Friday, January 17, 2014

REVIEW: BIMA SATRIA GARUDA (WARNING: NGACO ISINYA!!!)

 

shot0001

Sudah lama sebenarnya salah satu pembaca setia Mengaku Backpacker dengan nick-name Maid-chan meminta gue mereview Bima Satria Garuda. Namun baru kali ini gue berniat nge-review tokosatsu bikinan Indo ini. Soalnya dulu gue males banget, ngelirik aja kagak. Tanpa ngeliat gue udah sudzhon dulu, ni pasti ancur banget. Namun dugaan gue salah. Gue malah jadi nyesel sekarang nggak review dari dulu2. Abiiiiis ... Maid-chan juga salah sih .... nggak bilang kalo yang maen ganteng *PLAAAAAK* Nah readers, simak ya pengalaman gue menonton Bima sekaligus reviewnya, tentu ala Mengaku Backpacker yang ...yah tau sendiri lah gimana.

Pertama denger ada “Bima Satria Garuda” gue langsung underestimate ama jagoan yang satu ini. Indonesia bikin tokusatsu? Ekspresi pertama gue denger kabar ini adalah:

“Innailahi wa innailahi roji’un”

Soalnya gue udah trauma ama Super Ranger buatan salah satu stasiun televisi swasta yang isinya cuman anak2 TK (yang gue duga punya hubungan sodara ama produsernya) dikasi kostum:

- Ranger merah ==>helm dipilok merah

- Ranger biru ==> helm dipilok biru

- Ranger kuning ==> helm dipilok kuning, dst

Jangan lupa kesalahan mereka yang paling mengerikan dan membikin gue trauma adalah...nama mereka Super Ranger tapi logo di kostum mereka ada RR...Ruper Ranger dong???

motivator10a206a5e7438b

Ampuuuuuun....pada mabok kali ya yang buat? Saras 008 aja kayaknya masih mendingan.

Jadi pas gue denger ada tokusatsu baru berjudul Bima Satria Garuda, bayangan yang terlintas pertama kali di kepala gue adalah: jagoan pake kostum Gatotkaca mengalahkan penjahat di kerajaan Majapahit kuno (yang dibangun dari kardus dipilok dan supaya lebih meyakinkan, figuran yang direkrut dari Inbox berlarian sambil teriak, “Ki Sanak…Ki Sanak…”) melawan musuh besarnya yaitu Catwoman dan Joker. Beruntung ada Si Pitung sehingga mereka bisa mengeluarkan kekuatan berupa naga raksasa yang keluar dari tangan (special effect canggih) untuk mengalahkan mereka. Bumi pun aman. Tamat.

Namun ternyata gue salah besar! Pas gue pulang ke Solo, kebetulan banget gue liat iklannya di tipi. Pertama liat gue mikir...hmmm kostumnya mirip ama Masked Rider Ryuuki, tapi lumayanlah (at least nggak pakek kostum Gatotkaca). Kebetulan yang kedua, pas lagi jalan2 ke Sekaten, ada bapak2 penjual VCD bajakan yang menjual kaset Bima. Gue langsung mikir lagi, “Hmmm....hebat juga nih acara, baru keluar udah ada bajakannya aja.”

Ekspresi para produser dan sutradara Bima, “SETAAAAAN UDAH DIBAJAK AJA!!!!!” waaa_thumb

Gue lalu nanya bapak penjualnya, “Berapa Pak?”

“Lima ribu aja mas.”

Karena harganya murah banget, gue iseng2 beli. Biasa lah, pulang kerja abis merantau di Jakarta, banyak duit. Apalagi harganya cuma goceng gitu. Alaaaah...kecil.....Mana, segerobak-gerobaknya juga bisa gue beli *somboooooong*

Akhirnya gue muter kasetnya di player gue dan begitu gua liat, gue langsung shock ....

shot0091

“ANYIIIIIIIIIIIIR....KEREN BANGET?????”

Nggak ada naga keluar aja udah lebih dari ekspetasi gue. Soundtracknya yang dibawain Ungu ternyata dahsyat banget!!! Kostumnya meyakinkan (nggak helm dipilok lagi). Adegan perkelahiannya juga seru (nggak versus abang becak yang dirias jadi prajurit Majapahit terus dikasi perisai dari gabus dipilok). Yang paling berkesan adalah pesawat luar angkasa milik musuhnya yang mirip kapal layar One Piece tapi ditambah ekor, waduh jadi ingat kapalnya Kerajaan Crisis, musuhnya satria Baja Hitam RX! Ekspresi admin pas liat serial ini: “Gileeeee....gileeee....buseeeeeet.”

Reaksi readers: “Ya ampun, admin terkesima ya ama spesial efek dan adegan perkelahian Bima Satria Garuda ya?”

