Saturday, December 5, 2020

DERETAN CHALLENGE TIK TOK PALING BERBAHAYA

 

Dih


Gue kayaknya udah sering banget deh mengangkat tema TikTok, mungkin sampai kalian bosen. Ya ampun Bang, TikTok mulu TikTok. Jangan-jangan abis ini mau bahas misteri Cimoy Ontok di Bedah Kasus ya? Tapi mau gimana lagi guys, habis skandal di sana banyak banget sih. Kali ini gue akan menyorot challenge-challenge berbahaya yang bertebaran di TikTok. Memang, kalo TikTok isinya cuman joget-joget doang, mungkin gue nggak akan sampai se-anti ini sama TikTok ya. Tapi nyatanya, TikTok secara resmi sudah membuat seseorang terbunuh dan tak sedikit pula yang nyaris tewas karena konten-konten tak bertanggung jawab yang bertebaran di aplikasi ini. Apa sajakah kasusnya? Gue akan bahas tuntas di artikel ini.

GIMMICK BERUJUNG PETAKA


Gimana sih rahasianya biar jadi viral? Yap, bener banget! Bikin prestasi gimmick dong! Kalau gimmick-nya cuma pura-pura pacaran kayak Kekeyi terus abis itu rilis single sih masih dibilang aman (paling bikin najis doang). Tapi kalo gimmicknya udah melibatkan senjata api gini, pasti hasilnya petaka.

Alkisah seorang TikTokers asal Mexico bernama Areline Martinez pengen banget kebelet viral dengan jutaan followers, makanya ia menggunakan jalan pintas. Ia melakukan gimmick dengan pura-pura diculik. Tentulah kurang afdol rasanya jika aksi “penculikan” itu tidak melibatkan senjata api supaya lebih terlihat seperti sungguhan. Celakanya, ketika salah satu dari pria-pria yang berpura-pura menculiknya menodongkan senjata api ke kepala Areline, pistol itu benar-benar meletus dan menembak kepala wanita tersebut. Alhasil, Areline-pun tewas seketika, sementara para kroninya langsung melarikan diri. Tapi jangan khawatir, polisi sudha mengantongi identitas para pria tersebut sehingga mereka akan segera tertangkap.

Naasnya, Areline sendiri adalah seorang ibu dan memiliki anak yang masih berusia 1 tahun. Jadi, tak terbayangkan duka yang dialami keluarga Areline juga nasib sang anak yang kini kehilangan ibunya. Ini menjadi pelajaran bagi kita semua, jika kalian pengen sukses di TikTok dan punya jutaan followers, BELAJAR JOGET AJA ASTAGA!

SUMBER: NEWS


BENADRYL CHALLENGE


Sang korban yang masih sangat belia


Ternyata tantangan di TikTok tak hanya berbau joged-joged nggak jelas aja (Cimoy Ontok, anyone?). Salah satu challenge di TikTok ini nggak melibatkan lagu, tapi malah memaksa para remaja dan anak-anak melakukan tindakan yang amat berbahaya. Tercatat, pada 21 Agustus 2020 lalu, seorang remaja bernama Chloe Phillips meregang nyawa dan akhirnya tewas setelah melakukan salah satu challenge yang sedang viral di TikTok, yakni “Benadryl Challenge”.

Pertama, apa itu Benadryl? Benadryl adalah obat yang sudah umum digunakan di Amerika sebagai obat alergi. Di Amrik sana, alergi bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Apabila terjadi di saluran pernapasan, maka alergi bisa berakibat fatal. Pembengkakan akibat alergi bisa menyumbat saluran pernapasan hingga mampu menyebabkan seseorang kehabisan udara dan meninggal. Karena itulah, diperlukan obat yang cukup kuat seperti Benadryl untuk mengatasi masalah tersebut.

Celakanya, mungkin karena sering melihat Benadryl di rak obat-obatan di supermarket atau apotek, generasi muda merasa bahwa obat tersebut aman-aman saja dikonsumsi dalam obat banyak. Benadryl biasanya dikemas dalam bentuk sirup dan “Benadryl Challenge” di TikTok menantang para remaja untuk meminum satu botol penuh (bahkan lebih) obat kimia tersebut agar mereka mengalami halusinasi. Celakanya, Benadryl merupakan obat keras yang mengandung “dipenhydramine”, yakni bahan kimia memiliki efek samping seperti pusing, pingsan, kejang-kejang, aritmia (jantung berdetak tak beratur), koma, bahkan kematian.


