Tuesday, October 20, 2020

CREEPIEST CRAIGLIST ADS: IKLAN-IKLAN CRAIGLIST PALING SERAM

 

Gue kebetulan menemukan video menarik di channel Mr Nightmare di YouTube tentang iklan-iklan Craiglist paling creepy. Di Indonesia nggak ada Craiglist (eh ada nggak ya?) jadi kalian mungkin bingung apa itu. Craiglist adalah situs advertising online yang gue akui emang konsepnya cukup kreatif. Konsepnya mirip iklan-iklan di koran zaman jadul dulu, yakni pihak pengiklan tinggal memposting iklannya di laman web mereka dan memberi kontak, kemudian pihak yang berminat menanggapinya tinggal menghubunginya secara pribadi. 

Karena berbagai kemudahannya, tak heran banyak yang menyalahgunakan situs ini. Contoh yang paling umum, banyak PSK yang menawarkan jasa mereka melalui situs. Selain itu, berbagai kemudahan (tak ada background check bagi pihak yang memposting iklan, biayanya gratis) membuat iklan yang ditawarkan di situs ini banyak yang shady alias mencurigakan. Banyak juga aksi kejahatan yang memanfaatkan situs ini, termasuk bahkan pembunuh berantai sekalipun.

Mau tahu seperti apa kengerian iklan-iklan yang pernah ada di Craiglist. Ini dia list-nya!

Oke, sekilas sih iklan ini sama sekali nggak terlihat janggal dan menakutkan. Isinya cuma seseorang yang menawari sebuah kerangka ranjang dengan biaya gratis. Namun jika kalian perhatikan baik-baik, sang pemilik meminta siapapun yang tertarik untuk mengambilnya di atas jam 10 malam. Tak hanya itu, lokasinya pun berada di belakang sebuah kantor. Mulai merasa was-was? Lokasinya pun, menurut penuturan yang mengambil screenshot ini, berada di lokasi dengan tingkat kriminalitas yang cukup rawan. Konon, ada pengguna Craiglist yang benar-benar terpancing oleh iklan ini. Namun begitu mereka datang, mereka melihat dua pria tengah mengedap-endap di semak-semak tak jauh dari mobil mereka. Mengetahuinya, merekapun segera kabur.

Ternyata iklan ini dan iklan lain yang sejenis bertujuan untuk memancing korban (yang tertarik dengan iming-iming barang gratis) untuk datang ke lokasi terpencil dan kemudian dirampok. Tapi kalo menurut gue sih, dirampok tuh lebih mending. Bayangin aja kalo ternyata ini perbuatan seorang pembunuh berantai yang sedang mencari mangsa dan kalian nggak pulang hidup-hidup. Ish ngeri.


Iklan ini sejenis dengan iklan di atas (sama-sama mencurigakan maksudnya), tapi yang ini jelas lebih creepy. Iklan ini menawarkan sebuah TV Samsung gratis. Duh, siapa sih yang nggak mau TV gratis, ya nggak? Tapi untuk mendapatkannya kalian harus datang ke rumah sang pemilik TV ini di atas jam 12 malam dimana pintu rumahnya takkan dikunci agar kalian bisa masuk. Setelah masuk, jangan lupa tutup pintunya lalu ambil sendiri TV-nya di dalam basement alias ruang bawah tanah. Yap, maksudnya biar kalo kita teriak nggak ada yang denger kan? Nope, thank you!


Iklan ini lebih ke mesum sih ketimbang ngeri, tapi tetep aja ada unsur disturbing di balik ceritanya. Iklan ini mengisahkan seorang pria yang ingin merekrut gadis-gadis muda usia antara 18-21 tahun untuk membentuk rock band. Yang meresahkan, dia nggak menuntut syarat apa-apa. Bahkan kalo nggak bisa main alat musik juga nggak apa-apa. Apalagi dia menambahkan di deskripsi, ia ingin gadis yang “mau disuruh apa aja sama pria yang lebih tua”. Hmmmm ....