Admin ngeces2, “Buseeee...buseeeet...ceweknya cakep banget...”

Readers nyakar2 admin, “Min...min!!! Back to review benerannya!!!”

Hahaha....maaf2...tapi gue jadi penasaran banget. Sejak kapan rumah produksi Indo bisa bikin serial sekeren ini ya? Setelah gue liat2 daftar kru produksinya, ada beberapa nama Japanese di situ. Ooooo...pantes, pikirku. Kerja sama ama orang2 Jepang, pantesan keren dan profesional banget. Gue jadi terkesan, yang punya ide bikin ini pasti idealismenya tinggi. Salut! Salut!

Sialnya pas episode 2 yang kutonton abis...

“Lho kok tamat? Padahal di cover VCD-nya ada 5 seri...”

Begitu sadar,

“SIALAAAAAAAN GUE DITIPU AMA TUKANG VCD BAJAKAN!!!!” *sambil remas2 keping VCD-nya*wooo3_thumb

Nah, sekarang gue mau ngomentarin jalan ceritanya ya. Bima Satria Garuda bercerita tentang pemuda bernama Ray yang menolong sosok misterius bernama Mikhail yang mau jatuh dari Monas. Iapun diberikan power stone yang mampu membuatnya berubah menjadi Bima Satria Garuda. Musuh mereka adalah Rasputin yang berasal dari Planet Vudo. Kebetulan yang gue tonton itu adalah episode 2, dimana Ray harus menolong Kak Randy yang diculik monster. Yang gue ingat dari episode ini adalah adegan dimana Rena nangis2 *dasar, ingetnya Rena aja*

“Dimana Kak Randy, Kak Ray? Apa yang monster2 itu inginkan dari Kak Randy?” Rena terisak sambil menatap Kak Ray, “Jawab Kak Ray! Jawab!”

shot0014smileyvault-cute-big-smiley-animated-049[5]

Sumpah, pas adegan ini gue pengen nangis beneran.  Belakangan gue tahu kalo pemeran Rena adalah Stella Cornelia dari JKT48. Okaaaaaaay...that explains EVERYTHING.

Dalam hati gue merasa kasihan ama penderitaan hidup yang dialami Kak Ray. Harus melawan monster2 jahat, Kak Randy diculik, dan sekarang harus beradu akting ama personil JKT48. Yang bisa gue katakan hanyalah,

“Kak Ray, yang sabar ya ...”

Di tiap episodenya, Kak Ray harus melawan monster2 jahat pimpinan Rasputin dari Planet Vudo. Untunglah, Kak Ray selalu menang apapun skenarionya dan rencana Rasputin selalu “gagal maning, gagal maning...”

Pesan admin, “Rasputin yang sabar ya ...”

Nah, penasaran ama para pemerannya? Soalnya mukanya emang muka2 baru semua. Pertama ada ini nih, Stella Cornelia sebagai Rena ....

rena

Ekspresi admin abis liat posternya, “Stella…jangan Stellla...jangan....”

Ekspresi readers, “Wooooi! Review yang bener!!! Ini tuh sebenarnya review Bima apa Stella Cornelia sih?

Ehm, dan inilah Christian Loho, pemeran Kak Ray alias Bima Satria Garuda.

ray

Ekspresi admin abis liat posternya, “Kak Christian…jangan Kak ...jangan...”

Ekspresi readers, “Ini pasti mimpi digebukin Kak Christian...”

Ini dia reaksi *lebay* gue pas liat adegan2 di Bima Satria Garuda (versi VDC bajakan):

shot0102

Adegan pas Kak Ray nolongin Mikhail yang mau jatoh dari Monas ==> “Ya ampun Kak Ray! Hati-hati Kak Ray!” 2_takut[3] *tegang sambil bayangin Kak Ray masuk ke Monas dengan bayar 5.000 buat tiket, abis itu bayar 8.500 buat masuk lift, terus naek lift ke puncak Monas buat nolongin Mikhail*

shot0033

Adegan pas Kak Randy diculik monster, “Ya ampuuuun...mereka jahat banget sih ama Kak Randy. Apa salah Kak Randy, apa? Ya Tuhan, lindungilah dia dalam tangan-Mu ...” *sambil nangis2 di depan tipi* hiks_thumb

shot0025

Adegan pas Rena diculik monster, “TIDAAAAAAK!!! JANGAN SAKITI STELLA CORNELIA DASAR KALIAN MONSTER-MONSTER JAHANAM!!!” *sambil ngacungin golok*1_sialan_loe

shot0003

Adegan pas Kak Ray meluk Rena, “TIDAAAAAK … SINGKIRKAN TANGAN LOE DARI STELLA CORNELIA!!!!” sambil ngacungin clurit. 4d6161fd_thumb

Ekspresi readers: “Sabar min...dia kan emang akting jadi kakaknya Stella...”

