Sunday, December 6, 2020

10 LAGU POP PRANCIS REKOMENDASI MENGAKU BACKPACKER

Udah lama ya gue nggak rekomendasi lagu. Kayaknya gue punya hobi baru nih yang ingin gue share ke kalian, yakni dengerin lagu pop Prancis wkwkwk. Lho kok bisa? Pas gue lagi riset tentang Dalida, gue malah dapet rekomendasi lagu Prancis banyak banget di Youtube dan sebagian besar ternyata bagus lho. Makanya itu gue merekomendasikan lagu-lagu ini untuk kalian dengar, pastinya kalian nggak akan kecewa. Here we go.

INDILA “TOURNER DANS LE VIDE”


Mungkin aja cewek inilah penyanyi pop Prancis modern terpopuler saat ini. Lagunya yang berjudul “Dernière Danse” aja mencapai 686 juta views di Youtube saat ini, jadi kualitasnya jelas nggak main-main. Tapi kali ini gue ingin memperkenalkan lagunya yang lebih “mellow”, yakni “Tourner Dans Le Vide”. Kalian nggak salah kalo mendengar pengaruh-pengaruh Bollywood yang terasa kental di lagu ini karena emang Indila berdarah campuran Asia. Bahkan lagu ini kalo gue denger-denger menurut gue bergenre “dark Bollywood” wkwkwk. Kalo kalian menyukai artis yang satu ini (which I know you will) kalian bisa cek lagu-lagunya yang lain di Youtube.

FLORINA “VA VA VIS”


Berdasarkan hasil penyelidikan gue (udah kayak teori konspirasi aja) ternyata Florina ini adalah penyanyi yang merintis karirnya lewat Youtube. Lagunya kali ini yang jadi favorit gue adalah “Va Va Vis” yang gue jamin easy listening banget dan bakal bikin kalian menyukainya hanya dalam sekali dengar aja. Enjoy.

KENDJI GIRAC “ANDALOUSE“


Penyanyi muda yang kayaknya pantas jadi “Prince of Pop”-nya Prancis ini ternyata jebolan dari “The Voice”. Gue suka banget sih ama lagu ini karena easy listening dan agak-agak ngingetin ama lagu-lagu pop dance zaman gue remaja dulu. Gue sih nggak paham bahasa Prancis, tapi nggak usah lihat liriknya aja gue yakin banget lagu ini menceritakan seorang cewek Spanyol yang sexy hehehe. Kalo didenger-denger juga, lagu-lagu Kendji ini juga terasa banget sentuhan Spanyol-nya, seperti Gitano”, mungkin karena heritage-nya ya.

FRÉRO DELAVEGA “LE CHANT DES SIRÈNES”


Duo bersaudara ini jago banget nyiptain lagu-lagu enak. Salah satunya lagu yang judulnya nggak bisa gue ucapin ini hehehe. Lagu ini ada video klipnya sih, tapi enak kenapa gue lebih suka dengar versi akustiknya. Nggak tahu kenapa juga gue selalu menganggap bahasa Prancis itu bahasa paling romantis di muka bumi. Cara pengucapan mereka bikin bahasa Prancis enak didengar dan kata-katanya juga menurut gue indah. Lagu mereka yang lain “Ton Visage”, “Caroline”, “Sweet Darling”, dan “Autour de Moi” juga patut disimak. Begitu pula lagu Jeremy (salah satu membernya yang bersolo karier) yang berjudul “Revoir”.

Yes, as you can already guessed, they're my favorite artists in this list.

CHRISTOPHE “ALINE”


Emang yang namanya musik dan juga penjiwaan penyanyinya saat melantunkan sebuah lagu bisa menembus batas-batas bahasa. Gue sama sekali nggak paham apa yang diomongin Christophe di lagu ini, tapi gue paham kalo lagu ini mengisahkan seorang cowok yang patah hati oleh gadis bernama Aline. Lagu ini juga jadul banget lho, dirilis tahun 1965 hehehe. Lagu-lagu Christophe walaupun lawas tapi terdengar unik (lagu-lagu lama bikin gue kayak ngerasa denger soundtracknya James Bond hehehe) dan masih enak didengar. Gue kasi rekomendasi lain yakni “LesMarionnettes” dan Excusez-Moi, Monsieur, le Professeur”.

LARA FABIAN “JE SUIS MALADE”


Lagu ini aslinya dibawakan sama Dalida tapi gue lebih suka versi daur ulangnya yang lebih modern oleh Lara Fabian. Lagunya sedih dan emosional banget, menceritakan seseorang yang ditinggal pergi orang yang dikasihinya sehingga ia mengatakan “Aku nggak baik-baik saja” sesuai judulnya. Jadi jika kalian suka lagu pop ballad yang mellow abis, silakan aja dengerin lagunya.