Namun tak hanya halaman pertama iklan ini yang disturbing. Iklan ini menampilkan 3 gambar. Dua gambar pertama adalah wajah creepy sang pria pengiklan, namun gambar ketiga inilah yang membuat pria ini pantas diwaspadai. Pasalnya, pria ini mengunggah sebuah gambar gitar dengan “tak sengaja” menampilkan kakinya yang diperban. 


Tindakan ini merupakan perilaku manipulatif yang menyasar kaum wanita, karena ia tahu bahwa wanita sejatinya adalah makhluk yang memiliki naluri keibuan dan nurturing. Dengan menyorot kakinya yang diperban, ia hendak memancing rasa kasihan kaum wanita sehingga mereka akan menanggapi iklannya. 

Kenapa perilaku ini meresahkan? Well, karena trik yang sama dilakukan Ted Bundy, seorang pembunuh berantai terkenal dari Amerika. Untuk menjerumuskan korbannya, ia biasanya akan memakai perban di kakinya dan pura-pura memiliki disabilitas, sehingga perempuan akan merasa kasihan dan berusaha membantunya. Padahal kenyataannya, setelah itu ia akan menculik dan membunuh mereka.

Apa ini akan menjadi kasus yang sama? Hmmm .... entahlah. Yang jelas, ngeliat foto sang pria aja gue yakin cewek-cewek juga udah merinding.


Oke, dari yang mesum ke downright creepy. Kita secara teknis bisa memasang iklan apapun di Craiglist, termasuk untuk mencari seseorang. Tapi kalo yang nyari kita kayak gini .... hmmm. Iklan di atas mencari seorang anak laki-lakiy ang terpampang di foto  (yang diblur karena masih di bawah umur, lihat aja tingginya dan bandingin ama tinggi pria dewasa di sampingnya) dan sedang memakai topi METS, yakni sebuah tim baseball di Amrik sana. Ia sepertinya sudah mengamati sang bocah sejak lama dan sering melihatnya di sebuah supermarket. Ia bahkan tahu jenis mobil sang ibu, bahkan nama sang anak. Terakhir, sang pembuat iklan menanyakan apakah sang bocah ini tertarik memiliki “daddy” atau kekasih sejenis yang usianya lebih tua (tercantum di bagian umur, sang penulis sudah berusia 42 tahun).

EW!!!

Whoever this guy, I hope someone arrested him!


Jika pedo di atas membuat kalian ketakutan, well ... paling nggak dia nggak tahu alamat si bocah ... nggak seperti iklan di atas. Di iklan tersebut, terpampang foto rumah seorang gadis bernama Sarah. Pengirimnya, seorang pria berusia 32 tahun mengatakan bahwa ia udah mengamati sang gadis selama 2 minggu dan terkesima oleh kecantikannya. Ia juga mengatakan bahwa gadis polos itu “perlu diajari beberapa hal” dan sang pria “dengan senang hati bersedia mengajarkannya”. Ew, gue harap Matematika ya? 

Ia juga menawarkan banyak uang untuk memiliki Sarah dan mengajaknya kabur bareng. Waduh, kalo kalian ngalamin hal kayak gini gimana ya perasaan kalian? Tapi ada desas-desus pula kalo iklan ini cuman prank dari temannya si Sarah ini. Well, gue harap itu bener sih. Nggak kebayang kalo Sarah ini beneran distalking pria yang lebih tua. Kalo gue mah mending pindah rumah sekalian.


Iklan di atas juga tak kalah creepy. Isinya untuk mencari teman serumah. Di Amrik yang biaya mortgage (cicilan rumah) ataupun sewa rumah yang cukup tinggi, emang lumrah jika pemilik rumah atau kontrakan di sana mencari teman serumah agar bisa diajak berbagi biaya sewa. Harga yang ditawarkan cukup murah, yakni 240 dolar (mengingat harga sewa di sana per bulan bisa mencapai 1.000 dolar ke atas). Tapi maukah kalian tinggal serumah dengan pria semacam ini.