Nah sekarang apa sih kelebihan dan kekurangan Bima Satria Garuda ini (judgey banget gue, padahal baru liat satu episode aja). Kelebihannya tentu nggak diragukan lagi dari kostum, special effect, adegan berantem ama ledakannya,apalagi soundtracknya, udah deh empat jempol buat mereka. Namun kekurangannya juga kucatat ada beberapa:

1. Kostumnya kurang orisinil. Kalo emang mau dibikin yang khas Indonesia (namanya juga Bima Satria Garuda), juga harus ada sentuhan Indonesia-nya. Hmmm...mungkin kostumnya ada corak batik mungkin atau Kak Ray dikasi blangkon *balik lagi ke kostum Gatotkaca dong?*

2. Katanya para pembuat Bima Satria Garuda ingin membuat superhero asli indonesia. Namun nama2 karakternya malah “Kak Ray”, “Kak Randy”, “Rena”, dan “Mikhail”. Seberapa Indonesia-kah nama 2 itu? Kalo mau buat superhero asli Indonesia yang total dong, namanya Joko, Bambang, Wagiyo, Sulastri ...

3. Ceritanya sebisa mungkin diperumit biar “Indonesia” banget. Semisal:

a. Kak Randy diubah jadi monster sehingga Kak Ray harus menghadapi sahabatnya sendiri (kayak Kotaro Minami vs Noboiko). Ironisnya Kak Randy diubah menjadi monster kecebong, padahal Kak Ray benci banget ama kodok.

b. Kak Ray terlibat cinta segitiga dengan Kak Randy dan Rena (maksudnya Kak Ray ama Kak Randy sama2 suka Rena gitu, bukan Kak Ray ama Rena rebutan Kak Randy)

c. Kak Ray dituduh Kak Randy hendak merebut harta warisan keluarga mereka. Kak Ray yang lari di tengah hujan ketabrak bemo terus amnesia. Untunglah Kak Ray masih memakai kalung pemberian Rena (jadi sinetron dong?)

d. Kak Ray terjebak dalam mesin waktu dan kembali ke masa Majapahit dan berhadapan dengan Catwoman dan naga raksasa *STOP!!! STOP!!!!*

4. Ceritanya bergantung banget ama scriptwriter Jepang. Please deh, mereka aja kan nggak bisa bicara bahasa Indo? Kalo soal tata rias, tata perkelahian (ada nggak sih), tata dinamit (lebih ngawur lagi) dipegang ahli2 dari Jepang sih gue fine2 aja. Apalagi urusan dinamit tuh, malah bisa berabe kalo orang kita yang pegang. Tapi kalo emang mau bikin sosok superhero asli Indonesia, harusnya ceritanya diberi sentuhan Indonesia dong. Dan hanya orang indonesia asli yang bisa melakukan itu.

Nggak tahu juga, walaupun serial ini memberikan “angin segar” dan tanda bahwa masih ada produser berkualitas di luar sana, ada juga yang menghujat serial ini. Lho kok? Bahkan ada lho group facebook bernama “Anti Bima Satria Garuda” yang terakhir gue liat (pas postingan ini dibikin) udah ada 128 orang nge-like. Eh selidik punya selidik, ternyata admin facebook Bima-haters itu adalah anggota Jtoku Indonesia (fans tokusatsu Indonesia) yang merasa nggak diajak bekerja sama oleh para pembuat Bima padahal mereka merasa lebih ahli soal tokusatsu.

Nah, sekian guys review gue tentang Bima Satria Garuda. Dipikir2, bagus sih Indonesia bikin tokusatsu kerja sama ama Jepang begini. Hitung2 buat latihan lah biar besok para sineas2 Indo bisa bikin lagi yang lebih keren. Pokoknya maju terus JKT48 … HALAH … maksudnya maju terus perfilman Indonesia!!! Nah, sekarang biar tambah rame, admin akan menggelar kuis buat kalian fans Bima Satria Garuda, siaaaap? Nama kuisnya adalah:

KUIS “JAWAB KAK RAY, JAWAB!!!”

 

Yap, ayo kalian yang mengaku “Kak Ray” banget alias fans berat Bima Satria Garuda, uji pengetahuan kalian dengan menjawab pertanyaan2 berikut ini dengan tepat! Buktikan, seberapa “Kak Ray”- kah kalian?

1. Apa yang dikatakan Rena pada Kak Ray saat Kak Randy diculik?

A. “Dimana Kak Randy, Kak Ray? Apa yang monster2 itu inginkan dari Kak Randy? Jawab Kak Ray! Jawab!”

B. “Sosis So Nice sekarang berhadiah stiker tattoo lho ... Sosis So Nice sekarang berhadiah stiker tattoo lho ... Sosis So Nice sekarang berhadiah stiker tattoo lho ...”

