Monday, May 4, 2020

REVIEW 6 FILM SERU YANG COCOK BUAT NEMENIN KARANTINA KALIAN



Hallo guys, udah lama ya sejak terakhir gue review film horor. Emang gue akui sejak awal tahun 2020 gue emang jarang banget nonton film. Yah alasannya kerjaan banyak dan gue juga nyiapin project channel YouTube gue juga. Nah maka dari itu, pada masa karantina Covid-19 ini gue yang kerjaannya di rumah terus akhirnya menghabiskan waktu dengan nonton beberapa judul film. Yah, beberapa ada yang mengecewakan. Namun tentu ada yang membuat gue amat puas hingga gue memutuskan untuk merekomendasikannya di sini. Here we go.


I SEE YOU (2019)


Film ini direkomendasikan oleh sesama blogger, Ham Sama di salah satu komen review film gue. Dan emang benar, film yang jarang didengar ini sangatlah recommended dan cukup beda dengan film-film kebanyakan. Film ini diawali dengan penemuan mayat seorang bocah di sebuah kota kecil, dimana diduga ini adalah aksi pembunuhan berantai. Namun kemudian film ini berlanjut dengan tema yang sama sekali berbeda, dimana kita diperlihatkan bahwa sang detektif sekaligus tokoh utama di film ini tinggal di rumah yang diduga berhantu. Gue sempat bingung, lho film ini ceritanya tentang hantu apa psikopat? Akan tetapi semua ini akan dijelaskan dengan sebuah twist unik yang muncul di pertengahan film.

Yak, kalo soal twist, film ini memang jagonya dan bisa gue bilang, merupakan pendekatan yang lebih “fresh” pada genre-genre film horor yang semakin lama semakin stereotipikal. Film yang cerdas dengan jalan cerita yang kadang “menipu” mungkin itulah yang bisa gue jelaskan pada kalian tentang film ini tanpa “spoiler” lebih lanjut.

Gue kasi film ini 4 dari total 5 CD berdarah.




ALL THE BOYS LOVE MANDY LANE (2006)


Film horor bergenre slasher ala-ala remaja ini merupakan debut dari aktris Amber Heard. Namun sayang, walaupun kelar sejak 2006, namun film ini baru dirilis di pasaran pada 2013. Padahal gue yakin, seandainya saja film ini keluar lebih awal, pastilah bakal langsung mengangkat nama Amber Heard tanpa harus nunggu Aquaman dulu, soalnya dia emang cantik dan mempesona banget di film ini.

Film ini menceritakan tentang Mandy Lane (diperankan Amber Heard), seorang remaja yang memutuskan menghabiskan liburan musim panas mereka di sebuah rumah peternakan terpencil milik salah satu temannya. Namun liburan itu berubah menjadi bencana ketika sesosok pembunuh misterius muncul dan mulai menghabisi mereka satu demi satu.

Sekilas membaca sinopsisnya, terdengar seperti sebuah film slasher pada umumnya. Dan emang, tokoh-tokoh di film ini juga amat stereotip sekali,bahkan sama persis dengan sindiran di film “Cabin in the Woods”, yakni hanya ada 4 tokoh yang harus selalu ada di film slasher, yakni tokoh utama cewek yang masih virgin dan innocent, tokoh “jock” atau “atlit” yang atletis tapi brengsek, tokoh “nerdy” yang kikuk dan cuma jadi “comic relief” aja, dan sosok cewek “bitchy”. Tapi di sinilah uniknya film ini. Film ini membuat kita berpikir bahwa ini hanyalah film slasher biasa dengan ending juga sama seperti biasanya, padahal nggak.

Film ini cukup cerdas (atau at least unik) di bagian endingnya dan kata beberapa orang, artistik. Walaupun di beberapa bagian, justru ke-artistik-an film ini menurut gue amat menganggu jalan cerita. Beberapa adegan lebih mirip video klip dan sama sekali nggak ada kontribusinya buat plot. Jadi kelebihan film ini bagi beberapa orang justru malah jadi kelemahannya buat gue. Tapi nggak apa-apa, gue tetep kasi film ini skor 4 CD berdarah dan gue yakin, kalian pasti akan amat terhibur sama akting Amber Heard di film ini.