Tak hanya "lirikan mautnya" yang mirip pembunuh berantai, ia juga memiliki banyak sekali persyaratan yang aneh dan membuat bulu kuduk bergidik. Pertama, jangan sentuh piring kotor di bak cucian. Kedua, jangan sentuh tirai kamar mandi (orang sana mandi pake shower dan biar nggak nyiprat kemana-mana airnya, biasanya dipisahkan dengan tirai). Bahkan jika sang penyewa ingin memakai shower dan tirainya masih tertutup, ia harus meminta sang pemilik rumah dulu untuk membukakannya? Kenapa? Well, apa kalian pernah lihat film “Psycho”?

Syarat lainnya, jika ia membunyikan bel di dapur, maka si penyewa haruslah tidur, jam berapapun itu. Pokoknya ia tak suka jika orang yang tinggal serumah dengannya begadang. Kemudian, ia juga tak suka dengan orang Indian (nggak jelas di sini apakah maksudnya orang India atau penduduk asli Amerika). Terakhir, ada sebuah plastik yang menutupi jendela dan dalam kondisi apapun, plastik itu tak boleh dibuka.

Kita cuma bisa menebak, apa ya alasan di balik aturan-aturan ganjil tersebut? Apa dia aslinya pembunuh berantai yang menyimpan mayat korbannya di balik tirai kamar mandi? Apa tiap malam ia harus beraksi sehingga dia nggak bolehin orang begadang? Lalu plastik di jendela juga mencurigakan. Apakah tujuannya agar tidak ada yang bisa melihat ke dalam jendela atau buat mencegah cipratan darah menempel? Well, yang jelas gue nggak mau serumah ama orang seperti ini.


Iklan di atas sekilas terlihat normal-normal saja. Isinya adalah seseorang yang menawari pekerjaan di peternakannya. Penawaran di iklan ini too good to be true, jujur. Gajinya 300 dolar seminggu atau 1.200 dolar sebulan atau sekitar 17 juta per bulan. Disediakan rumah gratis dan diapun boleh tinggal di sana seumur hidupnya. Tak hanya itu, pekerjaannya juga teramat mudah, hanya memberi makan hewan-hewan ternak di sana. Tertarik?

Well, masalahnya iklan tersebut diupload oleh seorang pembunuh berantai bernama Richard Beasley untuk memancing calon korbannya. Alasannya? Karena ia gemar berburu manusia. Richard bahkan berhasil memancing 3 pria lalu menembak mereka di peternakan itu. Beruntung, pria keempat berhasil lolos dari maut dan membongkar semua tindak-tanduk kejinya. Keberadaan “Craiglist Killer” semacam ini jelas menjadi mimpi buruk internet. Bayangkan, datang ke sebuah tempat terpencil oleh orang yang hanya kau kenal lewat online, untuk kemudian dibunuh di sana.


Adakah yang lebih mengerikan ketimbang pembunuh berantai beraksi di Craiglist? Jawabannya adalah seorang kanibal yang mencari mangsa di sana. Iklan di atas (gambarnya disensor dan gue sendiri juga ogah bayangin itu sebenarnya gambar apa) berisi tawaran seorang kanibal yang mencari korban. Ia bahkan berjanji takkan menyiksa korbannya. Sebagai gantinya, ia menawarinya korban makan malam sebelum ia membunuhnya dan memangsanya. Well, gue rasa gue nggak perlu berkomentar banyak soal ini.

Sebagai penutup, dari iklan-iklan di atas manakah yang paling membuat kalian ngeri? Pengalaman-pengalaman di atas membuktikan bahwa kita harus berhati-hati ketika berada di dunia maya. Karena kita nggak akan tahu, orang macam apa yang akan kita temui di sana.

