Friday, January 17, 2014

LOST IN NGAWI: BENTENG VAN DEN BOCH, THE COLOSSEUM OF JAVA

 

Photo-1571   

Pas liat foto2 di atas, mungkin para readers mengira foto2 itu gue ambil di Itali ya, soalnya mirip ama Colosseum gitu Tapi kalian yang udah kenal ama admin pasti ngerasa aneh, “Admin Mengaku Backpacker kan kere, mana mungkin bisa jalan2 ke Eropa?” Yup, emang bener banget guys (bukan masalah gue kere, tapi foto2 itu emang nggak diambil di Europe), soalnya foto2 di atas gue ambil di Benteng Van Den Bosch A.K.A Benteng Pendem yang terletak di Ngawi, kota kecil di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Omong2 soal Ngawi, judul postingan gue di atas melas banget ya guys? Harusnya tuh “Lost in Paris” atau “Lost in LA”, tapi ini malah Lost in Ngawi. Hahaha...tapi kalo ada yang memandang Ngawi sebelah mata sebagai kota kecil yang nggak nggak ada apa2nya, itu salah besar guys! Di Ngawi ada 2 objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Benteng Pendem ama Museum Trinil. Sayang yang sempat gue kunjungin baru Benteng Pendem, namun nggak mengecewakan kok.

Buat yang masih asing, Ngawi tuh dimana sih? Ngawi tuh kota kecil yang ada di daerah Jawa Timur dan berbatasan langsung ama Sragen yang ada di Jawa Tengah (di Sragen juga ada objek wisata menarik yaitu Sangiran yang udah jadi Situs Warisan UNESCO). Kota ini emang nggak begitu terkenal. Gue juga cuman tau Ngawi sebagai kota transit buat makan bagi bus2 bisnis dan eksekutif jurusan Yogya/Solo – Surabaya. Namun sebenarnya di sana ada objek wisata keren berupa Benteng Pendem.

Nah, benteng ini dulunya nggak dibuka untuk umum karena digunakan sebagai gudang senjata AD yang bermarkas di sana. Bahkan konon, saking ketatnya penjagaannya, ampe2 yang nekad foto2 di sini bakal direbut kameranya terus foto2nya dihapus. Wah, ampe segitunya banget ya? Namun amunisi yang ada di benteng itu kemudian dipindahkan ke tempat lain dan benteng tersebut kemudian dibuka untuk umum baru beberapa tahun lalu. Nggak heran, banyak yang belum mengenal objek wisata sejarah yang satu ini. Gue aja baru tau gara2 ada temen sesama backpacker yang maen ke sini dan memuat foto2nya di blog-nya dia. Wadooow...langsung deh kepengen. Apalagi dari dulu gue emang tertarik banget ama bangunan2 bersejarah gini.

Perjalanan gue mulai dari Solo dengan naek bus jurusan Surabaya. Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam, akhirnya gue sampai juga di terminal Kertonegoro, Ngawi. Rupanya dari penuturan warga lokal *cailah, sok wartawan investigasi banget gue*, ada dua terminal di Ngawi, terminal lama ama baru. Terminal barunya ya Terminal Kertonegoro ini, sedangkan terminal lama sekarang udah nggak digunakan lagi dan diubah jadi GOR. Namun masih banyak warga yang menyebut terminal lama yang udah nggak ada ini sebagai “terminal”. Makanya jika kalian menggunakan kendaraan umum di Ngawi ini, perjelas tujuan kalian dengan mengatakan Terminal Kertonegoro.

Dari pintu utara terminal, gue lalu menyeberang dan menunggu angkot. Katanya sih semua angkot yang lewat depan terminal tuh pasti lewat depan Benteng Pendem. Kebetulan gue ketemu angkot jurusan D dan segera naek. Namun bentengnya sendiri masih lumayan jauh lho dari jalan besar. Kalian biasanya bakal diturunin di depan Taman Makam Pahlawan.

Photo-1469

Nah, dari sini tinggal nyari gapura “Angicipi Dharma” ini.