Benadryl bisa menyelamatkan nyawa, namun juga bisa mematikan apabila dipakai sembarangan, apalagi melebihi dosis, hanya untuk sekedar sebuah tantangan TikTok


Akibat fatal inilah yang diterima tubuh Chloe (yang masih berusia 15 tahun sehingga tak mampu menahan dosis tinggi dari Benadryl tersebut) sehingga iapun meninggal setelah nekad melakukan tantangan tersebut. Berita tragis ini ternyata bukan yang pertama, sebab selain Chloe, ada beberapa anak pula yang dilarikan ke UGD gara-gara tantangan serupa. Namun beruntung, nyawa mereka masih berhasil diselamatkan.

Karena gentingnya aksi TikTok ini, salah satu Youtuber favorit gue, yakni seorang dokter pemilik Channel Chubby Emu sampai membuat video khusus tentang dampak Bendaryl Challenge ini pada tubuh seseorang untuk mengedukasi kawula muda tentang bahaya tantangan ini. Well, semoga aja ya teman-teman ataupun keluarga kalian nggak ada yang jadi korban challenge mematikan ini.

SUMBER ARTIKEL DAN GAMBAR: NEWS


OUTLET CHALLENGE


Kayaknya sih gue nggak perlu ngasih tau kalian ya kalo sengaja membuat listrik korsleting itu amat berbahaya karena bisa membuat kalian tersetrum dan juga bisa menimbulkan kebakaran. Tapi herannya, gara-gara tantangan TikTok ini, kalangan orang tua dan sekolah menjadikalang kabut karena remaja jadi “tertantang” untuk menciptakan korsleting di rumah dan sekolah mereka. Apalagi di masa karantina ini dimana mereka mungkin (eh, pasti) bosan berada di rumah sehingga tertarik melakukan tantangan ini untuk mengisi waktu senggang.

Tantangannya amat sederhana (tapi jangan diikuti!) karena hanya melibatkan charger I-Phone dan uang logam. Ketika charger masih menancap pada stop kontak, tantangan TikTok yang tengah viral ini mengharuskan para remaja menaruh sebuah uang penny (uang logam) di antara charger tersebut dan stop kontak, sehingga terciptalah korsleting yang bisa membakar dinding. Tak hanya bisa menyebabkan pelakunya tersetrum, tantangan ini juga amat berbahaya karena percikan api yang ditimbulkannya bisa menyebabkan kebakaran.

Herannya, tantangan yang jelas amat berbahaya ini masih jua dilakukan para TikTokers karena viral. Duh!

SUMBER: PARENTOLOGY


CHALLENGE YANG BISA BIKIN KALIAN DIGEBUKIN DAN DIMUTILASI


Tantangan ini sih sekilas emang kocak banget, tapi tetep aja seperti tantangan TikTok lain, it could go wrong! Tantangannya adalah memanggil nama cowok/suami kalian dengan nama lain (alias berpura-pura salah memanggil nama pasangan kalian) dan rekam seperti apa reaksinya. Emang sih banyakan reaksinya mengundang gelak tawa, tapi tak jarang pua reaksi mereka kelihatan kesal dan marah. Maka sebelum kalian mencoba challenge ini ke pasangan kalian, pastikan dulu ya pacar atau suami kalian (cobanya ke suami sendiri ya bukan ke suami orang lain) itu bukanlah cowok yang temperamental atau abusif, bisa-bisa kalian malah dimutilasi.

NB: Kalo di Barat udah biasa baru pacaran tapi udah bobo bareng, jadi jangan ditiru yaaaaa

NB 2: Di sana udah biasa juga kalo cowo pacarnya cowo juga (ganteng lagi) jadi harap maklum yaaaa 




5 comments:

  1. Hal ini menunjukkan, bahwa negara adidaya pun tidak bisa menjamin masyarakatnya cerdas

    ReplyDelete
  2. Heran banget sama challenge tik tod berkentod. Apalagi yg dari luar negri pasti ada aja yg makan korban.

    ReplyDelete
  3. Ada satu lagi challenge TikTok yang bikin emosi, yaitu "George Floyd Challenge" sama "Covid-19 challenge". Gw gk mau jelasin kyk bagaimana itu cara kerjax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah padahal baru aja mau tanya gtuan

      Delete
  4. Kalo menurut gue sih bukan salah tiktok nya, tapi orang2 yang melakukan yang harus disalahkan. Tiktok cuma medianya aja, tetep pelakunya yang perlu disentil biar waras. Eh tapi gue ngomong gini bukan berarti gue pengguna tiktok ya, gue gak punya aplikasi itu di hp gue, suwer deh ✌️

    ReplyDelete