KEEN'V “TAHITI”


Aduh, berapa sih penyanyi Prancis ini dibayar buat mempromosiin pariwisata Tahiti? Hehehe ... tapi pastinya lagunya yang up-beat dan bisa bikin goyang (termasuk video klipnya) bakalan pengen bikn kita berlibur ke Tahiti. Hmmm ... mungkin abis wabah Corona usai kali ya?

CARLA “L'AUTREI MOI”


Mungkin inilah jadinya Jojo Siwa kalo mau konsen berprestasi di bidang musik ketimbang bikin video viral dan maksa penggemarnya buat beli merchandisenya yak wkwkwk. Penyanyi remaja ini gue gadang-gadang bakal sukses sih karena selain cantik juga jago nyanyi.

AMEL BENT X IMEN ES - JUSQU'AU BOUT


Lagunya easy listening, penyanyinya juga sexy. Sesimpel aja deh alasannya gue masukin lagunya ke list ini wkwkwk.

PIERRE BACHELET “EMMANUELLE”


Gue mau curhat nih, zaman gue masih kecil dulu, nyokap gue suka banget nyetel lagu jadul ini. Gue yakin 100% nyokap gue sama sekali nggak ngerti bahasa Prancis, tapi jelas banget sih kenapa orang bisa jatuh cinta dengan lagu ini. Lagunya romantis banget dan yang namanya bahasa cinta itu gue yakin pasti bisa menembus batas bahasa manusia (eaaaaaak). Apalagi kalo dibawain pake bahasa Prancis, dijamin jadi tambah kedengaran romantis.


BONUS:

DALIDA FEAT. ALAIN DELON “PAROLE PAROLE”


Gue udah kasi lagu ini di postingan gue tentang Dalida, tapi buat jaga-jaga gue kasi juga di sini. Dalida adalah ratu pop Prancis dari tahun 50-an hingga 80-an dan mungkin adalah penyanyi wanita nomor satu dalam sejarah Prancis sana. Lagunya unik dan pastinya easy listening serta tak lekang oleh waktu. Denger lagu romantis ini juga malah bikin gue sedih karena jadi merenungkan nasib tragis penyanyinya yang akhirnya mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Jadi gimana menurut kalian dengan rekomendasi lagu-lagu Prancis di atas? Sekali-kali ganti haluan dong, jangan cuma dengerin yang viral-viral mulu kek Cimoy Ontok ama Kekeyi wkwkwkwk. Oya jika kalian juga ada rekomendasi lagu Prancis yang bagus, kasi comment ya.

12 comments:

  1. Stromae,dadju,bilal hassani sama oscar anton bagus juga

    ReplyDelete
  2. Kurang Liberée Delivrée, bang. Itu lho.. Let It Go versi Prancis heheh

    Note: terharu banget gw 2 tahun berturut2 bang dave post di hari ultah gw. Makasih banyak ya baaaang. Walau lo pastinya ngga ada niatan khusus posting di tanggal 6 Desember, tapi bagi gw ini salah satu kado terindah yang bisa gw peroleh. Thanks, bang 😭

    ReplyDelete
  3. komen bang lagu perancis yang bagus
    Dalida laissez-moi danser
    Amel Bent- Ma philosophie
    Zaz jangan lupa semua lagunya bagus terutama yang si dan eblouie par la nuit

    Lagu perancis yang terkenal dan cocok bagi pemula
    edith piaf non je ne regrette rien
    edith piaf la vie en rose
    helene sagara je m.appelle helene
    Camille Le festin
    Louane je vole
    Lagu perancis yang pro
    Bigflo et oli nous sommes w
    Maitre gims le pire sama le prix a payer
    Soprano en feu

    lagu yang freak
    carla bim bam toi

    lagu anak-anak
    kids united - on ecrit sur le murs (of course)
    au clair de la lune sama sur le pont d'avignon
    mungkin bisa lihat disney fr liberee delivree

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju ama tiga yg paling atas, yg lain belum dengerin hehehe. Pernah nyoba dengerin maitre gims tapi musiknya terlalu r n b, kaga terlalu demen

      Delete
  4. begitu anda sadar lagu perancis anda pasti akan lebih suka lagu perancis ketimbang inggris karea unsur seninya itu selalu ada d lliriknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lirik lagu prancis:
      C'est étrange
      Je n'sais pas ce qui m'arrive ce soir
      Je te regarde comme pour la premiere fois
      Mais tu es cette belle histoire d'amour

      Lirik lagu Indonesia:

      "Ternyata ... Hanya settingaaaan ..."

      "Apa aku harus jadi POKEMON agar kau kejar aku?"

      Delete
  5. coba dengerin lagu lagunya jean jacques goldman

    ReplyDelete
  6. Lagu prancis yg ane dengerin cuman sontrek banlieue 13

    ReplyDelete