C. “Belanja ke Alfamart bisa dapat hadiah jalan-jalan ke Malaysia lho.”

 

2. Pada episode pertama, Kak Rey mengatakan sesuatu yang “sesuatu” banget (namanya juga sesuatu) dan legendaris, bahkan dibikin jadi meme comic yang di-like 800 orang. Apakah itu?

A. “Kok motornya bisa nyala ya?”

B. “Lebih baik aku diasingkan, daripada menyerah pada kemunafikan.”

C. “Di usiaku saat ini, twenty nine my age, aku tetap masih merindukan apresiasi. Karena, basically aku senang musik walaupun kontroversi hati aku lebih menyudutkan kepada konspirasi kemakmuran ... “

 

3. Berikut ini yang merupakan lirik soundtrack Bima Satria Garuda yang dibawakan Ungu adalah ...

A. Sudah aku temukan...nafas ini untuk siapa....

B. Penontooooon ... goyang kereta malam yuuuuuk .... ayo goyang yuk keep smile,,,,babawendiii...suling saktiiiii...ca du cu ca du cu ca ....

C. Nobody nobody but you ... (versi dangdut koplo)

 

Nah, gimana para readers, pada bener nggak jawaban kalian? Kalo bener, berarti kalian emang “Kak Ray” banget hehehe. Tapi kalo salah, pesan gue cuman satu:

“Kak Ray yang sabar ya...”

 

BONUS:

Gue bakal share link parodi Bima Satria Garuda yang superkocak. Silakan disimak ....

http://bertanyaataumati.blogspot.com/2013/07/bima-satria-garuda-dalam-lima-menit.html

Ck ... ck .... ck.... baca parodinya, yang bisa gue katakan cuman satu,

“Kak Ray yang sabar ya?”

Bima Satria Garuda ngamuk2 dipegangin ama monster2 Rasputin, “WOOOOOI....NYURUH GUE SABAR SABAR LAGI GUE GARUDA STRIKE ELOOOOOO...”

Monster2 berusaha nenangin Kak Ray,

“Kak Ray...Kak Ray YANG SABAR YA...”

“HOAAAAAAAAA!!!”

shot0040

*DUAAAAAAAAAR*

THE END

Ok, target berikutnya review YKS *readers langsung nggak bisa makan sebulan*1_sukurin_loe

10 comments:

  1. itu..profil kak ray nya..ckckkk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi bikin kepengen kan...kepengen punya perut six-pack maksudnya hehehe...

      oya jgn lupa klik link parodinya ya...kocak banget lho...masa ternyata Planet Vudo syutingnya di Bekasi, gila aja

      Delete
  2. yey.. baru liat aku ini (kemane aje)
    pas liat awalnya aja aku langsung tertarik coz liat iklannya udah keren banget dan filmnya emang keren sayang bagian ending kaya sinetron jadi gue tinggalin deh.
    ntar ada satria garuda yang kostumnya item loh (dan lebih keren dari Rey), dan ternyata dia itu adalah.........????
    .
    YKS???
    sumpah dari awal ga pernah nonton sampe selsai, cuma liat" ujungnya kalau terpaksa, karna tu acara gue ga bisa lagi ngecengin bioskop transnya masa mau nungguin sampe tengah malem???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa??? Endingnya sinteron? Be .. berarti Kak Ray diusir sama Kak Randy karena dituduh hendak merebut harta warisan keluarga mereka gitu???

      Delete
    2. ga gitu juga bang *ketahuan admin suka nonton sinetron anak yang ditukar"?????????????????
      kayaknya belum ending deh soalnya cuma ngikutin sampe mereka ke kapalnya rasputi dan sumpah udah males banget nontonnya tapi pas minggu kemaren masih ada ternyata filmnya.

      Delete
    3. APAAAAA???? Berarti Kak Ray dan Kak Randy tertukar pas bayi???? #plaaaak#

      Delete
  3. belum pernah nonton ini. lagipula saya nggak begitu berminat.
    masih seruan saat saya beraksi (eh... saya?).

    #007 (oh. :D)

    ReplyDelete
  4. kalo ga salah yg buat kostumnya Bima memang yang buat kostumnya Satria Baja Hitam..:)

    ReplyDelete
  5. abang tukang becak ??? hahahahahaha....kentara mimin suka nonton raden kian santang atau jaka tingkir hahahahahha....

    ReplyDelete
  6. hahaha gokil. klo super ranger gw rasa adaptasi dari sini https://www.youtube.com/watch?v=l57TZW127sU , tapi klo Bima emang keren, Apalagi yg season 2

    ReplyDelete