Friday, January 17, 2014

UZUMAKI: A SCARY, GROSS, AND (TOTALLY) DISTURBING MANGA

 

Baru kali ini guys gue mereview sebuah manga alias komik Jepang. Gue jarang banget baca komik Jepang sekarang. Komik Jepang yang gue baca terakhir cuma Nube, soalnya kocak banget, itupun pas gue masih di Solo. Tapi kali ini iseng2 berhadiah gue nggak sengaja nemuin sebuah manga horor berjudul Uzumaki. Eit, manga ini nggak ada hubungannya ama Naruto lho. Uzumaki sendiri dalam bahasa Jepang artinya “Spiral”. Ceritanya cukup bikin gue bergidik ngeri, apalagi gambarnya yang sereeeem banget. Penasaran ama manga ini? Simak review-nya ya.

Manga ini menceritakan Kirie, seorang cewek SMA yang tinggal di sebuah kota kecil yang terletak di tepi laut bernama Kurozu-cho. Dari settingnya sih udah horor banget, soalnya mirip ama setting2nya Sadako. Dia berpacaran dengan pemuda bernama Suichi yang bersekolah di luar kota. Suichi kemudian menceritakan perilaku aneh ayahnya yang terobsesi dengan spiral. Suichi curiga bahwa seisi kota telah “terinfeksi” dengan spiral. Hal2 aneh terus saja terjadi hingga ayah Suichi ditemukan bunuh diri dengan cara yang amat mengerikan. Pada hari pemakamannya, asap dari cerobong kremasi jenazah ayah Suichi mengeluarkan asap spiral yang segera menginfeksi seluruh kota. Segera, kota dihantui dengan motif spiral dan kejadian-kejadian aneh pun terus berlangsung, tak jarang memakan korban para penduduk kota satu-persatu.

Silakan baca komik ini mulai dari edisi pertama di link di bawah ini:

http://read.mangashare.com/Uzumaki/chapter-001/page001.html

Manga ini menarik perhatianku sih pertama karena gambarnya bagus. Kedua karena ceritanya yang kreatif. Tahu kan Jepang itu gudangnya komikus kreatif. Tapi karena gambarnya yang terlalu “realistis” inilah beberapa adegan tampak keliatan “gross” alias bikin mual. Adegan paling gross ada di Chapter 7: Jack in the Box, adegannya benar2 bikin gue shock. Kalo kalian tertarik membaca manga episode ini, berikut ini kuberikan link manga online-nya.

http://read.mangashare.com/Uzumaki/chapter-007/page001.html

Tapi kalo boleh ngritik nih, gue kecewa ama endingnya. Menurut gue sih bagusan ending dari film layar lebarnya (belum liat sih, baru baja di wikipedia) dimana Kirie mendapat kutukan untuk mengulang2 hidupnya seperti sebuah spiral.

Nah, itulah guys review manga keren ini dari gue. Tapi gue peringatin ya, komik ini agak disturbing dan explicit content warning banget deh. Jadi pikir matang2 dulu sebelum membacanya, OK?

40 comments:

  1. ga baca manganya deh. besok aja secara malam gini baca review ceritanya aja sudah gimana gitu? #pundungbawaselimutsambilpeluksenter

    ReplyDelete
  2. horeeee.. udah baca yang chapter 7
    sumpah mual liat isi perutnya
    itu pegas kok bisa masuk ke perutnya ya??
    sumpah ga bayangin kalau dikejar setan kaya begituan di dunia nyata..
    uwaaaaaaaaaaaaaaaaaa.. seremmmmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pas adegan anaknya ditabrak...jreng jreng jreng....full satu halaman lagi...langsung nggak doyan makan seminggu

      Delete
    2. huweeee...
      yang spiral ternyata lebih seramm.. huuhuuu
      untung kemaren baca yang cahpter 7 duluan,
      stpo di chapter 2 halaman 24
      ga berani lagi lanjut daripada mimpi buruk malam ini.
      jadi bagaimana kelanjutannya bagi yang sudah baca?
      aku ketakutan bahkan melihat jari sendiri langsung parno..
      uweeeeeeeeeeeeeeee..

      Delete
  3. kalau komik detective suka ga sih dave?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka banget, conan vs kindaichi gue lebih milih kindaichi,,,tapi maklum lah sekarang jarang banget baca komik, tentu saja dikarenakan kesibukanku sebagai pegawai mapan di sebuah perusahaan swasta di jakarta *plaaaak*

      Delete
    2. gw lebih milih conan, emang kindaichi lebih ke pembunuhan dan thriller banget. tapi conan kedetektifannya lebih menarik dan lebih kayak cerita kehidupan sehari-hari. kalo kindaichi kan kasus pembunuhan teruuuss, kalo conan ada cerita-cerita ringannya. But, I love Kindaichi too..