HAUNTED HOSPITAL: HEILSTATTEN (2018)


Film ini menjadi satu-satunya film horor Jerman yang pernah gue saksikan selain “Dark” (tapi itu serial sih). Kalo kalian pernah menonton film “Grave Encounters”, jalan ceritanya tak jauh beda. Direkam dalam bentuk “found footage” film ini menceritakan sekelompok vlogger (dua vlogger cowok khusus channel prank dan dua vlogger cewek khusus channel make up) yang memutuskan untuk membuat konten tentang sebuah rumah sakit berhantu bekas NAZI yang kini terbengkalai. Seperti bisa kita tebak, ide tersebut merupakan ide yang sangat buruk dan mereka segera menemui nasib mengerikan, bahkan tewas satu demi satu.

Film ini memberikan sentuhan “modern” dengan tokoh-tokoh utamanya berprofesi sebagai influencer dan youtuber. Film ini juga memberikan sindiran dan tamparan telak buat para pembuat konten tak berfaedah yang hanya mengejar keuntungan, bukan kualitas. Dan yang lebih unik lagi, film ini memiliki twist dimana jalan ceritanya ternyata sama sekali tak kita duga. Walaupun yah, jika kita bandingkan dengan film bergenre sama, semisal “Gonjiam: Haunted Asylum” scare di film ini terasa kurang seram.

Tapi tetap, nggak ada salahnya kalian menontonnya untuk mengisi waktu luang, apalagi tersedia dengan gratis di salah satu channel Youtube ini. Gue kasi skor 3,5 dari total 5 CD berdarah. Kalian bisa menyaksikan film ini di link Youtube berikut ini, namun sayang, dubbing English-nya menurut gue kurang meyakinkan.



CONTAINMENT (2015)


Salah satu dampak tak terduga dari wabah penyakit seperti yang melanda kita saat ini adalah makin larisnya film-film yang bertema sama. Film-film seperti “Contagion” dan “Outbreak” yang semula dipandang sebelah mata kini justru meraih popularitas. Alasannya mungkin karena masyarakat ingin memahami kondisi yang mereka hadapi saat ini. Nah salah satu film bertema sama adalah film Inggris yang dirilis pada 2015 berjudul “Containment”.

Film ini menceritakan Mark, seorang “everyman” (orang biasa) yang terbangun dan menemukan dirinya berada dalam kondisi yang amat aneh. Listrik, air, dan segala bentuk alat komunikasi tiba-tiba mati. Tak hanya itu, pintu apartemennya tiba-tiba “disegel” dengan lem misterius yang membuatnya tak bisa keluar. Orang-orang dengan APD lengkap muncul di luar apartemennya, menandakan jika sebuah wabah mematikan tengah mengintai mereka. Ketika ia dan para tetangganya berusaha memecahkan misteri ini, ia akan sadar bahwa ada yang lebih brutal dan menakutkan ketimbang sebuah wabah penyakit, yakni: manusia.

Film ini secara ringkas akan gue rangkum sebagai “film zombie yang realistis”. Lho, zombie kok realistis? Sebab dalam kondisi panik dan tanpa jalan keluar, manusia biasa-pun bisa berperilaku layaknya zombie, apalagi dengan kondisi informasi yang simpang siur. Bahkan (gue spoiler dikit) kenyataannya tidak ada satupun tokoh di film ini mati karena wabah yang katanya menakutkan itu, namun justru mati karena dibunuh oleh tokoh lain.

Film ini sepertinya cocok ditonton pas karantina ini untuk menunjukkan kegelisahan dan ketakutan yang bisa mengejawantah menjadi kekerasan. Sifat “basic” manusia untuk bertahan hidup kadang lebih menakutkan ketimbang “apa” yang membuat mereka harus bertahan hidup. Gue kasi film ini skor 3,5 CD berdarah, sayang gue nggak bisa kasi skor lebih tinggi karena gue sendiri nggak begitu paham endingnya.

Film ini bisa kalian saksikan dichannel Youtube berikut ini.


THE WRONG HOUSE (2012)


Lagi-lagi film bergenre unik yang mengisahkan keterisolasian yang bisa berujung pada kekerasan dan pembunuhan, film “The Wrong House” ini (dipasarkan juga dengan judul “House Hunting”) cocok banget dengan kondisi karantina ini. Tapi bedanya, tokoh-tokoh di film ini tidak dikarantina karena kemauan mereka sendiri seperti kita saat ini, namun karena ulah supranatural yang mengurung mereka di rumah berhantu.

