Saturday, April 18, 2020

IKLAN GAME YANG PALING BIKIN KZL


Hi guys, nggak biasanya kini gue membahas game. Lah mimpi apa Bang Dave yak? Gue emang nggak begitu tertarik dengan tema ini, namun gue dibikin kesel sama salah satu pengalaman gue yang bisa dibilang “eye opening” namun kurang mengenakkan. Ketika gue streaming video-video favorit gue di Youtube, kadang kala gue menemui iklan yang cukup menggoda. Iklan-iklan tersebut adalah iklan game seperti Fishdom dan Gardenscape yang berbentuk misteri yang amat menarik.







Siapa sih yang nggak tertarik melihat ads game tersebut yang menawarkan game-game dengan tantangan tinggi? Gue sendiri ampe berpikir buat download game tersebut. Namun bukan gue namanya kalo gue nggak searching dulu reviewnya (walaupun gamenya gratis hehehe) biar gue nggak menyesal nantinya.

Namun apa yang gue harapkan ternyata berbanding terbalik 180 derajat dari iklannya. Game ini ternyata sama sekali berbeda dengan yang diiklankan. Bukannya bertema misteri, Fishdom adalah game mirip Candy Crush dan Gardenscape cuman game bercocok tanam dan menghias taman. Ini adalah salah satu contoh “false advertising” yang ternyata merajalela di dunia game. Bukannya menawarkan fitur-fitur keren seperti di iklannya, yang ada begitu didownload kita malah kena “zonk”.


Setelah gue selidiki, pihak developer pembuat game-game ini, yakni Playrix didirikan oleh dua orang berkebangsaan Rusia. Tak hanya itu, game-gamenya ternyata cukup populer. Fishdom didaulat sebagai game top trending di Google Play pada 2016 da Gardenscapes sendiri telah didownload hingga 92 juta kali. Hal ini membuat gue berpikir, apakah “prestasi-prestasi” itu diraih karena iklan-iklan palsu yang dilancarkannya, bukan karena kualitas game-nya yang mumpuni. Apakah 92 juta orang itu juga “tertipu” seperti layaknya gue?

Fenomena ini sempat membuat gue kesel karena gue takut akan menjalar ke berbagai media lain. Semisal, mungkin kelak akan ada yang membuat trailer film yang “misleading”, kelihatannya bagus tapi setelah ditonton ternyata “zonk” lagi. Sudah ada sih kasusnya seperti “Suicide Squad” dan “Justice League” namun itu lebih karena adanya editing ulang karena perbedaan visi antara produser dan sutradara.

Apakah ketidakjujuran seperti ini akan menjadi trend dan merajalela di bisnis hiburan? Gue harap tidak.

10 comments:

  1. Fishdom itu emang dari dulu game yang bergaya candy crush, bahkan versi PC. Sementara untuk Gardenscape dalam versi PC itu game mencari hidden object; agak beda sama versi mobile.

    Yah sangat disayangkan, semenjak game mobile mulai populer, iklan-iklan game mobile semakin ngaco (Coba aja lihat iklan Lily's farm, dijamin nyesel walau cuman lihat iklannya doang). Mereka mengejar rekor download.

    Padahal masih banyak game mobile yang berkualitas bagus. Sangat disayangkan mereka tak mampu berkompetensi dengan pemakai metode iklan game mobile laknat itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw tau game Lily's Garden dari Pewdiepie yang bahas ini, kata dia game sama iklannya gak nyambung :")di sarkasin abis abisan itu game. Video iklannya ngaco abis, mana mengarah ke yang gituan mulu lagi. pas lihat gamenya gitu doang ternyata

      Delete
  2. iklan sekarang emang ngaco bang, gue main gardenscapes udin lama sebelum iklan nya begitu, ciusan dah wkwk btw ini pertama kalinya gue komen semenjak blog lu berdiri bang, gara2 ada game yg gue mainin lu bahas wakaka

    ReplyDelete
  3. Ads - ads bohongan kek gini juga banyak merajalela di game PC online bang, contohnya league of angels (gw pernah maen :v)

    ReplyDelete
  4. Senasib kita min iklan gardenscape seolah buat kita harus memainkannya, ternyata tipu2 wkwkwkw

    ReplyDelete
  5. Setuju! Dulu download Fishdom gara2 tertarik ama game membantu ikannya. But in reality....

    ReplyDelete
  6. Nih gan link game yg mirip sama gameplay yg ada di iklan https://play.google.com/store/apps/details?id=com.herorescue.knight.pull.pin

    ReplyDelete
  7. Wkwkwkwk bener bang dave gara gara kemakan iklan sampe install gardenscape, eh ternyata ga sesuai sm yg diiklanin :(

    ReplyDelete
  8. Jadi keingat iklan Mafia City

    ReplyDelete