      Btw baca deh komik horror tomie, yang ngarangnya sama kayak yang ngarang uzumaki *gwjugabarumaubacasekarang*

      Delete
    3. Gw br sekilas baca tomie di kumpulan certa horornya "Museum of Terror" langsung ada adegan kepala lepas....hmmm....terima kasih deh, lain kali aja bacanya

      Delete
    4. aku sih lebih suka uzumaki dibanding tomie,, lebih serem, kalo tomie malah ga bikin penasaran, bru baca sampe chapter 8 sih tp ga penasaran pgn tau akhirnya _wdy_

      Delete
    5. Ya emang kayaknya ceritanya nggak bakal kelar dan terus muncul episode baru,,,soalnya kan tomie diceritain emang nggak bisa mati,,,

      Delete
    6. tomie sama uzumaki emang ga diceritain ya awalnya gmna, tiba2 udh mulai aja kejadian aneh..dave diajak pacaran sama tomie mau ga?dia kan kece tuh..hahaha

      Delete
  4. Akhirnya selesai baca komik ini. Hufftt... kepala langsung keleyengan kebanyakan lihat spiral -__-"
    Trus sekarang malah jadi demam dikit dan kepala rasanya muter2 terus -,-" efek sampingnya luar biasa kak XD *curhat mode on*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ati2 lho besok pagi jgn sampai berubah jadi siput *amit2 jabang bayi*

      Delete
  5. review tomie aja kapan2.. Eh,ga nyoba baca komik ouroboros,karya yuya kanzaki. Itu juga keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. TERIMA KASIH GUE UDAH KENYANG BACA KOMIK HOROR

      Delete
  6. setuju kalo nih komik disturbing banget -,,-
    saya baca komik ini gara2 disaranin temen ._. dan besoknya saya tiba2 anti sama spiral -,,-

    ReplyDelete
  7. udh baca sampe beres,,,komik distrubing yang seru..hha...ya bener dave,,,endingnya anti klimaks...nunggu juga rambut kirei panjang lagi,,ternyata engga,,

    ReplyDelete
  8. bang, ini komik ga ada gambar yg bgerak kan ? kaya waktu komik jepang yg singkat itu yang kepalanya nye berputar kebelakang,
    sumpah, gara2 itu saya trauma baca komik lewat web

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh komik "Hantu Bong Cheong Dong" ya maksudnya:

      http://mengakubackpacker.blogspot.com/2013/09/kartun-korea-superserem-1-scared-sht.html

      Itu ma komik Korea bukan Jepang ....

      Nggak kok, yang ini komik beneran, Nggak ada yg bisa gerak hehehe...

      Delete
    2. owh bgus deh, sumpah bang gra2 komik itu saya trauma baca komik horor lewat web, sampe melompat banting mouse,
      wkwkwkwkwk, Bong Cheong Dong bikin lemes :v

      Delete
    3. yang nyuruh baca Bong Cheong Dong....
      Asli saya langsung banting laptop (refleks) gara-gara ngeri
      Untung gak rusak

      Delete
  9. Dibaca 1-20 (nyari sendiri)

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. tlg jgn bicara pake bhs prancis, gw nggak ngerti :p

      Delete
  11. pas tau yang ngarang junji ito langsung ga berani baca deh min, gambarnya disturbing banget ><

    ReplyDelete
  12. Kereeeen! Komiknya nagih :v ane suka yg the snail :v

    ReplyDelete
  13. Dulu pernah baca 8 th lalu..dn g mw lg". Barengan tu komik adalagi,psikopat ceritanya.

    ReplyDelete
  14. Asli puyeng bacanya. Apalagi yg di jidat itu ada spiral. Jijik liatnya langsung merinding disco X_X *wie*

    ReplyDelete
  15. Mending yang Live Actionnya Aja Min

    -Otaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh yang filmnya kan udah gw bahas juga

      Delete
    2. FILM UZUMAKI DAPET DIMANA!!!! TELL ME!!!
      Gue udah baca mangax, disturbiing Bo!!

      Delete
  16. PERNAH BACA, SUMPE GUE GA BERANI LAGI BACA KOMIK =="

    ReplyDelete
  17. Aku mulai baca komik ini pas msh kls 5 SD, smpet berhenti baca gara2 ketakutan, trus aku lanjut baca lgi smpe chapter 7 sekitar beberapa minggu yg lalu, tp aku gk nemu chapter 8nya. Ceritanya seru bangeeeeeeett.. dan jg mengharukan (Suichi nya care bgt)

    ReplyDelete
  18. Gk ada yg bahasa indonesia min???

    ReplyDelete
  19. Buat yg mau baca lanjutan chapter 7 ada di komiklengkapindonesia.blogspot.com ,buruan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. niat banget bro ditranslate satu2 ke bahasa indonesia haha

      Delete
  20. Haha iya.. Salut bgt bwt yg nerjemahin.. :v

    ReplyDelete
  21. lanjutan nya gak ada ya mas lagi seru2 nya jga :(

    ReplyDelete
  22. ada di komiklengkapindonesia.blogspot.com sudah sampai tamat disana

    ReplyDelete
  23. Btw ane bingung last chapter nye itu sebelum awal mula ke jadiannya ya???

    ReplyDelete