Dua keluarga disfungsional yang selalu bertengkar terpaksa terkurung di sebuah rumah yang hendak mereka beli. Kecurigaan demi kecurigaan muncul hingga akhirnya mereka menemukan bahwa semua ini bukanlah kebetulan, mereka bertanggung jawab atas nasib naas yang dimiliki sang penghuni rumah itu sebelumnya dan arwahnya kembali untuk membalas dendam.

Dikurung tanpa kehendak kita itu sudah sulit, apalagi jika harus dikurung bersama orang-orang yang tidak akur dengan kita. Bagaimana akhirnya? Apakah mereka akan bekerja sama mencari jalan keluar? Ataukah mereka justru bermusuhan dan bersaing, bahkan saling membunuh untuk bisa selamat?

Film ini walaupun memiliki “production value” yang biasa-biasa (nggak terlalu artistik seperti film yang bener-bener sinematik) namun memiliki jalan cerita yang menurut gue cukup menarik. Banyak hal-hal tak terduga terjadi di sepanjang film ini. Dan endingnya, ish ... ngeri banget. Gue kasi skor 3,5 untuk film ini.


Kalian bisa menontonnya di channel Youtube berikut.

TRESSPASSERS (2019)


Last but not least, gue kasih sebuah film yang menurut gue masterpiece dan brilian, walaupun skor Rotten Tomatoes-nya cuman 59%. Film yang juga dikenal dengan judul "Hell is Where The Home is" ini menceritakan dua pasangan yang memutuskan untuk menginap di sebuah rumah mewah terpencil di tengah padang gurun di luaran Los Angeles. Namun sayang, seorang tamu misterius datang dan mengobak-abrik malam damai mereka. Seperti bisa kalian tebak, film ini bergenre home invasion. Tapi tetap saja, ada yang hal yang berbeda yang membuat film ini terasa lebih fresh ketimbang tipikal film home invasion biasa.

Ada sebuah twist (ada gue nyebutnya plot yang tak terduga) di pertengahan film yang membuat gue menganga dan menjadikan plot film ini bergerak ke arah yang sama sekali nggak gue duga. Finale-nya pun alias klimaksnya amat memuaskan buat gue. Selama bertahun-tahun gue nggak pernah sepuas ini menonton sebuah film. Ya, ya ... gue baca banyak review jelek yang meng-underestimate film ini, namun menurut gue, film ini tak hanya mumpuni menciptakan suasana thriller yang tegang, namun juga twist demi twist yang membuat film ini terasa “beda” juga membuat gue berani memasang skor yang tinggi buat film ini.

Nggak tanggung-tanggung, gue kasi skor 5 dari 5 CD berdarah buat film ini. Nilai plus lainnya, kalian bisa menontonnya secara gratis di Youtube lewat link ini.


SUMBER GAMBAR: IMDB


6 comments:

  1. Bang lanjutin cerita bus to Magelang dong.

    ReplyDelete
  2. Tumben bang Dave banyak typo nya 😋

    ReplyDelete
  3. bang,film yg ada di youtube legal gk sih ? karenanya biasanya channel meng upload film itu bukan dari pihak resmi film tersebut melainkan channel biasa yg kemungkinan tidak punya lisensi untuk membagikan film tersebut, dan ya memang tidak kena copyright tapi entah bagaimana mereka mengelabui sistem youtube

    ReplyDelete
  4. Ok haunted hospital yg di Madiun ntip duyu

    ReplyDelete
  5. bangdep, adain lagi artikel2 lain kayak dulu2 dong, misal ttg astronomi, top ten, riddle, fakta2 unik dll, aku kangen gaya tulisannya bangdep kalau ngbahas yg begituan hhehe. biar agak benapas juga ada selingan selain horor & crime bang hhehe..

    btw aku udh ngikutin bangdep dari jaman kapan tau, sampe hampir setiap hari mampir ngecek ada update atau nda, seringnya sih silent reader, krn nth kenapa aku nda bisa komen pake hp. sorry malah curcol bang..

    ReplyDelete