Photo-1470

Dari gapura ini tinggal masuk dan jalaaaaan terus. Nah di sisi kiri jalan gue malah nemuin mobil2 jeep bekas yang terbengkalai ini. Wah, jadi berasa syuting di Hollywood *apa hubungannya?*

Photo-1640    Photo-1471

Kalian bakalan nemu pertigaan (kalo nggak salah di sebelah kiri juga ada taman). Nah, ambil jalan yang ke kiri. Dari kejauhan, kalian bakal melihat reruntuhan benteng ini. Kayaknya sih benteng ini di luar kompleks Benteng Pendem ini sendiri dan kurang tau juga tujuan pembangunannya buat apa (mungkin buat pos penjagaan kali).

Photo-1472

Nah, pas gue ngelewati benteng kecil di atas tadi, kayaknya tempat itu lagi direnov para tukang. Wah, bagus lah. Berarti pemerintah Ngawi masih menaruh kepedulian buat kelestarian tempat2 bersejarah di sini.

Oya ada alasan guys mengapa benteng ini disebut”Benteng Pendem” (pendem = terpendam), karena benteng ini dikelilingi perbuktian jadi seolah2 kayak terpendam gitu. Waduh, kayak cintaku pada Stella Cornelia dong, terpendam *plaaaak, gini nih akibatnya kebanyakan liat Bima Satria Garuda*

Photo-1639

Oya omong2 udah gue singgung tadi kalo nama asli benteng ini adalah Van Den Bosch Fort alias Benteng Van Den Bosch. Jelas banget ya dari namanya kalo benteng ini sudah pasti dibangun ama .... Daendels.

Ekspresi readers: “Yeee, admin tolol banget sih? Dari namanya, orang bego aja langsung tahu kalo benteng ini dibangun ama Raffles.”

Ekspresi readers yang lain: “Begini nih akibatnya kalo kelamaan baca blog beginian...”

Hehehe...lanjut lagi ceritanya. etelah membayar tiket masuk seharga 2 ribu saja, gue lalu disuguhkan fasad depan benteng ini. Ada tahun pembuatannya lho.

Photo-1474

Oya, di sini juga ada tuas ini yang katanya sih buat ngangkat jembatan (depan benteng ini dulunya rawa2). Tapi yang jelas tuas ini udah nggak berfungsi lagi soalnya jembatannya juga nggak ada, begitu pula rawa2nya.

Photo-1638

Begitu masuk, inilah kesan yang gue dapet. Ini bagian depan bangunan. Terlihat kayak ada bekas menara jam di atas yang udah hampir hancur gitu.

Photo-1579

Bangunan pertama yang gue incar buat foto2 adalah bangunan berpilar ini. Sayang udah runtuh atapnya.

Photo-1488

Ini nggak tahu fungsinya apa. Mungkin dulunya ada patung ditaruh di situ. Atau pos penjagaan mungkin?

Photo-1490

Di belakang gedung berpilar itu terdapat sebuah makam yang ternyata makam dari Kyai Nursalim, seorang pengikut Pangeran Diponegoro.

Photo-1480

Secara keseluruhan, hampir 80% bnteng ini sudah dalam kondisi hancur. Yang tersisa mungkin hanya dindingnya aja ama satu bangunan yang menurut pengamatan gue sih masih ada penghuninya (ada jemuran di depannya soalnya). Yang memprihatinkan, banyak bagian benteng ini (terutama lantai 2) dialihfungsikan jadi peternakan burung walet. Selain merusak keindahan bangunan, baunya itu lho....nggak nahan!

Nah, di bagian samping ada bangunan mirip Colosseum. Ini buktinya.

    Photo-1622

Ini sekilas gambaran reruntuhan benteng yang keren banget. Berasa banget kan nuansa “Colosseum”-nya? Bagus kali ya kalo buat foto pre-wedding.