SUMBER: ABODO, YOUTUBE



12 comments:

  1. Yang terakhir mirip kayak iklan Armin Meiwes, si Kanibal dari Rotenburg Jerman . Tahun 2001 dia juga pasang iklan di internet buat nyari korban yang bersedia buat dibunuh terus dimakan, dan anehnya ada orang yang merespon iklan nya dan bersedia buat dibunuh terus di makan.

    ReplyDelete
  2. ah good old craiglist isinya gak jauh beda ama yang ada did darknet (-drug maybe)

    ReplyDelete
  3. Buset, serem semua, gakda yang beres :((

    ReplyDelete
  4. Apa mereka harus se-obvious itu untuk mancing korbannya, terutama yg mesum itu 😂

    ReplyDelete
  5. Baca iklannya yang si pembunuh bayaran itu. Peternakannya biasa dijadiin lahan berburu dan banyak 'game' (ga tau apa istilahnya di bahasa Indonesia, hewan buruan?). Satu kalimat yang keliatan normal itu jadi bikin super merinding begitu tau siapa penulisnya 😱😱

    Di Jerman ada juga website semacem itu yang namanya E-bay Kleinanzeige yang emang buat nawarin segala macem, mulai dari barang bekas, kerjaan, hewan peliharaan, sampe nyari roommates. Dan biasanya juga transaksinya dilakuin secara tatap muka biar hemat ongkir dan si penjual ga repot maketin barangnya. Buat account dan pasang iklan di sana juga gampang banget, tanpa biaya (kecuali mau upgrade fitur) dan tanpa pengecekan identitas dan segala macem.
    Aku sudah berkali-kali jual-beli lewat situs itu, terutama buat nyari perabot soalnya harganya emang kadang murah banget, bahkan gratisan. Syukur deh sampe sekarang belum pernah ada kejadian aneh-aneh meski setiap kali harus dateng ke rumah penjual buat ambil barang, masih aja selalu rada deg-degan dan selalu bawa pepper spray. Bakalan tambah parno lagi nih abis baca ini 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahhh ada orang Jerman, Akun yutubnya apa sob?

      Delete
    2. Keluarga bahagia di jerman

      Delete
  6. Jadi yang dimaksud 'game' di iklan peternakan dari si pembunuh berantai itu adalah... 😱😱😱

    Di Jerman juga ada situs yang mirip sama Craiglist, namanya E-Bay Kleinanzeige. Itu juga sama-sama situs iklan yang nawarin segala macem mulai dari barang bekas, pekerjaan, hewan peliharaan, sampe nyari roommate. Buat buka account dan pasang iklan di sana juga super gampang, tanpa bayar (kecuali kalo mau update fitur), tanpa pengecekan ID segala dan transaksi juga biasa dilakukan secara langsung.
    Aku udah lumayan sering pake situs itu terutama buat beli perabot soalnya harganya emang murah banget, bahkan sering ada yang gratis. Tapi tetep aja sih, setiap pergi ke rumah penjual buat ambil barang masih selalu suka was-was dan ga pernah lupa bawa pepper spray, apalagi kalo tempatnya rada di pinggiran kota. Dan kalo ada yang minta dateng malem-malem, mendingan dibatalin. Syukur juga sih sampe sekarang ga pernah ketemu kejadian aneh-aneh.


    P.s. Aku tadi udah coba comment tapi kayaknya ga masuk deh, jadinya nulis lagi 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantes tadi perasaan komen ini udah gw approve tapi kok nongol lagi 😂

      Btw skrg tinggal jerman ya? Gmn tu ceritanya bisa dapet barang gratis tanpa dirampok/ketemu pembunuh berantai 😂

      Delete
    2. ((ketemu barang gratis tanpa dirampok/dibunuh))


      Creepy sekali sih barang gratisan tuh :((

      Delete
  7. Ngapa iklannya kagak ada yang bener? 😂😂😂

    ReplyDelete
  8. Bang dave! Masih giat nulis2 kayak gini ternyata 😆menghibur bgt buat kaum insomnia -pembaca blogmu dari tahun 2013 akhir

    ReplyDelete