Friday, January 17, 2014

PRISONER IN PARADISE: TERPENJARA KEINDAHAN TAWANGMANGU

 

100_4548

Libur telah tiba....libur telah tiba...horeee...horeee (Tasya mode on). Admin lagi seneng banget nih guys soalnya setelah setengah tahun membanting tulang, akhirnya masa liburan telah tiba. Secara gue udah mulai bosan di Jakarta, maka liburan akhir tahun ini admin habiskan dengan mudik ke kampung halaman gue di Solo, apalagi di Solo ada Mom and Dad tercinta. Btw di Solo gue udah bertekad bakal wisata alam ke Tawangmangu. Buat yang nggak tahu, Tawangmangu itu daerah pegunungan yang jadi wisata andalan Kabupaten Karanganyar, yang letaknya dekat banget ama Solo. Bisa dibilang, kayak pegunungan Alpen-nya Solo lah #halah lebay#.

Buat wong2 Solo kayak gue, kita sering banget nyebut “Tawangmangu” dengan bahasa gaulnya, “TW”. Secara TW itu daerah pegunungan, maka di sana kita bisa lihat gunung *YA IYALAH* . Namun nggak cuman gunung guys, kita juga bisa liat candi bersejarah sekaligus keindahan air2 terjun di sana. TW memang menjadi rumah bagi dua candi istimewa, yakni Candi Sukuh dan Candi Cetho. Mengapa admin bilang istimewa? Soalnya bentuk candinya menyerupai piramid suku Inca, beda ama candi2 pada umumnya di tanah air. Setahu admin juga, ada 3 air terjun di sana, yaitu Grojogan Sewu (air terjun tertinggi dan terbesar di Jateng btw), Parang Ijo, ama Jumog. Nah, karena admin yakin udah banyak yang membahas Grojogan Sewu, kali ini admin bakal membahas Parang Ijo dan Jumog waterfalls yang bisa gue bilang merupakan “Hidden Paradise”.

Ada bus gede yang menuju ke kawasan TW ini. Kalian bisa menunggu langsung di Terminal Tirtonadi, Solo. Namun gue pribadi lebih suka menanti bus di halte depan kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) soalnya transportnya lebih gampang dijangkau dari pusat kota.

Tiga destinasi gue kali ini yaitu Candi Sukuh, air terjun Parang Ijo, ama air terjun Jumog. Gue sebenarnya pernah sih jalan2 ke Candi Sukuh, cuman kali ini gue pengen nemenin teman2 gue yang dari Bandung yang kebetulan lagi flashpacking ke Solo (silakan baca cerita perjalanan gue ke Candi Sukuh beberapa tahun lalu di sini). Sedangkan untuk Candi Cetho, gue nggak gitu tertarik buat ngunjunginya. Soalnya Pemkab Karanganyar dengan polosnya nambahin bangunan2 kayak gubug gitu di undak2an candi, sehingga bentuk piramid candi tersebut udah nggak kentara lagi dan jelas ngerusak keeksotisannya. Gue memilih air terjun Parang Ijo dan Jumog karena letaknya nggak begitu jauh ama Candi Sukuh yang mau kukunjungin, jadi bisa sekalian jalan, nggak bolak-balik.

Sesampainya di Tawangmangu, gue turun di terminal Karangpandan, kemudian melanjutkan perjalanan dengan minibus menuju Pertigaan Nglorok. Dari sana tinggal naek ojek ke atas menuju Candi Sukuh. Inilah sekilas keeksotisan candi ini.

100_4476   100_4443

100_4438    100_4458

100_4449   100_4444

Keunikan candi ini adalah adanya relief erotis berbentuk alat kelamin laki-laki dan perempuan. Selain itu ada patung “porno” berupa laki-laki tanpa kepala menggenggam alat kelaminnya sendiri.

100_4433[5]   100_4461   

Dari Candi Sukuh gue lalu naek ojek seharga 20.000 rupiah, itu tuh udah sepaket nganterin ke air terjun Parang Ijo ama Jumog. Gue saranin buat ngunjungin Parang Ijo dulu soalnya air terjunnya lebih kecil. Biar begitu nyampe “Jumog” langsung “Wow” gitu. Ini dia pintu masuk air terjun Parang Ijo, udah berasa mistis khan?

100_4490

Nah, berikut ini beberapa foto untuk menggambarkan kemistisan air terjun ini.

100_4511    100_4515  

100_4497   100_4525

Oya ini juga ada relief lingga-yoni alias alat kelamin cowok ama cewek yang meniru relief di candi Sukuh. Duh, jangan bilang mereka adalah maskot TW deh*masak alat kelamin?*

100_4520

Air terjun kedua yang gue kunjungin adalah air terjun Jumog. Yang pasti perjalanan menuju air terjun Jumog ini penuh perjuangan guys, soalnya liat aja pengumuman yang menyambut gue di pintu masuknya.

Photo-1455

Nah, ini dia air terjunnya. Emang gede dan romantis2 gimana gitu. Coba kesininya bareng seseorang yang spesial. Sayang gue ke sini cuman bareng bayangan gue aja *nangis di pojokan*

100_4533   100_4532

100_4531   100_4534

Perjalanan pulang tuh ternyata lebih berangkat daripada perjalanan menuju air terjunnya. Soalnya ratusan anak tangga yang tadi kita turunin sekarang harus kita tanjaki. Wadooooooh...liat angkanya aja udah bikin lemes....

Photo-1456

Dan pas gue nyampek di atas dengan ngos-ngosan ...

Photo-1457

CAN YOU PLEASE STOP THAT!!!!

Nah, itu dia pesona Tawangmangu yang berhasil kurekam pas liburan kali ini. Emang unik ya, di satu lokasi kalian nggak hanya bisa berwisata sejarah namun juga sekalian berwisata alam. Sayangnya, selama liburan ini gue nggak sempat mengunjungi Sangiran, padahal gue denger tempatnya wow banget abis direnovasi. Yah, mungkin liburan lebaran baru bisa kesampaian.

2 comments:

  1. Pas di jumog turunnya deg2an gegara licin dan curam. Pas naiknya cuapekk XD but its really worth it.

    ReplyDelete
  2. yang sabar ya bang...
    "Evan"

    ReplyDelete