Photo-1574    Photo-1613

Photo-1598   Photo-1594

Photo-1569   Photo-1560

Photo-1561   Photo-1532

Cuman perlu kuperingatin satu hal guys. Kalo ada tangga, mending jangan dinaikin (kecuali kalo kalian cari mati atau terlalu narsis buat foto2 di situ). Soalnya tangganya menjebak. Gue pernah naek ke sebuah tangga batu yang keliatannya eksotis ini.

Photo-1525   Photo-1557

Namun begitu nyampe di atas.... huaaaaaa.... nggak ada apa2 di sana alias lantai 2-nya udah amblas! Artinya pas di ujung tangga langung aja jurang kayak gini nih ....

Photo-1552

Nah, bahaya banget khan? Untung gue pas konsentrasi penuh pas naek ke sini. Coba bayangin kalo ada ababil yang naek ke sini sambil BBM-an atau selfie dan mengira di ujung tangga ini ada lantainya. Pastinya langsung jatuh ke lantai satu *dan mungkin nggak selamat* Waduuuuh...kasih dong papan peringatan atau apa gitu kek di bawah biar nggak ada korban.

Menariknya, di belakang benteng ini ada perbukitan yang panoramanya cukup indah. Di situ ada sungai yang ternyata pertemuan antara Bengawan Solo dengan Bengawan Madiun.

Photo-1500

Saking ademnya, gue aja ampe gelar tikar terus piknik di sini. Ada juga keluarga yang berpikiran sama dengan gue dan piknik juga di sini. Harmonis banget ya, apalagi background-nya benteng bersejarah gitu.

Photo-1609

Bukitnya lucu lho, kayak bukit Teletubbies. Oya ini panorama benteng dilihat dari bukit yang ada di sekelilingnya. Kayak “terpendam” beneran kan bentengnya?

Photo-1508

Photo-1507

Namun teteeeeep...di salah pojok benteng gue nemuin bentuk vandalisme ini.

Photo-1517

Huuuu....dasar!!! Nggak usah nulis2 kalo elo alay gue juga tau kok kali kalian ALAY!!! Ampun deh .....

Nah, sekian dulu cerita perjalanan gue ke Benteng Pendem, Ngawi. Oya sedikit tips kalo kalian mau pulang, jalan aja terus ampe kalian nemuin pangkalan angkot (dari depan gapura, kalo dari arah dalam belok ke kiri). Di situ lebih gampang dapat angkot kembali ke terminal, daripada kalian nunggu di depan gapura, bisa lama banget angkotnya lewat. Kesimpulan gue, benteng ini emang keren banget dan layak dikunjungi. Walaupun benteng ini berupa reruntuhan, namun justru itulah letak ke-artistik-annya. Namun bukan berarti lho benteng ini sebaiknya dibiarin terbengkalai gitu. Tetep harus dirawat dan kalo bisa dikembalikan ke fungsinya semula, sebagai tempat pembelajaran sejarah. Setuju???

5 comments:

  1. Wah, baru tau juga soal benteng ini, jadi pengen ke situ dah :)

    ReplyDelete
  2. jangan2 dave juga ikuk njemur celana di situ ya? Hahaha..

    ReplyDelete
  3. pengen kesini bang >.<
    tapi gak tau sama siapa
    #ngodeabangdav

    ReplyDelete
  4. ane gadis ngawi min :D Pemkab ngawi lagi sibuk berburu cetak biru tu benteng sampe ke belanda untuk dibangun lagi kek aslinya

    ReplyDelete
  5. Ngawi juga ada danau, tapi apa lupa namanya, kita pernah kesana cuma sekedar ngopi aja. Suasananya top dah pokoknya

    Jika pecinta travelling boleh gabung sama kita jika agan berkenan,
    Kita ada program poin reward untuk member traveller yang komentar, membuat topik, dsb

    Kegunaan poin ini?
    Bisa di tukarkan dengan pulsa, kaos, booking hotel/penginapan, paket liburan dll..

    - Daftar gratis,
    - Tidak ada pungutan biaya apapun
    - Tidak ada limit poin komentar/topik/dll..

    Lebih jelasnya check this out.. http://www.expedizi.com/topic/program-expedizi-poin

    ReplyDelete