya bunuh diri tanggal 24 karna dia ingin bertemu adiknya (tanggal genap diari tahun ini, tanggal ganjil diari tahun lalu)

    ReplyDelete
  35. Kasian kakaknya bunuh diri sehari sebelum natal

    ReplyDelete
  36. ini masih normal bagi gue, apa krn gue calon calon psikopat ya? hahaha
    cluenya pertama dari tgl 24. dia bilang mau nulis terakhir diari di tgl tsb tp nulis lg tgl 25 dan tgl 27, kenapa ga nulis di tgl 26 mengeskpresikan kesenangannya?
    setiap tanggal ganjil sebelum tgl 27, emosi kakaknya ini "kangen karena ditinggal pergi"
    setiap tanggal genap, emosi kakaknya ini "kangen kareng ditinggal mati"
    2 hal yg berbeda, ini gampang dipahamin kalo misalkan ngerti dan bacanya konsen haha semoga bener

    ReplyDelete
  37. mungkin si kakak udah mati dan seneng pas denger adeknya kecelakaan di pesawat alias bisa ketemu dengan cepat :v

    ReplyDelete
  38. Menurut urutan saya dari tanggal diari ini adlh 15,17,21,23,25,27,18,20,22,24
    Di tanggal 24 udh ketauan banget kalo si adek udh meninggal gara gara kecelakaan pesawat dan si kakak niat nyusul si adek :v

    Nice riddle
    Maaf kalo salah atau susah dipahami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bacanya dari 15, 17, 20, 21, 23, 25, 27, tahun berikutnya 16, 18, 22, 24 (akhirnya dia bunuh diri)

      Delete
  39. Td di tanggal 25 dia bilang punya uang buat tahun depan, tp di tanggal 16 dia bilang nggak punya uang. Itu kalo dibaca dari ganjil baru genap.

    ReplyDelete
  40. Jadi Dari bawah baca nya kan min ? Jadi stiap tgl yg di lewat ITU tuh tahun nya ganti?

    ReplyDelete
  41. GUE NGERTI!!!
    itu si kakaknya mulai nulis dari tanggal 27 (tanggal paling akhir) kalo dibaca dari bawah ke atas nyambung. Soalnya adeknya meninggal pesawat, dan kakaknya ikutan bunuh diri. Karena ada keterangan "adikku menelponku!" Dan adiknya juga bilang "kakak aku baik2 saja disini" tandanya dia tenang disana/?
    Dan tanggal 15 paling atas itu pas terakhir. Terus kakaknya bunuh diri.

    Bener kaga-z-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bacanya dari 15, 17, 20, 21, 23, 25, 27, tahun berikutnya 16, 18, 22, 24 (akhirnya dia bunuh diri)

      Delete
  42. Coba baca dari yg tanggalnya genap dulu, kemudian baca yg tanggalnya ganjil. Nanti nyambung deh...

    ReplyDelete
  43. Emm.. mungkin.. di tanggal 19 dia sdh tau klo adeknya bkl meninggal jdi dia ygvmau terbang ke amerika.. karena adeknya bersikeras akhirnya dia gk jadi ke amerika dan adeknya yang ke jepang.. trs pada tanggal 26 pesawat adekx jatuh dan tanggal 27 dia gak kaget kalo pesawat itu bakal jatuh.. gimana min?=D
    Sori kali terlalu berbelit" :D

    ReplyDelete
  44. wanjir jadi sebenernya tu diary ini di tulis setelah kematian adiknya dia menulis smua kejadian tentang adiknya. di 16 december udah membuktikan dan di 27 december dia mengatakan AKU BENAR2 TAK PERCAYA INI! BERITA DI TELEVISI MENGATAKAN PESAWAT TUJUAN JEPANG YANG DI NAIKI ADIKU TELAH JATUH DAN TENGGELAM DI LAUT kenapa dia biasa-biasa aja waktu liat berita di tv tentang jatuhnya pesawat yang di naiki adiknya? itu karna ini adalah berita TAHUN lalu itu sebabnya dia menulis diarynya di 27 december dengan biasa biasa saja. Hilangnya diary 19 sama 26 tu hanya pengecoh jadi anggep aja dia nangis karna adiknya meninggal

    ReplyDelete
  45. si aku bunuh diri di tanggal 26 desember... di tanggal 19 desember dia lagi histeris banget pengen ketemu adeknya

    ReplyDelete
  46. Bacanya dari ganjil ke genap, trus akhirnya sih aku bunuh diri.

    ReplyDelete
  47. si Adek, belajar ke amerika tahun ini, setelah tahun lalu orang tua mereka meninggal, jadi si Kakak terpaksa ditinggal sendirian tahun ini.

    karena si Adek gak bisa pulang pas natal, jadi si adek pulang telat, naik pesawat tanggal 26, berita pesawat jatoh itu baru dimuat tanggal 27.

    setahun setelah kematian si adek sikakak mimpi ketemu adeknya saking kangennya, adeknya bilang, dia udah baik-baik aja di alam sana, tapi sikakak malah tambah kangen.

    tanggal 24 desember sikakak akhirnya memutuskan menyusul adeknya ke laut, si Kakak nulis diari 2hari sekali.

    iya gak Thor???

    ReplyDelete
  48. Tanggal ganjil itu kejadian sebelum adeknya meninggal, tgl genap si kakak benar2 rindu adiknya kemudian bunuh diri
    Jadi benar tgl 24 adalah tulisan terakhirnyaa

    ReplyDelete
  49. apa alasan si aku, nulis cerita diarynya acak??


    *biarsusahdijawabbego*

    ReplyDelete
  50. kak dave mana nihh . Help dong jawaban yang bena

    ReplyDelete
  51. Hebat banget dah yang bikin riddle !bikin pusing beneran

    ReplyDelete