Monday, September 30, 2024

GEBRAKAN BARU BLOG MENGAKU BACKPACKER: NOVEL SUPERHERO – SCIENCE FICTION GUE YANG PERTAMA

Hello guys! Kali ini gue kembali dengan janji gue untuk me-revive blog ini. Selain artikel-artikel dari Karyakarsa yang gue comot di sini, gue juga akan menghadirkan salah satu novel lama gue, apakah itu?

Udah tau dong sejak lama gue suka banget bikin fanfiction (siapa tau nanti terkenal kayak Fifty Shades eh). Gue bahkan memulai karir pernovelan gue (cailah) di sini dengan membuat fan fiction Jeff The Killer. Kalau kalian ada yang ingat, gue juga membuat fan fiction game “Until Dawn” yang bergenre thriller misteri. Nah kali ini gue akan menghadirkan seri novela (alias novel pendek) yang terinspirasi oleh superhero asal Indonesia, yakni Gundala.

Gundala menceritakan seorang mahasiswa bernama Sancaka yang tiba-tiba memiliki kekuatan untuk berubah menjadi Gundala, setelah ia tersambar petir. Ia pun bertemu dengan rekan-rekan sesama superhero (di sini gue istilahkan sebagai “manusia adidaya”) untuk bertarung membela kebenaran melawan berbagai penjahat super.

Tokoh-tokohnya lumayan mirip dengan seri komik aslinya, akan tetapi untuk antagonisnya gue tambahin beberapa karakter orisinal bikinan gue. Novel ini juga lebih menyasar ke sains (atau lebih tepatnya fiksi ilmiah) jadi ada penjelasan saintifik tentang tiap kekuatan yang para manusia adidaya ini miliki.

Gue sebenarnya berniat untuk membuat satu season Gundala berisi paling nggak 6 novela yang rencananya (kala itu) akan gue muat di Wattpad. Gue udah membuat 3 novela pertama sampai kelar, namun karena satu dan lain hal, akhirnya terhenti di novela keempat. Nah jika sambutannya bagus, gue akan meneruskan cerita ini sampai ke tahap terakhirnya. Seri novela ini sebenarnya sudah gue rintis lama sekali semenjak 2019 namun terlupakan begitu saja. Awalnya dulu pernah ada lowongan untuk menjadi penulis Bumi Langit (revamp komik-komik Gundala) dan gue membuat seri-seri novel ini untuk apply di sana, namun sayang ditolak (mungkin ama mereka dibacapun nggak hehehe).

Mulai minggu ini gue akan upload dua bab per minggu tiap Senin dan Jumat (sama dengan jadwal upload novel gue di Karyakarsa), terkecuali jika ada halangan. Tapi jangan khawatir, kuota dua bab per minggu akan tetap gue usahakan. Namanya juga novela jadi pendek-pendek; satu novela mungkin akan selesai dalam waktu 1 bulanan. Temanya juga lumayan berat (nyerempet ke filsafat dan seperti gue bilang tadi, akan ada penjelasan saintifik) jadi gue bikin pendek-pendek supaya bisa dicerna dulu hehehe.

Oya, sangat disarankan pula bagi kalian untuk meriset sedikit siapa saja tokoh-tokoh dalam kisah Gundala ini, termasuk para superhero yang tergabung di dalamnya, supaya kalian mendapat gambaran siapa saja karakter yang gue tampilkan. Soalnya di sini, karakter-karakternya akan gue munculkan secara misterius, sehingga kalian harus menyimpulkan sendiri siapa mereka sebenarnya.

Terakhir, gue akan kasih disclaimer di tiap episodenya bahwa ini adalah karya fanfiction dan tak ada kaitannya dengan tokoh Gundala yang udah punya copyright (biar gue nggak dituntut hehehe) dan guepun sama sekali nggak ada keuntungan finansial apapun dengan menerbitkan novela ini di sini.

Untuk novela pertama gue kasi judul “Gundala: Jagad Geni” menceritakan awal mula Sancaka menjadi seorang Gundala.

Silakan disimak yaaaa dan jangan lupa kasih komen :)

3 comments: